Dialog Edy Prayitno dengan Rekan Kristen Topik : APA ITU “ PENEBUSAN DOSA “

25 April 2014 pukul 23:07

Dialog Edy Prayitno dengan Rekan Kristen
Topik :  APA ITU  “ PENEBUSAN DOSA  “   
Tgl : 25 April 2014

TakadaApaapa
Jadi yang namanya Edy Prayitno adalah seorang Mualaf? Saya tertarik bertanyakarena saya membaca postingannya sbb:

Suatu ketika ada seorang pembunuhkejam saudara anda yg jadi korban. sipenbunuh ditangkap polisi . tapi seharikmudian dibebaskan. saat ditanya kenapa ? pak polisi bilang dosanya sdh ada ygnebus.

bagaimana perasaan anda ? adilkahcara ini ?

cara penebusan dosa 100% spt itu ?semua orang akan berkata itu tdk adil.
——-
Saya ingin menanggapinya tapi sebelumnya ingin clear dulu siapa Edy Prayitnoini

Top of Form

Edy Prayitno  

silahkan…kenalkan siapa nama asli anda. soal kiriman tdk ada. coba kirim lagi

 

TakadaApaapa

Apakahharus pakai nama asli? Lagian pertanyaan saya di atas belum ditanggapi. FYIsaya pastikan saya bukan tipe anggota yg akan mengata ngatai orang, tapi akanfokus pada isi diskusi, bebas dari serangan2 personal. Tapi soal nama asli,katakan saja saya punya alasan sendiri. Kalau Anda tidak berkenan, oke sayatidak akan bertanya lagi.

 

Edy Prayitno

kenalkansiapa anda ? nama ? agama ?

dariawal anda sdh jumawa sekali dg berkata ” siapa edy p ini ? balik ditanyaidentitas sdh kelabakan banyak alasan.

 

TakadaApaapa

Nama:Takada. Agama: Pengikut Kristus. Bisakah Anda menjawab pertanyaan saya di atas?

 

Edy Prayitno

andabertanya soal apa ? apa pertanyaan anda

 

TakadaApaapa

Duh,saya bertanya benarkah bahwa Anda Edy Prayitno seorang mualaf? Cuma maumemastikan saja

 

Edy Prayitno

 iya

 

TakadaApaapa

Sayamau menanggapi postingannya Anda seperti yg saya kutip. Kalau begitu pemahamanAnda terhadap konsep penebusan dosa dalam kristen maka Anda sejak awal sudahkeliru

 

Edy Prayitno

silahkanuraikan

 

TakadaApaapa

Kalauterjadi peristiwa seperti yg anda tulis, maka orang Kristen juga akan setujuitu tidak adil

 

Edy Prayitno

yateruskan

 

TakadaApaapa

Itusaja Anda keliru besar dengan menyamakan konsep penebusan dengan kisah spt itu.Sekarang coba saya dengar argumen Anda

 saya akan berikan tambahan bantahan mengenaipostingannya seperti yg saya kutip di atas.
Jika seorang melakukan kejahatan, sangat tidak adil jika dia dibebaskan darikejahatan itu begitu saja. Sangat tidak adil kalau terhadap kejahatannya tidakada ganjaran. Sangat tidak adil kalau setelah melakukan kejahatan dia langsungdiampuni, dihapuskan kejahatannya.
DALAM KEKRISTENAN JUGA ITU TIDAK ADIL.
Tak ada konsep pengampunan semacam itu dalam kekristenan. Dan Sdr Edy Prayitnonampaknya memilik konsep yg keliru tentang pengampunan/penebusan.
Dalam kekristenan, setiap dosa adalah penentangan/kejahatan terhadap Allahsendiri. Dan Allah orang Kristen tidak pernah langsung dengan sembaranganmengampuni dosa orang yg berbuat jahat.
Itu dulu.

 

Edy Prayitno

Silahkanjelaskan salahnya.

 

TakadaApaapa

Salahnyaadalah, dalam kisah Anda di atas, anda tidak menyinggung-nyinggung apa yangmesti dilakukan si pembunuh tadi agar dia dimaafkan

Sayaberi contoh: di sebuah desa di padang gurun kerontang seorang datang membawatangki penuh air minum. Dia mengumumkan kepada seluruh penduduk bahwa setiaporang bisa mendapatkan air minum itu secara gratis.
Apakah dengan sendirinya setiap penduduk secara otomatis memiliki air segaritu? Tidak bukan?

 

Edy Prayitno

Ehmgitu …terus

 

TakadaApaapa

Meskipunair itu disediakan gratis, untuk mendapatkannya penduduk itu harus datang ketanki itu, menadahkan tangannya atau wadahnya menerima air itu. Dengan katalain, orang yang hendak menerimanya memiliki porsi bagian yang harusdikerjakannya. Penebusan dosa bukanlah sesuatu yg otomatis, bukan sesuatu ygbisa terjadi secara pasif.

 

Edy Prayitno

Soalpenebusan dosa beda dg pemberian ait gratis

 

TakadaApaapa

Well,Anda sendiri yg menyamakannya dengan soal melepaskan pembunuh dari penjarabukan
Ini hanya analogi, kesejajaran, jangan diartikan secara cespleng.

 

Edy Prayitno

Penebusandosa memang cocoknya ya pendosa. Pembunuh . Pemerkosa . Pexinah . Pemabuk.Pembunuh

dst

 

TakadaApaapa

Disitu juga Anda keliru. Dalam kekristenan, pendosa itu BUKAN karena diaMELAKUKAN dosa. Tapi karena dia memiliki kodrat dosa. Dosa dalam kekristenanbukanlah PERBUATAN melainkan STATUS/KEADAAN

 

Edy Prayitno

okbegini . apakah semua orang kristen otomatis ditebus dosanya ? sama semua ?antara anda yg taat ibadah dengan bajingan pembunuh dan gak pernah ke gerejatetapi KTP nya Kristen ? bagaimana ?

 

TakadaApaapa

KalauAnda dalam kondisi mabuk, maka entah anda duduk, entah anda berdiri, entah andasedang makan, entah anda lagi bernyanyi, Anda tetap dalam kondisi MABUK bukan?Begitu juga dengan dosa dalam konsep kekristenan.

 

Edy Prayitno

berartidosanya masih ada ? atau bagaimana jelasnya ?

 

TakadaApaapa

Kalauseorang masih dalam keadaan berdosa, maka entah dia menyumbang uang, entah diamenolong orang, entah dia berbohong entah dia menganiaya orang, dia tetapadalah orang berdosa. Dia tetap akan masuk neraka.

 

Edy Prayitno

padahalKTP nya Kristen lo ?

 

TakadaApaapa

Haha, KTP dan agama Kristen tidak membawa orang ke sorga

 

Edy Prayitno

nahberarti anda sudah mulai memilah2 mana yg taat mana yg tidak bukan ? padahalsama2 mendapat janji pengampunan dosa asal percaya pada Kristus ? bagaimana ?

 

TakadaApaapa

Tidaksemua orang Kristen masuk sorga

Bukansaya yang memilah milah. Allah sendiri tahu hati orang bukan? Dialah yangmemilah milah. Saya tidak bisa menjudge si Kristen ini masuk sorga si Kristenini tidak

 

Edy Prayitno

nahbagaimana pula ini ? katanya Iman kpd Yesus otomatis dapat penebusan dosa ?berarti tidak salah kan contoh saya diatas soal pembunuh ?

 

TakadaApaapa

Tuhkan Anda kok masih gak ngerti. Pengampunan itu tersedia bagi semua orang, tapiorang harus bertindak menerimanya. Ada yang harus dilakukan supaya penebusanitu menjadi miliknya.

 

Edy Prayitno

tuhkan anda masih tetap memilah itu namanya . mana yg pantas mendapat mana ygtidak bukan ?

 

TakadaApaapa

Semuapantas mendapatkannya kaleeeee…..Allah menawarkan keselamatan dan penebusankepada semua orang. Tapi apakah semua orang mau? Apakah semua orang maumengambil keputusan menerimanya? Itu masalahnya.

 

Edy Prayitno

lhopendosa itu sangat mau lho dapat pengampunan ? katanya Gratis ? he he anda kanyg kasih contoh soal air gratis diatas ?

ygkita bicarakan ini sudah menerima kristus tetapi namanya manusia tetap sajamelakukan dosa ? karena mereka berfikir ah kan sdh ditanggung dosa2 saya ?sekarang berdosa besok tobat , nanti berdosa lagi ….terus begitu .

 

TakadaApaapa

Ohya? Terbukti bahkan orang Kristen pun cuma sekadar Kristen, KTP atau karenaberasal dari keluarga Kristen. Tapi dia tidak mau mengambil tindakan untukmenerima keselamatan itu. Jangan kira itu perkara gampang
Dari pihak Allah itu memang gratis, tapi dari pihak manusia pemberian gratisitu ada konsekwensinya.

KataAnda:
yg kita bicarakan ini sudah menerima kristus tetapi namanya manusia tetap sajamelakukan dosa ? karena mereka berfikir ah kan sdh ditanggung dosa2 saya ?sekarang berdosa besok tobat , nanti berdosa lagi ….terus begitu .
Jawab saya: bagaimana mungkin dia bisa menipu Allah? Memangnya Allah gak taukalo dia berpikir seperti itu? Allah kan gak bisa dipermainkan. Tentu sajaorang semacam itu belum menerima. Seperti saya bilang, ini bukan perkaragampang.

 

Edy Prayitno

 nah inilah yg kabur ? mana keselamatan ? gakada kalau tidak ada pengampunan dosa . sedangkan soal dosa dan pengampunandalam ajaran kristen ada bermacam2 cara ? terbukti anda sendiri juga bingung dgsaya kasih contoh kecil diatas . dia pantas dihukum atau tetap mendapat ampunan?

 

TakadaApaapa

Sayatidak bingung …Anda yang bingung karena mengira konsep penebusan sesederhanakisah pembunuh di atas. Kan ane sudah bilang bagi orang Kristen itu juga tidakadil. Padahal Allah orang Kristen adalah Allah yang sangat sangat adil.Penebusan Kristiani merupakan penerapan 2 sifat Allah: kasihNya dan keadilanNya

 

Edy Prayitno

Oksekarang saya minta ketegasan anda , memang penebusan dosa itu spt apa menurutiman anda ?

 

TakadaApaapa

Begini:Allah menyediakan penebusan melalui pengorbanan PutraNya Yesus. Penebusan itudisediakan bagi SEMUA ORANG. Analoginya adalah orang yang membawa tanki penuhair segar tadi, sedangkan penduduk desa itu adalah seluruh umat manusia.
Tapi untuk menerima penebusan itu, orang harus melakukan sesuatu. Dia harusmengaku dengan setulus-tulusnya bahwa dia adalah manusia berdosa, dan menerimadengan sungguh-sungguh Yesus sebagai Juruselamatnya, menerima Yesus sebagaipenebus dosanya, dan dengan setulus tulusnya harus menyatakan meninggalkandosa-dosanya.
Kedengarannya gampang bukan? Tapi ini adalah sesuatu yang sangat sulit. Kenapa?Karena ini harus dilakukan dengan hati yang 100% tulus dan sungguh-sungguh.Seorang yang melakukan itu sedang berurusan dengan Allah sendiri yang tau isihati manusia. Ini adalah sesuatu yang bersifat pribadi, antara manusia denganAllahnya, bukan untuk konsumsi publik apalagi diberitakan di media

 

Edy Prayitno

oksekarang semua sudah menerima Yesus satu kampung. pasti tidak semua orangistiqomah berjalan dijalan baik terus kan …nah disela2 kehidupan , merekajuga berzinah , mereka juga mencuri , mereka juga bertengkar , hasut……..maka bagaimana anda melihat hal ini ? padahal dalam janji ALLAH dalamiman anda , dosa mereka semua sdh ditebus saat mereka bertobat dan mau menerimajuru selamat Kristus Yesus ?

bagaimananasib mereka kelak setelah mati ? antara yg taat dan yg tetap sebagai pendosa ?

 

TakadaApaapa

Andabenar. Ketika seorang menerima Yesus, tidak otomatis dia berhenti berbuat dosa.Tapi bedanya adalah, dia tidak akan pernah BERNIAT melakukan dosa di masadepan. Selama manusia itu hidup, tentu saja dia akan tetap berbuat dosa.

 

Edy Prayitno

hehe he berarti contoh saya gak salah bukan ? intinya pendosa tetap menerimahukuman . jadi mana penebusan itu ? anda sekarang menjawab agak2 kabur danberkata ada bentuk hukuman tetapi hukuman yg gak jelas ? he he he coba manadalilnya ada apa tidak ” hukuman yg bermacam2 itu spt apa ?” kelaksaat dia pendosa tsb mati ?

 

TakadaApaapa

Satuhal yang ane perlu tekankan: penebusan itu terjadi antara seorang manusiadengan AllahNya. Ini sangat personal, sesuatu yg terjadi secara pribadi, bukansecara formal. Bayangkan seorang manusia mampu berkata “Tuhan Yesus, akuini manusia berdosa, aku sadar tanpa Engkau aku akan mati dalam kebinasaankekal. Karena itu Tuhan saat ini aku menerimamu sebagai juruselamatku secarapribadi. Aku menerimamu sebagai penebus dosa-dosaku. Aku menerimamu sebagaiMesias yang telah menebus dosaku di atas kayu salib. Aku menerima keselamatandariMu. Aku berjanji meninggalkan hidupku yang lama, aku berjanji menjadimuridMu”
Gampangkah mengucapkan hal itu dengan hati yg 100% tulus, sungguh-sungguh tanpaada niat lain di belakangnya? Tidak bukan?

Pendosatetap diberi hukuman selama dia tidak minta ampun. Dosa harus diselesaikan:entah dengan hukuman atau dengan pengampunan. Apa yang kita lakukan dengan dosaitu menentukan apa yang kita terima.

 

Edy Prayitno

ya..makanya kalau pendosa tsb mati ? setelah menerima Yesus dan berbuat dosa lagiapa yg terjadi pada dia di akherat kelak ? menurut iman kristiani ?

andatadi sdh bilang ada hukuman yg bermacam2 spt apa ? ,mana dalilnya ( dasarayatnya ? ) dalam alkitab ?

 

TakadaApaapa

Hukumanbermacam macam itu maksud ane, Allah akan memberikan ganjaran terserah kehendakDia. Daud misalnya ketika melakukan dosa, mengganjar dia dengan kematiananaknya. Musa misalnya dengan larangan baginya ikut masuk tanah Kanaan. Anemisalnya jadi sakit dll dll.

 

Edy Prayitno

ituganjaran di dunia ? kalau di akherat spt apa ? pakai ayat ya

 

TakadaApaapa

Tidakada, dia sudah menerima Yesus, dia sudah masuk sorga
Joh 3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimidunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.
Joh 3:18 Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapatidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalamnama Anak Tunggal Allah.

 

Edy Prayitno

sekaranganda balik arah lagi dengan berani mengatakan semua masuk Sorga dg ayat joh3:18 . gimana ini ? berarti pendosa bisa masuk sorga secara otomatis gitu ?asal percaya pada Yesus ?

 

TakadaApaapa

Siapabilang semua? Semua yang menerima….

 

Edy Prayitno

aduhiya sudah saya kasih contoh kan : semua orang sekampung sdh menerima Yesus .dan selalu ada saja yg tetap melakukan dosa . membunuh , berzinah , mencuri dll…masak saya ulangi lagi ?

andabelum menjawab yg itu . saat mereka mati , bagaimana menurut iman kristianianda antara yg taat dangan pendosa ( sama2 sdh kristen lo )

 

TakadaApaapa

Sayasedang menjelaskan iman Kristen, jangan ngomongin iman Islam “anda belummenjawab yg itu . saat mereka mati , bagaimana menurut iman kristiani andaantara yg taat dangan pendosa ( sama2 sdh kristen lo )”
Duh Anda kelihatannya gak ngerti juga Kok anda memisahkan orang ke kelompoktaat dan pendosa? Kok jadi soal perbuatan/amal ibadah lagi?

 

Edy Prayitno

makanyaitulah iman Kristiani yg membingungkan . disatu sisi ber gembor2 adapengampunan dosa secara gratis dan semua yg percaya Yesus diampuni dan mendapatsorga . tetapi saat anda saya kasih satu kasus saja …anda sudah bingung gakbisa jawab

 

TakadaApaapa

Jikaseorang sudah menerima Kristus, taruhlah suatu hari melakukan dosa, trus mati,dia akan masuk sorga. Gitu cukup?
Enak? Siapa bilang?

 

Edy Prayitno

haha ha …..bener tuh ?

jawabanputus asa

jadiayok kita pesta pora bikin dosa yuk…asik

 

TakadaApaapa

Tuhkan, Anda mulai menggunakan kata2 yg off topic (jawaban putus asa). Ini yangbikin diskusi jadi gak karuan.

 

Edy Prayitno

kalausemua dosa kita sdh diampuni …bagaimana kalau kita bikin dosa saja ….asiklho

berzina..asik , mencuri asik , membunuh …asik ….gitu ya

 

TakadaApaapa

KalauAnda bisa berniat berbuat dosa tanpa Allah ketahui niat Anda, silahkan

 

Edy Prayitno

lhogimana ? kok anda gak yakin gitu

kananda sendiri yg menjawab gitu . tuh diatas masih ada

andakristen protestan apa katolik ( keluar topik bentar ) tapi ada hubungan dgstatus

 

TakadaApaapa

Sayaulangi lagi:
Kalau Anda bisa berniat berbuat dosa tanpa Allah ketahui niat Anda, silahkanBagaimana mungkin Anda bisa sungguh2 menerima Yesus dengan pikiran niat berbuatdosa wkwkwkwkw….Ngerti gak sih arti “dengan sungguh-sungguh”?

 

Edy Prayitno

jawabya..anda protestan apa katolik ?

 

TakadaApaapa

Sayatidak berdoa kepada Bunda Maria

 

Edy Prayitno

apaanda tahu …kalau dulu bapa2 gereja mengenal pembakaran api suci . jadi kalauanda berdosa kelak tetap dibakar oleh api suci ? pernah dengar apa tidak ?

 

TakadaApaapa

ItuKatolik. Nampaknya Anda mantan Katolik ya…..

 

Edy Prayitno

Mereka baru di ijinkan mererima Komuni lagi setelah menjalani suatu proses pertobatan yang cukup lama dan berat. Karena seorang pendosa berat hanya boleh menerima pengampunan dosa satu kali dalam hidupnya, Banyak orang Kristen pada waktu itu menunda pertobatan sampai akhir hidupnya. Menyadari Hal itu pada uskup pada konsili Nicea I menegaskan perlunya pengampunan Gereja bagi mereka yang segera menemui ajalnya. Walaupun demikian apabila pendosa tersebut tidak jadi meninggal, ia harus menjalani proses pertobatan seperti oran-orang Kristen lainnya.

 

TakadaApaapa

Sayacuma percaya Alkitab yang saya pegang sekarang. Saya tidak peduli dengan ordo,tatanan, sejarah gereja dll.

 

Edy Prayitno

iniajaran Katolik soal dosa

lhomakanya ini yg mengherankan , Kristen gak punya induk yg jelas ? karenakiblatnya gak jelas mau ikut siapa ? dalam tradisi gereja dalam beberapaliturgi , sakramen , Ibadah ….macam2 terbentuk . juga pemahaman soal dosa danpengampunan dosa

kalauanda berkiblat hanya pada alkitab ? pakai yg mana ? menjawab soal dosa danpengampunan ini saja gak jelas ….walau anda pakai dasar ayat sekalipun

kalauanda pakai dasar joh 3:18 sebagai penebusan semua umat kristen maka , bolehdong kita berpesta bikin dosa ? toh 100% sdh ditebus ?

 

TakadaApaapa

Apakahkalau saya kutip ayat tertentu, pemahaman Anda dan saya akan sama? Tidak. PastiAnda akan bilang pemahaman Anda yg benar, dan sebaliknya. Itu kalau kita mulaimemperdebatkan ayat, pasti gak akan ketemu. Sejak awal saya cuma mengkritisipemahaman Anda soal penebusan yang sangat berbeda dengan konsep kekristenan,bahkan dengan katolik sekalipun. Saya sendiri heran kenapa pemahaman Anda bisaseperti itu.

 

Edy Prayitno

dariawal sudah saya tawari …silahkan pakai dasar ayat , biar kita tidak bermain2asumsi saja

terbuktikan . saat kita beber kasus diatas , anda kebingungan pakai ayat mana ?

 

TakadaApaapa

Lhacontohnya ayat di atas, itu saja kita sudah beda pemahaman Mau ditambah ayatlain lagi?

 

Edy Prayitno

pemakaianayat itu sebagai penguat argumen , karena semua agama harus ada hukum , kalaudalam Islam menurut syariat , tdk mengarang bebas dan bermain2 opini saja .

 

TakadaApaapa

Maaf,saya tidak mau berdebat kusir. Dan saya tidak bermaksud memaksa Anda setujudengan saya. Saya cuma mau memberi informasi yang berbeda dari yg anda fahami.Setidaknya Anda bisa bilang “Oh, ternyata ada orang Kristen yangberpendapat seperti ini”.
Sekian dari saya, mungkin di lain hari kita bisa berjumpa di topik lain.
Salam sejahtera.
Dari pengikut Kristus, yang percaya kalau dia mati hari ini, dia akan ke sorga

 

Edy Prayitno

Oksilahkan …sdr ……( siapa gak jelas namanya bingung mau panggil apa ) .Terima kasih waktunya

sudah selesai yg bersangkutan sudahpamit ……………………….XXXXXXXXXXXXXXX>>>>>>>>>>>>>>>>>

Closed…………….

 

EkoPrasetyo Chaniago wah kelar jg menyimaknya, si kristen sudah kelarberapologinya. Karena semakin dalam berapologi akan semakin dalam jg blundernya nantinya. Otak profesor yg pinter mungkin akan ketawa baca2 asumsi nya mastakada ini kali ya.