11986567_1698677813722307_6973986058661964503_n

HASIL DARI DIALOG DENGAN KRISTEN SAKSI-SAKSI YEHOVAH
Hari Minggu 6 MAret 2016 , saya dan mas Dedy dapat undangan dari Yayasan YAR ( Yayasan Askar Ramadhon ) dibawah pimpinan ustad Rofii , agar hadir di kantor Yayasan , karena ada dialog dengan Teman teman dari Kristen Saksi – Saksi Yehovah.

Sebelum saya uraikan hasil dialog kami , saya akan uraikan sedikit apa itu Kristen Saksi – Saksi Yehovah . Kristen Saksi saksi Yehovah ( SSY ) ini Kristen minoritas dan dianggap Bidah oleh kaum kristen pada umumnya , karena ajaran SSY tidak mengakui Ketuhanan Yesus , Yesus hanya sebagai perantara dibawah ALLAH dan Yesus bukan Tuhan dan bukan ALLAH . Karena ajaran yg beda inilah mereka disingkirkan oleh Kristen pada umumnya .apa saja bedanya ..nanti kita bahas
Kristen dari kelompok ini ( SSY ) sangat intens melakukan penginjilan dari rumah ke rumah , ke kantor kantor , ke rumah sakit , bahkan di Mall mal….juga di mana ada keramaian mereka selalu ada membagi bagikan traktat , brosur soal ajaran mereka . Karena seringnya keluar masuk kampung ke rumah rumah menginjili ini , kegiatan mereka sempat dilarang pada tahun 1976 melalui SK Jaksa Agung R.I., / Tetapi melalui SK Jaksa Agung RI pula, pada tanggal 1 Juni 2001, SK tahun 1976 itu dicabut sehingga sekarang SSY dapat bergerak menjalankan misinya dengan leluasa. sekarang anda jangan heran jika di mall , di pinggir jalan , di acara yg melibatkan masa ada pertunjukan , pameran , bahkan saat acara “ Car free day “ mereka sangat getol jualan agama mereka .
Itulah sering kita melihat aktifitas mereka sekarang ini yg sering keluar masuk kampung ke rumah rumah , membagikan brosur , traktat dan ajakan mengikuti pengajaran alkitab dan kita mengatakan “ ada kristenisasi “. Selama ini dari kelompok kelompok gereja Mainstreem jarang seaktif seperti dari kelompok SSY ini .

WASPADALAH ………….!!! Umat muslim jika didatangi atau ketemu dg mereka dan diajak ngobrol hati-hati , rata rata para penginjil dari SSY adalah ahli – ahli debat , kaum muslim jika kurang imannya bisa – bisa tergoda dengan rayuan mereka .

SSY menjalankan 7 (tujuh) langkah indoktrinasi sampai seseorang menjadi SSY:
1. Masa Perkenalan: SSY mengajak orang berdiskusi di jalan atau dikunjungi di rumah, dan menawarkan bacaan ‘Menara Pengawal’ dan ‘Sedarlah;’
2. Kunjungan kedua kali: Bila seseorang tertarik, ia akan dikunjungi dirumah untuk melanjutkan diskusi;
3. Menawarkan penyelidikan Alkitab gratis: Bila seseorang tertarik lebih lanjut, ia akan ditawari penyelidikan Alkitab gratis dirumahnya;
4. Mengajak pemahaman Alkitab sewilayah: Untuk meningkatkan pemahaman, juga diajak ke dalam persekutuan penyelidikan Alkitab sewilayah;
5. Persekutuan di Balai Kerajaan: Kalau sudah kelihatan kesetiaan seseorang, ia akan diajak dalam pertemuan di Balai Kerajaan;
6. Diutus untuk Bersaksi: Bila makin jelas kesetiaannya, ia diutus untuk melakukan dinas penyiaran agama didampingi seorang yang lebih senior;
7. Dibaptis ke dalam kerajaan theokratis: Baru pada langkah ketujuh mereka yang teruji kesetiaannya dan berhasil dalam penyiaran, dibaptis masuk dalam kerajaan theokratis.

Sejarah SSY
SSY didirikan oleh Charles Taze Russel (1852-1916) yang semula adalah anggota gereja Presbyterian di Amerika Serikat dan kemudian terpengaruh Adventisme soal ajaran Akhir Zaman dan ajaran Christadelphian (penerus ajaran Arius) yang berbeda dengan ajaran Kristen yang umum. Pada tahun 1870 ia merasa memperoleh wahyu untuk menyingkapkan rahasia-rahasia Alkitab dan pada tahun 1872 membentuk kelompok pemahaman Alkitab sendiri dengan nama ‘Siswa-Siswa Alkitab’. Setelah Russel meninggal (1916) ia digantikan oleh Joseph Franklin Rutherford, di bawah pemerintahannya mulai digunakan nama Saksi-Saksi Yehuwa. Pada tahun 1942 digantikan oleh Nathan Homer Knorr, menyusul tahun 1977 oleh Frederick W. Franz. Setelah kematian Franz (1992), Milton G. Henzel memerintah sampai mengundurkan diri di tahun 2000 dan digantikan oleh Don Adams. Tokoh-tokoh pemimpin ini dianggap seakan-akan sebagai nabi oleh para pengikutnya.

HASIL DISKUSI

Saat kami ( Edy Prayitno dan Abdullah Dedy ) datang ke kantor Yayasan YAR di daerah Karah Surabaya , Disana sudah berkumpul ustad Rofii beserta para santri dan putra – putra beliau dan dari Saksi Saksi Yehovah cumin 1 orang yaitu Bapak Junaedi ( ternyata teman satunya tdk hadir , karena rencananya dari seksi Yehovah 2 orang dan dari Muslim 2 orang saat dialog .
Setelah basa basi perkenalan dan saling mengenalkan diri , dialog kami mulai . Pak junaedi langsung menceritakan apa itu Kristen Saksi saksi Yehovah yang intinya sdh saya sebutkan diatas hingga mulailah dialog .
Saat tiba waktu saya bicara.

Edy Prayitno
Yth bapak Junaedi apapun yang bapak uraiakan panjang lebar soal kelebihan kelebihan aliran SSY dibandingkan dengan Kristen pada umumnya , meskipun aliran SSY mengatakan , tidak mempercayai Yesus adalah Tuhan , dst bertentangan dengan aliran Kristen umum ..tetap saja kitab yang bapak gunakan adalah kitab yang sama dengan kitab Kristen umumnya .

Junaedi :
Oh tidak , kitab kami beda , dan ajaran kami beda dengan Kristen umumnya , kitab kami adalah TDB ( Terjemahan Dunia Baru ) tidak sama dengan terbitan lembaga Biblika atau Lembaga Alkitab Indonesia .

Edy Prayitno
coba anda sebutkan bedanya dimana , dan saat ini anda pegang kitabnya siapa ? apakah ada injil baru sama sekali ? tidak …kitab yang anda pakai masih sama dengan kitab orang Kristen yang mereka pegang . apa bedanya ?
( kemudian saya lihat dia bawa bible ….saya test)
saya lihat bapak membawa bible .coba bapak buka bible anda dan tolong di baca , Kis 11:21

maka mulailah pak Junaidi membaca bible nya :
Kis 11:21 (LAI) “Dan tangan Tuhan menyertai mereka dan sejumlah besar orang menjadi percaya dan berbalik kepada Tuhan.”

Edy Prayitno
Kenapa bapak masih membaca terbitan LAI , ayat yg bapak baca itu adalah ayat dalam bible terbitan LAI . kenapa bapak tidak gunakan bible terbitan TDB ? milik SSY ?

sadar akan kesalahannya , beliau langsung berkata :
“ oh saya punya …..” sambil membuka tasnya dan mengeluarkan kitab bible berwarna Biru , sambil berkata “ inilah kitab yang kami pakai …yang kami namakan kitab Terjemahan Dunia Baru “

Saya berkata
“ Coba bapak baca ayat yg tadi saya kasih yaitu Kis 11:21

maka mulailah pak Junaedi membaca nya
“Kis 11:21 (LAI) “Dan tangan Yehuwa menyertai mereka dan sejumlah besar orang menjadi percaya dan berbalik kepada Yehuwa .”

Edy Prayitno
Mana bedanya ? sama kan dg kitab yg umumnya dipegang oleh orang Kristen , malah kaum SSY melakukan penterjemahan sendiri menafsir sendiri karena semua kata “ Tuhan “ dalam PB semua dig anti menjadi Yehuwa ? padahal teks asli yg dipakai tidak ditemukan ada kata , atau lafal YHWH atau yg sering di baca Yehuwa , dalam semua manuskrip di PB , tidak ada , terus dari mana tiba tiba anda dan kelompok SSY menganti menjadi Yehuwa ?”

Pak Junaedi sudah mulai bingung dan dengan terbata bata dia berkata
“ yak an semua lafal Tuhan dam PB mengacu pada Yahuwe ?”

Kemudian mas dedy menyambung dan menjelaskan bahwa penterjemahan kitab suci tidak boleh melenceng dari teks aslinya . jika di aslinya disebut kurios atau adonai dalam bahasa yunani itu artinya tuhan ya terjemahkan yang sepadan bukan yahuwe karena terjemahan Yahuwe ada sendiri dan di PL dan YHWH ini nama diri menurut pemahaman bhs Ibrani dan tdk ada padanan katanya dg yg lain . dari sini saja kitab SSY sdh melakukan kesalah terjemahan ,. Ada sekitar 237 kata tuhan yang diganti menjadi Yahuwe dalam perjanjian baru .

Dia tambah bingung …he he
selanjutnya pembicaraan soal Yahuwe , Kurios , Adonai , …terus berlanjut menjelaskan ke pak Junaedi sampai masuk waktu sholat Dhuhur …akhirnya break makan siang dan sholat dhuhur , tetapi sebelum makan siang dan break pak Junaedi mengakui jika ilmu dia masih begini “ sambil memberi tanda dua jari di pundak “ masih kopral …dia bilang ..nanti dia akan mengajak rekannya yang lebih pintar lagi , dan kami sambut gembira dengan bilang “ silahkan hadirkan pak , kami tunggu “.

break makan siangi

Setelah makan siang Pak Junaedi mulai menceritakan soal penciptaan manusia mulai Adam , soal tujuan mencipta manusia , soal dosa , dan soal kasih ALLAh yang tidak ingin manusia celaka . dan jaminan Sorga bagi penganut Saksi saksi yehovah .

kemudian saya bertanya “ Apa benar dalam SSY tidak mengakui adanya Neraka ?”

Dia jawab “ iya benar , tidak ada neraka , manusia tidak harus disiksa “ manusia hanya mendapat sorga , dunia baru atau lenyap …hilang begitu saja .

Tertarik akan adanya neraka dan sorga ini saya minta pak Junaedi membuka 2 kitabnya terbitan LAI dan TDB ( Terbitan Dunia Baru ) Bibel fersi SSY
“ Coba bapak baca Mat 25:46 dalam fersi LAI dan fersi TDB “
Kemudian pak Junaedi membuka kedua kitabnya sebelumnya agak keberatan dengan membaca ayat tersebut tetapi setengah saya maksa akhirnya dia mulai membacanya

Mat 25:46 (LAI) “Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal.”

Mat 25:46 (TDB) “Dan mereka ini akan masuk ke dalam kemusnahan abadi, tetapi orang-orang yang adil benar ke dalam kehidupan abadi.”

Selesai membaca saya ulangi beberapa bagian yang penting
“ coba bapak lihat apa bedanya terbitan LAI dengan kitab SSY terbitan Dunia Baru “

Pak junaedi menjawab , “Iya di LAI dikatakan ADA SIKSA YANG KEKAL …tetapi di kitab TDB kitab milik orang – orang SSY dikatakan KEMUSNAHAN ABADI “

Semua kitab baik terbitan Katolik dan Protestan semua dikatakan ada siksa yang kekal ini merujuk pada manuskrip yang sdh ada . kenapa kitab bapak bisa bisanya merubah siksaan abadi menjadi kemusnahan abadi ? jadi kalau ada orang berbuat dosa , membunuh dst akan bebas begitu saja lenyap musnah setelah meninggal tidak ada balasannya ?”

Setengah gusar pak Junaedi menjawab
“ Karena ALLAh tidak adil jika salah sedikit saja manusia di hukum disiksa kekal abadi , seperti dalam ALQur’an ada penyiksaan di neraka abadi tidak adil dengan besar kecilnya kesalahan manusia ?”

Kemudian ustad Rofii menjawab
Setiap kebaikan yang dilakukan walau hanya sebesar dzarrah (kecil) akan dibalas, begitu pula yang beramal kejelekan walau kecil akan dibalas. Dan perlu diketahui bahwa kejadian pada hari kiamat begitu dahsyat, manusia akan terheran-heran kenapa bumi yang biasa tenang jadi bergoncang.
Allah Ta’ala berfirman,
إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا (1) وَأَخْرَجَتِ الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا (2) وَقَالَ الْإِنْسَانُ مَا لَهَا (3) يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا (4) بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَى لَهَا (5) يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ (6
فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ (7) وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ (8)
“Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya: “Mengapa bumi (menjadi begini)?”, pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Rabbmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikansekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatansekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS. Al Zalzalah: 1-8)

Hukuman ALLAh sesuai perbuatan bukan dipukul rata , kecali mereka yang berbuat syirik menyekutukan ALLAH dialah yang akan berada di neraka selama lamanya. Sesuai dengan ayat dalam Alqur’an

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (QS. An Nisa’: 48).

kemudian setelah panjang lebar Ustad Rofii mengulas soal sorga dan neraka maka saya tambahi lagi
“ coba bapak lihat , kitab SSY telah merubah ayat semua kitab berkata ada siksa dan ada neraka kenapa SSY berani merubah rubah dengan seenaknya sendiri dan tidak mengakui adanya neraka dan diganti menjadi “ musnah dan lenyap “ begitu saja ?

Tambah bingung pak Junaedi kemudian dia mengalihkan pembicaraan tdk mau bahas soal neraka lagi tetapi bahas soal “ paham trinitas dalam gereja2 umum dan trinitas tdk ada dalam SSY bahkan menurut pak junaedi Yesus juga bukan Tuhan tetapi derajatnya dibawah Tuhan dan sebagai “ sesuatu dari ALLAh “
Kemudian saya tanggapi .
“ saya tahu apa yg bapak maksudkan tetapi tetap saja kitab anda membuat tafsir2 sendiri tdk sama dengan tafisr dan terjemahan kitab Kristen pada umumnya . coba bapak baca perbedaan ini antara kitab bapak dengan kitabnya orang Kristen umumnya coba bapak buka dalam yoh1:1 masing masing berdasar kitab LAI dan Kitab TDB milik SSY

kemudian pak Junaedi membuka ke dua kitabnya dan mulai membaca
Yoh 1:1 (LAI) ” Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.”

Yoh 1:1 (TDB) ” Pada mulanya Firman itu ada; dan Firman itu bersama Allah dan Firman itu adalah suatu allah.”
kemudian saya tanggapi ,
“ kitab yoh1:1 itu bukan ucapan Yesus dan juga bukan Firman dari ALLAh . itu hanya karangan penyusun kitab yohanes . dasar yang sudah lemah ini kemudian dalam ajaran SSY diganti menjadi “ sesuatu Allah “ biar tidak sama dengan ajaran Kristen umumnya yang menuhankan Yesus.
kemudian saya ulas soal kepercayaan kaum SSY ini terhadap pandangannya pada Yesus .
Orang Saksi Yehovah tidak mengakui Yesus sebagai Allah yang maha kuasa, tetapi sebagai ‘suatu allah’ (a god), atau ‘allah kecil’, yaitu allah yang lebih rendah dari Allah yang maha kuasa.
Mereka membedakan kebesaran / kekuasaan Yesus sebagai ‘allah yang perkasa’ (a mighty god) dengan kebesaran / kekuasaan Yehovah sebagai ‘Allah yang maha kuasa’ (The Almighty God).
Sebetulnya ini jelas merupakan suatu omong kosong. Tidak ada sesuatu / seseorang yang bisa disebut ‘allah kecil’. Atau ia adalah Allah, atau ia bukan Allah!Kepercayaan / ajaran akan adanya Allah besar dan allah kecil ini mirip agama-agama kafir yang mempercayai banyak dewa, dimana dewa yang satu lebih kuat / besar / hebat dari dewa yang lain. Jelas ini ajaran mengada ada , ajaran yang sudah kacau malah bertambah kacau lagi dg merubah2 ayat yg sdh ada dalam bible kamum Kristen

Pak Junaedi tambah pucat dan gusar mengetahui kita menguasai ajaran mereka .

Kemudian saya tambahi lagi
“ begini saja pak , bapak kan sekarang tidak mengakui Yesus itu Tuhan , bapak sdh sama dengan kami kaum muslim juga tidak mengakui Yesus sebagai Tuhan . bagaimana jika bapak masuk saja memeluk Islam , dalam Islam bapak tetap menghormati Yesus yang dalam islam disebut Nabi Isa , Isa dan Yesus itu sama cuman beda pelafalan saja .

AKhirnya panjang lebar ustad Rofii menjelaskan soal Islam kepada Pak Junaedi , posisi sekarang sdh terbalik kalau awalnya kaum SSY ini getol mau menginjili kami , sekarang posisi sdh kebalik pak Junaedi yang kami beri pencerahan , karena kami lihat ada keraguan dalam hatinya .

Kemudian kami beri pak Junaedi kitab suci Al Qur’an kemuadian kami doakan bersama sama semoga pak Junaedi saat membaca AL Qur’an dibuka hatinya dan hidayah ALLAh turun pada dia .

Amiin

++++++++++++++++++++++++++ SELESAI ++++++++++++++++++++++++++++++++