Archive for April 14th, 2013

Dialog Edy Prayitno dengan John Liem ” Agama mana yg paling Rasional ? “

45654_147803141904169_5443714_a

Dialog antara saya Edyprayitno dengan John Liem . nanti pada hari : Minggu 10 Maret 2013 . topik : Sesi 1 . Apakah Islam agama rasional Sesi 2 . Apakah Kristen agama rasional dialog 1 by 1 , semua suporter dilarang kasih koment , hanya diperbolehkan ” like ” saja . setelah dialog boleh kasih koment . Terima kasih Wassalamualaikum wr . wb

Edyprayitno
selamat sore sdr John Liem ..

John Liem Sore.
Anda sudah tag orang2 yang mau lihat? Dari pihak saya, saya tidak mentag orang kristen. Tapi saya tag Cahaya Islam An Rievan Li Mei Fung Stacia Avelina Mereka muslim/muslimah.
Karena ini pertama kali, saya ikut diskusi anda. Silakan anda jelaskan dulu kepada saya formatnya. Apakah saya bertanya, anda menjawab atau bagaimana?

Edyprayitno
silahkan ..maaf gak sempat tag teman2
karena saya barusan datang dari suatu acara …baru sampai rumah jadi belum sempat tag kawan2

John Liem
Ok, ndak apa2. Tag bisa dilakukan belakangan selesai diskusi.

Edyprayitno
kita dialog 1 jam anda bertanya pada saya …satu jam selenajutnya saya yg bertanya
jika waktu kurang bisa kita tambah yg jelas sebelum maghrib kita akhiri ….

John Liem
OK, saya mulai. Karena pertanyaannya sudah saya siapkan sebelumnya.

Edyprayitno
ok maaf saya tidak banyak persiapan ..mohon maaf jika saya nanti mungkin tidak bisa menjawab akan saya cari dilain waktu ..silahkan

John Liem
Topiknya seperti yang dijanjikan adalah saya mempertanyakan: “Apakah Islam agama yang rasional?”Untuk menyamakan persepsi, terlebih dahulu saya berikan definisi berikut ini. Anda saya persilakan untuk menilainya dan tentu saja berhak menolak sembari memberikan definisi yang lebih cocok buat anda.Agama: sesuatu yang berhubungan dengan kepercayaan.Rasional: sesuatu yang berhubungan dengan rasio kita (intelek, pikiran, nalar).Sewaktu kita menyatakan A adalah rasional, maka A harus memenuhi syarat berikut ini:1. A harus konsisten (tidak berkontradiksi). Kita tidak bisa mengatakan, di satu pihak A itu adalah begini, sementara di pihak lain A itu bukan begini.2. A itu harus koheren (mempunyai alur yang berkesinambungan). Misalkan A itu adalah cara kita menuju ke pasar dari rumah, maka A haruslah punya alur yang tidak terputus.Dalam hal ini, pertama dari rumah kita menuju pangkalan bis, lalu kita naik bis dan berhenti di terminal,lalu dari terminal kita jalan kaki untuk tiba di pasar. Inilah yang disebut dengan koheren.3. A itu harus dibuktikan secara empiris (apakah dengan pengalaman, pengamatan atau dengan percobaan ataueksperimen). Contoh, bila kita mengatakan merokok bisa menyebabkan kanker paru2, maka tentunyapengalaman kita, pengamatan kita bisa membuktikan orang yang kena kanker paru2 kebanyakan perokok. Selain ituilmu kedokteran pun sudah membuktikan asap rokok itu bisa menyebabkan kanker.Nah, jikalau anda setuju bahwa sesuatu yang rasional mempunyai 3 unsur ini yaitu konsistensi, koherensi dan pembuktian empiris,saya akan mengajukan pertanyaan tentang kerasionalan agama islam. Bagaimana?
Baca selengkapnya…

Dialog : Edy Prayitno dengan Aldy Tan ( Kristen aliran Marcionis ) Tema : Allah para nabi adalah sama .

486251_152614358193832_133327107_n

Dialog : Edy Prayitno dengan Aldy Tan ( Kristen aliran Marcionis )
Tema : Allah para nabi adalah sama .
Moderator : Michael Rafi’e

Aldy Tan
Selamat sore mas Michael Rafi’e,Edy Prayitno and all Hadir. Salam Aldy

Michael Rafi’e
Ok Pak Aldy Tinggal menunggu khadiran pak Edyprayitno utk sgera dimulai

Edyprayitno
Selamat Sore pak Aldy Tan , salam kenal dari saya .

Aldy Tan
Selamat sore mas Edy Salam kenal.

Michael Rafi’e
Ok. Pak Edyprayitno jg sdah hadir, Tanpa membuang waktu Silahkan pak Edyprayitno memanfaatkan satu jam pertama utk bertanya kpd Pak Aldy Tan. DIALOG SAYA BUKA….. TIDAK ADA KOMEN SELAIN NARA SUMBER DAN MODERATOR… TRIMS

Edyprayitno
terima kasih pak Michael Rafi’e .
Saya awali saja …sesuai topik kali ini , saya mengatakan bahwa sesungguhnya ajaran para nabi sejak nabi ADam , Abraham , Daud , Nuh , Musa hingga Isa ( Yesus ) adalah membawa misi yg sama yaitu mengenalkan ALLAH YANG Esa , hanya dialah manusia menyembah . bagaimana tanggapan pak Aldy soal ini .

Aldy Tan
Mas Edy, Dengan mengenyampingkan perbedaan2 yg ada pada kisah2 nabi2 setelah adam, saya setuju. Bagi saya adam bukanlah nabi karena saya menggunakan kitab kejadian.

Edyprayitno
ok gpp pak …bisa anda abaikan adam jika menurut bapak Adam bukan seorang nabi , apakah bapak setuju jika para nabi membawa risalah yg sama .

Aldy Tan
Nabi dalam definisi sederhana berarti juru bicara. Kalau kita pakai kisah yg tertulis di kitab kejadian maka adam bukanlah juru bicara Allahnya. Adam merupakan contoh manusia ketika berbeda kehendak dengan Allah. Dan saya memahaminya bahkan saya pun bisa disebut adam yakni ketika saya menentang/berbeda kehendak dg Allah.

Edyprayitno
ok bisa kita abaikan adam pak .
bagaimana dg nabi2 yg lain

Aldy Tan
Setuju bhw tiap nabi membawa risalah yg sama. Yg selanjutnya harus dicermati adalah Allah yg Esa yg spt apa yg digambarkan atau diminta utk disembah oleh para nabi tsb. Elia memberikan gambaran Allah ttt, Musa pun demikian dan Yesus jg. Oh ya, saya pakai Yesus ya, krn dalam pemahaman dan pencarian saya sampai ini dan dgn didorong oleh penghormatan pada agama Islam maka bagi saya Yesus tidak sama atau bukanlah Isa Almasih.

Edyprayitno
maaf sebelum dilanjutkan , bapak dari kristen apa ?

Aldy Tan
Perbedaan konsep atau pemahaman ttng Allah bahkan bisa kita lihat di antara Yesus dan yohanes pembaptis. Bahkan murid2 yg 12 itu ada juga yg masih belum mudeng deskripsi allah spt apa yg mengutus yesus. Yg disapa oleh yesus dgn sapaan “abba”. Kita bisa lihat ktk murid2 emosi dan akan minta pada allah spy mengirim api dari langit sbgmana elia mengirim api. Yesus menghardik mrk.
Saya lebih nyaman pakai LG optimus L9 saya ini drpd di laptop. Kalau di laptop selain kolomnya kecil kalau saya tekan enter malah kekirim bukan turun ke bawah.

Baca selengkapnya…