486251_152614358193832_133327107_n

Dialog : Edy Prayitno dengan Aldy Tan ( Kristen aliran Marcionis )
Tema : Allah para nabi adalah sama .
Moderator : Michael Rafi’e

Aldy Tan
Selamat sore mas Michael Rafi’e,Edy Prayitno and all Hadir. Salam Aldy

Michael Rafi’e
Ok Pak Aldy Tinggal menunggu khadiran pak Edyprayitno utk sgera dimulai

Edyprayitno
Selamat Sore pak Aldy Tan , salam kenal dari saya .

Aldy Tan
Selamat sore mas Edy Salam kenal.

Michael Rafi’e
Ok. Pak Edyprayitno jg sdah hadir, Tanpa membuang waktu Silahkan pak Edyprayitno memanfaatkan satu jam pertama utk bertanya kpd Pak Aldy Tan. DIALOG SAYA BUKA….. TIDAK ADA KOMEN SELAIN NARA SUMBER DAN MODERATOR… TRIMS

Edyprayitno
terima kasih pak Michael Rafi’e .
Saya awali saja …sesuai topik kali ini , saya mengatakan bahwa sesungguhnya ajaran para nabi sejak nabi ADam , Abraham , Daud , Nuh , Musa hingga Isa ( Yesus ) adalah membawa misi yg sama yaitu mengenalkan ALLAH YANG Esa , hanya dialah manusia menyembah . bagaimana tanggapan pak Aldy soal ini .

Aldy Tan
Mas Edy, Dengan mengenyampingkan perbedaan2 yg ada pada kisah2 nabi2 setelah adam, saya setuju. Bagi saya adam bukanlah nabi karena saya menggunakan kitab kejadian.

Edyprayitno
ok gpp pak …bisa anda abaikan adam jika menurut bapak Adam bukan seorang nabi , apakah bapak setuju jika para nabi membawa risalah yg sama .

Aldy Tan
Nabi dalam definisi sederhana berarti juru bicara. Kalau kita pakai kisah yg tertulis di kitab kejadian maka adam bukanlah juru bicara Allahnya. Adam merupakan contoh manusia ketika berbeda kehendak dengan Allah. Dan saya memahaminya bahkan saya pun bisa disebut adam yakni ketika saya menentang/berbeda kehendak dg Allah.

Edyprayitno
ok bisa kita abaikan adam pak .
bagaimana dg nabi2 yg lain

Aldy Tan
Setuju bhw tiap nabi membawa risalah yg sama. Yg selanjutnya harus dicermati adalah Allah yg Esa yg spt apa yg digambarkan atau diminta utk disembah oleh para nabi tsb. Elia memberikan gambaran Allah ttt, Musa pun demikian dan Yesus jg. Oh ya, saya pakai Yesus ya, krn dalam pemahaman dan pencarian saya sampai ini dan dgn didorong oleh penghormatan pada agama Islam maka bagi saya Yesus tidak sama atau bukanlah Isa Almasih.

Edyprayitno
maaf sebelum dilanjutkan , bapak dari kristen apa ?

Aldy Tan
Perbedaan konsep atau pemahaman ttng Allah bahkan bisa kita lihat di antara Yesus dan yohanes pembaptis. Bahkan murid2 yg 12 itu ada juga yg masih belum mudeng deskripsi allah spt apa yg mengutus yesus. Yg disapa oleh yesus dgn sapaan “abba”. Kita bisa lihat ktk murid2 emosi dan akan minta pada allah spy mengirim api dari langit sbgmana elia mengirim api. Yesus menghardik mrk.
Saya lebih nyaman pakai LG optimus L9 saya ini drpd di laptop. Kalau di laptop selain kolomnya kecil kalau saya tekan enter malah kekirim bukan turun ke bawah.

Edyprayitno
jadi bagaimana menurut bapak esensi ALLAH disini …apakah Yesus juga membawa risalah yg sama dengan para nabi , saya cuplik ayat2 yg mendukung pendapat saya ini :

Aldy Tan
Perihal kristen apa. Saya sudah ng tahu saya aliran apa . Protestan bukan, katholik bukan. Utk mudahnya , mohon dipahami kristen dalam makna pengikut yesus saja.

Edyprayitno
ini dari nabi Musa …. Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa Tuhanlah Allah, tidak ada yang lain kecuali Dia. (Ulangan 4:35) ini dari Yesus :Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa. (Markus 12:29)
ada tali merah antara sesama nabi membawa risalah soal ALLAH ini ?

Aldy Tan
Yesus mengajarkan ke esaan allah dan dia juga ber allah, lihat yoh 20:17 dan lukas 2 :52

Edyprayitno
Yesus Ber ALLAH ? berarti Yesus bukan ALLAH begitu pak ?

Aldy Tan
Tali merahnya adalah ke esaan allah.

Edyprayitno
ALLAH …bukan Yesus ? apa anda setuju

Aldy Tan
Sbgmana yg sdh saya tulis di atas, “persoalannya” atau yg harus dicermati adalah Allah Esa spt apa yg mrk (nabi2 tsb) ajarkan ?
Mas Edy Yesus ber-Allah, di atas sudah saya tulis. Yesus bukan Allah.

Edyprayitno
menurut bapak ALLAH Esa seperti apa dalam pandangan bapak ?

Aldy Tan
Saya bukan penganut dokrrin trinitas.

Edyprayitno
saya catat ya …..anda mengakui jika Yesus BUKAN ALLAH .
iya saya mengerti .makanya di awal saya bertanya anda kristen dari kelompok mana . tetapi dari cara anda jawab saya mengerti anda kristen apa .

Aldy Tan
Saya mengikuti Allah Esa sebagaimana yg diajarkan dan diteladankan melalui sikap/tindakan Yesus. Yakni Allah Esa yg hanya memberkati manusia, yang menyelamatkan manusia berdosa.

Edyprayitno
saya pengin tahu arti Esa menurut anda dan Yesus sebagai apa ?
hanya nabi ? seperti aliran saksi yehova atau sbg apa ?
disini posisi Yesus sebagai apa ?

Aldy Tan
mas Edy Kalau dugaan anda saya saksi Yehova maka dugaan tsb salah. Saya bukan dari kalangan SSY

Edyprayitno
iya apapaun aliran anda , saya mengerti anda menyakini adanya ke esaan ALLAh bukan triitunggal . makanya saya bertanya posisi Yesus menurut anda sbg apa ?

Aldy Tan
SSY menyebut atau menamai Allah mrk sbg Yehovah atau Yahweh atau YHVH. Dan deskripsi YHVH adl sbgmana bisa dibaca di kitab PL. Saya tdk menamai Allah saya. Kami hanya memanggil dgn sapaan relasional yakni bapa/abba. Yesus adalah manusia sbg anda dan saya. Yakni manusia (Rohnya) yg saya pwrcayai/imani berada bersama2 dgn Allah (bapa) sebelum masuk ke dalam tubuh fisik yg terbentuk di rahim bunda maria yg mana pembentukan tubuh fisik tsb terjadi dgn intervensi ilahi. Bukan karena ada nafsu laki2 yg mana kemudian sperma keluar dan bertemu dgn sel telur. Yesus adalah utusan Allahnya, dan ini jelas kok tertulis di kitab injil

Edyprayitno
saya catat lagi ….Yesus utusan ALLAH ….ini menurut anda .

Aldy Tan
Posisi Yesus adalah : sarana atau alat atau saluran Allah berbicara/bekerja menyelamatkan manusia.

edyprayitno
berarti Yesus hanya sebagai nabi ? seperti itukah ?

Aldy Tan
Yesus utusan Allah itu tertulis jelas di kitab injil, bukan menurut saya mas.

Edyprayitno
betul pak…saya juga setuju.
berarti Yesus tak ubah dg para nabi2 yg lain …yg hanya penyampai Firman dari ALLAh saja

Aldy Tan
Yesus adalah nabi. Yg harus kita pahami selanjutnya adl bahkan nabi pun memiliki range/skala keberadaan Allah dlm diri mrk. Nabi adl juru bicara Allah. Dgn asumsi Allahnya sama maka derajat keberadaan Allah dalam diri tiap nabi itu bisa berbeda2. Maksud keberadaan Allah adalah seberapa “kesurupan” Allahnya nabi tsb.

Michael Rafi’e
maaf… moderatornya rada kejam demi menegakan keadilan, tdk ada komen slain komen nara sumber dan moderator. maaf atas ktidaknyamanannya

Edyprayitno
wah ….ada kesurupan juga he he ke nabi ? modelnya seperti apa pak

Aldy Tan
Penyampai firman itu bahkan bisa siapa saja. Ketika saya mengatakan pada sahabat saya agar dia menghormati ortunya maka saya pun sudah menyampaikan firman.

Edyprayitno
saya catat ….penyampai firman bisa siapa saja …..hem
apakah bisa kepada siapa saja …ALLAH berfirman pak ?

Aldy Tan
“Kesurupan” itu bisa dipahami scr sederhana sbb : Allah mengasihi semua manusia. Ketika ada manusia yg mengasihi semua manusia mk si manusia tsb “kesurupan” Allah

Edyprayitno
waduh …ada kesurupan ALLAH ?? he he he
memang siapa saja yg sdh disurupi pak ? kok aneh pemahaman anda ini , maaf apa ada dasarnya >

Aldy Tan
Allah berfirman kepada semua anak2nya, ke semua manusia. Bahkan dia menempatkan “DNA” nya pd semua manusia. Hanya saja, sebagian besar sudah tak lagi bisa mendengar suara Allah. Mrk menyangkali fitrah mrk. Nah para nabi adl orang2 yg mau dan bisa mendengar suara allah dan melakukannya dlm kehidupan mrk.

Edyprayitno
ok saya kesampingkan dulu pemahaman soal diatas , saya pengin jawaban tegas .. Yesus anda sebut2 dalam doa anda bukan ? anda menyebut Yesus dg panggilan apa ?

Aldy Tan
Mas Edy Coba lihat yoh 14:23 ini Yohanes 14:23 Jawab Yesus: “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. — Lihat kata DIAM bersama2 dia. Bahasa saya : ” kesurupan” Sehingga harusnya mudah saja memahami perkataan yesus : “The Father and I are one” atau Anak di dalam Bapa, Bapa di dalam Anak.
Ketika saya membutuhkan pertolongan Yesus maka saya sapa dia sbgmana manusia2 dan murid2 di jamannya menyapa dia yakni : tuan (lord) atau guru atau ya yesus saja.
Btw kita malah belum masuk ke topik ya..
Gpp. Masih panjang waktunya

Edyprayitno
kalimat diam bersama2 itu adalah kesatuan umat antara murid , Yesus sebagai nabi dan ALLAH pak seperti dalam ayat Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku. (Yoh 17:22)
coba bapak lebih spesifik lagi , sebagai apa Yesus dalam doa2 yg bapak sebut setiap hari ? apakah sebagai nabi atau sebagai Tuhan ?

Aldy Tan
Sebagaimana dulu di jamannya orang2 minta tolong sama yesus maka sampai skrng yesus masih bisa dimintai tolong. Biasanya ini saya lakukan ketika memberkati (blessing). Saya minta tolong agar Yesus memperkuat (amplify) pemberkatan saya, amplify my blessing. Kurang lebih spt adik minta tolong kakaknya ketika mengerjakan PR.

Michael Rafi’e
Pak Edyprayitno dan Pak Aldy Tan Sesi pertama sudah selesai jika ada pertanyaan dr pak Edy yg blum dsampaikan, bs nanti d bahas d dialog berikutnya Sekarang waktunya pal Aldy utk ganti bertanya…

Aldy Tan
Doa saya sbb : Kalau saya mulai dgn penyembahan pada Allah atau saya sapa Bapa maka kemudian saya katakan : Bapa, selanjutnya saya naikkan pwrmohonan pertolongan ini pada dan melalui AnakMu, Yesus kristus. Baru kwmudian saya ngomong : Yesus.. dstnya..

Edyprayitno
ok …meskipun pertanyaan saya blm banyak terjawab tetapi gpp ….silahkan bpk bertanya .masih dalam topik

Aldy Tan :
Michael Rafi’e Gpp mas. Biar mas edy saja yg bertanya sampai sesi selesai.

Edyprayitno
bagaimana pak Michael Rafi’e.
ok saya lanjutkan saja kalau begitu …….

Aldy Tan
Bagaimana mas Edy , mas Michael Rafi’e ?

Aldy Tan
Silahkan mas Edy

Michael Rafi’e
Atas seizin dr pak Aldy Tan Pak Edyprayitno dipersilahkan mlanjutkan pertanyaan. Sptnya Nara sumber tunggalnya pak Aldy….

Edyprayitno
Kenapa bapak tdk langsung berdoa pada ALLAH ( seperti muslim ) dan menganggap Yesus hanya sebagai nabi saja tdk perlu ditambah tambahi sbg anak ALLAH segala ?
Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku. (Yohanes 14:28) bukankah bapa lebih kuasa dan lebih besar dari Yesus .

Aldy Tan
Saya berdoa langsung pada Allah kok mas. Yakni Allah sbgmana digambarkan dan diteladankan melalui perbuatan yesus. Bukan allah sbgmana digambarkan dan diteladankan oleh musa (yakni YHVH). Serem saya minta dan ngomong ke Allah spt YHVH. Daud aja dibalas dendam i oleh dia. Istrinya dikasih ke orang utk diperkosa gara2 daud mengambil istri orang lain. Serem juga krn YHVH itu akan membinasakan manusia berdosa atau setidaknya sikapnya belum jelas. Mana berani saya ? Berbeda dgn teladan dari yesus. Zakeus yg manusia berdosa itu tak sungkan datang padanya. Demikian pula penjahat yg disalibkan bersamanya. Sikap nabi pada manusia itu sangat dipengaruhi oleh Allah spt apa yg mrk sembah. Permintaan pada yesus saya lakukan krn dia memang bisa dimintai pertolongan sebagaimana dulu orang2 di jaman dia masih di dunia minta tolong padanya. Dan dianya sendiri juga bilang bisa dimintai tolong. Jadi ya saya minta tolong sama dia.
Oh ya mas. Yesus sudah memberikan gambaran perihal Allahnya dia. Yakni melalui perumpamaan anak yg hilang. Allahnya dia itu gambarannya spt sang ayah.

Edyprayitno
penjelasan anda tdk mau berdoa langsung karena serem kok aneh pak …he he , katanya ALLAH BAPA MAHA pengasih ?

Michael Rafi’e
Allah Bapa itu beda dg Allah Yahweh, mkn maksudnya begitu pak Edy.. (mirip paham marcionisme)

Aldy Tan
Mainstream kristen bilang YHVH adl Bapa dan sebaliknya. Ini salah. Yhvh bukan Bapa. Bandingkan saja penggambaran YHVH vs Yesus. (Implied Allahnya). Contoh : YHVH bales dendam pada Daud . Yesus malah mendoakan dan memberkati orang2 yg menyiksa dan membunuhnya.

Edyprayitno
kalau perumpamaan anak yg hilang itu malah berbeda dg pendapat bapak diatas yg katanya ALLAH itu serem , ternyata ALLAH itu sangat pengasih pak .

Aldy Tan
Saya ulangi : saya langsung kok berdoa pada Allah (Bapa). Misalnya pada doa Bapa Kami. Atau ketika doa bagi bangsa dan negara yg beragam2 suku dan agama.

Edyprayitno
hem ….berarti anda tdk menyakini adanya YHWH ? terus siapa yg disembah nabi Musa ? apa beda dg ALLAH ?

Aldy Tan
Kekristenan punya dua theologia mas. Ini akibat “minjem” kitab2 PL. Satu deskripsi (theologia) Allah sbgmana YHVH yakni Allah yg akan memberkati dan sekaligus jg akan mengutuk/membinasakan manusia berdosa entah ketika di dunia atau nanti entah kapan. Satunya lagi atau theologia kedua adalah gambaran Allah sebagaimana diajarkan dan diteladankan oleh Yesus, yakni Allah yg hanya memberkati dan tidak akan mengutuk atau menghukum satupun manusia atas apapun dosa yg dilakukannya. Kenapa tdk menghukum atau akan membinaskaan ? Karena hukuman dan kebinasaan itu otomatis adl konsekuensi dr dosa. Sama halnya ketika orang berhenti menghirup oksigen maka pada detik berhenti menghirup itu okaigen stop masuk ke paru2.
Saya menghormati iman agama yahudi atau penyembah YHVH sebagaimana saya juga menghormati iman agama Islam yg menyembah Allah Swt. Tapi saya tidak menyembah Allah sbgmana deskripsi YHVH ataupun Allah Swt.

Edyprayitno
coba lebih jelas pak …siapa YHWH ini siapa yg disembah Musa ? apa YHWH bukan ALLAH ?

Aldy Tan
Oh ya, bukan hanya deakripsi. Bisa jadi memang ada “pribadi” atau ” tokoh” (maaf, ini utk memudahkan saja) YHVH dan Allah Swt.

Edyprayitno
terus siapa yg dimaksud Yesus saat Yesus berkata …beliau tidak meniadakan hukum2 Tourat ? hukum2 itu dari YHWH pak . siapa yg dimaksud ? kalau bukan YHWH ? apa ada ALLAH lain selain YHWH ?

Aldy Tan
YHVH adalah Allah bangsa Israel. Allah yg memanggil Abraham keluar dari kampung halamannya dan menjanjikan tanah milik orang lain buat dia dan keturunannya (ishak , yakub/israel dstnya).

Edyprayitno
12:3 Tetapi jawab Yesus kepada mereka: “Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar, 12:4 bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan bagaimana mereka makan roti sajian yang tidak boleh dimakan, baik olehnya…
HUKUM SABAT , TOURAT , BAIT ALLAH semua adalah YHWH yg dimaksud
jadi kalau skr anda berkata ALLAH BAPA beda dg ALLAH di jaman Musa ? hem bagaimana ini ?

Aldy Tan
Hukum taurat adalah hukum yg baik. Dan pada bangsa israel yg memberikan pada mrk adl Allah mrk yakni YHVH. Yesus tidak meniadakan hukum yg baik tsb namun memberi “roh” pd hukum tsb yakni kasih. Hukum tanpa dilandasi roh akan mati. Manusia2 melakukan hukum demi hukum saja bukan krn kasih. Analoginya bunga mawar sbg hukum. Ngasih bunga mawar khan harus ada landasannya, ada rohnya. Misalnya karena sayang atau turut bersukacita.

Edyprayitno
jadi siapa yg dimaksud Yesus ? apakah bukan merujuk pada ALLAH YHWH ? karena itu semua produk ALLAH YHWH ?

Aldy Tan
Manusia berupaya mengenal Allah, mencari Allah. Dan demikian pula Abram (Abraham) yg mencari Allah yg tdk sebagaimana yg ada di kampung halamannya. Cerita ttng Abraham ini didapatkan oleh bangsa israel melalui nabi besar mrk yakni Musa.

Michael Rafi’e
Masih ada waktu 15 mnit lagi…

Edyprayitno
ingat pak , saat sebelum ada Yesus , Nabi Musa dan Nuh dan Abraham ….juga Lut dan Nuh , semua dipakai ALLAH oleh ALLAH yg sama ,. disaat ALLAH YHWH menurunkan 10 hukum ALLAH …juga semua umat Israel percaya dan yakin akan keberadaan ALLAH ini , jadi bagaimana mungkin konse ini dianggap konsep awal pembukaan sebatas dongeng sebelum Yesus hadir ?

Aldy Tan
Untuk memahami tindakan atau metode yesus, kita bisa lihat catatan peristiwa ketika dia bertanya jawab/debat dengan ahli2 taurat di bait allah pada waktu dia berumur 12 tahun.

Edyprayitno
padahal Yesus juga percaya pada 10 Hukum ALLAH ini , Yesus dalam sebuah ayat juga berkata ….inilah Hukum yg utama …..dst , juga kasihi ibu mu …dst yg merujuk pada hukum2 ALLAH yg sdh diturunkan kepada nabi Musa .
jadi anda membuat kesimpulan bahwa YHWH beda dg ALLAH BAPA ? ini menurut anda berdasar pada ayat yg mana ?

Aldy Tan
Wah.. ibu saya datang nih mas. Bagaimana kalau dilanjut nanti saja ? Jam 20.00 sampai 22.00 ? Atau minggu depan ? Jam 14.00 s/d 16.00 ?

Edyprayitno
ok terserah bapak …nanti jam 20 saya juga siap
Saya pamit ya mas. Terima kasih atas kesempatan ini. Terima kasih jg utk mas Michael Rafi’e

Aldy Tan :
Mohon maaf apabila ada kata yg kurang/tidak berkenan. Salam

Edyprayitno
sama sama pak , saya juga mohon maaf kalau ada kalimat saya yg kurang berkenan , saya suka dialog dg anda , terima kasih bbanyak …jika nanti dijlanjutkan saya siap .

Michael Rafi’e
Pak Edyprayitno dan pak Aldy Tan Ok sudah Kita pending dulu bagaumana klo dilanjut jam 10 malam?

Edyprayitno
ok saya ikut saja ….

Aldy Tan
Ok jam 10 malam saja. Sampe jam 12 saja tp ya. Terima kasih utk semuanya. Salam Aldy

Michael Rafi’e
Ya sudah dialog akan dibuka kembali nanti malam pukul 22.00 – 24.00 WIB Trimakasih utk smua yg memantau.