images

Assalamualaikum….
Salam buat semua

Dibawah ini dialog 1 jam saya yg bertanya saja ( karena dia menggantikan Dodi yg melarikan diri setelah 1 jam pertama , giliran saya yg bertanya dia of …dan digantikan oleh Qoack Zomalain .
Ada 3 pengakuan jujur dari teman Kristen dalam dialog ini , dan pengakuan ini menarik karena selama ini org Kristen banyak yang belum paham .
apa saja 3 pengakuan itu :
1. Yesus tidak memberi contoh tata cara ibadah yang benar dalam Kristen
2. Dapat pahala apa tidak kalau melakukan ibadah juga gak tahu ( karena gak ada dasarnya)
3. Ibadah dengan macam apapun boleh dilakukan ( bahkan dg telanjang gpp ) asal dengan sungguh sungguh .
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Qoack Zomalain :
Salam Hormat…
Kepada Sdr Eddy Edy Prayitno.
Saya tertarik berdiskusi dengan anda…
Mungkin setelah membaca TS anda bersama Sdr ‪#‎Dodi‬.
yang mana anda memiliki pertanyaan yg belum diungkapkan.
Izinkan saya yg melanjutkan …Sekirannya itu berkenan bagi anda.
Bisa di TS ini atau TS baru…
Meski saya tak cukup ilmu…tapi Kesopanan dalam berdialog adalah jaminan saya… Terima kasih untuk Perhatiannya…SALAM

Edy Prayitno
siap

Qoack Zomalain
Silakan pak Eddy

Edy Prayitno
apa 1 jam ini hanya saya yg bertanya ?

Qoack Zomalain
Saya jarang bertanya ttg Islam…
kecuali hal2 yg ptg… tetapi say menghormati apa yg ada padanya.
Saya lebih suka mempertanggung jawabkan Iman saya ….
1 jam atau lebih ..kembali kpd antum saja pak.

Edy Prayitno
ok …gak perlu pakai sebutan panggilan arab , cukup pakai bahasa indonesia saja waktu manggil saya

Qoack Zomalain
baik mas..

Edy Prayitno
sebelumnya saya ingin tahu anda dari gereja apa ?

Qoack Zomalain
Saya bagian dr Gereja Masehi Injili di Timor ..
Sedaratan dg pak Esra Soru..tp beda denominasi.
btw …maaf ..Saya rakyat biasa… bukan pendeta

Edy Prayitno
ok pak terima kasih ,
saya dengar2 pak esra soru sering berlawanan dengan denom lain bahkan sampai videonya beredar di youtube knp >?

Qoack Zomalain
Saya anggap itu ujian..
Setiap orang berhak menentukan sikapnya terhadap apa yg diyakini ….

Edy Prayitno
emang ada prinsip apa sehingga antar denom sering bertentangan

Qoack Zomalain
entahlah mas …pak esra mungkin berpiklir lebih modern sedangkan gereja kami cenderung konvensional.

Edy Prayitno
oh anda juga beda pendapat dengan pak esra ? apa bedanya gereja konvensional dg yg modern ?

Qoack Zomalain
Sederhana saja pak…
Ada hal2 yg tidak lazim di Gereja kami..
tetapi itu ada di gereja2 semacam kharismatik.
Contohnya ..bernyanyi sambil bertepuk tangan dan bersorak sorai …di gereja kami cenderung khusuk.
Di Gereja karismatik mungkin lebih dinamis.

Edy Prayitno
ok saya dulu dari pantekosta …anda paham kan bagaimana cara kebatian di pantekosta , di gereja pantekosta sangat menekankan pencarian rroh kudus dg pujian2 yg rancak dan diiringi dg full musik , pasti beda dg kondisi gereja anda yg menekankan ke khusukan ….coba saya tanya ada tidak tata cara ibadah yg baku menurut yesus itu seperti apa ?

Qoack Zomalain
coba saya tanya ada tidak tata cara ibadah yg baku menurut yesus itu seperti apa ?
—————————————-
Menyembah dalam roh dan Kebenaran

Edy Prayitno
menyembah dalam roh dan kebenaran ? coba contoh konkrit kayak apa mas

Qoack Zomalain
Johanes 4:24
Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”

Edy Prayitno
saya ingin jawaban konkrit , ada tidak contoh ibadah yg di contohkan oleh yesus buat gereja2 ikuti ?

Qoack Zomalain
contoh kongkrit…
Klo mau nyembah Tuhan ..hati harus bersih.
Anda ada masalah dengan sodara…ya pergi berbaiklah dulu dg sodara itu …jangan berdoa ..tapi dalam hati lg kesal sama sodara.
meskipun sodara yg salah ..tapi kita yg minta maaf..
itulah contohnya …yg secara baku saya sebut KASIH

Edy Prayitno
maksud saya ….dalam tata cara ibadah ?

Qoack Zomalain
Yesus tidak mencontohkan bagaimana tata ibadah..
Yesus menekankan hubungan antara Manusia dengan Tuhan dan Manusia dengan sesaama.

Edy Prayitno
sudah terjawab …anda berkata jujur ” Yesus memang tidak memberi contoh tata cara ibadah yg bener itu seperti apa ”

Qoack Zomalain
mungkin saya yg terlalu lugu saja.

Edy Prayitno
good apa karena yesus tdk memberi contoh yg benar dalam tata cara ibadah sehingga masing2 denom bebas berkreasi menciptakan tata cara ibadah sendiri2 begitu pak ?

Qoack Zomalain
seperti katasaya diatas ..
Setiap orang berhak menetukan sikap terhadap apa yg dipahaminya ….dalam perbedaaan mungkin masih ada kesamaan.

Edy Prayitno
terus kalau tidak ada contoh baku …dari Yesus , bagaimana anda menilai bahwa tata cara ibadah gereja anda lebih baik dari gereja yg lain ?

Qoack Zomalain
mohon dimengerti…tata ibadah kami tidaklah lebih baik dr yg lain…demikian pula sebaliknya…

Qoack Zomalain
Saya bisa saja berdoa seprti posisi sdr2 muslim beribadah.
mo tengkurap….kepal terbaikpun ….Yesus liatnya HATI SAYA.
bukan posisi saya atau tata ibadah saya.

Qoack Zomalain
Saya suka melihat umat muslim beribadah…
Sholatnyapun bisa saya nikmati ….tidak masalah bagi saya.
yang masalah adalah kalo yang satu merasa lebih baik dr yang lain…..

Edy Prayitno
lho …coba cek tulisan diatas ….nih saya copy ya :
” Ada hal2 yg tidak lazim di Gereja kami..
tetapi itu ada di gereja2 semacam kharismatik.
Contohnya ..bernyanyi sambil bertepuk tangan dan bersorak sorai …di gereja kami cenderung khusuk.
Di Gereja karismatik mungkin lebih dinamis.”

+++++
gereja anda lebih khusuk…dinamis ….berarti anda sdh secara tidak langsung menuduh gereja yg pakai tepuk tangan ,,,,nyanyi2 sorak2 …itu gak bisa khusuk

Edy Prayitno
bagaimana pak

Qoack Zomalain
owww …mas salah kaprah….
ada porsinya bagi kegiatan yg demikian itu di gereja kami.
tetapi bukan dalam kebaktian umum ..melainkan khusus..semacam persekutuan doa.
jadi..saya tidak mengatakan yg dinamis salah.
tetapi kami membagi porsinya ..agar yg khsusuk tetap terpenuhi dan yg dinamis tetap juga terpenuhi.

Edy Prayitno
ya apapun itu …bisa ditarik kesimpulan karena tdk adanya tata cara ibadah yg baku itu yg membuat gereja protestan khusus nya akhirnya berbeda2 dalam tata cara ibadah .

Qoack Zomalain
saya tidak memungkiri..baik dinamis maupun khusuk itu..
Ada yg dibuat2…tetapi setidaknya ada juga yg sungguh2.
dan semua itu …ada AKIBATNYA…

Edy Prayitno
waow ada akibatnya ? apa itu

Qoack Zomalain
yahh ..yang khusuk akan menjadi berkat.
yang munafik ….akan menjadi dosa.

Edy Prayitno
mana dasarnya ? ada nggak soalnya perkara dosa dan , berkat , itu hanya ALLAH saja yg tahu . emang anda tahu dari mana ? minimal ada petunjuk dalam kitab suci …coba cari ada tidak dasar nya dalam kitab suci kalau hal2 diatas bisa terjadi ?

Qoack Zomalain
KAin dan Habel …mas…Lupa ?

Edy Prayitno
emang anda pakai dasar ” kain dan habil ” dalam tata cara ibadah ?

Qoack Zomalain
setidaknya ..
itu hal ibadah sederhana yg tertulis dalam alkitab.
TUHAN MELIHAT HATI ….bukan RUPA.

Edy Prayitno
yg kita bahas ini soal tata cara ibadah …karena secara fisik anda sdh menilai yg tepuk tangan sorak2 itu gak khusuk berakibat tidak mendapat pahala dan berkat
tetapi anda membuat contohnya kain dan habil …padahal bukan tata cara ibadahnya yg dilihat ALLAH …tetapi hatinya …anda sekarang kan bergeser pemahamannya
dari ibadah fisik ke ibadah hati >??

Qoack Zomalain
TIDAK ..saya bukan hakim atas hal itu.
bukankah di atas juga saya sudah katakan..
menyembah dlm Roh dan Kebenaran.
Mas yg nuntun saya main fisik …hehehehe…

Edy Prayitno
he he sekarang anda berkata jujur lagi ” anda bukan hakim ” good berarti klaim anda yg kedua soal penilaian soal diterima atau tidak tata cara ibadah anda pun sebetulnya gak tahu dan gak bisa menilai dia …mereka dapat pahala …berkkat atau tidak

Qoack Zomalain
Orang Sholat aja ..saya diam dan mennyimak.
Apalagi nyanyi di Gereja ..mas ???
YA ….patokan saya adala KESUNGGUHAN HATI.
bukan sikap posisi saat beribadah…

Edy Prayitno
berarti boleh dong ibadah sambil teriak2 asal ada kesungguhan hati ?

Qoack Zomalain
Saya sudah katakan..
Saya bisa berdoa tengkurap…kepal terbalik…mo bentuk gimanapun ….. mo ngomong apapun ….
ASAL IITU SUNGGUH2 …..YESUS MENDENGARKAN.
…YESUS MENGABULKAN…YESUS MEMBERKATI

Edy Prayitno
wah ibadah sambil telanjang ada lo mas…apa itu juga termasuk ? kan asal sungguh2
sudah saya koreksi

Qoack Zomalain
gak masalah …. tohhh ..kita semua aslinya telanjang.
Setan aja yg buat kita jadi malu kalo telanjang.

Mei XTein
Wahh …
Maha suci allah beserta firmannya…
Bahkan jgnkn utk beribadah… dlm berpakaian aja pun ada aturannya.
Masa ibadah sambil telanjang bkn suatu masalah..
Logika spt apa ini mas qoack
Setau saya anda cukup kawakan utk persentatif nilai nilai agama om.. pacman emoticon

Edy Prayitno
untuk ke tiga kalinya anda menjawab jujur ” ibadah sambil telanjang gpp asal sungguh2 ”
good

Qoack Zomalain
Aku mah gitu orangnya…
btw ..terima kasih mengakui saya…Jujur….
Dulu saya dicap saya PEMBOHONG ….dullluuuuu sekali.

Edy Prayitno
secara garis besar saya menangkap inilah akibat dari tidak adanya syariat tata cara ibadah hingga ibadah telanjang pun anda setuju dilakukan ….inilah bedanya dg islam mas…Islam mengajarkan tata cara ibadah dan kehidupan sehari2 ada syariat2nya sesuai hukum2 Islam . jangankan dalam ibadah …dalam kehidupan sehari2 saja diatur dengan ketat ,,,apa anda percaya soal ini ?

Qoack Zomalain t
api bukan oleh mas Edy Prayitno…
tapi org lain yg mungkin saja setiap membaca nama saya..
maaf ..dia lsg mules2…. saya kasian padanya…

Qoack Zomalain
Sudah saya katakan ..
SAYA MENGHORMATI APA YG ADA DI ISLAM …..

Edy Prayitno
ok sampai disini dulu mas….sudah jam 1.30 saya mau istirahat…besok saya berharap kita masih bisa diskusi lagi….enak diskusi spt ini santai gak banyak yg ganggu …….

Qoack Zomalain
demikian pula saya….

Edy Prayitno
saya ucapkan terima kasih waktunya

Qoack Zomalain
Sama2 mas bro

Edy Prayitno
mohon maaf jika ada salah kata
Selamat malam

Qoack Zomalain
Selamat malam

++