Pos-pos oleh Edy Prayitno

Dialog dengan Pdt. Matius Wiliam Girsang

1379947_1425609584328569_1607273769_a

 

 

 

 

 

PdtMatius Wiliam Girsang
Selamat malam juga Saudara edi

 

EdyPrayitno

lagisantai pak …

 

PdtMatius Wiliam Girsang

Ya saudaraEdy, istirahat sejenak memberikan Pencerahan sedikit. Ada apa saudara ?
Baca lebih lanjut…

Video Full ” Dialog Islam – Kristen ” , 6 Juni 2013 , Oleh Yayasan Wasi’an Foundation , di Univ Muhammadiyah-Gresik

Assalamualaikum , di bawah ini hasil vcd lengkap , dialog Islam Kristen yg dilakukan pada tgl 6 Juni 2013 lalu .
diselenggarakan oleh Yayasan ” Wasi’an Foundation”
di Universitas Muhammadiyah – Gresik

123

Wassalam

Edy P

 

http://youtu.be/8Lty1T20_Cs

http://youtu.be/hV8piwdCfVg

http://youtu.be/Zy16KicAzI8

http://youtu.be/5t6iDSd7qKk

Dialog selanjutnya besok tgl 6 Oktober 2013 , di Univ Muhammadiyah – Surabaya , Jl Sutorejo , Gedung G lantai 6 . slahkan hadir.

Dialog : Edy Prayitno dengan Andri Jonathan . Topik : ulangan 18:18

Bp Andri Jonathan

Bp Andri Jonathan

Dialog  :  Edy Prayitno  dengan Andri Jonathan .
Topik   :  ulangan 18:18
18) seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau           ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya

Tgl : 1 September 2013

Edy Prayitno

saya ingin tanggapan mas Andri Jonathan..buat siapa nubuatan ayat ini ? silahkan

silahkan mas Andri Jonathan …..

Andri Jonathan

18:15Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh Yahweh, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan.
18:16Tepat seperti yang kamu minta dahulu kepada Yahweh, Allahmu, di gunung Horeb, pada hari perkumpulan, dengan berkata: Tidak mau aku mendengar lagi suara Yahweh, Allahku, dan api yang besar ini tidak mau aku melihatnya lagi, supaya jangan aku mati.
18:17Lalu berkatalah Yahweh kepadaku: Apa yang dikatakan mereka itu baik;
18:18seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.
18:19Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban.
18:20Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama allah lain, nabi itu harus mati.
18:21Jika sekiranya kamu berkata dalam hatimu: Bagaimanakah kami mengetahui perkataan yang tidak difirmankan Yahweh? —
18:22apabila seorang nabi berkata demi nama Yahweh dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan Yahweh; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya.”

– pertama, didalam bahasa aslinya, kata Tuhan yang dipakai LAI berasal dari nama Elohim Yisrael yaitu Yahweh Elohim. Jadi siapapun yang masuk kategori itu haruslah penyembah Yahweh Elohim. Apakah muhammad penyembah Yahweh Elohim? Kalau bukan, maka poin pertama mengeliminasi nya untuk masuk memenuhi standard ayat tersebut.

Edy Prayitno

terima kasih mas Andri Jonathan ..sebelum saya lanjut saya ingin kenal dengan anda . apa anda dari kristen mesianik ?

Andri Jonathan

@edy
Bukan. Saya bukan kristen messianik. Saya kristen mainstream tetapi saya memandang pentingnya akar ibrani. Saya pikir cukup jelas posisi saya ya pak?

Edy Prayitno

ok terima kasih pak . sebelum kita ke pokok tema ..karena bapak anda menyebut apakah Nabi Muhammad menyembah Yahweh Elohim , saya jawab semua nabi menyembah pada ALLAH yg sama , meskipun anda keberatan dengan penyebutan kata ” ALLAH ” yg pasti anggap beda antara ALLAH dan YHWH

Edy Prayitno

dan pasti saat bapak juga tdk bergabung dengan gereja2 yg masih memanggil nama ALLAH karena bagi anda ALLAH dan YHWH beda ? apa benar seperi itu mas

Andri Jonathan

@edy
Pak, sejauh ini saya bukan fanatik nama, jadi saya tidak main diarea salah menyalahkan terjemahan, tetapi kita melihat dari sisi yang lebih dalam dari itu. Jadi sudahkah pembahasan anda? Kalau sudah giliran saya.

Edy Prayitno

silahkan pak …kita dialog timbal balik bukan hanya searah saja

Andri Jonathan

@edy
Ok kita diskusi seperti pola anda. Kita bahas dulu, apakah kita menyembah Allah yang sama?
Saya jawab. Tidak.
Bukan karena kata Allah dan Yahweh, walaupun membandingkan Allah dan Yahweh saja sudah salah. Karena perbandingan yang benar antara kata Allah adalah Elohim dan Eloah.
Baca lebih lanjut…

Dialog : Edy Prayitno dengan Bp Pendeta Budi Asali , Topik : Menjawab pertanyaan Bp.Mokoginta no-1

Bp Pdt Budi Asali , No 3 dari kiri

Bp Pdt Budi Asali , No 3 dari kiri

Dialog dengan Bp Pendeta Budi Asali
tanggal : 14 Sept 2013
Topik   : Menjawab Pertanyaan Bp Mokoginta no1 , Apakah Yesus beragama Kristen

( Pernahkah Yesus mengajarkan Tata Cara Ibadah baru ? )

Edy Prayitno
Salam .itu acaranya kapan ? topiknya apa pak Budi ?

Kayaknya dengan bapak H.Iksan Mokoginta dan Bpk Mashud SM

Budi Asali

Sdh lama, entah thn berapa itu.

nggak ingat yg debat pertama, kalau debat kedua ttg pertanyaan berhadiah BMW itu. Shrsnya dia hutang BMW ke aku, dan nggak dibayar! hehehe.

Kami menjual DVD debat itu, Kalau mau beli hubungi Chandra Johan no hp 081332588000.

Coba tanya pdt Esra, mungkin dia ingat apa topik debat pertama itu.

Wisnu Eko Prasetio

pojok paling kanan bapak ESRA ….

Budi Asali

ya itu dia.

Wisnu Eko Prasetio

kalau debat kedua ttg pertanyaan berhadiah BMW itu. Shrsnya dia hutang BMW ke aku, dan nggak dibayar! hehehe.
==============
kan banyak ntuh pertanyaan … bapak jawab yang mana…

Budi Asali

aku jawab semua pertanyaannya dlm bukuku, jadi dia hutang BMW + 100 juta!

Mungkin aku mau jadi islam kalau kamu bisa tunjukkan kpd aku apa kelebihan Islam yg tak bisa aku dapatkan dr Kristen (hal2 rohani tentunya).

Edy Prayitno

coba pak jawab salah satu saja …singkat saja

Budi Asali

salah satu dr pertanyaannya dia?

Edy Prayitno

betul pak salah satu saja

Budi Asali
Pertanyaan Pertama
Mana pengakuan Yesus di dalam Alkitab
bahwa dia beragama Kristen?
Baca lebih lanjut…

Dialog Islam – Kristen , tgl 6 Juni 2013 , KH Abdullah Wasi’an Foundation

Assalamualaikum , di bawah ini hasil dialog Islam – Kristen yg sempat saya rekam

Dialog Keagamaan”, antara Islam dan Kristen, dengan tema : MEMBEDAH MISTERI DALAM MENGUNGKAP KEBENARAN KELAHIRAN YESUS/ISA ( DALAM SUDUT PANDANG BIBEL dan AL QUR-AN ), yang insya’ Allah akan diselenggarakan pada :
H a r i / tanggal: K a m i s / 06 J u n i 2013
W a k t u: pukul 09.00 s/d pukul 14.00
T e m p a t: Aula Kampus UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK
Jl. Sumatra 101, Komplek Gresik Kota Baru (GKB), Randu Agung – Gresik
Pembicara :
Fihak Kristen
– Gratia Victory A. Pello (Mhs. STT Bethany Surabaya)
– Pdt. Dahaby A. Fam (Dosen STT Medan)
– Pdt Umar Tauhid (Kristen Messianic)
Fihak Islam:
– Masyhud, SM (KH Abdullah Wasi’an Foundation)
– Menachem Ali, MA, Min (KH Abdullah Wasi’an Foundation)
– Insan Mokoginta (Yayasan Birrul Walidain – Jakarta)
Moderator: Mas Ali Makhrus Attamimi / Markus Mardiyanto
(mantan Pendeta Bethany)

Dibawah ini video acara Dialog Islam – Kristen . sesi 2 hingga selesai , karena sesi 1 tdk sempat ambil video karena kendala teknis .
” Mohon maaf karena saya rekam pakai hp , jadinya saat di upload kok jadi miring …he he
gpp asal suaranya masih terdengar .” maklum amatir he he he

Wassalam

Baca lebih lanjut…

Hasil Dialog tgl 9 mei 2013 , Topik : Kontroversi Kisah Kematian , Kebangkitan dan Kenaikan Isa ALmasih ( Yesus )

431865_4823921115694_1179025080_nKristolog Senior-penulis buku2 Kristologi)
2. H. Masyhud S. M., S.Th.I. (Kristolog Senior-
penulis buku2 Kristologi)

Dialog tgl 9 Mei 2013 . Dari Kiri ke kanan , H.
Insan Mokoginta , Menachem Ali , MA .
H.Masyud S.M , Moderator Makhrus at Tamimi .
Pdt Umar Tauhid , Pdt Heny , Pdt Moses , M.Th ,
D.th
9 Mei 2013.
Dialog Islam – Kristen
Topik : Kontroversi Kisah Kematian ,
Kebangkitan dan Kenaikan Isa ALmasih
( Yesus )
Tempat : Aula SMA Muhammadiyah 2, Jl. Raya
Ahmad Yani 666 B, Sidoarjo
Pembicara Muslim:
3. Menachem Ali, MA. Min (ex Dewan Pakar
Kristen Kanisah Orthodoks Syria).
Pembicara Kristen:
1. Pdt. Moses, M.Th., D.Th.,
2. Pdm. Heny.
3. Pdt. Umar Tauhid (pendeta Kristen Mesianic )
Moderator: Makhrus at Tamimi (ex Penginjil).
+++++++++++++++++++++++++++++++++++
+++++++++++++++++++++++++++++++++++
+++
Assalamualaikum
Saya mencoba menyusun hasil dari dialog ini , tetapi hanya dalam
bentuk audio . karena videonya gambarnya kurang bagus maka saya
ambil dalam format audio saja .

1. Pembuka oleh Menachem Ali, MA. Min
http://www.4shared.com/mp3/xGoC6614/01_dialog_islam_kristen.html

2. H. Insan L. S. Mokoginta
Yesus hanya korban keadaan karena dengki
dan dendam imam imam yahudi
http://www.4shared.com/mp3/BtlmuVL_/02_dialog_islam_kristen.html
http://www.4shared.com/mp3/ZiEYHt_c/03_dialog_islam_kristen.html

3. Pdm. Heny.
Yesus benar benar mati , ini didukung dg ayat2
yg menguatkan kejadian tersebut
http://www.4shared.com/mp3/qpmgVou2/04_dialog_islam_kristen.html
http://www.4shared.com/mp3/t9eP08Sx/05_dialog_islam_kristen.html

4. Pdt. Moses, M.Th., D.Th.,
Menanggapi paparan Bp ALi , tentang kritik
teks
beliau setuju , jika semakin tua alkitab semakin
otentik , semakin lama diterjemahkan semakin
jauh dari aslinya
http://www.4shared.com/mp3/YQEI3oB4/06_dialog_islam_kristan.html

5. Menachem Ali, MA. Min , menanggapi uraian
Pdt Moses
http://www.4shared.com/mp3/7OrpmFM9/07_dialog_islam_kristan.html

6. Pdm. Heny.
Menanggapi dari uraian bp Mokoginta
http://www.4shared.com/mp3/WlQz7azz/08_dialog_islam_kristen.html

7. H. Insan L. S. Mokoginta
http://www.4shared.com/mp3/qa1ih3u8/09_dialog_islam_kristen_.html
http://www.4shared.com/mp3/ow42oxa-/10_dialog_islam_kristen_.html

8. Pdt Umar Tauhid ( berbicara dari sudut
Kristen mesianik )
http://www.4shared.com/mp3/VTG7SGHv/11_dialog_islam_kristen_.html

9. H. Masyhud S. M., S.Th.I
http://www.4shared.com/mp3/qawTA9nH/12_dialog_islam_kristen_.html

10. Menachem Ali, MA. Min
http://www.4shared.com/mp3/1wF2Bpqb/13_dialog_islam_kristen_.html

11. Pdt. Moses, M.Th., D.Th.
http://www.4shared.com/mp3/WlPVVHEM/14_dialog_islam_kristen_.html

12. Pertanyaan dari penonton
http://www.4shared.com/mp3/UKTDV-z2/15_dialog_islam_kristen_.html

Demikian
semoga bermanfaat
Wassalam
Edy Prayitno

Dialog Edy Prayitno dengan John Liem ” Agama mana yg paling Rasional ? “

45654_147803141904169_5443714_a

Dialog antara saya Edyprayitno dengan John Liem . nanti pada hari : Minggu 10 Maret 2013 . topik : Sesi 1 . Apakah Islam agama rasional Sesi 2 . Apakah Kristen agama rasional dialog 1 by 1 , semua suporter dilarang kasih koment , hanya diperbolehkan ” like ” saja . setelah dialog boleh kasih koment . Terima kasih Wassalamualaikum wr . wb

Edyprayitno
selamat sore sdr John Liem ..

John Liem Sore.
Anda sudah tag orang2 yang mau lihat? Dari pihak saya, saya tidak mentag orang kristen. Tapi saya tag Cahaya Islam An Rievan Li Mei Fung Stacia Avelina Mereka muslim/muslimah.
Karena ini pertama kali, saya ikut diskusi anda. Silakan anda jelaskan dulu kepada saya formatnya. Apakah saya bertanya, anda menjawab atau bagaimana?

Edyprayitno
silahkan ..maaf gak sempat tag teman2
karena saya barusan datang dari suatu acara …baru sampai rumah jadi belum sempat tag kawan2

John Liem
Ok, ndak apa2. Tag bisa dilakukan belakangan selesai diskusi.

Edyprayitno
kita dialog 1 jam anda bertanya pada saya …satu jam selenajutnya saya yg bertanya
jika waktu kurang bisa kita tambah yg jelas sebelum maghrib kita akhiri ….

John Liem
OK, saya mulai. Karena pertanyaannya sudah saya siapkan sebelumnya.

Edyprayitno
ok maaf saya tidak banyak persiapan ..mohon maaf jika saya nanti mungkin tidak bisa menjawab akan saya cari dilain waktu ..silahkan

John Liem
Topiknya seperti yang dijanjikan adalah saya mempertanyakan: “Apakah Islam agama yang rasional?”Untuk menyamakan persepsi, terlebih dahulu saya berikan definisi berikut ini. Anda saya persilakan untuk menilainya dan tentu saja berhak menolak sembari memberikan definisi yang lebih cocok buat anda.Agama: sesuatu yang berhubungan dengan kepercayaan.Rasional: sesuatu yang berhubungan dengan rasio kita (intelek, pikiran, nalar).Sewaktu kita menyatakan A adalah rasional, maka A harus memenuhi syarat berikut ini:1. A harus konsisten (tidak berkontradiksi). Kita tidak bisa mengatakan, di satu pihak A itu adalah begini, sementara di pihak lain A itu bukan begini.2. A itu harus koheren (mempunyai alur yang berkesinambungan). Misalkan A itu adalah cara kita menuju ke pasar dari rumah, maka A haruslah punya alur yang tidak terputus.Dalam hal ini, pertama dari rumah kita menuju pangkalan bis, lalu kita naik bis dan berhenti di terminal,lalu dari terminal kita jalan kaki untuk tiba di pasar. Inilah yang disebut dengan koheren.3. A itu harus dibuktikan secara empiris (apakah dengan pengalaman, pengamatan atau dengan percobaan ataueksperimen). Contoh, bila kita mengatakan merokok bisa menyebabkan kanker paru2, maka tentunyapengalaman kita, pengamatan kita bisa membuktikan orang yang kena kanker paru2 kebanyakan perokok. Selain ituilmu kedokteran pun sudah membuktikan asap rokok itu bisa menyebabkan kanker.Nah, jikalau anda setuju bahwa sesuatu yang rasional mempunyai 3 unsur ini yaitu konsistensi, koherensi dan pembuktian empiris,saya akan mengajukan pertanyaan tentang kerasionalan agama islam. Bagaimana?
Baca lebih lanjut…

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 132 pengikut lainnya