RUDI copy

Dialog tgl 2 September 2015
Topik : Nabi atau Rosul ?
Waktu : 2 Jam ( 1 jam bertanya – 1 jam ditanya )

Edy Prayitno
Silahkan mas Rudi Yohanes

Rudi Yohanes
baik pak edy saya mau bertanya apa yang menyakinkan anda bahwa Muhamamd adalah NABI

Edy Prayitno
karena Nabi Muhammad membawa risalah dan itu tdk terbantahkan

Rudi Yohanes
apakah tidak diberitahukan oleh ALLAH Swt syart menjadi nabi

Edy Prayitno
banyak ayat ALquran menyebut beliau adalah penyampai Firman ALLAH mas Rudi..

Rudi Yohanes
saya minta maaf karena ada kendala dalam jaringan ini sekarang saya sudah di warnet, saya lanjutkan ya
saya mau bertanya apa ALLAH SWT memberikan kriteria untuk seorang nabi atau tanda kenabian?

Edy Prayitno
itu hak ALLAH mau memilih siapa , yg jelas nabi adalah orang pilihan diantara semua manusia yg mewakili ALLAH di bumi dalam menyiarkan Firman ALLAH .

Rudi Yohanes
benar itu hak ALLAH, tetapi apakah ALLAH swt tidak memberikan tanda?

Edy Prayitno
Q3:144. Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul[234]. Apakah Jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barangsiapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan mudharat kepada Allah sedikitpun, dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur

Nabi juga manusia biasa ….tetapi dalam hal iman dan ahlak Nabi adalah pilihan
anda start jam 21.00 mas rudy sampai 22.00

Rudi Yohanes
ok. mengapa kedua orang tua nabi muhamamd tidak mengenal ALLAH SWT? tetapi nabi tetap diangkat menjadi nabi

Edy Prayitno
tidak ada persyaratan bahwa seorang nabi berasal dari orang tua yg juga nabi mas Rudi

Rudi Yohanes
ok apakah pak edy bisa menjelaskan ayat berukut INI
﴾ Al ‘Ankabut:27 ﴿

Edy Prayitno
iya saya paham itu …apa masalahnya

Rudi Yohanes
mohon dijelaskan pak edi karena disana ada satu urutan KEturunan IBRAHIM, ISHAQ dan YA’qub. kemudian yusuf. dan kenabian dari garis keturunan orang2 yang mengenal TUHAN

Edy Prayitno
Muhammad juga keturunan para nabi yaitu dari Ismail

Rudi Yohanes
ayat itu tidak menjelaskan dari keturunan ISMAIL

Edy Prayitno
anak nabi Ibrahim ada berapa mas rudi
لِبَنِيهِ مَا تَعْبُدُونَ مِنْ بَعْدِي قَالُوا نَعْبُدُ إِلَٰهَكَ وَإِلَٰهَ آبَائِكَ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ إِلَٰهًا وَاحِدًا وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ
Adakah kamu hadir ketika Ya’qub kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata k…Lihat Selengkapnya

Rudi Yohanes
benar anak nabi ibrahim ada beberapa tetapi ALLAH SWT sudah mengariskan urutan nya dari IBRAHIM, ISHAq kemudian YA’kuo dan yusuf

Edy Prayitno
Maryam [19] : ayat 54,:
Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka) kisah Ismail (yang tersebut) di dalam Al Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya, dan dia adalah seorang rasul dan nabi.

Edy Prayitno
banyak ayat ALquran juga menyebut ismail terus kenapa dg pertanyaan anda mas

Rudi Yohanes
ada sebuah ayat yang menarik pak edy
﴾ Yusuf:38 ﴿…Lihat Selengkapnya

Edy Prayitno
siapa bilang keturunan ismail org yg tdk beragama

Rudi Yohanes
mohon di buktikan hal itu pak edy, kalau bisa kedua orang tua nabi muhammad dan juga kakeknya, karena ini sangat penting

Edy Prayitno
SILSILAH NABI MUHAMMAD SAW
IBRAHIM
Isma’il
Nabit
Yashjub
Tayrah
Nahur
Muqawwam
Udad
‘Adnan
Mu’ad
Nizar
Mudar
Ilyas
Mudrika
Khuzayma
Kinana
Al Nadr (Al Quraysh)
Malik
Fihr
Ghalib
Lu’ayy
Ka’ab
Murra
Kilab
Qussayy (Real name: Zayd)
‘Abdu Manaf (Real name: Al Mughira)
Hashim (Real name: ‘Amr) as Banu Hashim
‘Abdu Al Mutallib (Real name: Shaiba)
‘Abdullah
MUHAMMAD.

Rudi Yohanes
terimakasih atas silsilahnya pak edy, tapi yang saya minta apakah Orang tua dan kakek nabi sudah beragama islam sama dengan nabi muhammad, sehiingga layak untuk dikatakan nabi sesuai perintah ALLAH SWT

Edy Prayitno
keluarga nabi adalah keluarga yg mengikuti millah Ibrahim …dan turun temurun pemegang pintu Kabah .

Rudi Yohanes
saya minta bukti pak edy bahwa kedua orang tua nabi juga muslim juga kakeknya

Edy Prayitno
tuduhan bahwa orang tua nabi penyembah berhala itu masih diperselisihkan …karena keluarga nabi tetap keluarga yg mengikuti ajaran pendahuunya …contohnya nama nama Abdullah ( Hamba ALLAH ) mana mungkin mereka akan menyembah berhala .

Rudi Yohanes
makanya agar saya tidak menuduh mohon dibuktikan karena hadist berkata nabi muhammad yang berkata langsung bahwa kedua orang tua nabi tidak akan masuk surga dan kafir, apa benar

Edy Prayitno
itu tidak benar .kalau orang tua nabi kafir :Bahkan Nabi SAW pernah menjelaskan bahwa nasabnya adalah suci (ayah-ayahnya adalah keturunan manusia yang suci),”Saya Muhammad bin Abdillah bin Abdul Muthollib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushay bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizaar. Tidaklah terpisah manusia menjadi dua kelompok (nasab) kecuali saya berada diantara yang terbaik dari keduanya. Maka saya lahir dari ayah – ibuku dan tidaklah saya terkena ajaran jahiliyyah dan saya terlahir dari pernikahan (yang sah).Tidaklah saya dilahirkan dari orang yang jahat sejak Adam sampai berakhir pada ayah dan ibuku. Maka saya adalah pemilik nasab yang terbaik diantara kalian dan sebaik-baik nasab (dari pihak) ayah” (Baihaqi dalam Dalailun Nubuwwah dan Imam Hakim dari Anas ra.) Hadis ini diriwayatkan pula oleh Ibn Katsir dalam tafsirnya juz 2,hal.404 dan juga oleh Imam Ath Thobari dalam tafsirnya juz 11, hal. 76.

Edy Prayitno
Sesungguhx Allah memilih Kinanah dari keturunan Ismail dan Allah memilih quraisy dari kturunan Kinanah. Allah memilih bani hasyim dan quraisy dan Allah memilih aku dari keluarga bani hasyim.HR.Muslim no.2276

Rudi Yohanes
maaf ada gangguan
apakah Orang Tua nabi bersyahadat juga sebagai bukti mereka muslim? sama agamanya dengan nabi Muhammad?

Edy Prayitno
pengucapan sumpah syahadat baru ada di jaman nabi Muhammad mas rudi

Rudi Yohanes
jadi apa tanda mereka muslim pak, sekarang ada perbaharuan kalau dulu muslim selalu mengatakan adam pun bersyahadat saya suka ini percaya perubahan akan terjadi

Edy Prayitno
dimana ada ayat adam bersyahadat pak rudi …..

Edy Prayitno
tanda mereka muslim adalah mereka tauhid …Lai lla Ha illallah ….tetapi penyebutan …..Muhammad Rosul Allah ….blm ada

Rudi Yohanes
memang tidak ada, itukan dahulu kawan2 muslim kalau membuktikan nabi isa bersyahadat sebagai bukti muslim juga adam, kita tinggalkan yang itu
SAya mau tanya apa bukti orang tua nabi adalah muslim? karena syahadat tidak mungkin

Edy Prayitno
apa pengertian ” muslim ” mas rudi ? saya kira sdh sering saya jawab soal ini pada anda

Rudi Yohanes
Tambahan pak edy
Dalil yang menunjukkan atas kafirnya Abdullah bin Abdil Muththalib, ayahanda Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم .
Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, dia berkata:“Seorang lelaki bertanya: “Wahai Rasulullah, di manakah ayahku berada?” Nabi menjawab: “Di dalam neraka.” Ketika orang itu berpaling untuk pergi, Nabi memanggilnya. Lalu Nabi berkata: “Sesungguhnya ayahku dan ayahmu berada di dalam neraka.” [HR Muslim (203)]
muslim artinya beragama islam, dari mana kita mengetahui orang tua nabi mengucapkan 1 kalimat syahadat? bukan kah sebelum mereka ada nabi isa sudah ada, apakah tidak ada syahadat untuk hal itu

Edy Prayitno
sudah saya katakan di awal tadi mas rudi soal hadist itu ada perdebatan …tetapi semua ulama menyakini bahwa hadist yg diatas itulah yg benar

Rudi Yohanes
yang mana yang benar apakah yang ini
Dalil yang menunjukkan atas kafirnya Abdullah bin Abdil Muththalib, ayahanda Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم .
Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, dia berkata:
“Seorang lelaki bertanya: “Wahai Rasulullah, di manakah ayahku berada?” Nabi menjawab: “Di dalam neraka.” Ketika orang itu berpaling untuk pergi, Nabi memanggilnya. Lalu Nabi berkata: “Sesungguhnya ayahku dan ayahmu berada di dalam neraka.” [HR Muslim (203)]
Itu dari HR MUSLIM loh, dan sahi

Edy Prayitno
hadist masih bisa di selisihi mas rudi …karena dari budaya oral dari mulut ke mulut …distorsi bisa saja terjadi . tetapi ayat Alquran yg tdk ada distosi

Rudi Yohanes
kalau diselisih mengapa kedudukan hadist itu setara al quran ?
Artinya hadist siapa saja bisa salah ya pak, kalau salah mengapa harus dipakai

Rudi Yohanes
pak edy tau siapa saya ndak usah kalian atur, nanti pas waktu giliran saya beliau pasti kasih sinyal

Edy Prayitno
mana ada hadist setara dengan Alqur’an ….salah itu
waktu anda habis mas

Rudi Yohanes Kalau tidak setara artinya tidak bisa di jadikan dasar iman
ok silahkan pak edy

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Edy Prayitno ok terima kasih sekarang waktunya saya
sama sama membahas soal ” rosul ” …maka saya juga akan bahas …Rosul …yg ada salam ALkitab …yaitu ” Rosul Pauus ” …biar adil .

Rudi Yohanes
silahkan pak

Edy Prayitno
anda yakin jika paulus itu seorang Rosul ?
saya akan membuat pertanyaan yg sama dg anda

Edy Prayitno
jawab dulu apakah anda yakin paulus itu seorang rosul

Rudi Yohanes
yakin pak, saya juga rasul

Edy Prayitno
anda juga rosul ? wah hebat
sekarang apakah ayah nya paulus bukan org kafir ?

Rudi Yohanes
iya benar pak edy, sebab AL kitab menjelaskan rasul itu adalah Murid Yesus yagn pergi memberitakan Injil kerajaan surga, jadi rasul itu adalah penginjil

Edy Prayitno
jawabnya Gak pake lama
pertanyaan saya banyak
hallo
jawab ….apakah ayahnya paulus itu kafir ?

Rudi Yohanes
iya silahkan

Rudi Yohanes
saya kurang paham ayahnya paulus, coba saya cari nanti ya

Edy Prayitno
kenapa anda yakin dia org suci seorang rosul sedang nasabnya aja anda gak ngerti

Rudi Yohanes
siapa yang orang suci pak edy? orang tua rasul paulus atau rasul paulus? kalau rasul paulus ada dosa, buktinya mati

Edy Prayitno
kedua ….apakah dia pernah menerima wahyu dar ALLAH …ingat semua rosul dan nabi menerima wahyu dari ALLAH .

Edy Prayitno
kalau rosul bukan suci iku rosul abal abal mas rudi

Rudi Yohanes
Rasul paulus bukan nabi pak edy, tetapi pengabar injil, hanya satu kali rasul paulus berjumpa yesus dalam perjalanan
kematian adalah bukti ketidak sucian, yang suci hanya hennokh dan elia

Edy Prayitno
nabi dan rosul itu tingkatannya lebih tinggi rosul mas rudi ….anda harus paham itu …kalau ada rosul cap abal abal yo jgn di sebut rosul ….
tidak semua nabi iku rosul …otetapi semua rosul sudah pasti nabi
anda harus pahami itu

Rudi Yohanes
nabi lebih tinggi pak edy, dari jaman dahulu semuyanya nabi, tetapi setelah rasul atau murid2 yesus maka ikutanlah agama lain ingin jadi rasul juga, karena untuk jadi nabi tidak mungkin sebab sudah di gariskan hanya dari keturunan abraham, ishak dan yakup

Edy Prayitno
kematian tidak suci …emang semua nabi gak mati apa ….? jangan ngawur mas rudi ….

Rudi Yohanes
saya sudah pahami pak edy bahwa nabi bukan rasul, tetapi rasul juga bukan nabi.
henokh dan elia tidak pak

Edy Prayitno
kalau begitu nasab dari siapa Paulus iku kok bukan trah ibrahim ngaku ngaku sebagai rosul ?

Rudi Yohanes
kan rasul bukan nabi

Edy Prayitno
itu jawaban ngawur sampeyan mas rudi
Jumat anda kebingungan mau ditaruh mana paulus itu
mau disebut nabi bukan trahnya nabi Ibrahim …malah disebut rosul

Rudi Yohanes
ndak ngawur pak edy
iya rasul, murid Yesus disebut rasul,

Edy Prayitno
coba kalau gak ngawur…apa dia ada darah keturunan ibrahim sang pemegang perjanjian ALLAH …

Rudi Yohanes
kami tidak bingung, sedbab nabi diluar trah abraham, ishak dan yakup itu nabi palsu, urutan itu untuk mengatakan bahwa trah nabi hanya mengenal TUHAN, itulah sebabnya dikatkan AKU lah TUHAN abraham, ishak dan yakup
Rasul paulus bukan nabi, rasul artinya murid Yesus yang menyebarkan injil atau memberitakan injil

Edy Prayitno
anda sekarang sdh menyangsikan ke rosulan paulus ? dan bilang hanya murid ? emang sejak kapan paulus jadi murid yesus ?
tolong yg lain diam dulu yah waktu saya sempit tinggal dikit

Rudi Yohanes
silahkan pak edy

Rudi Yohanes
sejak kapan saya menyangsikan pak edy, saya malah yakin Rasul paulus

Edy Prayitno
jawab dg tegas mas rudi paulus itu nabi apa bukan …? kalau bukan nabi kok menulis kitab suci > kalau begitu kitab suci yg dia tulis itu dari mana asalnya ?

Rudi Yohanes
Paulus bukan nabi tetapi rasul

Edy Prayitno
ya sdh terserah sampeyan mau sebut rasul atau apa …terus dia bukan nabi kok menulis kitab suci ? dia mendapat firman dari siapa ?

Rudi Yohanes
Rasul Paulus kok menulis kitab suci? Rasul paulus, Yudas, Petrus juga menuliskan Kitab-kitab, itulah sebabnya mereka dikatakan rasul karena hanya menyampaikan apa yang sudah diwahyukan, ndak ada ajaran baru lagi semua sudah digenapi YESUS
Kalau boleh tau apa itu kitab suci pak edy, sehingga hanya orang yang mendapat wahyu yang bisa

Edy Prayitno
mas rudi coba samakan persepsi anda sengan saya …anda jangan bingung …..alkitab itu kitab suci apa bukan ?
jangan bertanya …skr waktunya saya yg bertanya

Rudi Yohanes
ok saya tidak bertanya saya hanya heran apa sih sebanarnya kitab suci itu? kalau di kristen jelas
BAHWA KITAB SUCI ADALAH
KITAB YANG BERISI FIRMAN TUHAN dan Semua Kisah yang mengikutinya

Edy Prayitno
saya catat : KITAB YG BERISI FIRMAN TUHAN ….titik …saya tanya kitab buatan Rasul Paulus itu firman Tuhan apa bukan ?

Rudi Yohanes
kok pakai titik, sebab disana ucapan manusia juga ada, kok, jangan memaksakan kehendak lah

Edy Prayitno
he he he sekarang anda mulai limbung
kenapa skr anda merefisi ada ucapan manusia segala ..???? aduh piye to iki rek ?

Rudi Yohanes
ndak limbung tuh masih tegar

Edy Prayitno
ALhamdulillah kalau masih tegar

Rudi Yohanes
sejak kapan saya refisi baca dong tulisan saya jangan di potong
namanya saja sang debaters

Edy Prayitno
saya ulangi ya mas Rudy barangkali jenengan iku wes ngantuk ….diatas saya tanya kitab suci …iya pean jawab kitab suci adalah berisi FIRMAN TUHAN …setelah saya tanya kitab Rosul Paulus itu Firman Tuhan atau Bukan …anda mulai mendua dan berkata …oh tidak semua Firman Tuhan tapi ada “UCAPAN MANUSIA ” nih opo jenenge ngene iki ?

Rudi Yohanes
jangan maksa, masih ada tulisan saya
SAYA KATAKAN KITAB SUCI ADALAH
FIRMAN TUHAN dan KISAH Yang mengikutnya

Edy Prayitno
ayo saya ikuti kemauan sampeyan …jelaskan opo iku yg dimaksud dg kisah yg mengikutinya ?

Rudi Yohanes
nah gitu dong
Maksudnya adalah SEMUA FIRMAN TUHAN pasti ada kisah yang mengikuti, baik oleh iblis, malaikat, atau manusia

Edy Prayitno
waduh skr iblis juga bisa menulis kitab suci anda mas rudi

Rudi Yohanes
iblis tidak menulis tetapi iblis berbicara, manusia berbicara manusia mengikuti atau melawan firman tersebut demikian juga iblis, malaikat

Edy Prayitno
coba jelaskan iblis mana iku yg ikut menulis kitab suci anda

Edy Prayitno
anda jangan melebar kemana mana mas rudi yg kita bahas adalah rosul paulus ………dg hubungannya dg kenabian dan kerosulan beliau …skr anda sudah yakin jika alkitab tdk semuanya adalah FIRMAN TUHAN …karena PAULUS menulis bukan berdasar FIRMAN TUHAN .

Rudi Yohanes
bukan menulis tetapi berbicara seperti dalam ayub 6 : 1

Edy Prayitno
setuju dg pendapat saya ? jika kitab kitab Paulus bukan berasal dari FIRMAN ALLAH ?

Rudi Yohanes
yang melebar siapa? lah situ yang mengiring

Edy Prayitno
ya sdh kembali saja ….ke jalan lurus he he h

Rudi Yohanes
siapa bilang ALKITAB itu 100% dfirman TUHAN , hanya kitab bohong yang mengatakan 100% Firman Tuhan
sip silahkan

Edy Prayitno
saya catat ,,,pendapat berani dari anda …jadi kitab anda 100% bukan FIRMAN TUHAN begitu ?

Rudi Yohanes
sudah saya jelaskan

Edy Prayitno
halo mas rudi ….jadi kesimpulannya kalau Rosul Paulus menulis bukan bersandar pada Firman ALLAH ? kenapa dijadikan kitab suci dan dijadikan sandaran keimana anda ?

Rudi Yohanes
bersandar dong kan sudah saya tuliskan

Edy Prayitno
jadi gak salah dong kalau antara ucapan Yesus dalam Injil banyak bertentangan dg tulisan Rosul Paulus ?

Rudi Yohanes
ndak ada yang bertentangan sebab rasul paulus kan menyampaikan apa yang diajarkan oleh nabi2 terdahulu dan apa yang tertulis dikitab2 terdahulu, mana ada ajaran baru, hanya nabi palsu yang berkata dia datang membawa ajaran baru
santai saya di olok emang kenapa

Edy Prayitno
masa …apa butuh bukti ?

Rudi Yohanes
yah bahkan ayat jin pun ada di al quran santai saja,

Edy Prayitno
bukti2 pertentangan banyak di posting kawan2 dan mas rudy pasti sdh baca

Rudi Yohanes
harusnya mas edy yang mencari pertentangan
yang mana yang bertentangan antara ajaran rasul paulus dan YESUS, ndak ada tuh. kalau dengan nabi palsu ya banyak

Edy Prayitno
gak perlu waktu saya tinggal 5 menit …..gak sempat copy paste….yg jelas beda pendapat antara Yesus dg Rosul Paulus banyak di posting kawan2

Rudi Yohanes
ndak ada, hanya pemahaman mereka saja yang tidak sampai

Edy Prayitno
contoh utama saja :
Paulus mengatakan dalam Injil, bahwa ia menerima wahyu dari Yesus. Berarti apa yang diucapkannya, logikanya harus sesuai dengan ucapan-ucapan Yesus. Kita lihat :
II Korintus 1 : 3, Kol 1 : 15, Filipi 2 : 6,= theology Kristen mengajarkan Yesus adalah Tuhan. Bertentangan dengan Yoh 17 : 3, Yoh 7 : 16, Yoh 7 : 29,
Mat 21 : 11 = Yesus menyatakan dirinya Nabi utusan Allah.
Yoh 1: 1-4,14 dan 1 Yoh 5:7 = teologi Kristen mengajarkan Trinitas.
Ini BERTENTANGAN dengan Mar 12 : 29, Mat 22:37, Mat 4 : 10 = Yesus mengajarkan ketauhidan.
dan masih banyak lagi yang lainnnya
saya kira waktu saya habis

Rudi Yohanes
Bah YEsus hanya 1 kali bertemu RASUL PAULUS< siapa bialang menerima wahyu dari YESUS, itu perlu diluruskan

Edy Prayitno
terima kasih waktunya

Rudi Yohanes
Tidak ada yang bertentangan, pemahaman mereka saja yang tidak sampai.
Yesus memang TUHAN, bahasannya sudah sering saya bukakan.
Emang ESA itu ada 3 hal
Mana ada TUHAN tanpa ROH TUHAN, tanpa FIRMAN TUHAN

Edy Prayitno
Mohon maaf bila ada salah kata ….waktu habis mas rudi saya ucapkan terima kasih

Rudi Yohanes
OK,…. sama-sama pak edy….
Edy Prayitno +++++++++++++++++++