DIRMAN

Topik : Anak perjanjian Ismail dan Ishaq
Dialog tgl : 3 Sept 2015

Edy Prayitno
Silahkan pak Dirman Yunus Barus

Dirman Yunus Barus
itu 1 jam buat pak Dirman
1 jam buat saya , maksudnya apa?

Edy Prayitno
silahkan 1 jam waktunya anda bertanya
dan 1 jam selanjutnya saya yg bertanya
tolong jangan notif atau koment admin saya gak ada yg on line jadi saya kewalahan kalau hapus koment yg masuk
moderator : Gus Imron

Dirman Yunus Barus
Berarti saya yang bertanya. Siapa yang dijanjikan kelahirannya baik di al qur’an maupun di Alkitab? Apakah Ishak atau Ismail, beserta ayat pendukung.

Edy Prayitno
kedua anak Ibrahim sama sama dijanjikan mereka adalah benih Abraham …anak anak perjanjian
tolong yg lain di hapus Gus Imron…

Gus Imron
1 x notif aj..

Dirman Yunus Barus
Mana ayat pendukungnya?

Edy Prayitno
21:13 Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena ia pun anakmu.”

Dirman Yunus Barus
Siapa yang dijanjikan sebagai keturunan yang mewariskan kitab dan kenabian?

Edy Prayitno
4:163. Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma’il, Ishak, Ya’qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud.
mereka keturunan Ibrahim semua mendapat wahyu

Dirman Yunus Barus
Apa Nuh keturunan Ibrahim?

Edy Prayitno
Nuh juga nabi ……meskipun bukan dari Ibrahim

Dirman Yunus Barus
Saya tidak tanya Nuh Nabi atau tidak. Kita sedang dialog tentang topik anak perjanjian antara Ishak dan Ismail. Yang kutanya, apa Nuh juga anak Abraham?
Saya tidak tanya Nuh moyang Ibrahim atau bukan. Yang kutanya apa Nuh keturunan Abraham?

Edy Prayitno
anda itu paham apa tidak ….dibilang moyangnya ibrahim malah tanya keturunan apa tidak dari Ibrahim ?

Dirman Yunus Barus
Kalau moyang itu bukan dijanjikan sama Abraham. Yang dijanjikan sama Abraham, Ishak atau Ismail. Jadi Nuh tidak ikut-ikut jadi anak perjanjian.

Edy Prayitno
baca ayatnya secara menyeluruh pak dirman ayat yg saya kasih itu sebagai contoh bahwa Ibrahim , Ismail , Ishaq adalah pewahyu dari ALLAH ….bukan kronologi kalau Nuh anaknya Ibrahim .
4:163. Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma’il, Ishak, Ya’qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud.
anda pahami ayat diatas dg benar

Dirman Yunus Barus
Kita tidak bicara tentang pewahyu dari Allah. yang kita bicarakan, siapa anak perjanjian, Ishak atau Ismail?

Edy Prayitno
kalau anda bertanya saat saat perjanjian turun dan siapa yg menerima perjanjian pertama kali …maka jawabnya adalah Ismail .

Dirman Yunus Barus
Dimana ayatnya di al qur’an?

Edy Prayitno
17:7 Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.
17:8 Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah mereka.”
17:9 Lagi firman Allah kepada Abraham: “Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.
17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disuna
dalam Alquran tdk disebut tetapi ada dalam kitab Tourat nabiMusa..

Dirman Yunus Barus
Itu perjanjian Allah dengan Abraham, bukan dengan Ismail.

Edy Prayitno
anda itu bagaimana pak …perjanjian turun ya pertama kali adalah dari bapaknya buat anak2 nya
yg menerima perjanjian pertama adalah Ibrahim dan anak pertama kali yg menerima perjanjian adalah Ismail karena Ishaq belum lahir

Dirman Yunus Barus
Itu kan tafsiran anda Edy Prayitno. Bukan ayat al qur’an atau ayat alkitab.

Edy Prayitno
siapa bilang bukan dari alkitab pak dirman ……baca kisahnya di kitab kejadian ..masa macam anak anak pertanyaan anda ini

Edy Prayitno
Rudi yohanes anda akan saya keluarkan kalau anda gak bisa kami kasih peringatan

Dirman Yunus Barus
Kalau di Alkitab, tidak ada dikatakan Allah berjanji dengan Ismail. Allah hanya berjanji dengan Abraham.

Edy Prayitno
inbox saja pak dirman …..saya ragu kalau anda ini rudi yohanes lihat kelakuan anda ini

Edy Prayitno
he he pak dirman pak dirman …coba baca apa perjanjian itu isinya ?
anda seperti baru baca kitab saja

Dirman Yunus Barus
Saya tidak terima in box Edy Prayitno. Karena kalau tidak disaksikan orang banyak, anda akan edit dan bekoar-koar di grup anda. Kalau di umum begini kan anda tidak berkutik.

Edy Prayitno
silahkan pak dirman ….saya selalu siap di depan umum
silahkan lanjut

Dirman Yunus Barus
Perjanjian itu adalah perjanjian Allah dengan Abraham Edy Prayitno, bukan dengan Ismail.

Edy Prayitno
Kej 17:6 Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak; engkau akan Kubuat menjadi bangsa-bangsa, dan dari padamu akan berasal raja-raja.
17:7 Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.
17:8 Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah mereka.”
baca isi perjanjian itu pak …itu buat Nabi Ibrahim apa buat keturunannya ?

Dirman Yunus Barus
Perjanjian itu bukan dengan Ismael atau untuk Ismael tapi untuk Abraham dan Ishak. Kalau janji untuk Ismael seperti ini: KEJ 16:12 Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar,
demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan…

Edy Prayitno
emang benih ibrahim siapa pak …ingat ibrahim punya istri ke 3 ketura dengan 6 anak . tetapi 6 anak ini tdk pernah disebut yg menerima perjanjian ini , justru Ismail dan Ishaq yang disebut . sedangkan Ismail secara khusus ALLAH berkata dalam Kej 21:18 akan dijadikan bangsa yang besar

Dirman Yunus Barus
Kok jau kali Edy Prayitno, sampai ke ketura? Di Alkitab itu Ketura dan Hagar tidak dianggap. Anehnya di al qur’an pun Ismael tidak dianggap sebagai pewaris kenabian.

Edy Prayitno
itu biar anda paham bahwa yg disebut Zara ( benih ) Ibrahim dan mewarisi perjanjian itu adalah Ismail dan Ishaq .

Dirman Yunus Barus
Kalau di Alkitab, Abraham berusaha supaya Ismael dianggap oleh Allah sehingga Abraham berkata kepada Allah : —————————————————————————————————— 17:18 Dan Abraham berkata kepada Allah: “Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu!”
17:19 Tetapi Allah berfirman: “Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.
—————————————————————————————————————- Jadi, Di Alkitab, Ismael itu enggak direken Allah.

Edy Prayitno
itu lah yg mencurigakan dari kitab anda pak …kenapa tiba tiba disebut Ishaq ? padahal saat itu hamil saja belum si ibunya Sara ?

Dirman Yunus Barus
Kalau mencurigakan kok kamu kutip Edy Prayitno???

Edy Prayitno
kitab Tourat anda ini tdk kami dustakan semuanya tetapi juga tdk kami terima semuanya …karena sejarah penyusunan kitab tourat bukan saja ditulis oleh nabi Musa saja .

Dirman Yunus Barus
Itulah pentingnya Ishak di Alkitab. Bahkan Janji itu diucapkan Allah sama Abraham, sekitar 25 tahun sebelum Ishak lahir. Walaupun sudah Ismael lahir, Abraham mohon sama Allah supaya Ismael diperkenankan hidup dihadapannya. Tapi Allah tidak meluluskan permohonan Abraham.

Edy Prayitno aneh nya sampeyan masih mengingkari Ismail yg jelas jelas menerima perjanjian pertama kali …..kebencian anda terhadap nabi Ismail malah melawan firman anda sendiri …pak Dirman .Kej 21:18 rudi ,,,anda punya sopan santun apa tidak ?
silahkan pak dirman lanjut waktu anda tinggal 15 menit

Dirman Yunus Barus
Saya jelas mengatakan kebenaran. Bahwa baik di Alkitab maupu di al qur’an, Ismael itu tidak diperhitungkan Allah sebagai pewaris kenabian. Jadi jangan anda berkata saya yang benci Ismael.

Edy Prayitno
anda bisa baca ayat ini apa isinya : Kej 21:18 ?

Dirman Yunus Barus
Itu hanya jadi bangsa yang besar, bukan mewarisi hak kenabian, Edy Prayitno.

Edy Prayitno
astaga ,……pak dirman pak dirman …semua juga berkata sama isinya itu buat bangsa yg besar anak cucumu akan AKU berkati ,…maknanya apa pak ? kenapa anda menjadi kerdil pemahaman seperti ini ?

Dirman Yunus Barus bangsa yang besar tapi kelakuan keledai liar, bukan mewarisi kenabian.
Buktinya, orang arab kan berantem terus sesama mereka. Itulah sesuai dengan nubuat Alkitab tentang

Edy Prayitno
anda tahu bahasa ibraninya apa itu ….
pere adam ?

Dirman Yunus Barus
Emang al qur’an ada bahasa Ibrani, Edy Prayitno??? Coba tunjukkan bahasa Ibrani Al Qur’an.

Edy Prayitno
anda kan tanya soal ” keledai liar ” itu asalnya dari bahasa ibrani Pere Adam …coba sampeyan cari arti kalimat itu ….bukan seperti terjemahan LAI yg seakan akan menghina nabi Ismail sebagai keledai liar gak punya aturan

Edy Prayitno nabi Ismail adalah orang yg taat …dan Alim ….12 suku keturunan nabi Ismail kelak menjadi bangsa yg besar

Dirman Yunus Barus Kalau Al qur’an mengatakan pada keturunan Abraham, ishak dan Yakub sebagai pewaris kenabian dan Alkitab ada di Al Qur’an. ini dia ayatnya —————————————————————————————————– 27- Dan Kami anugrahkan kepada Ibrahim, Ishak dan Yakub, dan Kami jadikan kenabian dan Al Kitab pada keturunannya, dan Kami berikan kepadanya balasannya di dunia; dan sesungguhnya dia di akhirat, benar-benar termasuk orang-orang yang saleh. Surat 29 Al Ankabuut:27).
Alim kan belum tentu jadi mewariskan kenabian.

Edy Prayitno
duh gimana anda ini pak ….

Dirman Yunus Barus
Kalau alim, sayapun orang alim Edy Prayitno, tapi saya tidak di anugrahkan kenabian.

Edy Prayitno
he he ……waktu anda habis pak

Dirman Yunus Barus
Apa setiap orang yang alim jadi pewaris kenabian Edy Prayitno????

Edy Prayitno
soal anda gak jadi nabi ,……ya berdoa saja siapa tahu jadi nabi ????
sekarang waktu saya pak /.

Dirman Yunus Barus
Sekarang kau yang bertanya tentang topik “Siapa anak perjajian menurut Alkitab dan Al Qur’an” silakan.
Kau mau tanya apa Edy Prayitno???

Edy Prayitno
Q2:24. Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji[87] Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia”. Ibrahim berkata: “(Dan saya mohon juga) dari keturunanku”[88]. Allah berfirman: “Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim”.
surat diatas adalah AL Baqarah .
juga dalam Kej 21:18
21:18 Bangunlah, angkatlah anak itu, dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar.”
semua mengacu pada benih nabi Ibrahim termasuk Ismail …emang kenapa anda gak mau mengakui kenabian Ismail ? apa dosa dia sehingga anda memusuhinya ?

Dirman Yunus Barus
Itu kata di dalam tanda kurung itu, tidak ada di dalam Al qur’an bahasa Arab, Edy Prayitno. Yang membuat kau tambah sesat kan kata di dalam tanda kurung itu. Itu hanya tambahan penterjemah al qur’an mu.

Edy Prayitno
dalam kurung itu sebagai penambahan makna dan tafsir dan semua sepakat ….karena ayat lain dalam kitab anda juga ada yaitu di kej 21:18 kenapa anda ingari ?

Dirman Yunus Barus
Itulah sesatnya al qur’an mu itu Edy Prayitno. Karena bahasa Arabnya saja sudah sesat, ditambah-tambahi lagi sama penterjemah al qur’an mu sehingga mencocok-cocokkan dengan keinginan mereka buakn kebenaran.

Edy Prayitno
kalau anda tidak percaya Aqur’an ya sudah terserah anda ..sekarang saya pakai kitab suci anda …baca Kej 21:18 kenapa ayat itu anda ingkari ?

Edy Prayitno
tolong jawabnya gak pakai lama ?
haloo

Dirman Yunus Barus
Tidak ada di ingkari Edy Prayitno. Ismael itu dinubuatkan cuma menjadi keledai liar. ——————————————————————————————————– ini dia ayatnya; ————————————————————————————————— KEJ 16:7 Lalu Malaikat TUHAN menjumpainya dekat suatu mata air di padang gurun, yakni dekat mata air di jalan ke Syur.
KEJ 16:8 Katanya: “Hagar, hamba Sarai, dari manakah datangmu dan ke manakah pergimu?” Jawabnya: “Aku lari meninggalkan Sarai, nyonyaku.”
KEJ 16:9 Lalu kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: “Kembalilah kepada nyonyamu, biarkanlah engkau ditindas di bawah kekuasaannya.”
KEJ 16:10 Lagi kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: “Aku akan membuat sangat banyak keturunanmu, sehingga tidak dapat dihitung karena banyaknya.”
KEJ 16:11 Selanjutnya kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: “Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan akan menamainya Ismael, sebab TUHAN telah mendengar tentang penindasan atasmu itu.
KEJ 16:12 Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar,
demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya.” ————————————————————————————————— Itulah nubuat Allah bagi Ismael Edy Prayitno.
Itulah janji Allah terhadap Ismael anak Hagar, Edy Prayitno.

Edy Prayitno
yg saya tanya psal 21:18 pak ? why

Dirman Yunus Barus
psl 21:18, kan hanya dibilang KEJ 21:18 Bangunlah, angkatlah anak itu, dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar.” ————————————————————————————————— Apa bangsa yang besar harus jadi nabi, Edy Prayitno???? Amerika bangsa yang besar. Apa mereka juga anak perjanjian?
psl 21:18, kan hanya dibilang KEJ 21:18 Bangunlah, angkatlah anak itu, dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar.” ————————————————————————————————— Apa bangsa yang besar harus jadi nabi, Edy Prayitno???? Amerika bangsa yang besar. Apa mereka juga anak perjanjian?

Edy Prayitno
kenapa dengan anda pak ….apa sih isi perjanjian ALLAH kepada Ibrahim ? emang Ismail bukan Benih nabi Ibrahim ya ?

Edy Prayitno
kok malah lari ke amrika ?

Dirman Yunus Barus
Kan kau sendiri sudah bilang, kalau sekedar benih saja, anak ketura juga benih Abraham. Tapi enggak dianggap Allah tuh.

Edy Prayitno
baca kisah kejadian soal perjanjian pak …kayaknya bapak gak paham dg isi perjanjian itu …kalau bapak paham coba sebutkan apa dan siapa yg menerima ?

Dirman Yunus Barus
Kan bukan asal bangsa yang besar yang mewarisi kenabian. yang mewarisi kenabian adalah anak perjajian. Ishak dijanjikan kelahirannya baik di Alkitab maupun di al qur’an.

Edy Prayitno
saya tanya sekali lagi apa isi perjanjian itu dan siapa saja yg menerima pertama kali tanda perjanjian itu ? jangan melebar

Dirman Yunus Barus
Pokoknya kita bicara anak perjanjian antara Ishak dan Ismael thok. Di Alkitab, anak yang dijanjikan Allah adalah Ishak. di Al qur’an pun anak yang dijanjikan Allah kelahirannya adalah Ishak.

Edy Prayitno
tolong jawab pakai dasar pak jangan pakai asumsi pribadi masa master jawab kek gini ?
padahal saya bayangkan saya dapat lawan yg tangguh ….ternyata ooh ternyata
coba sebutkan apa isi perjanjiannya dan siapa yg menerima pertama kali jawab pakai dasar karena ini ada kelanjutannya

Dirman Yunus Barus
Kan sudah keok anda. Saya semua pakai ayat, baik al qur’an maupun Alkitab. Justru terlalu tangguh bagi anda sehingga anda hanya tafsiran anda sedangkan saya bedasarkan ayat Alkitab dan Al Qur’an.
Yang menerima Perjanjian tentu Abraham.

Edy Prayitno
sekarang anda tinggal jawab pertanyaan saya pak

Edy Prayitno
apa bentuk tanda perjanjian itu ?

Dirman Yunus Barus
Bentuknya berupa anak yang akan mewarisi perjanjian kekal.

Edy Prayitno
coba pakai ayat
perjanjian kekal seperti apa ?

Edy Prayitno
anda baca ..siapa yg disunat duluan ?

Dirman Yunus Barus
Nih ayatnya ————————————————————————————————– Allah mengulangi menjanjikan seorang anak laki-laki kepada Abraham
Kej 18:1-15

Kemudian TUHAN menampakkan diri kepada Abraham dekat pohon tarbantin di Mamre, sedang ia duduk di pintu kemahnya waktu hari panas terik. Ketika ia mengangkat mukanya, ia melihat tiga orang berdiri di depannya. Sesudah dilihatnya mereka, ia berlari dari pintu kemahnya menyongsong mereka, lalu sujudlah ia sampai ke tanah, serta berkata: “Tuanku, jika aku telah mendapat kasih tuanku, janganlah kiranya lampaui hambamu ini. Biarlah diambil air sedikit, basuhlah kakimu dan duduklah beristirahat di bawah pohon ini; biarlah kuambil sepotong roti, supaya tuan-tuan segar kembali; kemudian bolehlah tuan-tuan meneruskan perjalanannya; sebab tuan-tuan telah datang ke tempat hambamu ini.” Jawab mereka: “Perbuatlah seperti yang kaukatakan itu.” Lalu Abraham segera pergi ke kemah mendapatkan Sara serta berkata: “Segeralah! Ambil tiga sukat tepung yang terbaik! Remaslah itu dan buatlah roti bundar!” Lalu berlarilah Abraham kepada lembu sapinya, ia mengambil seekor anak lembu yang empuk dan baik dagingnya dan memberikannya kepada seorang bujangnya, lalu orang ini segera mengolahnya. Kemudian diambilnya dadih dan susu serta anak lembu yang telah diolah itu, lalu dihidangkannya di depan orang-orang itu; dan ia berdiri di dekat mereka di bawah pohon itu, sedang mereka makan. Lalu kata mereka kepadanya: “Di manakah Sara, isterimu?” Jawabnya: “Di sana, di dalam kemah.” Dan firman-Nya: “Sesungguhnya Aku akan kembali tahun depan mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara, isterimu, akan mempunyai seorang anak laki-laki.” Dan Sara mendengarkan pada pintu kemah yang di belakang-Nya. Adapun Abraham dan Sara telah tua dan lanjut umurnya dan Sara telah mati haid. Jadi tertawalah Sara dalam hatinya, katanya: “Akan berahikah aku, setelah aku sudah layu, sedangkan tuanku sudah tua?” Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Abraham: “Mengapakah Sara tertawa dan berkata: Sungguhkah aku akan melahirkan anak, sedangkan aku telah tua? Adakah sesuatu apapun yang mustahil untuk TUHAN? Pada waktu yang telah ditetapkan itu, tahun depan, Aku akan kembali mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara mempunyai seorang anak laki-laki.” Lalu Sara menyangkal, katanya: “Aku tidak tertawa,” sebab ia takut; tetapi TUHAN berfirman: “Tidak, memang engkau tertawa!”(Kej 18:1-15)

Edy Prayitno
kenapa anda belok ke ayat ini ?
anda kok kurang cerdas sih pak
he he bukan itu pak

Dirman Yunus Barus
Kan janji kelahiran anak.
Jadi, anak perjanjian bukan anak?

Edy Prayitno
ya ampun …..isi perjanjian pertama kali apa dan bentuknya seperti apa bukti nya apa …anda gak tahu pak ?

Edy Prayitno
kok coman anak saja …..?

Dirman Yunus Barus
Kan topiknya siapa anak perjanjian.
Anak dan mewarisi perjanjian kekal.

Edy Prayitno
Kej 17:7 Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.
++++++++
baca pasal ini pak wes tak kasih kerpekan saja

Dirman Yunus Barus
Kan itu persoalanya Edy Prayitno. 17:7 Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu. —————————————————————————————————- Keturunan yang diakui Allah siapa? Ishak atau Ismael. Yang diakui Allah adalah Ishak, baik di dalam Alkitab maupun di dalam al Qur’an.
Edy Prayitno
tanda perjanjiannya apa pak ?
anda alergi kayaknya dg nama ismael
anda tahu tidak apa arti nama ismael ?
nama ismael ini dari Malaikat lo

Dirman Yunus Barus
Saya tidak alergi dengan nama Ismel. Tapi mau apa lagi, baik di Alkitab, maupun di al qur’an, Islmael itu tidak dianggap oleh Allah.
Dari malaikat tapi nubuatnya kelakuannya seperti keledai liar.
Nubuat keledai liar itu kan dari malaikat.

Edy Prayitno
tidak dianggap ? wow …saya tanya anda siapa yg ngasih nama ismael dan apa artinya ?
ini ada dalam kitab anda …kalau gak bisa jawab yo kebangetan’

Dirman Yunus Barus
yang ngasih nama malaikat, tapi nubuat malaikat kelakuannya seperti keledai liar.

Edy Prayitno
anda masih bicara soal keledai liar padahal saya suruh cari bunyi aslinya dari bahasa ibrani anda gak sanggup jawab
apa arti nama Ismael ?
saya seperti ngadepin anak sekolah minggu kalau seperti ini ?
gak bisa jawab ?
kalau gak bisa jawab bilang ,,,akan saya bantu biar saya gak lama nunggu

Dirman Yunus Barus
Inilah perjanjian Allah dengan Abraham ——————————————————————————————————— 17:19 Tetapi Allah berfirman: “Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.

Edy Prayitno
anda masih muter disana saja ….bertahan soal ishaq saja gak mengerti apa yg saya tanyakan ? gak tahu apa pura pura menghindar pertanyaan saya ?
coba sebutkan apa arti nama Ismael dan apa arti nama Ishaq ?

Dirman Yunus Barus
Saya apa itu bukan perjanjian Allah dengan Abraham,Edy Prayitno????

Edy Prayitno
saya sudah gak bertanya soal itu pak
yang saya tanya sekarang apa arti nama Ismael yg anda benci itu dan apa arti nama Ishaq ?

Dirman Yunus Barus
Topiknya kan siapa anak perjanjian? Apa kau keluar dari topik Edy Prayitno????

Edy Prayitno
biar kau paham pak dirman siapa yg anda benci itu
ini masih soal ismail dan Ishaq anak anak perjanjian
gak tahu ya ?

Dirman Yunus Barus
Kalau kau buat topik baru saya akan layani. tapi dalam topik ini kau sudah keok. Kita tutup TS ini. kita buat baru soal arti nama Ismael dan Ishak. Oke???

Edy Prayitno
ok saya bantu jawab …perhatikan : Nama Ishmael bermakna ‘Allah telah mendengar’ (Ibrani: yisma’El) karena Allah telah mendengar tentang penindasan Sara atas Hagar itu (Kejadian 16:11).

Faktanya, nama ini disandarkan secara langsung atas pribadi Allah, yakni yisma’El (Dia yang adalah Allah telah mendengar). Ishmael adalah nama yang indah dari Allah, yang mencerminkan kepercayaan dan keimanan Hagar kepada Allah.

Sebaliknya, nama Ishak bukanlah nama yang indah dari Allah karena nama Ishak bermakna ‘dia telah tertawa’ (Ibrani: yitzhaq), yang nama ini disandarkan secara langsung kepada pribadi Sara, yakni yitzhaq (dia yang bernama Sara telah tertawa), sebab Sara telah menertawakan kabar dari Allah dan menyangkal sekaligus meragukan ketidakmustahilan perbuatan Allah (Kejadian 18:12-15), dan atas wasiat Allah kepada Abraham, maka kemudian Abraham menamainya Ishak (Kejadian 21:3).

Mengapa nama Ishmael disandarkan atas pribadi Allah sendiri, sedangkan nama Ishak disandarkan kepada pribadi Sara? Renungkanlah ini pak dirman …sdh tahu tidak ?

Dirman Yunus Barus
Allah mendengar, tapi nubuatnya jadi keledai liar.

Edy Prayitno
anda bicara soal keledai liar .,…saya tanya coba bahasa asli nya keledai liar itu apa ? anda akan terbengong2 karena justru dalam alkitab yg paling bebal melebihi keledai liar itu adalah julukan kaum israel sendiri .

Dirman Yunus Barus
Apa kau sudah ngaku kalah Edy Prayitno, tentang siapa anak perjanjian? Kalau sudah, kita closed ini topik, kita buat topik baru. OK?

Edy Prayitno
ya ampun anda jawab aja masih belepotan begitu masih ngurusin siapa yg kalah siapa yg menang …pak dirman …
anda minta closed ? lha waktu saya belum habis masih 10 menit ???

Dirman Yunus Barus
Kok belepotan? Tentu harus ditentukan siapa pemenang dario debat ini. sudah saya buktikan Ishaklah yang anak perjanjian baik di al qur’an maupun di Alkitab.

Edy Prayitno
halah pak ….ngurusi siapa yg menang siapa yg kalah …emang anda sdh jawab apa diatas ? semua gak nyambung
tapi kalau anda sudah minta closed ya saya tutup saja …saya juga sdh tahu kapastitas anda seperti apa …..saran saya …belajar lagi yg banya soal kitab suci anda …saya tdk merasa dapat tantangan berat dalam dialog ini bahkan sebaliknya saya seperti menghadapi anak sekolah minggu ( maaf )

Dirman Yunus Barus
Kalau kau mau ayat nya di al qur’an Ishak dijanjikan kelahirannya oleh Allah, ono dia ayatnya ———————————————————————————————————- 69- Dan sesungguhnya utusan-utusan Kami telah datang kepada Ibrahim dengan membawa kabar gembira, mereka mengucapkan: “Salaman”. Ibrahim menjawab: “Salamun”, maka tidak lama kemudian Ibrahim menyuguhkan daging anak sapi yang dipanggang. (11 Huud:69)
Dalam bahasa Arab dikatakan:
Wa la qad jaa-at rusulunaa ibraahiima bil busyraa qaaluu salaaman qaala salaamun fa maa labitsa an jaa-a bi ‘ijlin haniidz. (11 Huud:69)
70- Maka tatkala dilihatnya tangan mereka tidak menjamahnya, Ibrahim memandang aneh perbuatan mereka, dan merasa takut kepada mereka. Malaikat itu berkata: “Jangan kamu takut, sesungguhnya kami adalah yang diutus kepada kaum Lut.” (11 Huud:70)
Dalam bahasa Arab dikatakan:
Fa lamma ra-aa aidiyahum laa tashilu ilaihi nakirahum wa aujasa minhum khii-fatan qaaluu laa takhaf innaa ursilnaa ilaa qaumi luuth. (11 Huud:70)
71- Dan istrinya berdiri lalu dia tersenyum. Maka Kami sampaikan kepadanya berita gembira tentang Ishak dan dari Ishak Yakub. (11 Huud:71)
Dalam bahasa Arab dikatakan:
Wam ra-atuhuu qaa-imatun fa dhahikat fa basysyarnaahaa bi is-haaqa wa miw waraa-i is-haaqa ya’quub. (11 Huud:71) —————————————————————————————————- Tidak ada Ismael yang di janjikan kelahirannya.

Edy Prayitno ok status ini saya tutup …………………….terima kasih waktu nya pak Dirman Yunus Barus
+++++++++++++++++++++++++++++++