images
Senin 3 Feb 2014
Selamat Malam , Silahkan masuk sdr Rudy Yohanes ( Johanes Stepen ) .
topik :
” Yesus tidak menciptakan agama baru , kitab Injil tidak ubahnya seperti , Mazmur Daud ( zabur ) dan atau Amsal Nabi Sulaiman ( kitab nabi Sulaiman ).ada kitabnya tetapi tetap memakai syariat hukum Touratnya nabi Musa”,Untuk topik yg anda tanyakan pada saya saya harap tidak berbeda terlalu jauh dari topik yg saya ajukan .
waktu : 40 menit bertanya / 40 menit ditanya
Moderator : AbdullahDeddy SetyoUtomo Al-ghazali

Edy Prayitno :
saya tertarik dengan topik ini , karena sudah beberapa kali saya tanyakan pada teman2 kristen tetapi jawabnya berbeda2.
ini anaisa saya pribadi kemungkinan juga salah , ya saya mohon maaf sebelumnya . saya berpendapat bahwa hanya ada 2 nabi yg betul2 menciptakan agama baru yaitu nabi Musa dan nabi Muhammad . karena kedua nabi ini membawa kitab suci dan keduanya membawa syariat sebagai agama .semua hukum tata cara ibadah di dalam Tourat Musa dan dalam Alquran ada semua .sedangkan dalam kitab Injil tidak ada . makanya saya katakan Injil sama dengan kitab nya nabi Sulaiman sama dengan kitabnya nabi Daud ada kitab sucinya tetapi tidak ada agama Nabi Daud atau agama nabi Sualiman .
jadi analisa saya sementara ini saya katakan syariat yg dibawa oleh nabi Daud , Nabi Sulaiman , dan nabi Isa tetap memakai syariatnya nabi Musa dengan hukum2 Touratnya .baru kemunculan nabi Muhammad sebagai penyempurna dari ajaran dan syariat Musa

Edy Prayitno
ok selamat malam mas Rudy Yohanes , bagaimana kabar anda ..lama tidak bertemu

Johanes Stepen
kabar saya baik pak, bapak masih percaya ini saya kan, jika tidak silahkan minta bukti akan saya berikan, tapi jika percaya silahkan langsung kita mulai

Edy Prayitno
saya percaya mas , gaya bahasa anda masih saya kenal

Johanes Stepen
sip ok silahkan apa yang menjadi pertanyaan bapak?

Edy Prayitno
saya sudah menampilkan topik diatas bagaimana menurut anda mas

Johanes Stepen
Yesus memang datang bukan MEMBAWA AGAMA pak, MUSA JUGA, hanya satu nabi dimuka bumi yang membawa agama, yakni NABI MUHAMMAD

AbdullahDeddy SetyoUtomo Al-ghazali
maaf untuk teman2 lain..harap “like” saja mohon tidak untuk berkomentar… maaf sebelumnya…

Edy Prayitno
bukan satu mas tetapi 2 saya anggap nabi Musa juga membawa agama yaitu agama yahudi
ciri ciri nabi yg membawa agama adalah beliau selalu lengkap membawa hukum2 ALLAH dan syariat2nya
coba anda jawab lebih jelas kalau Yesus tidak membawa agama baru apa artinya agama anda saat ini mas Rudy ?

Johanes Stepen
Jadi bapak membantah Musa beragama islam?

AbdullahDeddy SetyoUtomo Al-ghazali =======10 menit==================

Johanes Stepen
Yesus ADalah Firman Tuhan yang menjadi manusia Yohanes 1 : 14, sehingga Tuhan tidak akan pernah menurunkan agama, tapi TUHAN hanya berfirman

Edy Prayitno
saya tidak dalam mempersoalkan nabi Musa , tetapi kami mensejajarkan nabi Musa dengan Nabi Muhammad sebagai sama2 nabi yg membawa agama . sedangkan dalam ajaran Yesus tidak satupun Yesus yg membawa ajaran baru apalagi agama baru itu inti pertanyaan saya mas Rudy

Johanes Stepen
Nabi Musa tidak bisa disejajarkan dengan Nabi Muhammad, sebab NABI MUSA bertemu TUHAN disaksikan banyak orang, Nabi Muhammad tidak, Nabi Musa Menerima 10 perintah TUHAN LAngsung di tulis oleh TUHAN sendiri, semantara Nabi Muhammad hanya mendapat bisikan
Yesus tidak akan pernah MEMBAWA AJARAN AGAMA, mengapa?
SEBAB TUHAN BAGI SEMUA ORANG, BAIK YANG BERDOSA MAUPUN YANG TIDAK BERDOSA

Edy Prayitno
coba mas rudy lebih fokus jangan dibawa ke Yesus sebagai Firman dsb anggap saja saya mempertanyakan betulkah Kristen itu agama buatan Yesus .

Johanes Stepen
Saya tidak bisa memisahkan YESUS adalah FIRMAN TUHAN, saya hanya bisa memisahkan hal itu ketika YESUS dikayu salib, dab itu pun saat YESUS akan menyerahkan nyawanya.
Dari dulu saya tidak pernah BERKATA YESUS membawa AGAMA KRISTEN, sebab KRISTEN ADALAH PILIHAN MANUSIA YANG MENGIKUT YESUS

Edy Prayitno
anda berkali2 berkata Yesus tidak menciptakan agama Kristen kemudian agama yg anda yakini saat ini itu berasal dari siapa ?

Johanes Stepen
Kristen Awalnya BUKAN AGAMA, tapi PILIHAN MANUSIA yang mengikut YESUS

Edy Prayitno
kenapa sekarang menjadi agama

Johanes Stepen
Karena Dunia butuh kepastian, dan untuk urusan Dunia maka disepakatilah hal itu menjadi AGAMA

Edy Prayitno
kalau Yesus tidak menciptakan agama dan sekarang ditentukan oleh siapa agama kristen ini ?

Johanes Stepen
Manusia Pengikutnya

Edy Prayitno
he he he bingung ya mas
biar anda sedikit ingat saya cuplikan ayat yg mempertegas bahwa Yesus tidak membawa syariat dan agama baru :
Menurut Matius (Mathew), juz 5, ayat 17-19, Yesus secara eksplisit menyatakan :
”Think not that I am come to destroy the law, or the prophets: I am not come to destroy but to fulfill. For verily I say unto you, Till heaven and earth pass, one jot or one little shall in no wise pass from the law, till all be fulfilled. Whosoever therefore shall break one of these least commandments, and shall teach men so, he shall be called the least in the kingdom of heaven: but whosoever shall do and teach them, the same shall be called great in kingdom of heaven.”

“Janganlah mengira bahwa saya datang untuk menghancurkan hukum atau para nabi: Saya datang tidak untuk menghancurkan namun untuk memenuhi (menyempurnakan). Sungguh-sungguh saya berkata kepada kalian, sampai langit dan bumi berlalu, seseorang janganlah secuil atau sedikitpun berharap dapat berlalu dari hukum sampai semuanya dipenuhi. Karena itu sesiapapun yang melanggar sekecil dari perintah-perintah ini dan akan mengajarkannya kepada manusia, ia akan disebut sebagai yang paling sedikit di kerajaan langit, namun sesiapa saja yang mau melakukan dan mengajarkan mereka, maka hal yang sama ia akan dipanggil yang paling besar di kerajaan langit.”

AbdullahDeddy SetyoUtomo Al-ghazali ==========20 menit===========

Johanes Stepen
tidak, sebab sejak semula TUHAN menciptakan adam dan hawa tidak memiliki AGAMA, Tuhan tidak pernah Memaksakan KEHENDAK bahkan ketika ADAM memilih ikut bujukan IBlis pun Tuhan tidak pernah IKUT CAMPUR, demikian juga AGAMA, JIKA TUHAN MENURUNKAN AGAMA, ARTINYA tidak ada pilihan lain, harus kita ikut AGAMA tersebut, kenyataannya ADAM DAN HAWA TIDAK MEMILIKI AGAMA

Edy Prayitno
Yesus mengakui bahwa hukum Touratb dan agama Musa yg patut di teruskan sedangkan Yesus mengaku tidak merobah secuilpun hukum Tourat

Johanes Stepen
Musa pun tidak membawa AGAMA tapi dia menyampaikan HUKUM TUHAN

Edy Prayitno
bagaimana sekarang umatnya yg mengakui Yesus sebagai gurunya tiba2 menciptakan agama baru sedangkan Yesus tidak pernah menyuruh menciptakan agama baru ( agama kristen )

Johanes Stepen
Betul TUHAN tidak akan pernah MENCIPTAKAN AGAMA, sebab AGAMA ADALAH CIPTAAN MANUSIA, dimana Manusia itu ingin bersekutu, tetapi KAMI MEMILIH mengikut YESUS, itulah yang dinamakan KRISTEN

Edy Prayitno
mas Rudy saya ingatkan , dalam sebuah agama apalagi agama baru , harusnya ada beberapa syarat diantaranya ada hukum hukum dari ALLAh dan ada syariat2 yg menyertainya seperti tata cara ibadah , menyembah ALLAH , karena agama semua memuja ALLAH dan agama harus lengkap mengatur hubungan antar manusia dan hubungan dengan ALLAH
kalau anda berkata Yesus tdk menginginkan agama Kristen sedangkan sekarang sudah ada agama kristen , ini yg patut dipertanyakan
kalau begitu anda setuju jika saya katakan Injil nasibnya sama dengan Mazmur sama dengan kitab Amsal ketiganya tidak membawa agama baru tetapi masih menganut ajaran nabi Musa dengan hukum2 Touratnya ?

Johanes Stepen
Yang menciptakan Syarat AGAMA itu adalah MANUSIA PAK, karena Tidak akan pernah Tuhan datang MEMBAWA AGAMA, atau menyarankan AGAMA, atau MEMATOK satu AGAMA, jika TUHAN datang MEMBAWA AGAMA, maka bapak HARUS menjamin orang memeluk AGAMA Tersebut akan KESURGA
Tidak pernah saya berkata YESUS tidak menginginkan agama KRISTEN, tapi saya berkata KAMI MEMILIH untuk menjadi pengikut YESUS
didalam KRISTEN INJIL KERAJAAN SURGA itu di mulai dari Kejadian = WAHYU PAK

AbdullahDeddy SetyoUtomo Al-ghazali ===========30 MENIT===================

Edy Prayitno
he he he anda kebingungan ya , di satu sisi anda mengakui Yesus tidak menciptakan agama baru di satu sisi tidak terima jika Kristen itu bukan agama dari Yesus ….?
syariat hukum2 ALLAH ada menyertai mas rudy coba buka kitab Tourat disana ALLAH mengatur semua cara2 ibadah umat nabi Musa , makanan , tata cara kehidupan dst semua diatur

Johanes Stepen
Dari uraian saya TIDAK SATU KATA PUN saya berkata YESUS membawa agama KRISTEN, jadi saya tidak pernah MENOLAK bahwa KRISTEN BUKAN DARI YESUS, tapi KRISTEN ADALAH MANUSIA YANG MEMILIH MENGIKUT YESUS

Edy Prayitno
berarti Yesus tidak menciptakan agama Kristen ” saya catat pengakuan anda ini mas Rudy

Johanes Stepen
pak Edy Prayitno betul, TUHAN menurunkan semua itu, sebaga Pedoman Bansa Israel keluar dari tanah MESIR,dan Tidak semua BISA DI PAKAI PADA MASA INI, seperti Mempersembahkan KORBAN BAKARAN dll
YAH Catat SAJA PAK, SAMPAI KAPAN PUN SAYA AKAN KONSISTEN BERKATA YESUS tidak pernah MENCIPTAKAN AGAMA KRISTEN, akan tetapi KRISTEN ADALAH PILIHAN KAMI YANG MENGIKUT YESUS

Edy Prayitno
kemudian cara anda ibadah , cara anda menyembah ALLAH , anda ikut cara siapa mas Rudy ?

Johanes Stepen
Kami Ikut YESUS, namanya saja PENGIKUT YESUS tentu mengikut Apa yang dilakukan YESUS

AbdullahDeddy SetyoUtomo Al-ghazali =========36 MENIT===========

Edy Prayitno
katanya Yesus tidak menciptakan agama baru …coba mas Rudy teliti tata cara Yesus ber ibadah beliau memakai tata cara hukum Tourat , beliau beribadah di rumah ibadah kaum yahudi , beliau puasa pakai cara puasanya yahudi , beliau sunat pakai cara yahudi , beliau sujud menyembah ALLAH pagi petang juga pakai cara Yahudi …kemudian kalau meniru Yesus tata cara ibadah mana yg ditiru

Johanes Stepen
Itu semua PERINTAH TUHAN, bukan tata CARA CIPTAAN YAHUDI, jadi tidak ada yang salah. Yesus beribadah di rumah ibadah Yahudi, Yesus juga beribadah di BAIT ALLAH (Yerusalem) tidak mungkin YESUS beribadah di PURA, atau KUIL atau MESJID, sebab belum ada

Edy Prayitno
he he he …waktu saya habis kayaknya…anda gak mampu jawab …ya gpp

AbdullahDeddy SetyoUtomo Al-ghazali ========WAKTU HABIS============

أحمد فريد Allahu Akbar

AbdullahDeddy SetyoUtomo Al-ghazali Seperti biasa… istirahat 10 menit, mohon maaf untuk teman2 yag saya hapus komentarnya.. sesuai kesepakatan antara 2 belah pihak yg berdialog…. maaf sekali lagi…

Johanes Stepen
ok.. mohon pak edy siapkan diri, jika ada kawan yang mau bantu silahkan chat, sebab saya akan bertanya hal yang sama kepada pak edy, istirahat saya manfaatkan untuk minum dan makan-makanan ringan

Edy Prayitno
saya juga masih agak sakit mas rudy , tiga hari luar kota kecapekan , ini juga baru pulang dari dokter

Johanes Stepen
iya ndak apa 1 putaran lagi aja pak, jangan lupa minum air hangat, saya juga lagi flu, tapi karena sudah lama tidak diskusi dengan pak edy saya tetap semangat

AdullahDeddy SetyoUtomo Al-ghazali bagaimana ustad Edy Prayitno ? siap?

Edy Prayitno
ok

Johanes Stepen
Baik saya akan tanya Menurut Pak edy siapa pembawa agama ISLAM?

Edy Prayitno
pembawa risalah agama Islam adalah sejak nabi ADAM

Johanes Stepen
kalau pembawa agama islam siapa pak?

Edy Prayitno
kalau bertanya ” agama ” baru saya katakan nabi Muhammad . tetapi pengertian Islam adalah berasal dari kata ” Aslamah ” percaya pada ALLAH dan sejak nabi Adam beliau sdh percaya ini . sedangkan Islam secara Organisasi dan dijadikan agama sejak nabi Muhammad .

Johanes Stepen
Terimakasih pak, apakah bapak menentang jika saya katakan Yang membawa AGAMA ISLAM ADALAH IBRAHIM?

Edy Prayitno
saya tidak menentang , semua para nabi adalah pembawa Tauhid ALLAH dan otomatis beliau2 para nabi adalah orang yg paling percaya pada ALLAH
saya koreksi pengertian Islam adalah kata “Islam” berasal dari bahasa Arab: salima yang artinya selamat. Dari kata itu terbentuk aslama yang artinya menyerahkan diri atau tunduk dan patuh

Johanes Stepen
Saya hanya nanya AGAMA ISLAM PAK

Edy Prayitno
ya silahkan dlanjut

AbdullahDeddy SetyoUtomo Al-ghazali =============10 MENIT========

Johanes Stepen
APakah bapak Menyangkal JIKA IBRAHIM PEMBAWA AGAMA ISLAM?

Edy Prayitno
sudah saya jawab di atas mas Rudy semua para nabi adalah Islam , pengertian Islam seperti yg saya sebutkan diatas . sedangkan Islam secara Organisasi Agama muncul pertama kali oleh nabi Muhammad .

Johanes Stepen
aRTINYA bapak menentang Pembawa Agama Islam adalah IBRAHIM? dan mengakui Pembawa Agama islam adalah Nabi Muhammad?

Edy Prayitno
Nabi Ibrahim di muliakan dalam Alquran , kalau pembawa risalah Tauhid iya Ibrahim adalah nabi besar kami , tetapi jika berkata Islam sebagai ” Agama ” nabi Muhamadlah yang membawanya mas

Johanes Stepen
sekarang saya bukakan AYATNYA PAK
2.132. Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya´qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”.
Jadi Muhammad bukan pembawa Agama islam

Edy Prayitno
coba anda pahami arti ” islam ” dalam lafads diatas mas Rudy karena dalam ayat lain di ceritakan : “Ya Tuhanku! Tunjukkanlah kepadaku bagaimana engkau menghidupkan makhluk-makhluk yang sudah mati.” Allah menjawab seruannya dengan berfirman: Tidakkah engkau beriman dan percaya kepada kekuasaan-Ku?.” Nabi Ibrahim menjawab:”Betul, wahai Tuhanku, aku telah beriman dan percaya kepada-Mu dan kepada kekuasaan-Mu, namun aku ingin sekali melihat itu dengan mata kepala ku sendiri, agar aku mendapat ketenteraman dan ketenangan dan hatiku dan agar makin menjadi tebal dan kukuh keyakinanku kepada-Mu dan kepada kekuasaan-Mu.”

Johanes Stepen
Ayat tersebut BERKATA AGAMA PAK, mohon anda PAHAMI apa ARTI AGAMA, bukan risalah, tapi AGAMA

Edy Prayitno
coba anda garis bawahi ucapan nabi Ibrahim dalam Alquran diatas , beliau mengatakan ” Nabi Ibrahim menjawab:”Betul, wahai Tuhanku, aku telah beriman dan percaya kepada-Mu” inilah arti Islam ( bukan Islam secara Organisasi )

AbdullahDeddy SetyoUtomo Al-ghazali ====23 menit=======

Johanes Stepen
Kalau ARti ISLAM tidak akan saya bantahpak, tapi disana dikatakan AGAMA ISLAM.

Edy Prayitno
coba mas rudy baca selanjutnya dalam ayat 2:132: Illa wa antum muslimun artinya : kecuali kamu ( dalam keadaan )muslim…
133. Adakah kamu hadir ketika Ya’qub kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya: “Apa yang kamu sembah sepeninggalku?” Mereka menjawab: “Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishaq, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya”.

Johanes Stepen
Ini saya ulas
2.132. Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya´qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”.
MEMELUK AGAMA ISLAM…………

Edy Prayitno
coba baca ayat 133 disana lebih jelas dikatakan “Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishaq, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya”.

Johanes Stepen
yah.. AGAMA ISLAM KAN menyembah TUHAN yang maha ESA, tidak saya bantah yang saya tanya APAKAH BAPAK MAU TETAP MEMBANTAH BAWA IBRAHIM yang membawa AGAMA ISLAM?

Edy Prayitno
mungkin penterjemahnya mengartikan seperti itu mas

AbdullahDeddy SetyoUtomo Al-ghazali ===========30 MENIT============

Johanes Stepen
Baik artinya kita sudah menemukan satu KESALAHAN dalam TERJEMAHAN AL QURAN, apakah anda setuju demikian?

Edy Prayitno
saya tidak berani mengatakan itu kesalahan , saya yakin pengertian yg di maksudkan adalah kurang lebih seperti itu . cuman ditambahi ” agama ” dalam penterjemahannya

Johanes Stepen
Kalau gitu tetap Kesalahan namanya pak.
Pertanyaan saya berikutnya, APA bapak YAKIN ADAM kenal dengan AGAMA ISLAM? atau risalah islam atau ISLAM?

Edy Prayitno
Adam mengenal ALLAh dan Adam mengajari anak2nya beribadah pada ALLAH , jadi saya yakin beliau Islam

Johanes Stepen
saya tidak tanya hal itu pak, apakah ADAM kenal risalah ISLAM, seperti yang bapak bilang diatas?

Edy Prayitno
Adam adalah manusia pertama mas Rudy , pengertian Islam sudah saya jawab diatas . bukan Risalah . kalau risalah itu sdh dari beberapa ajaran nenek moyang pendahulunya

Johanes Stepen
INI PERNYATAAN BAPAK
Edy Prayitno pembawa risalah agama Islam adalah sejak nabi ADAM
________________________

selarang pertanyaan akhir
Mengapa tidak ada satu katapun mulai dari TAURAT-INJIL perkataan ISLAM? jika benar Para Nabi mengenal ISLAM
sekitar sejam yang lalu · Suka · 1

AbdullahDeddy SetyoUtomo Al-ghazali ======KURANG 1 MENIT=======

Edy Prayitno
dalam kitab PL banyak tersirat soal Islam ini mas Rudy
soal ayatnya mas rudy bisa cari sendiri

AbdullahDeddy SetyoUtomo Al-ghazali ========SELESAI=========

Edy Prayitno Aslama. Artinya menyerahkan diri.
Salima. Artinya selamat.
Sallama. Artinya menyelamatkan
Salam. Aman, damai, sentosa

itu 4 pengertian Islam bisa anda cari di kitab PL dengan kata kunci diatas mas Rudy
sekitar sejam yang lalu · Suka · 5

Edy Prayitno
Wah sudah habis …….Terima kasih waktunya mas Rudy ( Johanes Stepen )

Johanes Stepen
ok..sama-sama pak… lain hari kita akan sambung, sebab PAK EDY SUDAH SAKIT biar beliau istirahat dulu

Edy Prayitno
Kapan2 saya ingin lanjutkan dengan topik yg lain mas Rudy
sekitar sejam yang lalu · Suka · 2

Johanes Stepen
SELAMAT MALAM SEMUA, dan terimakasih kepada MODERATOR

أحمد فريد Subhanallah .. hidayah Allah tercurah kepada mereka berdua