edy prayino dengan Ev. Yohanes Hutagalung. Sabtu : 16 February 2013

Bang Yohanes mengatkan :
APAKAH BETUL NABI Mulai dari ADAM – YESUS sudah Murtad dan mengikut AGAMA DUNIA?
Ada ungkapan bahwa Adam sudah memiliki satu agama, maka mari kita lihat buktinya, Adam itu tidak kenal rumah ibadah, Adam tidak kenal kitab suci, Adam tidak kenal ritual Keagamaan, jadi Semua klaim Adam sudah beragama dunia salah
Yesus di klaim Hanya Untuk orang Nasrani, dan kita tau Nasrani itu adalah Agama, jadi Yesus adalah Pemimpin agama NASRANI, dan itu ada tertulis dalam salah satu kitab DUNIA. dan yang anehnya lagi DUNIA YANG MEMANG SINTING juga mengklaim YESUS sebagai NABI MEREKA, sudah jelas YESUS untuk AGAMA NASRANI kok malah berani Klaim YESUS beragama MEREKA, apa YESUS Pindah agama ya?
Agama tukang klaim ini muncul ratusan tahun setelah YESUS NAIK KESURGA, JADI LOGIKA ORANG WARAS PASTI AKAN MENGATAKAN YESUS TETAP NASRANI, atau PEMIMPIN UMAT NASRANI, sebab menurut kitab dunia YESUS datang UNTUK UMAT NASRANI. nah Mereka juga mengakui YESUS di selamatkan TUHAN, jadi KAPAN YA YESUS GANTI AGAMA MENJADI AGAMA Dunia? yang lucu YESUS jadi punya 2 agama 1 Agama NASrani, 2 AgamaDunia. jadi sangat LUCU, dan anehnya Pengikut Agama Dunia ini TIDAK PUNYA OTAK untuk melihat satu kebenaran, sudah jelas SECARA LOGIKA ITU SALAH jika YESUS beragama DUNIA, tapi tetap saja mereka PAKSAKAN YANG SALAH. memang BODOHLAH DUNIA INI.

ayo kita diskusikan soal ini bang .Rudy Yohanes .
Edyprayitno
silahkan masuk sini bang rudy

Johanes Stepen
salam pak edy, lama kita tidak jumpa, silahkan kita mulai dari mana?
saya atau pak edi yang memulai dalam topik ini?

Edyprayitno
santai saja bang …karena libur jadi gak keburu waktu , saya copy paste postingan bang Rudy diatas …ayo kita diskusikan itu saja …dan nanti bang rudy bisa balik bertanya gantian

yg lain like saja …koment sebelum selesai selain mas rudy akan saya hapus …mohon maaf .

Johanes Stepen
ok silahkan pak

Edyprayitno
kita mulai dari klaim bang rudy ..soal nabi Adam tidak mengenal agama , kitab suci dan ibadah2 yg lain …bang rudy saya rasa itu salah . karena nabi Adam sudah membawa risalah ALLAH dan cara2 mengabdi dan berdoa sdh diajarkan nabi Adam kepada anak2nya .bagaimana menurut bang rudy

Johanes Stepen
cara berdoa bukan berarti adam memiliki agama,coba bapak buktikan apakah adam sudah mengenal Agama ISLAM/

Edyprayitno
arti kata ” agama ” ini beda dg pemahaman sekarang …agama adalah nama yg diciptakan manusia modern beda dg arti agama dijaman para nabi .

Johanes Stepen
jaman pra nabi tidak dikenal agama, yang ada adalah pengikut TUHAN, atau menuhankan, agama adalah ciptaan dunia ini termasuk agama islam, jika bapak bisa buktikan adam beragama islam silahkan

Edyprayitno
QS 7 [29] Katakanlah: “Tuhanku menyuruh menjalankan keadilan”. Dan (katakanlah): “Luruskanlah muka (diri) mu di setiap salat dan sembahlah Allah dengan mengikhlaskan ketaatanmu kepada-Nya. Sebagaimana Dia telah menciptakan kamu pada permulaan (demikian pulalah) kamu akan kembali kepada-Nya)”.
ayat diatas adalah ajaran mula2 yg diajarkan kepada para nabi …arti Islam adalam Percaya dan menyakini apa yg diperintahkan oleh ALLAH .
Islam adala tunduk patuh sepenuhnya pada perintah ALLAH
memang saat itu belum ada organisasi apa itu ” agama ” tetapi semua umat yg berserah pada ALLAh dapat dikatakan sbg Islam .
Kata Islam lebih spesifik lagi didapat dari bahasa Arab Aslama, yang bermakna “untuk menerima, menyerah atau tunduk patuh pada ALLAH .

Johanes Stepen
Qs 7 : 29 tidak menunjukkan adam beragama islam
Islam banyak artinya pak edy bukan hanya tunduk dan patuh sepenuhnya pada perintah ALLAH.
Jika adam Memang mengenal Agama Islam pastilah dalam semua ayat atau kitab mengenai ada ada 1 kata AGAMA ISLAM, tapi tidak kita temukan selain pada masa IBRAHIM, jadi adam TIDAK MENGENAL ISLAM

Edyprayitno
Bang Rudy arti kalimat Islam ( Aslama ) artinya penyerahan sepenuhnya pada perintah ALLAH dan menyakini adanya ALLAH yg Esa .pencipta langit dan bumi ..memang saat itu tidak ada organisasi bernama Islam ( agama ) tetapi sebelum masyarakat kuno mengetahui apa itu agama , saat mereka percaya dan menyembah ALLAH yg dibawa oleh para nabi , mereka itu lah Islam .
Organisasi Agama itu ciptaan manusia bang ….sebelum itu mereka memang blm mengenal apa itu ” agama ” .
tetapi Islam …percaya pada ALLAH itu sdh ada sebelum ada agama
Umat Islam meyakini bahwa agama yang dianut oleh seluruh nabi dan rasul utusan Allah sejak masa Adam adalah satu agama yang sama dengan (tauhid|satu Tuhan yang sama), dengan demikian tentu saja Ibrahim juga menganut ketauhidan secara hanif (murni) yang menjadikannya seorang muslim. Pandangan ini meletakkan Islam bersama agama Yahudi dan Kristen dalam rumpun agama yang mempercayai Nabi Ibrahim as. Di dalam al-Qur’an, penganut Yahudi dan Kristen sering direferensikan sebagai Ahli Kitab atau orang-orang yang diberi kitab.

Johanes Stepen
kata Islam dalam jaman adam pun tidak di temukan dalam al quran muncul kata islam pada masa nabi IBRAHIM, jadi tidak bisa kita ambil hanya berdasarkan arti, sebab nanti banyak orang yang lebih dahulu dan akan mengatakan semua nabi adalah milik agama mereka
Betul Nabi tidak mengenal AGAMA, jadi jangan pernah bermimpi ADAM beragama ISLAM sebab dia tidak akan pernah mengikut ISLAM
Tauhid tidak menjadikan manusia itu memiliki agama, dan tidak menjadikan TUHAN menurunkan agama, TUHAN TIDAK AKAN PERNAH MENURUNKAN AGAMA, sebab TUHAN ITU BUKAN ORGANISASI, tapi TUHAN BERSIFAT UNIVERSAL, hanya pembual yang mengatakan TUHAN MENURUNKAN AGAMA

Edyprayitno
Semua nabi memang kepunyaan ALLAH …dan semua ada benang merah yg membuat mereka bersatu dalam satu akidah , satu tauhid yaitu menyembah ALLAH yg benar .

Johanes Stepen
Tidak semua nabi satu akidah, YESUS berseberangan dengan MUHAMMAD

Edyprayitno
maaf yg lain jgn koment , like sja …mohon maaf . ini khusus saya dg bang Rudy , setelah sesi dialog selesai silahkan yg lain kasih komentar . terima kasih , mohon maaf

saya kurang sependapat dg bang Rudy jika Yesus brseberangan dg nabi Muhammad . berseberangannya di mana nya bang ?

Johanes Stepen
inilah bukti kedatangan agama islam
2.132. Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya´qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”.

Edyprayitno
Yesus ( nabi Isa ) membawa ajaran sama dg nabi Muhammad . yaitu menyembah satu ALLAH yg Esa .

Johanes Stepen
Dalam banyak hal Yesus berseberangan dengan MUHAMMAD
Yesus tidak suka orang POLIGAMI, Muhamamd menyetujui
Yesus tidak suka pada membenci kafir, tapi MUHAMMAD membenci kafir
Yesus punya kasih , MUHAMMAD tidak malah ikut berperang membunuh orang
Pembawa Agama Islam bukan MUHAMMAD TAPI IBRAHIM, tapi mengapa ISLAM MELAWAN ISI AL QURAN dengan mengucAPKAN 2 KALImat syahadat dengan nama MUHAMMAD BUKAN IBRAHIM?

Edy Prayitno
coba kita lihat bang …apakah ajaran Yesus menyembah ALLAH beda dengan perintah nabi Muhammad ?
karena ALquran tuurn kpd nabi Muhammad , bukan nabi Ibrahim .
ajaran semua nabi adalah sama bang .
dalam hal akidah …dan tauhid
1. Tauhid Nabi Musa
Ulangan 4:35 “Semua itu ditunjukkan TUHAN kepadamu untuk membuktikan bahwa hanya TUHAN itu Allah, dan tidak ada yang lain.”
Ulangan 6:4 “Saudara-saudara, ingatlah! Hanya TUHAN, dan TUHAN saja Allah kita!”
Ulangan 32:39 “Lihatlah, Aku Allah Yang Esa, tak ada Allah kecuali Aku. Aku membunuh dan menghidupkan, melukai dan menyembuhkan. Bila Aku bertindak, tak seorang pun dapat melawan.”
2. Tauhid Nabi Daud
II Samuel 7:22 “Engkau sungguh besar, ya TUHAN Allah! Hanya Engkaulah Allah, tidak ada yang
sama dengan Engkau. Kami tahu hal itu sebab sudah diberitahukan sejak dahulu.”
Mazmur 86:8 “Ya TUHAN, tak ada ilah seperti Engkau, tak ada yang melakukan apa yang Kaulakukan”
3. Tauhid Raja Salomo/ Nabi Sulaiman
I Raja-raja 8:23 “dan berdoa, ”TUHAN, Allah Israel! Di langit atau pun di bumi tak ada yang seperti Engkau! Engkau menepati janji-Mu dan menunjukkan kasih-Mu kepada umat-Mu yang setia dan taat dengan sepenuh hati kepada-Mu.”
4. Tauhid Nabi Yesaya
Yesaya 43: 10 “Hai umat-Ku, kamulah saksi-saksi-Ku, kamu Kupilih menjadi hamba-hamba-Ku, supaya mengenal Aku dan percaya kepada-Ku, dan mengerti bahwa Akulah Allah. Aku Allah Yang Mahaesa, tak ada lainnya sebelum dan sesudah Aku.”
Yesaya 44:6 “Inilah kata TUHAN Yang Mahakuasa, Raja dan pelindung Israel, ”Aku Allah Yang Mahaesa, yang pertama dan yang terakhir.”
Yesaya 45:5-6 “Akulah TUHAN, tak ada lainnya, Aku Allah Yang Mahaesa. Engkau telah Kupersenjatai, sekalipun engkau tidak mengenal Aku. Segalanya itu Kulakukan supaya dari timur sampai ke barat semua orang tahu Akulah TUHAN, tak ada ilah selain Aku.
Yesaya 46:9 “Ingatlah kejadian-kejadian di zaman dahulu; akuilah bahwa Aku Allah, dan tak ada lainnya, Aku Allah, dan tak ada yang seperti Aku.”
5. Tauhid Nabi Iesus/Eshua/Isa Almasih
Markus 12:29 Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.)
Yohanes 5:30 Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku),
Yohanes 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.).
ayat2 diatas ada dalam alkitab bang Rudy ..semua mengajarka tauhid yg sama

Johanes Stepen
Tuhan yang disembah Yesus beda dengan Tuhan yang disembah nabi Muhammad, itu jelas, Tuhan yang disembah Yesus tidak pernah mengharuskan umatnya berdoa kearah sebongkah batu
Al quran sudah dengan jelas mengatakan IBRAHIM beragama ISLAM, mengapa TUHAN MU tidak mengharuskan orang mengucap 2 kalimat syahadat atas nama IBRAHIM? apa muhammad merampask kemuliaan IBRAHIM?

Edyprayitno
coba bang rudy baca ayat2 diatas ..apakah para nabi termasuk nabi Isa ( Yesus ) menyembah ALLAH yg berbeda2 …termasuk nabi Muhammad ?

Johanes Stepen
Ajaran Yesus sangat JELAS KASIH, ajaran NABI MUHAMMAD TIDAK KENAL KASIH
Sudah saya baca, mengenai TAUHID itu salah satu bagian saja, sekarang saya tanya dan kita uji apakah TAUHID YESUS sama dengan MUHAMMAD, coba anda jelaskan apa arti tauhid menurut ISLAM dan AJARAN TUHAN MU

Edyprayitno
Markus 12:29 Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.)
coba abang baca ayat diatas yg diucapkan oleh Yesus ….siapa kah ALLAH yg Esa itu ?

Johanes Stepen
COba jelaskan ESA MENURUT ISLAM BAGAI MANA AGAR KITA UJI APA SAMA?

Edyprayitno
tauhid Yesus sama dg yg diajarkan nabi Muhammad ..sama2 menyeru pada Allah yg Esa .

Johanes Stepen
Cobalah TULISKAN apa DEFENISI TAUHID MENURUT ISLAM

Edyprayitno
Tauhid dalam Islam sudah sangat jelas . Konsep tauhid ini dituangkan dengan jelas dan sederhana di dalam al-Qur’an pada Surah Al-Ikhlas yang terjemahannya adalah:
Katakanlah: “Dia-lah Allah (Tuhan), Yang Maha Esa,
Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu,
Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan,
dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.”
Markus 12:29 Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.)…ini Yesus yg berbicara …sama tidak dg ayat diatas ?
bagaimana bang Rudy…

10 menit berlalu …mungkin bang Rudy ..masih ada kesibukan lain , kita tunggu betul saya tinggal sholat dulu saja ..sambil tunggu bang Rudy ….

Johanes Stepen
Apakah orang yang tidak menikah JUGA JADI TUHAN MUSLIM? karena tidak menikah dan tidak beranak?
ESA, yang di maksud kurang jelas pak, jadi mohon di perjelas, sebab Jika bapak merujuk TUHAN itu satu, mengapa di dunia ini jadi banyak TUHAN? tolong jelaskan secara rinci pak, biar bisa kita bahas

Edyprayitno
Yesus dan Nabi Muhammad sdh sama2 berkata jika ALLAH itu Esa bang Rudy , Esa disini adalah satu , tunggal , tidak ada 2 , 3 atau yg lain . dunia memang mengenal banyak tuhan2 ilah ilah lain seperti dalam ayat 1 hukum Tourat Musa . Jangan ada padamu alah alah yg lain di hadapanku .

Johanes Stepen
ok, jika demikian Tuhan hanya satu Tunggal, bolehkah anda jelas konsep keberadaan TUHAN, FIRMAN TUHAN dan ROH TUHAN? sebab itu ada didalam AL QURAN

Edyprayitno
yg anda tanyakan soal ” trinitas ” bang Rudy ..ini beda topik …saya khusus bahas topik anda diats …yg lain masih banyak yg belum kita bahas dalam topik abang .
kalau bab satu allah san satu ajaran satu agama sudah selesai ..kita lanjut yg lain lain yaitu klaim abang soal apakah Yesus Beragama Kristen ?

Johanes Stepen
ok.. kita kembali keatas.. buktikan bahwa ADAM beragama ISLAM dan buktikan MUHAMMAD pembawa AGAMA ISLAM
Saya dan Kristen tidak pernah mengatakan YESUS beragama kristen, tapi Pengikut YESUS adalah kristen, jadi YESus datang bukan membawa agama tapi menyampaikan FIRMAN TUHAN, semua ucapan YESUs adalah FIRMAN TUHAN

Edyprayitno
sdh saya uraikan diatas bang …Isalam sdh dibawa oleh para nabi sebelum nabi Muhammad . arti kata ” islam ” sdh say sebutkan diatas . sedangkan mempertegas soal agama islam adalah agama yg sdh disempurnakan disebut dalam Alquran .
”Pada hari ini telah Kusempurnakan untukmu agamamu dan telah Kusempurnakan nikmatKu kepadamu serta telah Kuridhai Islam sebagai agamamu”
(Al-Maa’idah : 3)

Johanes Stepen
jadi Dunia salah dengan mengakui pembawa agama islam adalah NABI MUHAMMAD, dan anehnya mengapa kalimat syahadat bukan atas nama NABI ADAM sebagai islam pertama? dan mengapa IBRAHIM mengkalim dia pembawa agama islam, sebab kata agama islam pertama sekali muncul dari mulut nabi ibrahim

Edyprayitno
bukan salah mengakui bang , tetapi nabi Muhammad penutup risalah ALLAH , dan ALLAH sdh berkenan dg agama Islam .

Johanes Stepen
Kita bicara fakta didalam AL QURAN hanya NABI IBRAHIM yang mengakui beragama islam
2.132. Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya´qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”.
Jadi jangan kita bicara asumsi tapi bicara FAKTA dan data

Edyprayitno
sudah saya sebutkan diatas , bukan hanya nabi Ibrahim saja yg mengakui tauhid Allah . dan itu ada dalam kitab abang .

Johanes Stepen
saya tidak menanya tauhid pak, tapi kita bicara APAKAH BETUL ADAM – YESUS BERAGAMA ISLAM?

Edyprayitno
pengertian kalimat ” islam ” sdh saya jelaskan diatas , sedangkan ” agama ” adalah organisasi buatan manusia .
bedakan pengertian Islam dan organisasi bernama ” agama ”

Johanes Stepen
Kalimat islam ada beberapa arti bukan hanya yang bapak sebuatkan diatas….
jadi saya hanya berpatokan pada masalah AGAMA ISLAM, yang terdapat dalam QS 2 : 132

Edyprayitno
Sesungguhnya agama (yang diridai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al-Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barang siapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah, maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. (Q.S Ali Imran: 19)
disana juga disebut agama , apakah pengertian ” agama ” ini bisa berbeda saat tdk disebutkan kepada Adam , Musa …dst hingga nabi Isa ( Yesus ) ?

Johanes Stepen
Nah itu sudah bapak tulis ALI IMRAN 19 sudah ada kata ISLAM, sekarang QS 2 : 132 ada kata AGAMA ISLAM, coba jelaskan Siapa sebenarnya pembawa agama islam
mengenai pengertian islam bapak bisa lihat referensi salah satunya disini
http://filsafat.kompasiana.com/2010/02/03/pengertian-islam-67571.html
Pengertian Islam
filsafat.kompasiana.com
Orang sering salah paham terhadap Islam. Kadangkala suatu keyakinan dan perbuata…Lihat Selengkapnya

Edyprayitno
coba bang Rudy pahami apa arti “Agama” ….agama adalah [Sanskerta, a = tidak; gama = kacau] artinya tidak kacau; atau adanya keteraturan dan peraturan untuk mencapai arah atau tujuan tertentu. Religio [dari religere, Latin] artinya mengembalikan ikatan, memperhatikan dengan saksama; jadi agama adalah tindakan manusia untuk mengembalikan ikatan atau memulihkan hubungannya dengan Ilahi

Johanes Stepen
untuk itulah sekarang mari kita lihat AGAMA ISLAM mengharuskan 5 rukun islam, sekarang siapa pembawa agama ISLAM?

Edyprayitno
coba pahami agama secara luas pengertian ” agama ” jgn dilihat secara sempit …siapa yg membawa 5 ruku Islam ….jelas nabi Muhammad krn beliaulah penutup risalah ALLAH .

Johanes Stepen
AL QURAN MENGAKUI AGAMA NASRANI…
JADI ALLAH SWT menyangkal juga AGAMA ISLAM, sebab ISA jelas dikatakan hanya untuk umat nasrani,a tau agama nasrani, jadi sejak kapan ISA ISLAM? Abraham pun di katakan ALLAH SWT BUKAN YAHUDI MAUPUN NASRANI, artinya tidak punya agama, selain agama lurus, tapi diayat yang lain ALLAH SWT MENGKALIM IBRAHIM BERAGAMA ISLAM

Edyprayitno
itulah yg saya maksudkan …abang jangan terperangkap istilah sempit soal ” agama ” karena nama nasrani , yahudi , adalah bentukan dari manusia yg malah menghancurkan jalan ALLAH untuk meluruskan risalahnya .

Johanes Stepen
Islam juga bentukan MANUSIA, sebab tidak mungkin TUHAN YANG SAMA mengatakan ISA untuk NASRANi lalu dia ganti jadi ISLAM, itu TUHAN yang plin dan plan

Edyprayitno
anda masih belum paham pengertian apa itu ” agama ‘.apa itu islam …dan apa itu nasrani ? apakah Yesus beragama nasrani ? siapa yg kasih nama nasrani ? apakah Yesus ?
yg menyebut kelompok nabi Isa ( Yesus ) adalah Nasrani adalah para pemeluknya yg pertama kali ada dalam surat rosul Paulus .
Agama …memang bentukan manusia ..tetapi petunjuk jalan lurus petunjuk menyembah ALLAH yg Esa …itu pengertian Islam sesungguhnya sdh ada dan diwahyukan oleh ALLAH .

Johanes Stepen
INILAH SuDTA TERSEBUT
2.140. ataukah kamu (hai orang-orang Yahudi dan Nasrani) mengatakan bahwa Ibrahim, Isma´il, Ishaq, Ya´qub dan anak cucunya, adalah penganut agama Yahudi atau Nasrani?” Katakanlah: “Apakah kamu lebih mengetahui ataukah Allah, dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang menyembunyikan syahadah dari Allah yang ada padanya?” Dan Allah sekali-kali tiada lengah dari apa yang kamu kerjakan.
ALLAH SWT MENGAKUI ADA AGAMA NARANI DAN YAHUDI. TAPI TIDAK MENGAKUI AGAMA ISLAM, ISLAM ADA SETELAH IBRAHIM MENGATAKAN PEMBAWA AGAMA ISLAM QS 2 : 132

Edyprayitno
sebutan ” hai orang2 yahudi dan nasrani ” apakah itu sebuah agama ? sebutan itu adalah untuk kaum yg menamakan dirinya kaum yahusi dan nasrani …dan akhirnya malah menyombongkan diri dg kelompok masing2 menutup hidayah ALLAH soal menyembah ALLAH yg benar .

Johanes Stepen
Tiu ada pak kata agama…… baca lah

Edyprayitno
kelompok mereka menamakan ” agama ” memang benar . karena agama bentukan manusia …sdh saya sebut soal ini ber ulang2 bang , jadi gak ada masalah .

Johanes Stepen
tidak pernah mereka mengakui hal tersebut

Edyprayitno
tidak mengakui bagaimana bang ? apakah kalimat kaum nasrani tidak disebut dalam aalkitab ?

Johanes Stepen
Didalam Alkitab Tidak ada hubungan dengan AL QURAN, didalam alkitab pun disebutkan setelah YESUS WAFAT baru nasrani ada, tapi didalam AL QURAN jelas disebutkan KETIKA YESUS MASIH HIDUP NASRANI SUDAH MENJADI AGAMA

Edyprayitno
sebelum agama Islam yg dibawa nabi Muhammad , dikala itu sdh terbentuk agama besar dari keturunan Bani Ibrahim , yg satu ada yg menyebut dirinya kaum pengikut Musa dg kebanggan berlebihan soal ajaan nabi Musa dan menyebut dirinya kaum Yahudi , demikian juga pengikut nabi Isa ( Yesus ) sdh terbentuk agama dg menyebut dirinya kaum Nasrani karena Yesus berasal dari Nazaret . setelah Alquran turun ALquran mengoreksi kedua agama besar ini . dan disebut2 kaum yahudi dan kaum nasrani , jadi tdk ada yg salah kan bang ?

Johanes Stepen
DIBAWA NABI MUHAMMAD ATAU DIBAWA IBRAHIM?
MANA YANG BENAR
2 : 132

Edyprayitno
anda kembali lagi ….semua nabi membawa risalah ” Islam ” .
soal penegasan di kedua nabi tersebut bukan masalah besar . tetapi ajaran agama Islam yg sdh disempurnakan turun di jaman nabi Muhammad ,

Johanes Stepen
tidak pak saya tidak kembali bapak harus cari tau siapa pembawa agam islam
NABI MUHAMAMD KAH?
ATAU IBRAHIM, sebab Jelas ayat tersebut mengatakan AGAMA ISLAM

Edyprayitno
hem …he he apa saya harus uraikan lagi apa arti ” agama ” ? ini kan balik ke atas lagi bang ?

Johanes Stepen
Arti agama sudah sam akita pahami
BAIK DIDALAM QS 2 : 132 maupun QS 2 : 140 keduanya disebutkan NAMA AGAMA
Yakni NASRANI, YAHUDI DAN ISLAM, jadi mohon anda cari tau

Johanes Stepen
Pak edy saya mohon ijin, kita sambung nanti malam ya, saya mau jalan2 dulu biasalah pak, sambil bapak cari taulah siapa pembawa AGAMA ISLAM, apakah NABI MUHAMMAD ATAU IBRAHIM atau bahkan ADAM…salam

Edyprayitno
soal nama agama yahudi , nasrani , dan islam ..latar belakangnya sdh sedikit saya jawab diatas .
baiklah pak . nanti malam mungkin saya tidak bisa , karena ada kepentingan .
terima kasih waktunya ..selamat jalan pak
kapan2 bisa disambung lagi , mohon maaf kalau ada kesalahan kata ……

+++++++++++++++++++++++++ CLOSED +++++++++++++++++++++++++