Dialog santai dengan Pdt Budi Asali soal Injil dan berita kebenaran
28 April 2014

1185533_10200538153518074_1350739121_n

Dialog santai dengan Pdt Budi Asali soal Injil dan berita kebenaran
Edy Prayitno
13 April 2014

Silahkan pak Budi Asali masuk kesini

Budi Asali
sdh msk. mau bicara apa?

Edy Prayitno
sudah saya siapkan pesanan bapak , soal pekabaran Injil dan kebenaran yg hakiki

Budi Asali
lalu siapa yg mulai?

Edy Prayitno
silahkan bapak mulai

Budi Asali
anda saja yg mulai.

Edy Prayitno ok pak , pertama saya senang bisa jumpa lagi dengan bapak , bisa dialog santai malam ini saya harap tdk ada kebencian diantara kita yg melandasi kajian ini hanyalah share dan saling belajar dari kitab masing2 . karena saya tahu kapastitas bapak sebagai seorang penggembala pasti sdh kenyang dengan asam garam penginjilan dan kotbah soal kebenaran dalam Injil; .
maaf sebelum kita lanjut , saat ini bapak menggembala umat di gereja mana ?

Budi Asali
grj saya di sby.

Edy Prayitno sama , saya juga ada di surabaya . bapak di gereja mana
13 April pukul 21:53 • Suka • 2

Budi Asali
grj nya GKRI, di rungkut.
saya baca di salah satu TS, katanya anda mualaf, apa benar?

Edy Prayitno
betul saya mualaf tapi itu sdh lama . mungkin sekarang kurang tepat kalau disebut mualaf . tetapi mantan saja

Budi Asali
saya tak tahu ttg penginjilan dunia. tetapi jujur saja, org kristen yg memberitakan Injil itu tidak banyak.
dulu dr grj apa? dan mengapa jadi islam?

Edy Prayitno
saya dulu di GPPS jalan arjuno saat itu gembala sidangnya bapak Pdt Isak Lew santoso

Budi Asali
o saya tahu grj itu.
apa keunggulan islam kok anda jadi islam?

Edy Prayitno
saat saya masih menjadi pelayan Tuhan dulu , saya sedikitpun tdk pernah berfikir saya akan menjadi Islam , karena saya sdh ditanamkan doktrin yg sangat kuat dalam otak saya bahwa Islam agama selain Kristen adalah agama dunia dan agama sesat .
saya juga tidak tahu kenapa saya tiba2 berbalik arah dengan cepat tanpa sempat saya ketahui kejadiannya cepat bahkan saat detik2 akhir saya masih aktif di kegiatan gereja .

Budi Asali
hmm, hanya ditanamkan kalau agama lain (Islam) sesat, tetapi tidak ditanamkan kebenaran dr agama kristen itu sendiri ya?
ada gegeran?

Edy Prayitno
tdk ada gegeran pak ..aman saja2 meskipun saya tahu banyak terjadi perpecahan di kalangan kelompok2 gereja , tetapi bukan karena itu iman saya rontok

Budi Asali
lalu kenapa rontok?

Edy Prayitno
saya saat itu ingin mendalami Islam , bapak pasti tahu seorang pelayan Tuhan pasti diajarkan ilmu2 Islam sebelum terjun ke dunia penginjilan ….maka saya juga belajar soal Islam .

Budi Asali
ok, lalu?

Edy Prayitno
banyak buku2 Islam saya baca , juga hadist dan kitab suci Alqur’an .

Budi Asali
lalu, apa keunggulan buku2 itu dibandingkan dg alkitab?

Edy Prayitno
saat saya baca ayat Alquran saya menemukan surat AL Ikhlas
. Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa.
2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
3. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan
4. dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.”
saya terkesima dengan ayat ini pak
dan mulai bertanya2 benarkah ayat ini ?

Budi Asali
lalu?

Edy Prayitno
sebagai orang kristen pasti kita akan paham dengan ayat ini . tetapi saya juga mulai sangsi karena Yesus sendiri berkata bahwa bahwa Allah itu Esa . ayatnya bapak pasti hafal .

Budi Asali
ya, lalu?

Edy Prayitno
mulailah saya mengalami pergolakan hebat dalam hati . dan saya bertemu dengan seorang Muslim yg sering saya ajak debat soal ini , dan saya gak mau kalah tetapi saya akhirnya KO dengan 4 ayat Alquran ini . iman saya rontok

Budi Asali
boleh saya beri pendapat?

Edy Prayitno
silahkan pak

Budi Asali
anda mengatakan iman anda rontok, tetapi dr pembicaraan / penceritaan anda, saya lihat anda tak pernah punya iman kristen yg sebenarnya. Iman anda tak pernah ada. Kalau saya dengar 4 ayat di atas, sedikitpun tak ada pengaruhnya bagi saya.

Coba baca ayat ini:
1Jn 2:18 Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.
1Jn 2:19 Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.

Jelas, bahwa org yg meninggalkan kristen, dikatakan oleh ayat ini sbg org yg tidak sgh2 termasuk dlm kristen. Seandainya anda dulu kristen sgh2, tak akan anda tinggalkan kristen.

Edy Prayitno
ayat itu siapa yg bicara pak

Budi Asali
rasul Yoh.

Edy Prayitno
kenapa Yesus tdk pernah bercerita soal itu ?

Budi Asali
Yesus jg bicara spt itu. Ini ayatnya:
Joh 8:31 Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku
Kalau tidak tetap di dalam firman, berarti tidak benar2 murid. Sama saja dlm arti dg 1Yoh 2:18-19 tadi.

Edy Prayitno
Yesus selalu kemana mana menyampaikan amanat ALLAH karena Yesus hanya penyampai Firman . itu sudah jelas tertulis dalam Injil pak . saya juga paham soal itu . dan Firman yg disampaikan oleh Yesus itu bukan dari dirinya sendiri tetapi dari Dia ( ALLAH ) yg mengutus Yesus . ini ada ayatnya bapak pasti hafal ayat2 ini

Budi Asali
ttg 1Yoh 2:18-19 dan Yoh 8:31 anda tak ada tanggapan? Jgn bicarakan ayat lain dulu.

Edy Prayitno
sudah saya komentari pak , saya hanya minta ucapan dari Yesus sendiri yg mengatakan bahwa ada anti kris itu ? kenapa . karena Yesus tdk pernah mengatakan ada anti Kris . baru di takwilkan oleh penulis setelah Yesus tdk ada . kemudian bapak mengatakan soal Bahwa Yesus adalah Firman …dst sdh saya komentari bahwa Yesus bukan Firman tetapi hanya penyampai Firman .

Budi Asali
Saya bukan tekankan anti kris nya, saya hanya tekankan org yg keluar drkristen itu tak sgh2 kristen. Dan hal ini sama dg Yoh 8:31, dan itu Yesus sendiri yg ucapkan.
Saya tak bicara Yesus adalah Firman. Coba baca lagi Yoh 8:31 di atas.

Edy Prayitno
8:31 Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah muridKu.
ayat ini tdk secara jelas menunjuk siapa yg keluar dari penyembah Yesus karena saya tekankan ucapan tersebut mengindikasikan bahwa Yesus hanyalah penyampai Firman dan bukan Tuhan yg wajib di sembah .

Budi Asali
Org yg tetap dlm firman jelas adalah org yg tetap ikut Yesus. Tidak tetap dlm firman, jelas = tinggalkan Yesus. Itu saja penekanan dr Yoh 8:31.

Edy Prayitno
penekanan itu buat para murid dan pengikut saat itu , bukan sebagai penyembah Yesus pak

Budi Asali
saya tak bicarakan penyembahan. sama sekali tak ada. saya hanya bicara ttg ikut Yesus.
anda menyadari kalau dulu anda tak pernah jadi kristen?

Edy Prayitno
mungkin bapak bisa carikan saya ayat yg tepat soal penyembahan selain ALLAH atau hanya kepada ALLAH saja kita menyembah bahkan Yesus juga menekankan soal ini .

Budi Asali
nanti dulu, jgn belok. saya sdh katakan, saya tak bicara ttg penyembahan.

Edy Prayitno
karena bapak mengindikasikan saya menyembah selain Yesus dan menjadi ANti Kris

Budi Asali
saya sdh katakan, 1Yoh 2 itu saya tak tekankan anti kris nya. Saya tekankan org yg keluar, itu tak sgh2.

Edy Prayitno
justru saya sungguh2 dengan Firman yg di bawa Oleh Yesus ingat ayat Yesus yg berkata ” ingatlah wahai orang Israel ALLAH kita ESA “
saya tidak merasa melawan Firman yg disampaikan oleh Yesus saat saya memilih Islam

Budi Asali
OK, sebelum anda belajar islam, bgm pengertian dan iman anda dlm kristen? anda anggap Yesus itu apa? Anda percaya apa ttg Yesus?

Edy Prayitno
saat saya masih Kristen iman saya kuat menganggap Yesus itu Putra ALLAH yg kudus yg wajib disembah .

Budi Asali
Putra Allah? Bukan Allah sendiri?

Edy Prayitno
bapak pasti tahu soal polemik ini , banyak yg mengatakan ALLAH itu Esa tetapi terdiri dari bagian2 Yesus , Bapa dan Roh Kudus . saya mengimani soal itu dan saya tahu maksud bapak soal ini

Budi Asali
lalu Yesus sbg Juruselamat anda dulu percayai?
saya mau tahu satu ini. apakah dulu anda percaya Yesus sbg Juruselamat?

Edy Prayitno
betul pak saat itu saya yakin Yesus sbg juru selamat saya , dan setiap bulan menikmati perjamuan kudus untuk mengenang sengsara Yesus menebus dosa2 saya . saya ingat itu pak . tetapi keyakinan itu terbantahkan juga karena dalam Bible sendiri jelas dikatakan anak tidak menanggung dosa bapak dst ….ayatnya bapak pasti sdh tahu

Budi Asali
OK, pd saat itu anda yakin dosa2 anda Yesus yg tanggung hukumannya di atas kayu salib?

Edy Prayitno
saat itu saya yakin dosa saya ditebus tetapi karena ada ayat lain yg mengatakan tidak ada penebusan dosa itu karena masing2 membawa dosanya sendiri2 itu saya sadari setelah membaca ALquran dan ayat soal itu juga ada dalam bible

Budi Asali
Saya tak tanya setelah anda jadi islam. saya tanya pd saat anda masih kristen. Saat itu anda YAKIN dosa2 anda dibereskan oleh Yesus di salib?

Edy Prayitno
ya saya yakin

Budi Asali
skrg kita kembali ke pertanyaan awal saya. apa untungnya jadi islam dibanding jadi kristen. Kalau dulu anda punya Juruselamat, dan skrg setelah jadi Islam, tak punya Juruselamat, gak merasa justru rugi?

Edy Prayitno
apa untungnya jadi Islam ? secara materi saya tdk untung sama sekali bahkan rugi . tetapi secara iman . saya lebih mantab menerima kebenaran dan menyembah hanya kepada ALLAH saja seperti yg tertulis dalam 10 Hukum Tourat dan ajakan Yesus yg menyeru menyembah hanya kepada ALLAH saja . masuk Islam tdk spt masuk Kristen secara materi . di GPPS ada hadiah2 bagi yg membawa domba2 baru dan mau di baptis . bapak pasti tahu soal itu . tetapi menjadi muslim sama sekali tidak ada bonus soal materi kecuali kami lebih bertumbuh secara iman .

Budi Asali
kok lari ke materi? saya sama sekali tak bicara materi. Saya bicara Juruselamat / Penebus. Dlm kristen punya Juruselamat, dlm Idslam dosa dipikul sendiri. Untungnya dimana?

Edy Prayitno
juru selamat Islam juru selamat saya , soal pahala dan dosa sdh ada aturan2nya dan itu tidak gratis .

Budi Asali
mana ada Juruselamat dlm Islam?

Edy Prayitno
soal penebusan dosa ini ajaran yg konyol bermula dari penebusan dosa di awal2 gereja di roma yg bisa ditebus dengan pembelian kupon kemudian penebusan dosa berdasar pengakuan pada romo , dan sekarang hanya kita limpahkan 100% dosa2 saya pada Yesus dan gratis masuk sorga ? ini konyol dan tdk mendidik . bagaimana mungkin anda punya murid2 malas dan nakal disamakan dengan anak2 yg pandai dan menurut ?
Yunus 25. Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam) ini janji Sorga kami

Budi Asali
1Co 1:18 Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.
1Co 1:19 Karena ada tertulis: “Aku akan membinasakan hikmat orang-orang berhikmat dan kearifan orang-orang bijak akan Kulenyapkan.”
1Co 1:20 Di manakah orang yang berhikmat? Di manakah ahli Taurat? Di manakah pembantah dari dunia ini? Bukankah Allah telah membuat hikmat dunia ini menjadi kebodohan?
1Co 1:21 Oleh karena dunia, dalam hikmat Allah, tidak mengenal Allah oleh hikmatnya, maka Allah berkenan menyelamatkan mereka yang percaya oleh kebodohan pemberitaan Injil.
1Co 1:22 Orang-orang Yahudi menghendaki tanda dan orang-orang Yunani mencari hikmat,
1Co 1:23 tetapi kami memberitakan Kristus yang disalibkan: untuk orang-orang Yahudi suatu batu sandungan dan untuk orang-orang bukan Yahudi suatu kebodohan,
1Co 1:24 tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah.

Edy Prayitno
sekali lagi itu bukan ucapan Yesus dan itu bukan Firman . hanya surat dari para Rosul .

Budi Asali
dg kepercayaan spt itu, anda sampai kapanpun gak akan punya keyakinan msk surga, saya punya. Lalu keuntungan apa yg bisa anda tawarkan kpd saya?

Edy Prayitno
Yesus tidak pernah perintahkan pikul salib .

Budi Asali
ya, saya sdh mengerti skrg. dr cerita anda, kata2 anda, jelas dr dulu anda tak pernah percaya Yesus. Anda tak pernah merasakan dosa yg diampuni dsb. Krn itu tidak heran anda pindah agama. Kalau saya, saya yakin mutlak akan pengampunan, penebusan dsb, shg mustahil saya pindah agama. Kalau pindah agama, bagi saya itu suatu kerugian yg luar biasa. Skrg saya yakin keselamatan saya, dan saya tak akan tukarkan itu dg apapun.

Edy Prayitno
soal keselamatan ” Yesus , Para nabi2 sdh menekankan dengan menuruti perintah ALLAH saja kamu diselamatkan . jadi bukan karena menyembah Yesus apalagi percaya dengan penebusan dosa di kayu salib segala itu sangat keliru .,

Budi Asali
Joh 3:13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.
Joh 3:14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,
Joh 3:15 supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.
Joh 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
Ini kata2 Yesus sendiri. Percaya / iman yg menyelamatkan.

Budi Asali
kristen adalah satu2nya agama yg tak mendasarkan keselamatan pd perbuatan baik, tetapi HANYA pd iman kpd Kristus.
Budi Asali Edy Prayitno anda menganggap bisa selamat dg taat? Kristen tak percaya itu sama sekali. Mau tahu mengapa? Kalau memang mau tahu, baca notes saya ini:

https://www.facebook.com/notes/budi-asali/bisakah-manusia-selamat-krn-perbuatan-baik/10200382608183960
Bisakah manusia selamat krn perbuatan baik?
Sebagian besar manusia di muka bumi ini, dan juga semua agama-agama lain di luar… Lihat Selengkapnya
Oleh: Budi Asali
Intinya kita terlalu berdosa utk bisa berbuat baik. Kalau kita tak bisa berbuat baik lalu bgm bisa selamat krn perbuatan baik? Itu mustahil

Edy Prayitno
iman pada Kristus ? ayat ini tdk ada . yg ada adalah iman pada ALLAH pak . seperti ucapan Yesus sendiri dengan tuntunan berdoa dan sujud hanya pada ALLAH

Budi Asali
Yoh 3 yg saya berikan tadi tak bicarakan iman kpd Allah, tetapi kpd Yesus.
saya kira sdh terlalu malam, kita sambung besok saja. Saya sarankan anda baca notes saya yg sdh saya beri linknya. Selamat malam semua.

Edy Prayitno
Ok pak Selamat malam . Insya ALLAH besok kita lanjutkan lagi