45654_147803141904169_5443714_a

Dialog antara saya Edyprayitno dengan John Liem . nanti pada hari : Minggu 10 Maret 2013 . topik : Sesi 1 . Apakah Islam agama rasional Sesi 2 . Apakah Kristen agama rasional dialog 1 by 1 , semua suporter dilarang kasih koment , hanya diperbolehkan ” like ” saja . setelah dialog boleh kasih koment . Terima kasih Wassalamualaikum wr . wb

Edyprayitno
selamat sore sdr John Liem ..

John Liem Sore.
Anda sudah tag orang2 yang mau lihat? Dari pihak saya, saya tidak mentag orang kristen. Tapi saya tag Cahaya Islam An Rievan Li Mei Fung Stacia Avelina Mereka muslim/muslimah.
Karena ini pertama kali, saya ikut diskusi anda. Silakan anda jelaskan dulu kepada saya formatnya. Apakah saya bertanya, anda menjawab atau bagaimana?

Edyprayitno
silahkan ..maaf gak sempat tag teman2
karena saya barusan datang dari suatu acara …baru sampai rumah jadi belum sempat tag kawan2

John Liem
Ok, ndak apa2. Tag bisa dilakukan belakangan selesai diskusi.

Edyprayitno
kita dialog 1 jam anda bertanya pada saya …satu jam selenajutnya saya yg bertanya
jika waktu kurang bisa kita tambah yg jelas sebelum maghrib kita akhiri ….

John Liem
OK, saya mulai. Karena pertanyaannya sudah saya siapkan sebelumnya.

Edyprayitno
ok maaf saya tidak banyak persiapan ..mohon maaf jika saya nanti mungkin tidak bisa menjawab akan saya cari dilain waktu ..silahkan

John Liem
Topiknya seperti yang dijanjikan adalah saya mempertanyakan: “Apakah Islam agama yang rasional?”Untuk menyamakan persepsi, terlebih dahulu saya berikan definisi berikut ini. Anda saya persilakan untuk menilainya dan tentu saja berhak menolak sembari memberikan definisi yang lebih cocok buat anda.Agama: sesuatu yang berhubungan dengan kepercayaan.Rasional: sesuatu yang berhubungan dengan rasio kita (intelek, pikiran, nalar).Sewaktu kita menyatakan A adalah rasional, maka A harus memenuhi syarat berikut ini:1. A harus konsisten (tidak berkontradiksi). Kita tidak bisa mengatakan, di satu pihak A itu adalah begini, sementara di pihak lain A itu bukan begini.2. A itu harus koheren (mempunyai alur yang berkesinambungan). Misalkan A itu adalah cara kita menuju ke pasar dari rumah, maka A haruslah punya alur yang tidak terputus.Dalam hal ini, pertama dari rumah kita menuju pangkalan bis, lalu kita naik bis dan berhenti di terminal,lalu dari terminal kita jalan kaki untuk tiba di pasar. Inilah yang disebut dengan koheren.3. A itu harus dibuktikan secara empiris (apakah dengan pengalaman, pengamatan atau dengan percobaan ataueksperimen). Contoh, bila kita mengatakan merokok bisa menyebabkan kanker paru2, maka tentunyapengalaman kita, pengamatan kita bisa membuktikan orang yang kena kanker paru2 kebanyakan perokok. Selain ituilmu kedokteran pun sudah membuktikan asap rokok itu bisa menyebabkan kanker.Nah, jikalau anda setuju bahwa sesuatu yang rasional mempunyai 3 unsur ini yaitu konsistensi, koherensi dan pembuktian empiris,saya akan mengajukan pertanyaan tentang kerasionalan agama islam. Bagaimana?

Edyprayitno
betul saya sangat setuju …emang itu pengertian rasionalitas

John Liem
Ok, sekarang saya masuk ke pertanyaan tentang islam. Tentu saja, Islam itu luas. Ada banyak ajaran2 di dalam islam mulai dari ciptaan manusia, turunnya Quran, kenabian Muhammad sampai ajaran kiamat. Dan tentu saja dalam diskusi ini, saya hanya bisa mempertanyakan satu atau dua dari keseluruhan ajaran islam. Nah, jikalau anda setuju, saya akan mempertanyakan kerasionalan agama islam tentang kenikmatan surga yang menyangkut persetubuhan dengan50, 70 atau 72 perawan surga. Jikalau anda tidak mempercayai ajaran islam yang ini, maka akan saya ajukan topik yang lain. Jikalau anda mempercayai ajaran islam yang ini, maka kita lanjutkan. Bagaimana

Edyprayitno
tidak apa apa silahkan
itu memang janji2 kenikmatan ALLAh2
Tiada yang lebih menyenangkanselain membangun kesadaran akan kenikmatan surgatermasuk di dalamnya para bidadari yang cantik dan jelita untuk mendorong manusia berlomba2 menggapai sorganya ALLAH

John Liem
Mari kita menilai kerasionalan ajaran Islam yang mengajarkan salah satu dari kenikmatan darikeberadaan di surga adalah bersetubuh dengan perawan2 surga yang tidak akan pernah kehilangan keperawanannya. Ini tuduhan saya:1. Persetubuhan dengan perawan2 surga itu tidak konsisten dengan ajaran moral dalam agama islam.Jikalau agama islam mengajarkan, persetubuhan hanyalah diperbolehkan dalam konteks suami istri.Dan di luar hubungan suami-istri, persetubuhan itu adalah sebuah dosa yang harus dipertanggungjawabkan, maka persetubuhan dengan perawan2 surga itu adalah sebuah dosa bila tidak dilakukan dalam konteks suami-istri. Dan karena Allah adalah Maha Suci menurut islam, tentunya Allah tidak akan mengizinkan terjadinya hal2 yang demikian di surga nanti. Tetapi mengapa islam mengajarkan persetubuhan dengan perawan2 surga? Bukankah ini kontradiksi?2.Persetubuhan dengan perawan2 surga tidak koheren. Apakah yang akan berada di surga nanti hanyalah kaum laki2. Bagaimana dengan kaum perempuan islam? Apakah mereka tidak punya kemungkinan masuk surga? Seandainya kaum perempuan pun berada di surga nanti, kenikmatan apa yang akan mereka dapatkan? Tentunya islam tidak mengajarkan persetubuhan dengan perjaka2 surga buat perempuan nanti bukan? Kalau tidak salah, islam mengajarkan seorang istri di bumi akan tetap menjadi istri dari orang yang sama di surga nanti. Nah misalnya ada suami-istri yang sama2 masuk surga, apakah si istri hanya bisa gigit jari melihat suami yang mendapatkan persetubuhan dengan perawan2 surga nanti. Di manakah koherensi ajaran islam buat kaum perempuan dalam hal ini,mengingat perempuan pun boleh masuk surga nantinya? Lagipula saya mempertanyakan perasaan dari si istri yang melihat aksi suami.3. Nah yang ini yang paling sulit, silakan anda berikan pembuktian empiris bahwa di surga nanti, manusia2 bisa bersetubuh.Pengamatan anda membuktikan sesudah mati, ya mati. Anda tidak tidak pernah mengamati orang mati lalu hidup lagi apalagi bersetubuh.Anda pun tidak pernah mendapatkan pengalaman mati atau bertemu orang2 yang sudah mati tapi hidup lagi dan menceritakan kenikmatan persetubuhan di surga. Dan tidak ada percobaan apapun yang membuktikan kebenaran persetubuhan di surga nanti.Oleh karena 3 hal itu, maka saya tuduhkan Islam bukanlah agama rasional. Silakan.

Edyprayitno
Janji ALLAH itu sampai saat ini beum ada laporan kepada manusia di dunia apakah seperti itu keadaan sorga ? itu hanya sebuah gambaran kenikmatan atau betul2 seperti di dunia …..sampai saat ini jika anda bertanya apakah betul seperti itu ..? saya jawab belum ada jawaban dari Ahli sorga apakah seperti itu adanya …atau itu hanya simbol simbol saja yg rahaisa NYA masih ditangan ALLAH saja yg tahu .
Wallahu ALLAM

John Liem
Apakah anda meyakini kebenaran persetubuhan itu? Maka saya tanyakan, apakah anda mempercayainya? Kalau tidak, saya akan tanya hal lain. Kalau iya, anda harus menyatakan apakah islam itu agama yang rasionalitas?

Edyprayitno
ayat turun biasanya ada kondisi latar belakang turunnya ayat . disaat perang di gurun pasir yg panas , impian seorang hanya segera pulang tidur ….bercinta dengan istri ….dst ..pemikiran pemikiran ini yg mendorong seorang segera pulang menang perang saat berjihat , dan janji2 sorga dan bidadari kalau mati di medan perang …itu janji2 ALLAH .
untuk memperkuat iman dan kekuatan mental disaat sedang kritis ….ada harapan mendapat dipan2 empuk , ada bidadari dst itu semua janji ALLAH …apakah seperti itu adanya …? hanya ALLAH yg tahu saya tidak tahu.

John Liem
Bila itu adalah janji Allah, maka anda tidak bisa tidak percaya. Nah apakah janji Allah itu janji yang rasional? Kan saya sudah menulis 3 ukuran untuk sesuatu dianggap rasiona: konsistensi, koherensi, dan pembuktian empirikal. Dalam hal ini, janji Allah tidak memenuhi 3 ukuran itu, maka saya boleh menyimpulkan islam bukan agama yang rasional. Silakan. Perrtanyaan saya selesai.

Edyprayitno
soal pembuktian …hal sorga pembuktian belum terjadi
anda masih ada waktu 30 menit ..silahkan ..nanti saya ganti bertanya

John Liem
Ya saya tahu. Nomor 3 pembuktian empiris adalah hal yang paling sulit dalam sebuah kepercayaan. Apakah itu islam atau kristen, oleh karena itu mustinya tidak boleh ada seorang penganut agama yang mengklaim agamanya paling rasional. Toh semua penganut beragama berada dalam perahu yang sama. Tapi nomor 1 dan 2 soal koherensi dan konsistensi itu, seharusnya ajaran islam bisa membuktikan point2 ini.

Edyprayitno
jadi saya belum bisa setuju soal kesimpulan anda

John Liem
Sewaktu kita mengatakan “agama saya paling rasional”, sesungguhnya hal ini adalah lelucon belaka. Mengapa? Karena banyak yang tidak bisa dibuktikan dalam agama, makanya disebut sebagai kepercayaan. Islam boleh mengklaim rasional di satu sisi, tetapi akan kelihatan lubangnya di sisi lain. Oke

Edyprayitno
soal koherensi , fakta dan konsistensi …umat Islam sdh melaksanakannya ..soal pembuiktian , nanti kita tunggu sama2 di akhir jaman ..semoga kita , saya dan anda mendapat rahmat ampunan dan hidayah ALLah

John Liem
Saya berhenti dengan pertanyaan saya. Anda boleh gantian bertanya.

Edyprayitno
ok …terima kasih anda memberi saya kesempatan bertanya .
masih soal rasional dan koherensi dan konsistensi …saya bertanya soal Ketuahanan dan ALkitab …anda pilih yg mana ?

John Liem
KeTuhanan.

Edyprayitno
maaf …anda kristen katolik apa protestan ?
silahkan dijawab mas John Liem ..agar saya bisa jelas mengajukan hal Ketuhanan pada anda
mungkin masih disconec …kita tunggu saja

John Liem
silakan jangan menanggapi atau me-like lagi selain Edyprayitno.

Edyprayitno
ok tolong kawan2 beri ruang …jgn like dulu
ok saya lanjutkansekitar
masih soal rasional …anda menyakini bukan jika ALLAH itu Maha Kuasa , Maha pencipta dst bukan ..
John Liem
Silakan, saya juga pindah ke komputer dulu.

Edyprayitno
saya hanya ingin tahu jika ada ayat di bawah ini , apa tanggapan anda ? . Tuhan besanan dengan manusia? (Kejadian 6:2).6:2 maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka.6:3 Berfirmanlah TUHAN: “Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja.”6:4 Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan.sekitar

John Liem
Ada banyak pendapat teologi tentang anak2 Allah di sana. Sebagian menulis, itu adalah anak2 keturunan Set. Adam dan Hawa punya anak lain selain Kain dan Habil. Ada yeng menulis anak2 Allah adalah malaikat yang jatuh atau setan. Saya memegang ajaran anak2 Allah adalah malaikat jatuh.

Edyprayitno
siapa anak2 ALLAH …yg kawin dg anak2 manusia ini ? para dewa kah atau cerita ini hanya hayalan para penyembah / agama pagansekitar

John Liem
Malaikat yang jatuh. Di kitab ayub, para malaikat disebut anak2 Allah.

Edyprayitno
Malaikat berarti bisa kawin dengan manusia ?
coba anda perhatikan ayatnya lagi disana disebut anak2 ALLAH
6:2 maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik

John Liem
Dalam hal ini, perkawinan tidak dilakukan secara langsung. Malaikat itu menyusupi manusia, sama seperti manusia yang bisa disusupi setan sampai sekarang ini. Lalu hasil perkawinan manusia yang disusupi itu dengan perempuan menghasilkan manusia2 mutan. Sekali lagi ini adalah kepercayaan.

Edyprayitno
disana tdk disebut malaikat mas
tetapi anak2 ALLAH

John Liem
Di kitab ayub, bentar saya cari ayatnya.

Edyprayitno
” kepercayaan ” kata anda ? kepercayaan model apa ..atau ayat ini kesusupan karangan cerita dari kaum pagan penyembah dewa2

John Liem
Ayub 1:6 dituliskan suatu hari, anak2 Allah hadir di hadapan Allah dan setan juga ikut hadir. Di sini jelas malaikat = anak2 Allah. Oleh karenanya saya memegang ajaran anak2 Allah di kejadian = malaikat jatuh yaitu setan2

Edyprayitno
anak2 ALLAh = setan begitu

John Liem
Di konteks kitab kejadian yang anda kutip itu, malaikat2 jatuh = setan = anak2 Allah.

Edyprayitno
yg jelas mana mas ..anak2 ALLAH itu siapa

John Liem
Loh, di cerita itu yah malaikat2 jatuh atau setan yang menyusup ke dalam manusia. Memangnya kenapa?

Edyprayitno
sekarang saya balik ke awal lagi ..diatas anda menulis sebuah kepercayaan suatu agama harus mengandung nilai rasionalitas bisa diukur dan bisa diterima secara umum …sekarang saya tanya jika sekarang ada setan kawin sama manusia itu bisa apa tidak ?sekitar sejam yang lalu · Suka ·
karena cerita ini ada dalam kitab suci anda lo

John Liem
Saya sudah sebutkan setan itu merasuk manusia. Sampai sekarang, anda pasti pernah tahu atau melihat mungkin orang yang kerasukan setan. Jadi tidak ada yang aneh dalam hal ini. Yang menjadi masalah apakah manusia yang kesurupan setan itu bisa kawin dan melahirkan manusia2 mutan? Saya akaui tidak ada pembuktian ilmiahnya sekarang. Dan saya pun tidak bisa membuktikan kebenaran ilmiah atas kepercayaan saya ini.

Edyprayitno
ternyata lemah ayat itu …anda mengakui itu …karena klaim menyurupi manusia tdk ada dalam ayat tersebutsekitar sejam yang lalu · Suka · 2
apalagi jika ada katakan itu adalah malaikat …tambah kacau lagi , sejak kapan malaikat ada yg kawin sama manusia

John Liem
Memang tidak ada di sana. Yang saya sebutkan di atas adalah salah satu pandangan teologis yang ada.

Edyprayitno
berarti bagaimana …apakah anda juga mengakui bahwa ayat tersebut sangat kacau dan gak masuk akal ?

John Liem
Masalahnya bukanlah masuk akal atau tidak masuk akal. Tetapi kita tidak bisa melakukan pembuktian ilmiah terhadap hal2 seperti ini. Kita tidak bisa melakukan eksperimen untuk menguji, kita juga tidak bisa melakukan pengamatan karena memang tidak ada kasusnya sekarang ini yang bisa diamati. Yang saya percayai itu adalah sebuah sejarah. Dan menilai sejarah tidak bisa dilakukan pembuktian dengan eksperimen. Sama seperti anda tidak bisa membuktikan dengan eksperimen toh kalau bangsa Indonesia pernah menderita di bawah penjajahan Belanda.

Edyprayitno
bedakan mas mana cerita sejarah , cerita dongeng ,,dan firman ALLAH , Jika Firman ALLAH maka harusnya mengandung kebenaran ..keculai jika ayat tersebut bukan firman ALLAH tetapi hanya sekedar dongeng oranmg2 jaman dulu di jaman penyembah2 pagan dengan cerita dewa dewi dst
para peneliti kitab sependapat jika Tourat disusun bukan semua berdasar Firman ALLAH tetapi ada juga penulisan sejarah dan dongeng2 …dan ayat tersebut salah satunya saya sebut dongeng semata yg sangat tidak masuk akal .

John Liem
Anda harus bedakan antara firman Allah dan interpretasi manusia terhadap firman Allah. Firman Allah di kitab kejadia itu menulis seperti itu tentang anak2 Allah. Yang saya lakukan merupakan sebuah interpretasi. Tentu saja interpretasi saya bukan firman Allah itu sendiri. Interpretasi saya bisa salah, tapi hal ini tidak menyatakan firman Allah salah. Firman Allah tidak menyebut apa2 di luar kalimat2 yang anda kutip itu. Dengan kata lain Allah tidak memberikan penjelasan detilnya tentang siapakah mereka, yang bisa manusia lakukan adalah berinterpretasi. Itu saja. Tidak ada yang aneh dalam hal ini. Bukankah dalam islam pun, kaum muslim punya interpretasi yang beda?

Edyprayitno
kalau saya katakan itu cerita dongeng …..bagaimana ? apa anda setuju
karena saya yakin penulis kitab Taurat bukan nabi Musa …semuanya

John Liem
Yang anda sebut sebagai dongeng di dalam alkitab itupun adalah pandangan kaum liberal yang juga melakukan suatu interpretasi terhadap firman Allah. Dan interpretasi mereka bukanlah kebenaran firman itu sendiri.

Edyprayitno
tumben kaum liberal mengkritisi juga ALkitab ?

John Liem
Sekali lagi anda sudah meminjam pisau kaum liberal yang menyatakan itu dongeng.sekitar

Edyprayitno
kebenaran ALLAH bersifat umum , dan diakui kebenarannya secara umum , dan umat yg menyakini suatu Firman ALLAH itu memang berasal dari ALLAH akan semakin yakin bahwa kitab sucinya memang asli dari ALLAh …tetapi jika satu saja ada ayat yg meragukan maka gugurlah kandungan kata ” suci ” dalam sebuah kitab dan berganti menjadi kitab dongeng semata
kemudian jika ada kisah mistis dan super hero semacam dongeng lagi ..bagaimana jadinya kitab suci tersebut .
Hakim-Hakim 15:15 Kemudian ia menemui sebuah tulang rahang keledai yang masih baru, diulurkannya tangannya, dipungutnya dan dipukulnya mati seribu orang dengan tulang itu.15:16 Berkatalah Simson: “Dengan rahang keledai bangsa keledai itu kuhajar, dengan rahang keledai seribu orang kupukul.

John Liem
Anda harus bedakan antara firman Allah dan interpretasi atas firman Allah, itu saja. Anda tentu pernah membaca sebuah kontrak kerja bukan? Apa yang anda artikan belum tentu sama dengan apa yang diartikan manager personalia. Apakah ini berarti isi kontrak itu salah? Mengapa bukan anda yang salah menginterpretasikannya?

Edyprayitno
Interpertasi yg gak lumrah malah menimbulkan keraguan walaupun itu sebuah kontrak ? apalagi ini berbicara soal ” KITAB SUCI ?”

John Liem
Memangnya g kenapa?

Edyprayitno
Ok lah anda sudah kelihatan kerepotan dg ayat tersebut he he ….

John Liem
Tidakm usah berprasangka yang aneh2. Yang membaca bisa menilai toh. Anda harus membedakan antara firman Allah dan interpretasi atas firma Allah. Itu saja. Anda bisa temukan hal ini dalam islam toh. Interpretasi anda bukanlah kebenaran firman.

Edyprayitno
jadi anda percaya jika kitab anda kemasukan kisah2 mitos dan dongeng ?
contohnya banyak ,,…apa saya sebut satu2

John Liem
Saya tidak percaya adanya dongeng dan mitos dalam cerita2 alkitab.

Edyprayitno
Hakim-Hakim 15:15 Kemudian ia menemui sebuah tulang rahang keledai yang masih baru, diulurkannya tangannya, dipungutnya dan dipukulnya mati seribu orang dengan tulang itu.15:16 Berkatalah Simson: “Dengan rahang keledai bangsa keledai itu kuhajar, dengan rahang keledai seribu orang kupukul.”
ayat diatas mitos , dongeng atau berdasar firman ALLAH ?
seribu orang vs 1 orang ( kayak Rambo )

John Liem
Semua ayat ayat alkitab adalah firman Allah. Simson tidak berkata dia memukul seribu orang dalam hitungan detik toh? Dia bisa memukul berhari2, bulan2 atau tahun2. Memangnya kenapa? Simson diberikan kekuatan istimewa dari Tuhan. Dia jelas mampu melakukan hal itu.

Edyprayitno
apakah semua cerita dalam Tourat dan kitab2 PL semua firman ALLAH ? anda yakin ?

John Liem
Yang lain tidak usah ikut campur yah. Biar koneksinya fb saya nyambung terus.
Ya semua ayat alkitab adalah firman Allah.

Edyprayitno
3:1 Berfirmanlah TUHAN kepadaku: “Pergilah lagi, cintailah perempuan yang suka bersundal dan berzinah, seperti TUHAN juga mencintai orang Israel, sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai kue kismis.”APAKAH ANDA YAKIN AYAT INI DARI ALLAH ?

John Liem
Ya, itu firman Allah. Anda harus lihat konteks ayat itu. Allah menyatakan hubunganNya dengan kaum Israel lewat hubungan antara nabi (Yeremiah bukan?) dengan seorang pelacur yang harus dia jadikan istri.

Edyprayitno
jadi tidak apa2 ya ..ALLAH juga meng ijinkan zinah dengan pelacur ya ?

John Liem
Apakah anda melihat tindak zina di sana? Yang mana zinanya?

Edyprayitno
Memang tidak disebut disana apakah terjadi hubungan sex atau tidak , tetapi wajarkah seorang nabi mencari pelacur untuk dijadikan istri ?

John Liem
Apakah pelacur itu bukan manusia sehingga tidak boleh jadi istri?

Edyprayitno
bagaimana dg cerita samson yg tidur sama pelacur ? apakah sosok ini juga anda jadikan sosok pujaan pilihan ALLAH ?
Di atas pangkuan pelacur Delila, akhimya Samson tergoda rayuan dan > bujukan sehingga membuka rahasia kesaktiannya. Bahwa selama rambut > kepalanya tidak dicukur, maka seluruh kekuatannya akan musnah dan dia > menjadi orang lemah (ay. 17). Maka s…Lihat Selengkapnya
ini cerita dongeng atau memang ALLAH berfirman soal ini ?

John Liem
Allah tidak menyuruh Samson untuk tidur dengan pelacur. Silakan anda baca sendiri ayatnya. Samson yang memang lemah dalam hal perempuan melakukan dosa pelacuran. Apakah Tuhan tidak berkenan? Jelas tidak, buktinya Samson ditawan, hilang tenaga dan Tuhan TIDAK menolong dia sewaktu disiksa.

Edyprayitno
emang ada ya …orang sakti karena rambut ?

John Liem
Kenapa tidak? Ini kuasa Allah toh. Apa anda tidak percaya kuasa Allah bisa meberikan hal itu?

Edyprayitno
ini dongeng atau dongeng soal rambut sakti ini ? mirip rambutnya Limbad bisa menarik pesawat ?

John Liem
Menurut anda apa? Islam juga punya cerita Samson kan?

Edyprayitno
Ok mas John Liem ..waktu kita sdh habis ….terima kasih waktunya cuman saya tutup dari ayat ALquran bahwa
[2:78] Dan diantara mereka ada yang buta huruf, tidak mengetahui Al Kitab (Taurat), kecuali dongengan bohong belaka dan mereka hanya menduga-duga

John Liem
Silakan. Terima kasih banyak. Mudah2an Tuhan berbelas kasihan kepada anda sehingga Dia membuka hati anda.

Edyprayitno
memang benar agama harus berdasar Realitas dan rasional ….dan pembaca bisa menilai mana yg lebih rasional dari Alquran atau Alkitab ?

Semoga anda juga mendapat Hidayah dari ALLAH ,mohon maaf jika saya ada salah kata . terima kasih