bsntt032

Misteri di Hari Jum’at Yang Agung

JUM’AT AGUNG YANG PENUH MISTERI
Sebagai bahan renungan yang akan merayakan Jum’at Agung dan Paskah
AssalamualaikumSyalom Alaichem

Saya awali tulisan saya ini dengan judul Jumat Agung yg penuh misteri . kenapa misteri karena kisah penyaliban Yesus yg terjadi pada hari Jumat itu memang penuh misteri bukan saja dikalangan Kristiani tetapi juga kaum Yahudi dan Islam yg sedikit banyak bercerita soal misteri ini .

pertanyaan misteri itu adalah ” Penyaliban ini pernah terjadi apa tidak ? Yesus mati disalip apa tidak ?

kenapa pertanyaan diatas penting karena ini menyangkut ” Penebusan Dosa” Jika Yesus tidak mati , maka sia sia doktrin penebusan dosa selama ini .sehingga apapun yg terjadi Yesus harus mati maka soal penebusan dosa dengan kematian Yesus ini bisa diterima . Walaupun paham ” Dosa Waris ” ini tidak pernah ada dalam Yudaisme , Islam bahkan tidak dikenal dikalangan Gereja KristenTimur .

Bukti dalam bible sendiri sebetulnya membantah paham Dosa waris ini dalam kitab Yeheskiel disebutkan ” Dosa anak tidak dibebankan pada bapak demikian juga sebaliknya . tidak ada dosa turun temurun itu .

coba simak ayatnya :”Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati. Anak tidak akan turut memanggul kesalahan ayahnya dan ayah tidak akan turut memanggul kesalahan anaknya.Orang benar akan menerima berkat kebenarannya, dan kefasikan orang fasik akan tertanggung atasnya. (Yehezkiel 18:20)”

Dalam Alquran juga dikatakan dosa itu ditanggung sendiri sendiri :
Dan orang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Dan jika seseorang yang berat dosanya memanggil (orang lain) untuk memikul dosanya itu tiadalah akan dipikulkan untuknya sedikitpun meskipun (yang dipanggilnya itu) kaum kerabatnya. Sesungguhnya yang dapat kamu beri peringatan hanya orang-orang yang takut kepada azab Tuhannya (sekalipun) mereka tidak melihat-Nya dan mereka mendirikan sembahyang. Dan barangsiapa yang mensucikan dirinya, sesungguhnya ia mensucikandiri untuk kebaikan dirinya sendiri. Dan kepada Allahlah kembali(mu). ( Faathir18 )

Persoalan akan muncul , jika tidak ada dosa waris ( seperti yg ada dalam bible dan Alqur’an ) kemudian untuk apa ada PENYALIBAN ? Pertanyaan ini akan berkembang lagi :
~ Benarkah Yesus sengaja mengorbankan dirinya dengan rela ?
~ Atau Yesus sebetulnya tdk ingin dirinya disalipkan ?
~ apakah Yesus sadar beliau memang dikorbankan untuk menebus dosa manusia?

Atau pertanyaan terakhir : Penganutnya sendiri yg menjadikan danmenciptakan paham dosa waris ini
Ada apa ini sebenarnya ? kitab sucinya yang salah , ataukah orangnya yang salah tulis , atau kah memang pengagung Yesuslah yg salah tafsir ?

Coba kita periksa kitab sucinya .
Injil dalam bible hanya ada di dalam kumplan yang dinamakan ” Perjanjian Baru ” ada 4 kitab
Injil yaitu :
1. Matius
2. Markus
3. Lukas
4. Yohanes
Selain 4 kitab ini , kitab kitab yg lain itu bukan disebut INJIL .

coba kita periksa :menurut DR Laurance Brown beliau menukil buku karya Graham Stanton seorang pakar kitab suci , disana menulis Gospel ( Injil )ditulis oleh orang tanpa nama ( tidak diketahui asal usul siapa penulisnya )dan baru di tambahkan di abad ke 2M . Siapa yang menambahkan ??? masih tanda tanya

Pakar yg lain juga mengatakan :Dr. B. J. Boland dalam bukunya “Het Johannes Evangelie”, p. 9,berkata sebagai berikut: “Zijn ons de waarheden van het Evangelie van JesusChristus in haar corspron-kelijken onvervalschen, zul veren vorm overgeleverdof zijn de door het intermediair van den Griek schen Geest, van de Griek schereid, het laat stea an te nemen…dat de letter der Nieuw-Testament-ische boekenin de eerste eeuwen anzer jaartelling gewichtig wijzungen moet hebben ondergaan.”
Artinya: Apakah kebenaran-kebenaran dari Injil Jesus Kristus diserahkan kepada kita dalam bentuk murninya, asli dan tidak dipalsukan, ataukah telah dirubah melalui alamfikiran kebudayaan Gerika? Umumnya yang terakhirlah yang diterima oleh orangjaman kini… bahwa tulisan-tulisan Kitab Perjanjian Baru pada dua abad pertamaperhitungan tahun kita, pasti telah mengalami perubahan besar.

Dalam The InterpretetorsDictionary Of The Bible , mengatakan “ Tidak ada satupun kalimat dalam Perjanjian Baru yang sama dengan Manuskrip Aslinya.saat ini ada 5700 Manuskrip ygsemua atau sebagian merupakan Perjanjian Baru tetapi faktanya tidak satupunmanuskrip yang sama satu dengan lainnya .pasti ada perbedaannya .Banyak manuskrip yang yang memiliki perbedaan tempat dan tidak jarang saling bertentangan satu sama lain. Para sarjana memperkirakan ada ratusan ribu varian manuskrip, beberapa diantaranya memperkirakan hingga 400.000.
Dalam kata-kata Bart D. Ehrman yang kini termasyhur, “Mungkin yang paling mudah adalah dengan mengatakannya secara komparatif: Terdapat lebih banyak perbedaan dalam manuskrip kita dibanding jumlah kata-kata dalamPerjanjian Baru.” ( dikutib dari : Dr. Lawrence Brown, M.D. dari bukunya“ Kitab Perjanjian Baru “.

Dari data diatas timbul sebuah pertanyaan krusial “ APAKAH BIBLE YANG ANDA YAKINI SAAT INI ADALAH SAMA DENGAN ASLINYA ?” Karena penulisan Bible berdasar dari manuskrip , dan Manuskrip dan Manuskrip ini ditulis berdasarkan Salinan ke Salinan . Sampai saat ini blm ditemukan Manuskrip awal ( Aslinya ) hingga beberapa tahun yg lalu ada mesianik mengakui bahwa kitab yg mereka pegang adalah yang paling asli ditulis paling awal. Manuskrip palingtua adalah Vatican Ms No 1209 , dan Sinaitic Syriac Codex ( berasal dari abadIV ) berarti 300 tahun lebih setelah kematian Yesus . Aslinya hilang . jadi manuskrip paling tua saat ini itu berasal dari salinan salinan , dan tidak seorangpun tahu dimana aslinya berada.

Saling klaim ini berlanjut dengan penyingkiran puluhan Injil yg tdk diakui sebagai Kanon yang asli , dan hanya mengakui 4 Kitab kanon saja yg anda pegang saat ini.
Kenapa saya menganggap penting menuliskan latar belakang Injil ini dalam memahami misteri di hari Jumat Agung itu ? Karena ada hubungannya dengan keotentikan kisah , sebetulnya Yesus disalib mati atau tidak ? menebus dosa atau tidak ? kalau hanya berpegang pada kisah yg ditulis di 4 kitab Injil saja apakah sudah kuat membantah Klaim dari Alqur’an bahwa “ Yesus tidak mati disalib “ ? Mana yang benar ?? dengan berpedoman 4 kitab yg isinya sdh diragukan apa Alqur’an yang benar karena Alqur’an adalah Wahyu dari Allah ? Coba kita masuk dalam pembahasan soal “ Penyaliban Yesus “ siapa saksinya ?siapa penulisnya ? apakah Murid murid Yesus ? apakah mereka ada di lokasi ?Bukankah mereka lari katakutan menyelamatkan diri , takut ditangkap oleh pasukan Romawi saat itu ? bahkan murid Yesus yg paling setia juga menyangkal berapa kali ? 3x saat ditanya oleh pasukan romawi …nggak ngaku dan sembunyi menjauh.

Dalam kitab Lukas disana penulis kitab mengaku dengan jujur bahwa kitab Lukas ditulis berdasarkan dari orang orang lain …alias dari desas desus …alias dari cerita mulut ke mulut selanjutnya di susunlah kitab Lukas . Apakah ini Lukas yg menyusun ? belum tentu ? karena tulisan ini disusun puluhan tahun setelah Yesus tdk ada . coba perhatikan ayat Lukas ini:Lukas 1:1 Teofilus yang mulia, Banyak orang telah berusaha menyusun suatuberita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di antara kita,
1:2 seperti yang disampaikankepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman.
1:3 Karena itu, setelah akumenyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, akumengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu,Kalau Lukas sendiri saksi matanya kenapa harus berbicara seperti itu ? kecuali memang penulisnya adalah orang yang jauh di masa setelah Yesus . PENYALIPAN YESUS KRISTUS
Kita tahu semua bahwa kisah penyaliban itu ditulis dalam 4 kitab Injil , semua menceritakan soal penyaliban ini sampai kebangkitannya .
Pertanyaannya apakah 4 kitab ini sama ceritanya soal penyaliban ini ?
Kalau 4 kitab ini ditulis oleh murid dan org terdekat Yesus apakah dibenarkan jika satu dengan yang lainnya ceritanya tidak sama ?
Coba jawab ….kalau ternyata diantara 4 kitab itu ada yg gak sama ceritanya ? mana yg benar ? berarti ada yg benar ada yang salah ? apa iya kitab suci kok salah ?
Ok mari kita periksa satu satu kisah penyaliban ini dalam 4 kitab Injil tersebut , sengaja saya tidak mencantumkan nama kitab dan ayat untuk menyingkat waktu . ayatnya bisa anda cari sendiri di 4 kitab Injil ( Mat , Mar , Luk , Yah )

1. Dalam kisah itu Yesus di ceritakan menggunakan jubah berwarna MERAH tetapi di kitab lainnya Yesus diseritakan memakai jubah berwarna Ungu
2. Dalam salah satu Injil di ceritakan saat itu Yesus diberi minum anggur yg mengandung empedu , tetapi di kitab injil lain ditulis mengandung mur
3. Dalam satu Injil dikatakan Yesus disalib pukul9 , tetapi di kitab Injil yang lain ditulis Yesus disalib pukul 12
4. Kata kata terakhir ( yg biasanya palingditunggu saat nungguin org yg mau mati ) harusnya sama dan tetapi juga gak sama, yang satu mennulis kata terakhir Yesus adalah “ SELESAI SUDAH “ tetapi injil yang lain menulis ucapan terakhir Yesus adalah “ Kedalam tanganMu aku serahkanjiwaku “ Mana yg benar ?
5. Siapa yg ke makam ? menurut Injil Matiusadalah Maria Magdalena dan Maria yang lain . Menurut Injil Markus adalah Maria ibunyaJames dan Salom . Sedangkan menurut Injil Lukas adalah seorang wanita yang datangdengannya dari Galilea . dan menurut Injil Yohanes adalah Maria Magdalena.
6. Sekarang untuk apa ke makam ? Injil Matius mengatakan untuk melihat makam , Injil Markus mengatakan mereka membawa rempah rempah dan datang untuk mengurapinya . Menurut Injil Lukas mereka membawa rempah rempahtetapi injil Yohanes tidak disbut alasannya.
7. Apakah ada gempa bumi saat penyaliban ? menurutinjil Matius ya ada gempa orang , mati hidup lagi dan berlari masuk ke kota (kayak zombie ) . Tetapi menurut 3 Injil lainnya Mar, Luk , Yoh …..Tidak diceritakan. ???? bagaimana mungkin kisah ygmenghebohkan gempa dan mayat hidup lagi 3 kitab lain tdk bercerita apa lupa ?atau gimana ///kalau memang pengarangnya murid Yesus dan org terdekat Yesus pastilah akan mengingatkan temannya kalau ada yg belum mereka ceritakan .
8. Apakah ada malaikat turun ? menurut inji lMatius Ya. Tetapi 3 kitab injil lainnya tdk disebutkan ……Bagaimana mungkin gempa dan malaikat turun yg tahu hanya Matius saja ? yg lain tidak tahu
9. Siapa yang membalikkan batunya ? Injil Matius bilang seorang malaikat . 3 injil lainnya tidak menyebutkan siapa ygmenggulingkan batu.
10. Sekarang yang paling penting dalam kesaksian soal Yesus hidup lagi ini adalah soal siapa yang berada di dalam makam ?menurut Injil Matius seorang melaikat , Menurut injil Markus Seorang anak muda, yang lain menyebut 1 orang yg lain menyebut 2 orang. Injil yg satu mengatakan1 malaikat , Injil lainnya mengatakan 2 malaikat . tidak ada persamaan. Jika mereka adalah saksi saksi mata ? bagaimana ini bisa dipercaya siapa yg paling benar dan siapa yg salah ? siapa yg jujur dan siapa yg bohong ? jika saksi ini di pengadilan …bagaimana hakim mau memutuskan mana yg benar mana yang salah ?
11. Sekarang dimana posisinya ? Injil Matius bilang malaikatnya duduk diatas batu diluar makam . menurut Injil Markus bukan malaikat melainkan seorang anak muda , anak muda ini ada di dalam makam dan duduk disebelah kanan . Menurut Lukas ada 2 orang dan berdiri di sisinya.Menurut Injil Yohanes ada 2 malaikat di dalam makam , keduanya duduk di sebelahkepala dan kaki Yesus…..coba perhatikan ke 4 injil ini gak sama semua , ada yg bilang malaikat , anak muda , satu atau dua …..bingung mana yg benar !!!!!
12. Sekarang siapa yang tahu dan dimana saat Yesus pertama kali bangkit ? Injil Matius mengatakan Yang tahu duluan adalah Maria Magdalena dan maria yg lain dalamperjalanan mau menemui murd yg lain . Menurut injil Markus hanya Maria Magdalena saja . Menurut Injil Lukas yg melihat pertama kalinya adalah 2 org muridnya .berpa jaraknya ? ada bilang 7 mil …ada injil lain yohanes hanya berkata ketemunya di luar makam .

Dari semua yg saya sebutkan diatas menurut anda apakah Injil ini patut dijadikan patokan dasar dalam menentukan kebenaran soal penyaliban dan kebangkitannya ?

Injil mana yg mau dipakai ? Matiuskah ? Markus …Lukas apa yg injil Yohanes ? karena jika kita pakai 4 injil ini tdk sama kisahnya . dan apakah kitab ini bisa dijadikan bahan sejarah yg akurat dan mau membenturkan kisah yg ditulis dalamAlqur’an soal penyaliban dan kematian Yesus dengan menuduh Alqur’an kisahnya bertentangan ayat satu dg yg lain ? mana yg bertentangan ? mau di bandingkandengan Injil yg mana sebagai bahan uji kebenaran ?

Ok lah kita anggap saja bahwa Yesus bangkit dari kematian ? kenapa para murid dan Yesus malah bersembunyi ? menyamar …bahkan ibunya sendiri tdk mengenalnya siapa yg dia temui ? wajahnya berbeda ? ini juga sama dengan kisah kenapa Yudas harus mencium Yesus sebagai tanda ? apa tentara Romawi dan mata matanya tdk tahu wajah Yesus ? dalam beberapa buku yg pernah saya baca …dikisahkan Yesus bisa berganti ganti rupa …bisa bersinar …wajahnya putih dst .

Kalau memang benar kematian Yesus untuk menebus umat Israel di kala itu , menebus dosa dosa mereka ? kenapa takut dan bersembunyi ? inilah misterinya/…..apakah Yesus benar benar mati dan bangkit atau memang Yesus tidak mati dikayu salib seperti yang ALqur’an katakan ?

Kalau Yesus sudah bangkit dari kematian logikanya maka mereka gak takut sama kaum Israel dan tentara romawi dan mereka bisa mengatakan Hei inilah Yesus sdh bangkit mau menebus dosa kalian …..tetapi nyatanya sampai Yesus diangkat kesorga ( entah bersembunyi ) yg jelas setelah kejadian penyaliban Yesus Raib alias hilang . kalau dalam Alqur’an di ceritakan Yesus saat itu diselamatkan dg ibu dan beberapa pengikutnya di dataran tinggi dan di bawahnya mengalir air yg jernih .Doa Yesus dikabulkan oleh ALLAH . Yesus berdoa kalau bisa diselamatkan dan dihindarkan bahkan peluhnya sampai bertetesan . Yesus org baik nabi ALLAH , Allah mengabulkan doa Yesus dan Yesus diselamatkan. Yesus tdk pernah mati dikayu salib. Kalau Yesus tdk mati …otomatis hal PENEBUSAN DOSA merupakan hal yang tanpa dasar Yesus tdk pernah mengajarkan soal itu. Konsep dosa waris otomatis batal “ Seorang anak tidak akan menanggung dosa bapaknya . dan sang bapak tidak akan menanggung dosa anaknya “
Ibrani 5:7 Dalam hidup-Nya sebagai manusia, Ia telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut, dan karena kesalehan-Nya Ia telah didengarkan.

Karena kesalehan Yesus diselamatkan …Yesus tdk pernah mati di ataskayu salib “ danlantaran perkataan mereka yang mengatakan : Sesungguhnya kami telah membunuhIsa Al-Masih anak Maryam Rasul Allah. Padahal sebenarnya mereka tidakmembunuhnya dan tidak pula menyalibnya (hingga mati), melainkan hanyalahdiserupakan saja pada mereka….”.
(An-Nisa/4:157).
Prof.Dr.KH.Hasbullah Bakry, SH. Dalam bukunya “ Isadalam Al-Qur`an, Muhammad Dalam Bibel” ( Firdaus ), cetakan 8 hal 45dan 47 menyatakan penafsirannya tenteng QS. An-Nisa/4:157.
Kalimat “ Ma Qotaluhu wama sholabuhu” yangberarti : “ mereka tidak khusus membunuhnya dan tidakmenyalibnya” haruslah diartikan sebagai penguat (kalimat) satudengan yang lain. Ma qotaluhu artinya mereka tidakmembunuh Isa dengan jalan apa saja (di sini membunuh berarti umum). Masholabuhu mereka juga tidak membunuhnya dengan penyaliban tetapi hanyaterserupa saja sebagai penyaliban.
Ada pendapat yang mengatakan bahwa Isa Al-Masih tidak di salibtetapi yang disalib sampai mati adalah Yudas Iskariot alias Yahuda Askhariyuti.Pendapat seperti ini sulit dipertanggungjawabkan sebab Al-Quran sama sekalitidak pernah menyebut atau mengisahkan nama tersebut.

Akhir kata di hari Jumat agung dan Paskah ini renungkanlah ……semoga anda sadar dan semoga anda segera mendapat hidayah dari ALLAH SWT

Malam Jum’at Agung 2 April 2015Wassalam Edy Prayitno