debat_arminian_7
Dialog di Bulan puasa ini , Bahas soal Puasa Kristen & Islam antara saya Edy Prayitno dengan Bp Pdt. Budi Asali

* karena banyak rekan yg gak bisa baca koment pak Budi karena di blokir , ini saya buatkan dokument biar semua bisa baca .

Dialog di Bulanpuasa ini , Bahas soal Puasa Kristen & Islam
antara saya Edy Prayitno dengan Bp Pdt. Budi Asali
waktu 2 jam .( 1 jam buat pak Budi , dan 1 jam buat saya )

Edy Prayitno
Selamat siang pak Budi Asali silahkan

BudiAsali
ok, kalianpuasa tujuannya apa?

Edy Prayitno
kamimelaksanakan puasa menjalankan rukun Islam yg ke 4 pak Budi Asali

BudiAsali
utk apa? Tuhankan gak suruh tanpa alasan / tujuan?

Edy Prayitno
ALLAH menyuruhumatnya berpuasa
Perintah Puasadi Al-Qur’an. Mengapa orang Islam wajib puasa di bulan Ramadhan? Inilahayatnya, “Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan ke atas kamuberpuasa sebagaimana telah diwajibkan ke atas umat-umat yang sebelum kamu,semoga kamu menjadi orang-orang yang bertakwa” (Qs Al-Baqarah 183).

BudiAsali
anda kok njawabgak nyampek2 sih? Apa tujuannya? Dpt pengampunan, msk surga, dpt berkat uangatau apa?

Edy Prayitno
dalam ibadahapa yg didapat …tentunya pahala …dan janji2 ALLAH buat umat yg menurutperintahnya tetapi ada hal dibalik itu semua rasa keimanan hamba mematuhiperintah ALLAH itu yg lebih besar di hati kami dibandingkan pahala ygdijanjikan pak Budi Asali

BudiAsali
pahalanya apa?gak diberitahu secara spesifik? Aku kok dengar puasa supaya dosa diampuni. itubenar nggak?

Edy Prayitno
Puasa ituibadah yg ALLAH sendiri yg membalasnya pak Budi saat puasa jika ada seorangbertobat dari semua kesalahan disertai puasa dibulan yg suci ini Insya ALLAHdosanya akan dihapus oleh ALLAH

BudiAsali
kalau bertobatbukan pd saat puasa, gak diampuni? Dan anda katakan Insya Allah, itu berartigak pasti???

Edy Prayitno
Semua umatIslam senantiasa bilang Insya ALLAH itu bukan tdk pasti pak urusan ghoib ituhanya ALLAH yg tahu , manusia mana ada yg dikasih tahu soal diampuni apa tidakdosa seseorang …makanya kami tdk bilang ” Pasti ” karena hanyaALLAH saja yg tahu
soal bertobatkapanpun bisa bertobat tetapi bulan yg penuh am,punan dan penuh berkat ini adadi bulan Ramadhan

BudiAsali
lho kok bisagak pasti? di alq memang tak ada dalilnya bahwa kalau bertobat di bulan puasapasti diampuni? Kalau tak pasti, jadi kalian jalan spt org buta, moga2 / insyaAllah gak tersandung, begitu?

Edy Prayitno
sudah sayakatakan pak meskipun Ramadhan bulan penuh ampunan tetapi yg bisa berkata pastihanya ALLAH saja
Soal InsyaALLAH ini juga ada dalam alkitab bapak …jadi gak perlu terkaget2 dg istilahini .

BudiAsali
wah, aku barutahu hal itu. Lalu mengapa byk org bilang kalau selesai puasa mrk jadi sucilagi krn semua dosa dihapus? Mrk ngawur atau memang ada aliran berbeda dlmIslam?

Edy Prayitno
tingkatanibadah puasa ini bermacam2 pak ada yg sekedar menahan lapar dahaga tetapikeluannya tetap gak berubah …apa puasa spt ini juga mendapat ampunan ? yanggak
hanya ALLAHsaja yg bisa memberi pengampunan walaupun itu di bulan puasa tidak otomatis ygpuasa dapat ampunan harus dilihat dulu ibadahnya dan hatinya

BudiAsali
jadi, puasanyahrs sempurna, baru dpt pengampunan. Dan yg tahu sempurna atau tidak puasanya,hanya Allah saja. Benar begitu?

Edy Prayitno
betul pak…tetapi syariat soal sempurna cara ibadah yg betul sdh dicontohkan nabi dalamHadist2 Sohihnya

BudiAsali
apa sajasyaratnya supaya puasa sempurna. Nggak marah, nggak pikiran cabul, nggakngomel, atau apa?

Edy Prayitno
iya sebagian ygbapak sebutkan

BudiAsali
lainnya apalagi syaratnya?

Edy Prayitno
ada banyak dihadist pak

BudiAsali
bisadisebutkan? masak bpk puasa dan gak hafal syaratnya?

Edy Prayitno
* Diwajibkanatas orang yang berpuasa untuk meninggalkan makan, minum dan hubungan seksual.Hal ini tentunya sangat dimaklumi berdasarkan firman Allah :
وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَالْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ
“Dan makan dan minumlah kalian hingga nampak bagi kalian benang putih daribenang hitam yaitu fajar, kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai malam.”
“Barangsiapatidak meninggalkan perkataan dan perbuatan dusta maka Allah tidak butuhterhadap puasanya (menahan) dari makan dan minum.” (HR. Al-Bukhari).
ini salah satubunyi hadist itu pak
Abi Hurairahradhiyallahu ‘anhu riwayat Al-Bukhary dan Muslim, Rasulullah shollallahu‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam menegaskan :
كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشَرَ أَمْثَالِهَا إِلَىسَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللهُ تَعَالَى : إِلاَّ الصِّيَامَ فَإِنَّهُ لِيْوَأَنَا أَجْزِيْ بِهِ, يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِيْ
“Setiap amalan Anak Adam kebaikannya dilipatgandakan menjadi sepuluh sampaitujuh ratus kali lipat. Allah ta’ala berfirman : “Kecuali puasa, sesungguhnyaia adalah (khusus) bagi-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya, ia (orangyang berpuasa) meninggalkan syahwatnya dan makanannya karena Aku.” (Lafazhhadits bagi Imam Muslim)
* Diwajibkanmeninggalkan perkataan dusta, makan harta riba dan mengadu domba.
* Juga diharuskan meninggalkan segala perkara yang sia-sia dan tidak berguna.
Dua point di atas berdasarkan dalil-dalil umum akan larangan melakukanperkara-perkara di atas, dan secara khusus menyangkut puasa Rasulullahshollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam telah menjelaskan dalam hadits AbuHuroiroh radhiyallahu ‘anhu riwayat Al-Bukhary :
مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّوْرِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ للهِ حَاجَةٌ فِيْأَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ
“Siapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan beramal dengannya maka Allahtidak ada hajat/keperluan padanya apabila ia meninggalkan makan danminumnya”
dan masihbanyak lagi

BudiAsali
masih byk lagiitu apa?

Siti Harlinda Harun
“Jika kamu berpuasa,hendaknya berpuasa pula pendengaranmu, penglihatanmu dan lisanmu dari dusta dandosa-dosa. Tinggalkan menyakiti tetangga, dan hendaknya kamu senantiasabersikap tenang pada hari kamu berpuasa, jangan pula kamu jadikan hariberbukamu sama dengan hari kamu berpuasa.”

Edy Prayitno
ya masih banyakpetunjuk rosul soal bab puasa ini pak
Dan juga dalamhadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu riwayat Ibnu Khuzaimah dengan sanad yanghasan, Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam menegaskan :
لَيْسَ الصِّيَامُ مِنَ الْأَكْلِ وَالشَّرَابِ, إِنَّمَا الصِّيَامُ مِنَاللَّغْوِ وَالرَفَثِ
“Bukanlah puasa itu sekedar (menahan) dari makan dan minumannya, namun puasaitu hanyalah (menahan) dari perbuatan sia-sia dan tidak berguna.”

BudiAsali
ok sebutkansemua, saya ingin tahu, siapa tahu saya mau tiru kalian puasa.

Siti Harlinda Harun
Memperbanyakmelakukan berbagai macam ibadah. .. juga memperbanyak sedekah, kebajikan,membaca Al-Qur’anul Karim, shalat, dzikir, I’tikaf dan bahkan beliaumengkhususkan beberapa macam ibadah pada bulan Ramadhan, hal yang tidak beliaulakukan pada bulan-bulan
lain.

BudiAsali
perbuatan sia2/ tak berguna itu luas sekali. Tafsirannya apa?

Edy Prayitno
waduh kalausemua ya saya harus buka hadist ..hadfist ada ribuan ayat dengan riwayat 4 imambesar soal puasa imam 4 sama2 meriwayatkan bab soal puasa . tetapi bab2 ygutama sdh saya munculkan diatas
“Puasa adalahperisai, bila suatu hari seseorang dari kamu berpuasa, hendaknya ia tidakberkata buruk dan berteriak-teriak. Bila seseorang menghina atau mencacinya,hendaknya ia berkata: “Sesungguhnya aku sedang puasa.” (HR. Al-Bukhari danMuslim).
Ucapan itu dimaksudkan agar ia menahan diri dan tidak melayani orang yangmengumpatnya. Di samping, juga mengingatkan agar ia menolak melakukanpenghinaan dan caci maki.
Hendaknya anda selesai dari puasa dengan membawa takwa kepada Allah, takut danbersyukur pada-Nya, serta senantiasa istiqamah dalam agama-Nya.
Hasil yang baik itu hendaknya mengiringi anda sepanjang tahun. Dan buah palingutama dari puasa adalah takwa. Sebab Allah berfirman: “ agar kamu bertakwa.”(Al-Baqarah: 183).
Jagalah dirimu dari berbagai syahwat (keinginan), bahkan meskipun halal bagimu.Hal itu agar tujuan puasa tercapai dan mematahkan nafsu dari keinginan.

BudiAsali
kalau bpk takbisa hafal, berarti byk sekali. Bgm dg tak hafal itu semua bpk bisa puasa dgbenar shg diterima oleh Allah? Kalau bpk tak hafal, saya kok yakin bpk tak bisapuasa sbgm Allah kehendaki. Kalau begitu kan nggak dpt ampun?

Edy Prayitno
he he apa sptitu pak ? ajaran soal puasa bagi muslim sdh di pelajari sejak dini /….hal2apa yg memakruhkan apa yg haram semua perbuatan dosa itu membatalkan puasa pak, gak perlu saya sebutklan lagi satu2

BudiAsali
kalau bpk maumenilai puasa bpk sendiri dg jujur, ada berapa persen dlm sebulan, yg menurutbpk, puasa bpk itu sempurna?

Edy Prayitno
saya berusahasempurna di tiap tahun semoga tahun ini saya bisa lebih baik dari tahun yg lalu. sholat 5 waktu ….biacara yg tdk menyakiti ..mata yg tidak melihat yg harom2dst semoga pak…

BudiAsali
selalu semoga.Gak pernah bisa pasti ya? Saya heran, kok kalian mau agama yg semuanya serbagak pasti. Apa alasannya ikut agama yg gak pasti spt itu?

Edy Prayitno
Insya ALLAH itumenjawab yg diluar pengetahuan kita pak . apa bapak bisa pastikan umur bapak 2jam kedepan ? itul;ah kami sebutkan Insya ALLAH . itu keterbatasan pengetahuanmanusia pak

BudiAsali
memang kalauumur tak bisa. Tetapi kalau keselamatan dan pengampunan, dlm kristen adakepastian. Itu yg tak ada dlm islam.

BudiAsali
itu bukanurusan keselamatan.

Edy Prayitno
soal siapa ygdapat pahala siapa yg tidak juga seperti itu pak budi . karena kita tidak tahupasti jadi jawabnya Insya ALLAH

BudiAsali
itu jg bukansoal keselamatan.

Edy Prayitno
sama sepertibapak siapa yg diberkati siapa yg tidak apakah bapak bisa bilang anda pastidiberkati ?

BudiAsali
bisa. Semua ygpercaya Yesus kutuknya sdh dipikul Yesus, shg kami yg percata PASTI diberkati.
Rom 8:1Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalamKristus Yesus.

Edy Prayitno
ok soal ituterserah anda pak itu kenyakinan bapak . saya hormati

BudiAsali
Rom 8:28 Kitatahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untukmendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yangterpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Edy Prayitno
silahkandilanjut waktu bapak 10 menit lagi

BudiAsali
Skrg sayatanya, bagi org yg tak puasa, kalau mrk bertobat dr dosa tetap tak ada ampun?

Edy Prayitno
tidak puasa itudosa pak krn hukumnya wajib

BudiAsali
jadi gak dptampun biarpun tobat?

Edy Prayitno
sholat puasaitu wajib dilaksanakan ada hak dan kewajiban yg harus dillakukan …bukanmenuntut hak saja

BudiAsali
Lalu bgm kalaubukan bulan Ramadhan? Bgm supaya dpt ampun?

Edy Prayitno
ya wajibdilaksanakan ada janji Allah disitu

BudiAsali
Lalu bgm kalaubukan bulan Ramadhan? Bgm supaya dpt ampun?

Edy Prayitno
islam memilikikepastian..Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yangmuslim, laki-laki danperempuan yang mukmin,laki-laki dan perempuan yang tetap dalamketaatannya,laki-laki dan perempuan yangbenar, laki-laki dan perempuan yang sabar,laki-lakidan perempuan yang khusyuk, laki-lakidan perempuan yang bersedekah, laki-lakidanperempuan yang berpuasa, laki-laki danperempuan yang memeliharakehormatannya,laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut(nama) Allah, Allahtelah menyediakan untukmereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS.Al-Ahzab: 35)

Edy Prayitno
yg jelaskewajiban dilaksanakan dulu pak

BudiAsali
tapi katanyatetap lewat neraka dulu ya?

Edy Prayitno
soal neraka dansorga kita bahas di topik tersendiri saja pak …saya kira waktu bapak sudahhabis

++++++++++++++++++++++++++++++++++

Edy Prayitno
sekarang waktusaya bertanya pada bapak soal puasa ini di kalangan kristen seperti apa pak ?

BudiAsali
kristen beda2,kalau saya, saya gak puasa, selain pk 24 – pk 6 pagi.
Dan bagi kami,puasa tak ada urusannya dg pengampunan dan keselamatan. Ini hanya bisa didapatdg percaya Yesus sbg Tuhan dan Juruselamat.

Edy Prayitno
he he knp gak ada knp beda

BudiAsali
memangtafsirannya beda2. Tapi saya kira semua sama, keselamatan bukan dr puasa atauperbuatan. Hanya dr iman.
Act 16:30 Iamengantar mereka ke luar, sambil berkata: “Tuan-tuan, apakah yang harusaku perbuat, supaya aku selamat?”
Act 16:31 Jawab mereka: “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkauakan selamat, engkau dan seisi rumahmu.”

Edy Prayitno
knp anda punyaagama tdk punya syariat ibadah kok masih anda yakini

BudiAsali
1Jn 5:11 Daninilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kitadan hidup itu ada di dalam Anak-Nya.
1Jn 5:12 Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memilikiAnak, ia tidak memiliki hidup.
1Jn 5:13 Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepadanama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.
Syariat ibadahitu apa?
itu tak adaurusannya dg keselamatan, masak gak ngerti yg kamu baca?

Edy Prayitno
jadi selama inianda ibadah pakai syariat siapa ? syariat itu tata cara ibadah yg dianut umatdari nabinya

BudiAsali
tata caraibadah, hanya dlm kebaktian, ada doa, pembacaan ayat, khotbah, persembahan,puji2an, dsb. Tetapi semua itu tidak menyelamatkan. Yg menyebabkan kami selamatHANYA IMAN KPD YESUS!

Edy Prayitno
bapakmengingkari tata cara ibadah para nabi dan Yesus ? kenapa anda miskin syariatsoal ibadah ini ? bagaimana dg umat yg anda tanggung jawab jiwanya di tangananda jika anda gak tahu tata cara ibadah siapa yg anda ikuti saat ini

BudiAsali
saya kan sdhberikan ‘syariat ibadah’ kami? Sekalipun kami tak sebut dg istilah itu. TAPIBAGI KAMI SEMUA ITU SEKUNDER! Ingat, kristen itu satu2nya agama yg tak bersandarpd perbuatan utk bisa selamat! Kami bersandar pd penebusan yg Yesus lakukan!

Edy Prayitno
knp bapak yakinhanya yesus yg anda jadikan alasan padahal yesus sendiri puasa

BudiAsali
Yesus takselalu hrs diteladani. Dia gak kawin, apa hrs diteladani?
Yesus puasa nonstop 40 hari, gak pakai buko spt kalian, siapa mau teladani?

Edy Prayitno
saya catatpengakuan bapak ini : YESUS TIDAK PERLU DITELADANI ….good
terus siapa yganda teladani dalam hal ibadah ?

BudiAsali
salah. Andakurang kata ‘selalu’
Yesus tidakselalu hrs diteladani.
tata caraibadah diambil dr org2 Yahudi jaman Yesus, dan jelas Yesus juga spt itu. TETAPISEKALI LAGI SAYA TEKANKAN, ITU SEKUNDER. Saya dlm grj tekankan yg primer, yaituiman. Dan mrk tak akan bisa beriman kalau saya tak memberitakan Injil kpd mrk.Jadi, penginjilan, bahkan dlm grj, mrpk penekanan saya!

Edy Prayitno
apa spt itunamanya pakai cara sendiri seenak perutnya mana yg susah buang . begitu
sunat ….buang….puasa….buang

BudiAsali
sunat memangtak ada keharusan. Dlm jaman PL saja hrs. Jaman PB, kalau sunat boleh asalbukan dg alasan rohani. Kalau alasannya rohani, malah salah / dosa.

BudiAsali
Kita memangbeda, penekanan kami iman, bukan perbuatan.

Edy Prayitno
soal sunatkesampingkan dulu ..soal puasa bukankah sdh diterapkan juga di jaman nabi2terdahulu kenapa anda ingkari pak ?

BudiAsali
jaman PL adahari2 dimana org Israel hrs puasa. Tetapi semua itu masuk hk upacara /ceremonial law, dan sdh dihapus pd saat Yesus mati. Jadi, kami tak punya harikhusus dimana kami hrs puasa. Itu pandangan saya.

Edy Prayitno
Yesus berkata:“Dan apabila kamu berpuasa,…” (Mat 6:16). ini ayat jelas menyuruh murid danpengikutnya berpuasa knp anda ingkari dg mengatakan sebagian atau tdk semuaikut aturan Yesus ?
anda ini sebenarnya ikut syariat siapa kala Yesus saja tdk anda ikuti perintahnya ?

BudiAsali
jgn potongayatnya. Text itu (Mat 6:1-18) menekankan kalau mau melakukan suatu perbuatanbaik, apakah memberi sedekah, puasa, doa, jgn lakukan supaya dilihat org. Jadipenekanan dr seluruh text itu adalah jgn pamer perbuatan baik. Biarlah hanyaTuhan yg lihat dan beri pahala.

Edy Prayitno
itu kelanjutanayat jika bapak berpuasa …yg utama Yesus menekankan umat atau muridnyaberpuasa . kenapa anda ingkari soal ini ?

BudiAsali
kapan murid2Yesus puasa?

BudiAsali
Mat 9:14Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: “Mengapakami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?”

Edy Prayitno
masih mengelakjuga …nih saya tampilkan umat2 anda terdahulu juga puasa .
1. Puasa Musa, 40 hari 40 malam tidak makan dan tidak minum (Kel 24:16 dan Kel34:28)
2. Puasa Daud, tidak makan dan semalaman berbaring di tanah (2 Sam 12:16)
3. Puasa Elia, 40 hari 40 malam berjalan kaki (1 Raj 19:8)
4. Puasa Ester, 3 hari 3 malam tidak makan dan tidak minum (Est 4:16)
5. Puasa Ayub, 7 hari 7 malam tidak bersuara (2:13)
6. Puasa Daniel, 10 hari hanya makan sayur dan minum air putih (Dan 1:12), doadan puasa (Dan 9:3), berkabung selama 21 hari (Dan 10:2)
7. Puasa Yunus, 3 hari 3 malam dalam perut ikan (Yunus 1:17)
8. Puasa Niniwe, 40 hari 40 malam tidak makan, tidak minum dan tidak berbuatjahat (Yunus 3:7)
Apa saja puasa yang tercatat dalam PB?
1. Puasa Yesus, 40 hari 40 malam tidak makan (Mat 4:2)
2. Puasa Yohanes pembabtis, tidak makan dan tidak minum (Mat 11:18)
3. Puasa Paulus, 3 hari 3 malam tidak makan, tidak minum dan tidak melihat (Kis9:9)
4. Puasa Jemaat mula-mula, untuk menguatkan Paulus dan Barnabas dalam pelayanan(Kis 13:2-3)

Edy Prayitno
bagaimana ?masih mengatakan puasa itu bukan salah satu bentuk ibadah ? sehingga denganenteng anda mengatakan gak perlu ikut semua aturan Yesus ? terutama soal puasa? pak Budi

BudiAsali
Luk 7:33 KarenaYohanes Pembaptis datang, ia tidak makan roti dan tidak minum anggur, dan kamuberkata: Ia kerasukan setan.
Luk 7:34 Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan kamu berkata:Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orangberdosa.

Edy Prayitno
ayat anda tidakmerubah persoalan buktinya yesus puasa pak

BudiAsali
dan fakta dlmalk menunjukkan tak ada satupun murid, rasul, atau org kristen dlm alk ygmeneladani Yesus dlm puasa 40 hari.

BudiAsali
Luk 7:33 KarenaYohanes Pembaptis datang, ia tidak makan roti dan tidak minum anggur, dan kamuberkata: Ia kerasukan setan.
Luk 7:34 Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan kamu berkata:Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orangberdosa.

Edy Prayitno
ok sekarangsaya lanjutkan beberaa umat kristen yg lain sampai saat ini ada yg tetamewarisi tradisi puasa bahkan ada yg melakukan 40 hari puasa terutama darikelompok kristen timur dan ortodok dan juga kaum unitarian yg mengaku sebagaipenganut Yesus mula2 bagaimana menurut anda soal ini ?

BudiAsali
Calvin, bapakgrj saya, mengatakan mrk gila. Saya tak berani spt itu, tetapi saya katakan,itu bukan perintah Tuhan (utk puasa 40 hari).

Edy Prayitno
gila ? wahkenapa bapak sekasar itu terhadap sesama kristen

BudiAsali
itu kataCalvin, bukan kata saya.

Edy Prayitno
tetapi andayakini pendapat calvin itu
tetapi bapakyakini dan kayaknya bapak juga mendukung teori calvin itu ?

BudiAsali
saya hanyamendukung bahwa itu salah, tetapi saya kan katakan saya tak berani katakan itugila.

Edy Prayitno
yg salah siapa? yg puasa 40 hari itu ?

BudiAsali
Ingat, ini kitamembicarakan puasa 40 hari non stop, bukan puasa biasa lho!

BudiAsali
ya.

Edy Prayitno
di PL juga adapuasa 40 hari pak ? bukan non stop lah ?….

BudiAsali
anda tahu bgmpuasa 40 hari dg hanya minum air tok? Berat badan bisa turun 25 kg!
Elia, Musa,Yesus, mrk saja yg puasa 40 hari non stop.

Edy Prayitno
Yesus sendirijuga gak disebutkan saat puasa itu non stop apa bukan ? katanmya Yesus 100%manusia ? jadi kodrat manusia tetap melekat itu kan doktrin bapak selama ini ?

BudiAsali
dia puasa nonstop. Coba baca ayat ini:
Mat 4:2 Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnyalaparlah Yesus.
Manusia normalbisa puasa non stop 40 hari, asal dia gak terlalu kurus. Kalau kurus, dia matisebelum 40 hari.

Edy Prayitno
ok lah apapunalasan bapak . dari dialog ini saya tarik kesimpulan :
1. bapak tidak punya syariat puasa
2. Bapak tidak harus ikut aturan Yesus soal puasa
3. bapak juga mengakui tdk ada syariat yg jelas yg mengatur bab ibadah terutamasoal puasa .
Jadi apa agama seperti ini bisa dijadikan panutan ? saya kira tidak .
karena suatu agama harus jelas aturan , syariat mengikuti siapa .
Umat yahudi malah lebih jelas karena mereka mengikuti syariat nabi Musa . Islammengikuti Syariat nabi Muhammad dalam hal ibadah , juga ibadah puasa .
sedangkan umat kristen sesama kristen gak sama cara ibadahnya karena tdk adasyariat yg jelas atau tuntunan soal ibadah puasa ini

Edy Prayitno
waktu habis./.saya ucapkan terima kasih kpd bapak Budi Asali yg sudi dialog dg saya . semoga dilainwaktu kita masih bisa dialog dg topik2 yg lain .

BudiAsali
spt saya sdhkatakan, ini soal sekunder. Soal primer, adalah iman. Kalian sgt tekankanpuasa, bagi kalian itu primer. Bagi kami itu sgt sekunder.

ok. sama2.

================================
selesai