Dialog Lintas Agama di Pondokane Edy Prayitno ” Mualaf ”
https://www.facebook.com/groups/Edyprayitno/558168197616464/?notif_t=group_comment

10702108_882015328495317_9145726414352122215_n

Dilaog Edy P dengan Theos Anner III
Topik Kesempurnaan Agama Islam dengan Kristen
Waktu : 2 jam ( 1 jam bertanya / 1 jam ditanya )
Kamis , 11 September 2014

Edy Prayitno

Selamat pagi
salam sdr Theos Anner III ..beberapa kali posting soal kesempurnaan agama Islam . kalau mau melihat sempurna apa tidak sesuatu maka harus di bandingkan dg satu atau dua hal yg lain supaya ” kesmepurnaan ” itu muncul dan kelihatan .
maka supaya arti ” sempurna ” ini bisa muncul mari kita bandingkan dg kenyakinan sdr Theos , mana yg paling sempurna Islam – apa Kristen ?
siap .
buat persiapan dialog dg mas Rudy Yohanes ( Johanes Stepen ) yg beberapa kali tertunda , Insya Allah Jum’at malam jam 20.00 akan bertemu dengan dia ( karena sdh janji ) .
sebagai bocoran topik yg akan kita bahas mas Rudy bisa persiapkan topik dibawah ini .
Kesempurnaan agama bisa kita lihat dari lengkap tidaknya ajaran agama tersebut mengatur umatnya baik untuk kebutuhan akhirat dan kebutuhan dunianya .
kita bisa bahas satu2 karena kajiannya umum maka kita persempit . kalau kita pilah2 pokok terbesar ajaran suatu agama yg berguna buat mengatur kebutuhan umatnya buat akherat dan dunianya bisa kita ringkas dan kita bahas dg topik sbb :
1. Tauhidnya …bagaimana ?
2. Syariat ?
3. Sosial
4. Ekonomi
5. Politik
6. dan lain lain
Kita bahas kesempurnaan agama Kristen dan agama Islam dilihat dari bab diatas .

• Theos Anner III disini Edy Prayitno.
Supaya adil, komentar selain aku dan Eddy Prayitno … akan dihapus ya. Jika ingin menyimak, cukup dengan menandai di LIKE saja.
Edy Prayitno ok

• Theos Anner III
• silahkan pak, kau duluan lah

Theos Anner III
satu jam ya

Edy Prayitno
saya katakan islam adalah agama sempurna karena semua kebutuhan umat telah di ajarkan baik urusan akherat maupun urusan dunia , seperti yg saya sebut diatas di Islam sdh diatur , tetapi tidak demikian di agama kristen .

Theos Anner III
buktikan.

Edy Prayitno
waktu anda 30 menit dan saya akan bertanya juga 30 menit .
karena anda hanya punya waktu 1 jam

Theos Anner III
aku punya waktu dua jam.
satu jam untuk membahas topik mu ini, satu jam untuk membahas topik ku untukmu nantinya.

Edy Prayitno
tidak ….1 jam buat anda bertanya dan 1 jam buat saya yg bertanya

Theos Anner III
oh, baiklah. jika itu yang kau mau. topikku bukan yang ini ya nantinya. Edy Prayitno. ini topik dari mu. akan ku buat satu topik dariku di note yang lain.
Apa yang kau kira di dalam kekristenan alpha tetapi ada dalam islam?
Mulailah dari tauhid. Edy Prayitno.

Edy Prayitno
skr jam 11.45 jam 12 saya rehat sholat .
dalam Islam jelas meneruskan ajaran para nabi nabi terdahulu yg hanya menyeru menyembah satu ALlah tidak ada lain yg patut disembah , spt saat Musa mengajarkan sembahlah hanya pada Alah saja spt dalam bunyi 10 hukum Allah ayat pertama
Ulangan pasal 4 ayat 35 : Di sini menyebutkan: “Maka kepadamulah Ia itu ditunjuk, supaya diketahui olehmu bahwa Tuhan itu Allah, dan kecuali Tuhan yang Esa tiadalah yang lain lagi”.

Theos Anner III
yang mana? sama atau tidak apa yang dinyatakan oleh Taurat dengan apa yang dinyatakan dalam Quran?
coba kau kasih di sini teks aslinya Ulangan 4:35, dalam bahasa ibrani. Edy Prayitno.

Edy Prayitno
tdk perlu pakai bahasa ibrani karena sdh ada terjemahan .
Ul 4:35 Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa TUHANlah Allah, tidak ada yang lain kecuali Dia

Theos Anner III
kebetulan aku sudah memiliki kajian tentang hal itu, ku kutipkan di sini:
(3) Ulangan 4:35
Terjemahan Mendem:
“Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa TUHANLAH ALLAH, TIDAK ADA YANG LAIN KECUALI DIA.”
Terjemahan LAI:
Matamu sendiri telah melihat apa yang diperbuat TUHAN mengenai Baal-Peor, sebab TUHAN, Allahmu, telah memunahkan dari tengah-tengahmu semua orang yang mengikuti Baal-Peor,
NOTE: kau lihat sendiri ngaco kali dedengkot Panji-panji Islam ini copasnya.
Teks Ibrani:
עֵֽינֵיכֶם֙ הָֽרֹאֹ֔ת אֵ֛ת אֲשֶׁר־עָשָׂ֥ה יְהוָ֖ה בְּבַ֣עַל פְּעֹ֑ור כִּ֣י כָל־הָאִ֗ישׁ אֲשֶׁ֤ר הָלַךְ֙ אַחֲרֵ֣י בַֽעַל־פְּעֹ֔ור הִשְׁמִידֹ֛ו יְהוָ֥ה אֱלֹהֶ֖יךָ מִקִּרְבֶּֽךָ
Teks Latin Ibrani:
‘ê-nê-ḵem hā-rō-’ōṯ, et aser asah YHWH bebaal peor ki kal hais aser halak ahare baal peor hismidow YHWH ELOHEKA miq-qir-be-ḵā.
NOTE: YHWH ELOHEKA –> YHWH Allahmu.

Edy Prayitno
karena anda kristen aliran mesianik maka saya maklum jika anda menolak ambil keterangan soal Allah tetapi YHWH …apapun itu esensinya tetap mengacu pada hal yg sama .

Theos Anner III
dalam tauhid Islam, Islam kesulitan sekali menemukan akar etimologi kata arab: ALLAH dan juga ILAH (bahasa arab).

Edy Prayitno
jadi percuma bahas soal YHWH atau ALLAH ..kita simple kan saja bahasan soal ini

Theos Anner III
sepakat. hanya info saja bahwa klaim islam tauhidnya sama itu dengan taurat, hanyalah angan-angan yang tak bisa kau buktikan secara teks.

Edy Prayitno
sudah saya katakan semua nabi menyembah ALLAH yg sama , semua umat kristen juga memakai nama ALLAH [ persoalan anda menolak dan mengakui hanya YHWH itu kelompok kecil anda saja yg berkata spt itu

Theos Anner III
tauhid kristen juga jelas:
1Kor. 8:4 Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: “tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa.”
1Tim. 2:5 Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,
Yud. 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Edy Prayitno
ok lanjut sekarang waktunya anda yg bertanya ,..nanti ada waktunya saya bertanya pada anda .

Theos Anner III
Edy Prayitno sudah saya katakan semua nabi menyembah ALLAH yg sama , semua umat kristen juga memakai nama ALLAH [ persoalan anda menolak dan mengakui hanya YHWH itu kelompok kecil anda saja yg berkata spt itu
Just now · Like · 1
untuk topik ini, sedang ku bicarakan juga dengan Cholil.
kau bisa melihatnya di sini:
https://www.facebook.com/notes/theos-anner-menjamu-debater-islam-di-sini/pertanyaan-theos-untuk-cholil/1559432160944287

Edy Prayitno
tidak perlu saya baca kesana . lanjut saja . krn skr waktu anda yg bertanya ,.

Theos Anner III
kita lanjut ya, tauhid islam ada, tauhid kristen pun ada.
lanjut ke SOSIAL.
apa yang islam tawarkan dalam hubungan sosial yang tidak di miliki oleh kekristenan? Edy Prayitno.

Theos Anner III
Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.- Matius 7:12
adakah hal yang seperti itu juga tertera dalam Islam mengenai hubungan SOSIAL? Edy Prayitno

Edy Prayitno
ok ke sosial , Manusia tidak bisa hidup seorang diri. Dia pasti membutuhkan untuk interaksi dan berhubungan dengan sesama lainnya.apakah Islam sdh mengatur soal soal di masyarakat ? ada coba simak beberaopa ayat ini Perhatikanlah bagaimana Islam menganjurkan
وَٱخْفِضْ جَنَاحَكَ لِمَنِ ٱتَّبَعَكَ مِنَ ٱلْمُؤْمِنِينَ ﴿٢١٥﴾
Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman. (QS asy-Syu’ara‘ [26]: 215)

Theos Anner III
hanya kepada orang beriman? Edy Prayitno. lalu sikapmu pada orang yang berbeda denganmu bagaimana?

Edy Prayitno
Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya. (QS Ali Imran [3]: 159
banyak ayat yg mengatur soal itu sdr theos

Theos Anner III
siapa mereka dalam QS 3:159? Edy Prayitno
perumpamaan orang samaria yang baik hati jauh lebih menggetarkan hati ku.

Edy Prayitno
mereka semua umat manusia Theos …

Theos Anner III
sabar ya, mari kita cek saja:
https://www.facebook.com/notes/kristen-gagal-murtad/pembagian-tema-per-surat-per-ayat-dalam-alquran/1490318507888176
Pembagian Tema Per Surat Per Ayat dalam Alquran
Sumber: Al-Quraan dan Terdjemahnja, Departemen Agama RepublikIndonesia, 1965 & 1… Lihat Selengkapnya
Oleh: Kristen Gagal Murtad
2 jam · Suka
QS 3:159 itu ada dalam kelompok kisah tentang PERANG BADAR dan UHUD
KISAH PERANG BADAR DAN UHUD
121-129 Sabar dan tawakkal kepada Allah pangkalkemenangan
130-131 Larangan melakukan riba dan perintah untukbertakwa
132-141 Perintah taat kepada Allah dan Rasul sertasifat-sifat orang yang bertakwa
142-148 Teguran kepada sebagian sahabat yang tidakberdisiplin
149-151 Peringatan supaya waspada terhadap ajakanorang-orang kafir
152-155 Sebab-sebab kekalahan umat islam dalam peranguhud
156-158 Mananamkan jiwa berkorban dan berjihad
159-164 Akhlak dan beberapa sifat Nabi Muhammad Saw
165-168 Beberapa sifat orang-orang munafik
169-175 Pahala orang-orang yang mati syahid
176-179 Ayat-ayat untuk menentramkan hati nabi MuhammadSaw
180-189 Kabatilan dan dusta serta balasannya
190-195 Faedah selalu ingat kepada Alah dan merenungkanciptaan-Nya
196-200 Kesenganan sementara bagi orang-orang kafir dankebahagiaan abadi bagi orang-orang mu’min

Edy Prayitno
ok lanjut bentar lagi saya of 30 menit sholat

Theos Anner III
ok

Edy Prayitno
silahkan lanjutkan
Perhatikanlah bagaimana Islam mengatur hubungan antar sesama:

يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا يَسْخَرْ قَوْمٌۭ مِّن قَوْمٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُونُوا۟ خَيْرًۭا مِّنْهُمْ وَلَا نِسَآءٌۭ مِّن نِّسَآءٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُنَّ خَيْرًۭا مِّنْهُنَّ ۖ وَلَا تَلْمِزُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا۟ بِٱلْأَلْقَـٰبِ ۖ بِئْسَ ٱلِٱسْمُ ٱلْفُسُوقُ بَعْدَ ٱلْإِيمَـٰنِ ۚ وَمَن لَّمْ يَتُبْ فَأُو۟لَـٰٓئِكَ هُمُ ٱلظَّـٰلِمُونَ ﴿١١﴾ يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًۭا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌۭ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًۭا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌۭ رَّحِيمٌۭ ﴿١٢﴾

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. (QS al-Hujurat [49]: 11–12)

Theos Anner III
jika kau mau melihat dari ayat 156, maka sangat terang ayat itu berbicara tentang pengampun bagi mereka yang menolak ikut perang. Edy Prayitno
yaa ayyuhaalladziina aamanuu laa takuunuu kalladziina kafaruu waqaaluu li-ikhwaanihim idzaa dharabuu fii l-ardhi aw kaanuu ghuzzan law kaanuu ‘indanaa maa maatuu wamaa qutiluu liyaj’alallaahu dzaalika hasratan fii quluubihim walaahu yuhyii wayumiitu walaahu bimaa ta’maluuna bashiir
[3:156] Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu seperti orang-orang kafir (orang-orang munafik) itu, yang mengatakan kepada saudara-saudara mereka apabila mereka mengadakan perjalanan di muka bumi atau mereka berperang: “Kalau mereka tetap bersama-sama kita tentulah mereka tidak mati dan tidak dibunuh.” Akibat (dari perkataan dan keyakinan mereka) yang demikian itu, Allah menimbulkan rasa penyesalan yang sangat di dalam hati mereka. Allah menghidupkan dan mematikan. Dan Allah melihat apa yang kamu kerjakan.
wala-in qutiltum fii sabiilillaahi aw muttum lamaghfiratun minallaahi warahmatun khayrun mimmaa yajma’uun
[3:157] Dan sungguh kalau kamu gugur di jalan Allah atau meninggal, tentulah ampunan Allah dan rahmat-Nya lebih baik (bagimu) dari harta rampasan yang mereka kumpulkan.
wala-in muttum aw qutiltum la-ilaallaahi tuhsyaruun
[3:158] Dan sungguh jika kamu meninggal atau gugur, tentulah kepada Allah saja kamu dikumpulkan.
fabimaa rahmatin minallaahi linta lahum walaw kunta fazhzhan ghaliizha lqalbi lanfadhdhuu min hawlika fa’fu ‘anhum wastaghfir lahum wasyaawirhum fii l-amri fa-idzaa ‘azamta fatawakkal ‘alaallaahi innallaaha yuhibbu lmutawakkiliin
[3:159] Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu246. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.
jadi kata siapa teks QS 3:159 itu bicara soal seluruh manusia? teks mu turun di situasi konteks yang konkret. Edy Prayitno.

Edy Prayitno
itu tafsir anda , karena ayat Alqur’an tdk spt bible yg berjalan sesuai alur seperti novel .
kadang di ayat soal perang ada juga ayat2 bersifat umum

Theos Anner III
hal itu di dukung oleh tafsir yang juga menyatakan begitu:
Tafsir jalalayn:
http://www.altafsir.com/Tafasir.asp?tMadhNo=0…
It was by the mercy of God that you, O Muhammad (s), were lenient with them, that is, [that] you showed indulgence [toward them] when they disobeyed you; had you been harsh, ill-natured, and fierce of heart, brutish and coarse towards them, they would have dispersed, split away, from about you. So pardon them, pass over what they have done, and ask forgiveness for them, for their sins, until I forgive them, and consult them, find out their opinions, in the matter, that is, your affair in the battle and otherwise, in order to win their hearts over and so that you may be emulated [in this respect]; and indeed, the Prophet (s) would frequently consult them.
begitu pula tafsir ibn abbas:
So pardon them) pardon your Companions for that which may ensue from them (and ask forgiveness for them) from that transgression which ensues from them (and consult with them upon the conduct of affairs) in matter of war.
http://www.altafsir.com/Tafasir.asp?tMadhNo=0…
Altafsir.com – The Tafsirs – التفاسير
http://www.altafsir.com

Edy Prayitno
(QS al-Hujurat [49]: 11–12) apakah ayat ini khusus buat Israel juga seperti pembagian kamu theos ? coba lihat kalimat ” Hai orang-orang yang beriman, ”

Theos Anner III
Edy Prayitno itu tafsir anda , karena ayat Alqur’an tdk spt bible yg berjalan sesuai alur seperti novel .
1 min · Like · 1
kata siapa tafsirku? Edy Prayitno, kau sudah baca belum tafsir ayat itu sebelum kau taruh ayat itu di sini?

Edy Prayitno
ok lanjut …

Theos Anner III
ku permudah deh tentang sosial ini, apa aturan quran tentang hubungan sosial bagi mereka yang berbeda (terutama iman)? Edy Prayitno.
QS 3:159, itu tentang MEMERANGI ORANG KAFIR.

Edy Prayitno
itu tafsir anda silahkan saja .

Theos Anner III
kok tafsirku sih? itu baca dong diatas tafsir jalalayn dan abbas Edy Prayitno
QS 3:159 itu bicara tentang muhammad mengampuni orang yang akhirnya tidak mau perang, dan orang yang menolak perang itu adalah orang islam sendiri.
mereka itu dalam ayat 159 adalah tentang orang islam yang menolak ikut perang.

Edy Prayitno
jika itu anda tolak terserah anda bagaimana dg ayat lainnya Perhatikanlah bagaimana Islam mengatur hubungan antar sesama:

يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا يَسْخَرْ قَوْمٌۭ مِّن قَوْمٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُونُوا۟ خَيْرًۭا مِّنْهُمْ وَلَا نِسَآءٌۭ مِّن نِّسَآءٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُنَّ خَيْرًۭا مِّنْهُنَّ ۖ وَلَا تَلْمِزُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا۟ بِٱلْأَلْقَـٰبِ ۖ بِئْسَ ٱلِٱسْمُ ٱلْفُسُوقُ بَعْدَ ٱلْإِيمَـٰنِ ۚ وَمَن لَّمْ يَتُبْ فَأُو۟لَـٰٓئِكَ هُمُ ٱلظَّـٰلِمُونَ ﴿١١﴾ يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًۭا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌۭ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًۭا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌۭ رَّحِيمٌۭ ﴿١٢﴾

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. (QS al-Hujurat [49]: 11–12)

Theos Anner III
TIDAK ADA HUKUM YANG SAMA DALAM QURAN YANG MENGATUR TENTANG HAL INI Edy Prayitno
Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.- Matius 7:12
Ediiiiiiii … pliss dong ah, dalam QS 49:11-12 itu hanya aturan antara SESAMA ISLAM.

Edy Prayitno
contoh yg lain dalam hub sosial bahkan dg beberapa kaum “Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu Jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk Berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Maidah : 8)

Theos Anner III
PERATURAN TENTANG PERGAULAN
6-8 Bagaimana menghadapi perkabaran yang dibawa orangfasik
9-10 Cara menyelesaikan peperangan yang timbul antarakaum muslim
11-12 Larangan memper-olok-olok, banyak prasangka dll.
wa-in thaa-ifataani mina lmu/miniina iqtataluu fa-ashlihuu baynahumaa fa-in baghat ihdaahumaa ‘alaa l-ukhraa faqaatiluullatii tabghii hattaa tafii-a ilaa amrillaahi fa-in faa-at fa-ashlihuu baynahumaa bil’adli wa-aqsithuu innallaaha yuhibbu lmuqsithiin
[49:9] Dan kalau ada dua golongan dari mereka yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya! Tapi kalau yang satu melanggar perjanjian terhadap yang lain, hendaklah yang melanggar perjanjian itu kamu perangi sampai surut kembali pada perintah Allah. Kalau dia telah surut, damaikanlah antara keduanya menurut keadilan, dan hendaklah kamu berlaku adil; sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.
innamaa lmu/minuuna ikhwatun fa-ashlihuu bayna akhawaykum wattaquullaaha la’allakum turhamuun
[49:10] Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.
yaa ayyuhaalladziina aamanuu laa yaskhar qawmun min qawmin ‘asaa an yakuunuu khayran minhum walaa nisaaun min nisaa-in ‘asaa an yakunna khayran minhunna walaa talmizuu anfusakum walaa tanaabazuu bil-alqaabi bi/sa l-ismu lfusuuqu ba’da l-iimaani waman lam yatub faulaa-ika humu zhzhaalimuun
[49:11] Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri1410 dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman1411 dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.
yaa ayyuhaalladziina aamanuu ijtanibuu katsiiran mina zhzhanni inna ba’dha zhzhanni itsmun walaa tajassasuu walaa yaghtab ba’dhukum ba’dhan ayuhibbu ahadukum an ya/kula lahma akhiihi maytan fakarihtumuuhu wattaquullaaha innallaaha tawwaabun rahiim
[49:12] Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Theos Anner III
ITU JELAS SOSIAL ANTAR ORANG BERIMAN SAJA. Edy Prayitno

Edy Prayitno
contoh yg lain dalam hub sosial bahkan dg beberapa kaum “Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu Jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk Berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Maidah : 8) bagaimana anda jelaskan ini kalau hubungan kami selalu anda katakan sesama saja ?

Edy Prayitno
saya of sholat .
30 menit

Theos Anner III
dua percobaanmu menyajikan ayat untuk hubungan sosial, TERNYATA SALAH TAFSIR tuh. Edy Prayitno.
mari kita lihat ayat al maidah 8 ya..setelah dua percobaan ayat yang GAGAL TAFSIR, akhirnya … akhirnya kau menemukan yang memang tepat tentang HUBUNGAN SOSIAL ANTARA BERIMAN DAN YANG LAIN.
QS 5:8 …. akhirnya
Tafsir Jalalayn.
O you who believe, be upright before God, in [fulfilling] what is His due, witnesses in equity, in justice. Let not hatred of a people, namely, the disbelievers, cause you not to be just, and to harm them on account of their enmity; be just, towards both friend and foe, that, justice, is nearer to God-fearing. And fear God; surely God is aware of what you do, and will requite you for it.
Tafsir Ibn Abbas
(O ye who believe! Be steadfast witnesses for Allah in equity) in justice, (and let not hatred of any people) the hatred of Shurayh Ibn Shurahbil (seduce you) drive you (that ye deal not justly) with the pilgrims of the clan of Bakr Ibn Wa’il. (Deal justly) with them, (that is nearer to your duty) justice is nearer to God-fearingness as far as the God-fearing are concerned. (Observe your duty to Allah) fear Allah regarding justice and injustice. (Lo! Allah is Informed of what ye do) whether it is justice or injustice.

Theos Anner III
saranku, sebelum kau mengutip ayat, lebih baik kau teliti dulu tafsir dan asbabun nuzulnya, Edy Prayitno. kan malu kau kalau ketahuan kau itu gagal tafsir di sini di depanku.
kita berlanjut ya.

Edy Prayitno
ok lanjut , sebetulnya saya rasa tdk ada yg salah kutip , sebab hubungan sosial tdk selalu hubungan antar kaum dg kaum yg beda , agama yg beda , tetapi hubungan sosial dalam Islam juga mengatur hubungan sesama muslim . semua ada tuntunannya .
waktu anda tinggal 15 menit ..setelah itu saya yg bertanya pada anda

Theos Anner III
oh, ku kira ini sudah pembahasan berdua.
silahkan. lanjut ke ekonomi.

Edy Prayitno
ok

Theos Anner III
Ekonomi seperti apa yang tidak ada di dalam Alkitab tetapi ada dalam Quran? Edy Prayitno

Edy Prayitno
Allah dan Rosul juga memberi teladan dan contoh , dan juga ada ayat2 yg mengatur soal itu misalnya dalam ayat : Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian. (QS al-Furqan [25]: 67)

Theos Anner III
EKONOMI DALAM ALKITAB
Ams. 11:1 Neraca serong adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi Ia berkenan akan batu timbangan yang tepat.

Edy Prayitno
nanti saja anda jawab ..blm saatnya
contoh lain dalam hal mencari rejeki
Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (QS al-Jumu’ah [62]: 10)

Theos Anner III
oh yang seperti itu maksudmu, ada kok di dalam Alkitab:
Ibr. 13:5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”
1Tim. 6:6 Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.

Edy Prayitno
ok lanjut saja skr waktunya anda bertanya …jgn menjawab dulu

Theos Anner III
apa yang ada dalam Quran dan tidak ada dalam Alkitabku? Prayitno

Edy Prayitno
nanti ada waktunya saya yg bertanya soal alkitab anda sdr Theos
apa anda sdh cukup . kalau sudah gantian saya yg bertanya , waktu anda masih ada 10 menit

Theos Anner III
lha itu pertanyaannya. jika islam mengaku agama sempurna, apa yang ada dalam islam dan tidak ada dalam Alkitabku?

Edy Prayitno
soal itu nanti saya akan bertanya pada anda . apa skr waktunya saya yg bertanya soal alkitab anda ?

Theos Anner III
itu pertanyaan akhirku, Edy Prayitno:
APA YANG ADA DI DALAM ISLAM DAN TIDAK ADA DALAM ALKITABKU?

Edy Prayitno
banyak . dan mau saya tanyakan pada anda

Theos Anner III
silahkan.

*************************************************************

Edy Prayitno
ok mulai no 1 dulu . soal tauhid . alkitab anda dalam perjanjian lama dan juga dalam ucapan Yesus banyak menerangkan soal tauhid juga tetapi kenapa anda masih menambahi lagi esa dengan bermacam macam tafsir , bahkan sesama kristen juga gak sama mau menyembah pada siapa ? Allah Bapa ? YHWH ? atau Yesus ? coba anda terangkan soal ini ?

Theos Anner III
di sini bukannya kita hanya bicara tentang ada atau tidak akan TAUHID itu? dan sudah ku tunjukkan bahwa dalam ALKITAB itu jelas TAUHID.
ku kutip ulang komen mu dan komenku:
Edy Prayitno karena anda kristen aliran mesianik maka saya maklum jika anda menolak ambil keterangan soal Allah tetapi YHWH …apapun itu esensinya tetap mengacu pada hal yg sama .
1 hr · Like · 2
Theos Anner III dalam tauhid Islam, Islam kesulitan sekali menemukan akar etimologi kata arab: ALLAH dan juga ILAH (bahasa arab).
1 hr · Like
Edy Prayitno jadi percuma bahas soal YHWH atau ALLAH ..kita simple kan saja bahasan soal ini
1 hr · Like · 2
Theos Anner III sepakat. hanya info saja bahwa klaim islam tauhidnya sama itu dengan taurat, hanyalah angan-angan yang tak bisa kau buktikan secara teks.
1 hr · Like
Edy Prayitno sudah saya katakan semua nabi menyembah ALLAH yg sama , semua umat kristen juga memakai nama ALLAH [ persoalan anda menolak dan mengakui hanya YHWH itu kelompok kecil anda saja yg berkata spt itu
1 hr · Like · 7
Theos Anner III tauhid kristen juga jelas:
1Kor. 8:4 Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: “tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa.”
1Tim. 2:5 Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,
Yud. 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.
1 hr · Like

Theos Anner III
next edi.

Edy Prayitno
Yesus itu siapa menurut anda ?

Theos Anner III
OOT.
out of topic. Edy Prayitno. konsekuenlah dengan topiknya

Edy Prayitno
karena anda masih menambahi Yesus dalam Esa ALlah ? coba saya pengin tahu posisi Yesus disini sbg apa ?
1Tim. 2:5 Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,
posisi yesus sebagai apa ?

Theos Anner III
hey, kau tadi menolak untuk membahas masalah teks ibrani. dan ku ikuti karena memang tak ada topik tentang hal itu.
di sini kita membahas tentang eksistensi tauhid dalam Alkitab dan Quran. dan sudah ku tunjukkan bahwa keduanya ada tentang tauhid.

Edy Prayitno
itu masih sesuai jawaban anda theos ….jawab saja

Theos Anner III
jika kau mau bicara tentang ketuhanan yesus, silahkan di topik yang lain.

Edy Prayitno
lho…kok gitu
baru pembukaan

Theos Anner III
lha iya lah. di topik ini kita membahas tentang apakah ada ajaran tauhid dalam islam dan alkitab, dan sudah ku tunjukkan ada.

Edy Prayitno
saya juga sdh tulis kalau cuman itu . coba cek
memang di alkitab juga ditulis bahkan ucapan yesus juga ada .
tetapi umat anda menyimpang karena nambahi Yesus di dalamnya
skr saya tanya apa posisi yesus disini ?

Theos Anner III
di mana menyimpangnya? Allah yang esa yang kemudian datang ke dunia dalam rupa seorang manusia.
ku ladeni OOT mu Edy Prayitno

Edy Prayitno
skr saya tanya apa posisi yesus disini ?

TheosAnnerIII
1Tim. 3:16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: “Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan.”

Edy Prayitno
saya tanya anda jawab langsung saja ..siapa Yesus ?

Theos Anner III
siapa Yesus? Jawabannya: Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia.

Edy Prayitno
yg jelas….jawabnya ..dia ALLAH apa bukan ?

Theos Anner III
Allah yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia. Edy Prayitno

Edy Prayitno
lha inilah penyimpangan itu . yg tdk ada dalam alkitab mu theos , kE Esaan ALLAH telah anda tambahi dengan hadirnya Yesus

Theos Anner III
memang siapa kau mau membatasi kehendak Allah? Edy Prayitno.

Edy Prayitno
Surat Timotius itu siapa yg tulis ? Paulus apa Yesus ?
lho pasti kalau notok jeduk jawabnya gitu . putus asa

Theos Anner III
Kekristenan tidak menambahkan Yesus, melainkan mempercayai Kabar Baik yang dinyatakan melalui kehadiran Allah dalam rupa manusia. Edy Prayitno
Edy Prayitno Surat Timotius itu siapa yg tulis ? Paulus apa Yesus ?
Just now · Like
Kita bahas Alkitab bukan?
pernyataan Yesus:
Yoh. 14:8 Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.”
Yoh. 14:9 Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

Edy Prayitno
itu ayat gak jelas mengatakan bahwa Yesus adalah ALLah tetapi saya bisa munculkan puluhan ayat Yesus yg berkata bahwa beliau hanya manusia dan pesuruh ALLAH .

Theos Anner III
Apalagi yang mau kau OOT kan di sini Edy Prayitno?

Edy Prayitno
saya masih dijalur theos siapa yg OOT ..santai saja

Theos Anner III
Edy Prayitno itu ayat gak jelas mengatakan bahwa Yesus adalah ALLah tetapi saya bisa munculkan puluhan ayat Yesus yg berkata bahwa beliau hanya manusia dan pesuruh ALLAH .
Just now · Like
hamba Allah, nabi. imam … semua gelar yang dikenakan kepada manusia ada di dalam diri “Dia yang menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia”.

Edy Prayitno
lho kan sekarang anda bilang manusia ,..yg jelas mas manusia apa ALLAH ?

Theos Anner III
Edy Prayitno saya masih dijalur theos siapa yg OOT ..santai saja
Just now · Like
kau jelas OOT di sini nak. pake mangkir pula
kau menolak membahas ELOHIM YHWH di atas, dan aku tak memaksamu karena memang bukan itu bahasan di sini.
di sini hanya ingin dilihat adakah tauhid dalam alkitab dan quran
Edy Prayitno lho kan sekarang anda bilang manusia ,..yg jelas mas manusia apa ALLAH ?
Just now · Like
ku kutip ulang:
Theos Anner III Edy Prayitno skr saya tanya apa posisi yesus disini ?
Just now · Like
1Tim. 3:16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: “Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan.”

Edy Prayitno
he he masih saja bilang saya OOT …ok deh lanjut soal tauhid semua org disini pasti tahu jawaban anda pasti gak akan memuaskan kami . tetapi itu hak dan kenyakinan anda saya hormati , biar anda gak tambah kebakaran jenggot skr lanjut bahas bab 2 yaitu syariat .

Theos Anner III
tak berharap islam puas kok. di sini hanya ku tunjukkan bahwa iman kristen juga ber-tauhid. ke-esa-an Allah yang datang dalam rupa manusia ke dalam dunia ini.

Edy Prayitno
apa syariat yg diajarkan yesus buat umatnya
lanjut bab 2 silahkan jawab .
apa syariat yg diajarkan yesus buat umatnya

Theos Anner III
Edy Prayitno apa syariat yg diajarkan yesus buat umatnya
Matius
22:36 “Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?”
22:37 Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

Edy Prayitno
itu hukum bukan syariat ..

Theos Anner III
contohkan dong.
aku tak nyambung dengan maksudmu “syariat” itu. Di atas, sudah di bahas pula bahwa tentang ajaran2 banyak itu ada dalam Alkitab.

Edy Prayitno
syariat perintah agama ibadah , puasa , cara menyembah ALLAH dst coba anda terangkan apa yg di suruhkan Yesus buat umat nya

Theos Anner III
Silahkan, apa yang ada dalam Quran dan tak ada dalam Alkitab. Edy Prayitno. yang mana?

Edy Prayitno
lho kok nanya lagi ..sdh saya tanyakan mas theos silahkan dijawab

Theos Anner III
tentang yang mana dulu nih?

Edy Prayitno
he he he sembarang

Theos Anner III
Puasa, di dalam Alkitab ada tentang puasa. Ibadah, dalam Alkitab juga ada tentang ibadah. apa lagi? bernyanyi dalam ibadah, dalam Alkitab ada tapi dalam Quran tak ada.

Theos Anner III
itu saja dulu, mengapa Islam tidak mengajarkan untuk menaikkan pujian dalam ibadah? Edy Prayitno.
Neh. 12:46 Karena sudah sejak dahulu, pada zaman Daud dan Asaf, ada pemimpin-pemimpin penyanyi, ada nyanyian pujian dan nyanyian syukur bagi Allah.
Mrk. 14:26 Sesudah mereka menyanyikan nyanyian pujian, pergilah mereka ke Bukit Zaitun.

Theos Anner III
Edy Prayitno banyak . dan mau saya tanyakan pada anda
34 menit edi. kutambahkan 10 menit untuk mu di sini supaya kau tidak menuduh ku menghindar di sini.

Edy Prayitno
memang ada puasa , yg saya tanya apa perintah yesus ada buat umatnya ? syariat agama kristen apa saja …ini ,.itu …diperintah tidak sama Yesus . Yesus memang puasa tetapi Yesus tdk membuat syariat baru , Yesus juga bersujud tetapi Yesus tdk membuat syariat baru , puasanya Yesus . Sujudnya Yesus . cara ibadahnya Yesus semua masih mengikuti tata cara Syariat Touratnya nabi Musa . nah yg saya tanyakan ada tidak syariat made in Yesus buat umatnya sekarang ini ?

Theos Anner III
reminder:
Theos Anner III tentang yang mana dulu nih?
· Like
Edy Prayitno he he he sembarang
7 mins · Like
Theos Anner III itu saja dulu, mengapa Islam tidak mengajarkan untuk menaikkan pujian dalam ibadah? Edy Prayitno.
Neh. 12:46 Karena sudah sejak dahulu, pada zaman Daud dan Asaf, ada pemimpin-pemimpin penyanyi, ada nyanyian pujian dan nyanyian syukur bagi Allah.
Mrk. 14:26 Sesudah mereka menyanyikan nyanyian pujian, pergilah mereka ke Bukit Zaitun.
1 min · Edited · Like

Edy Prayitno
memang ada puasa , yg saya tanya apa perintah yesus ada buat umatnya ? syariat agama kristen apa saja …ini ,.itu …diperintah tidak sama Yesus . Yesus memang puasa tetapi Yesus tdk membuat syariat baru , Yesus juga bersujud tetapi Yesus tdk membuat syariat baru , puasanya Yesus . Sujudnya Yesus . cara ibadahnya Yesus semua masih mengikuti tata cara Syariat Touratnya nabi Musa . nah yg saya tanyakan ada tidak syariat made in Yesus buat umatnya sekarang ini ?

Theos Anner III
salah satu syariat adalah menyanyikan nyanyian pujian. mengapa islam tidak melakukan hal itu dalam ibadah? Edy Prayitno
konsekuenlah, kau tadi mempersilahkanku untuk memilih sembarang. no oot lagi Edy Prayitno

Edy Prayitno
ayo kalau kamu bilang pujian nyanyian ..mana perintah Yesus untuk itu ? pakai tepuk tangan segala

Theos Anner III
baca dong:
Neh. 12:46 Karena sudah sejak dahulu, pada zaman Daud dan Asaf, ada pemimpin-pemimpin penyanyi, ada nyanyian pujian dan nyanyian syukur bagi Allah….

Edy Prayitno
saya tanyakan mana perintah yesus ada perintah yg anda lakukan saat ini
jawab singkat saja . ada apa tidak

Theos Anner III
lha itu baca di atas. ku kutip ulang lagi
Neh. 12:46 Karena sudah sejak dahulu, pada zaman Daud dan Asaf, ada pemimpin-pemimpin penyanyi, ada nyanyian pujian dan nyanyian syukur bagi Allah.
Mrk. 14:26 Sesudah mereka menyanyikan nyanyian pujian, pergilah mereka ke Bukit Zaitun.
mengapa islam tak melakukan apa yang dilakukan oleh para nabi sebelum muhammad? Edy Prayitno

Edy Prayitno
waktu anda bertanya sdh habis mas …skr waktunya saya yg bertanya
Karena lama gak jawab ….ok deh saya jawab saja . Yesus gak ada merintahkan anda beribadah tepuk tangan dan nyanyi2.

Theos Anner III
wew. sudah jelas itu bahwa menaikkan nyanyian pujian ada dalam kehidupan ibadah umat sejak zaman dahulu bahkan sampai pada zaman isa.

Edy Prayitno
skr lanjut ..ada apa tidak perintah anda disuruh menyembah Yesus oleh Yesus ? nah kan pasti ….tak jamin …bingung

Theos AnnerIII
wew, OOT lagi? capede
apakah Yesus menolak disembah?
Mat. 17:14 Ketika Yesus dan murid-murid-Nya kembali kepada orang banyak itu, datanglah seorang mendapatkan Yesus dan menyembah,…

Edy Prayitno
mana ada perintah yg jelas soal itu ? ada nggak ? kalau orang jawa sungkem pada org lain yg liat pasti mengira menyembah theos . demikian juga saat murid sungkem sama gurunya

Theos Anner III
ok. waktu mu habis Eddy.

Edy Prayitno
ada nggak theos /.karena lama gak jawab ……ok deh saya jawab sendiri lagi . perintah untuk menyembah Yesus tidak diajarkan oleh Yesus . yg gak setuju ngacung /

Theos Anner III
satu jam selanjutnya kita membahas topik yang ku ajaukan untuk mu … ku buat note baru nya Edy Prayitno

Edy Prayitno
saya hanya punya waktu sampai jam 2 theos ..yg lain …di lain hari tenang saja . saya gakk akan sulit anda cari

Theos Anner III
kau RESMI BERHUTANG di sini denganku ya Edy Prayitno

Edy Prayitno
bagaimana lanjut apa sudahi saja …saya kasihan sama kamu …gak imbang soalnya dari awal gak ada jawaban yg mantab dari kamu
he he soal hutang nanti aku bayar …berapa sih he he

Theos Anner III
waktunya habis. kau sudah menggunakan 30 menit bahkan ku tambah 10 menit di sini

Edy Prayitno
masih jam 2 kurang 5 menit . saya tadi mulainya jam 1.00
kayaknya theos dah mengakhiri acara deh….ok deh saya cukupkan sekian saja . lain waktu kita sambung lagi …terima kasih theos .

Theos Anner III
aku mencari data waktu di atas, tapi tak ku temukan. baiklah 5 menit terakhir

Edy Prayitno
kita sudahi saja theos ..saya kembali aktifitas terima kasih waktunya

Theos Anner III
Ok. ku buat note untuk mu, dan ku tunggu kau untuk mengulas topik yang ku ajukan untukmu, Edy Prayitno.
yang ini ku dokumentasikan di page.

Pasted from