nabi-ibrahim21

Senin 17 Des 2012

Dialog Edy Prayitno VS Transformasi Indonesia
Topik : Ternyata Perintah Sunat dan Perjanjian Kekal antara nabi Ibrahim dengan ALLAH
Pertama kali yg menerima adalah Nabi Ismail
“ Nabi Ishak belum lahir ! tetapi anehnya nama ini dimunculkan dalam perjanjian tersebut ? bagaimana bisa diketahui nama Ishak ? Karena Ibu Sarah belum hamil waktu perjanjian ini Turun ? “

Transformasi Indonesia *1*
MUSTAHIL ALQURAN BISA MENJAWAB:
Tolong tunjukkan Dalil Alquran yang mengharuskan umat muslim untuk bersunat: “Hai umat Islam, bersunatlah engkau”
gmn adakah ayatnya?silahkan…

Edyprayitno
Keharusan untuk bersunat ini perjanjian kekal antara nabi Ibrahim dg ALLAH .

Transformasi Indonesia
MANA AYATNYA DI QURAN?

Edyprayitno
yg mengaku mengikuti ajaran nabi Ibrahim ..otomatis ikut perintah ini .

Transformasi Indonesia
MANA PERINTAH ITU DI QURAN?

Edyprayitno
ayat di ALquran tdk ada .

Transformasi Indonesia
OK berarti tidak ada perintah di QURAN….DI hadis ada ga bos?…apakah ada ayatnya di hadis BERSUNATLAH ENGKAU?

Edyprayitno
itu seperti yg dicontohkan oleh Yesus…Yesus sunat ada contoh tetapi umat kristen malah tdk ikut contoh dari Yesus.
kami menerima ajaran dari para nabi ,…termasuk bapa para nabi Ibrahim …anjuran itu kami ikuti …turun temurun

Transformasi Indonesia
MAAF BOS….KITA MEMBAHAS KONTEKS QURAN DAN HADIS…..JANGAN MELUAS…..KARENA BEDA TOPIK….BIAR FOKUS…
adakah ayatnya DI QURAN/HADIS mengatakan BERSUNATLAH ENGKAU?Jadi SUNAT ITU HANYA TRADISI?BUKAN PERINTAH DARI QURAN DAN HADIS?berarti ALLOH LUPA YA BOS?

Edyprayitno
di AL Qur’an memang tdk disebut , tetapi dalam perintah2 di hadist ada banyak perintah soal ini dari nabi .
Allah tidak lupa pak…perintah itu sdh dilakukan turun temurun oleh anak2 keturunan Ibrahim dan berlaku selamanya . tetapi anehnya kaum kristen yg mengaku keturunan Ibrahim dari Ishak malah tdk mau melakukan sunat ini

Transformasi Indonesia
MANA AYATNYA PERJANJIAN SUNAT JUGA BERLAKU BAGI KETURUNAN ISMAEL?SEBUT 1 AYAT SAJA KALO ADA…SILAHKAN

Edyprayitno
Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): “Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif” dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.
kami mengikuti milah nabi Ibrahim ini …

Transformasi Indonesia
APAKAH AGAMA IBRAHIM?APAKAH ISLAM?

Edyprayitno
sudah saya sebutkan tad pak TI kalau perintah itu sdh tdk diulangi lagi di alquran
coba anda artikan apa arti ” Islam ” itu pak TI

Transformasi Indonesia
Jadi sebenarnya PRINTAH SUNAT itu tidak pernah ada dalam QURAN maupun hadis?

Edyprayitno
karena itu sdh dilakukan …tradisi turun te,murun …dari keturunan nabi IbraHim ..
baik oleh Ishak…kaum yahudi …maupun Ismail ..kaum Islam .
judtru kaum kristen yg gak mau mengikuti …he he

Transformasi Indonesia
padahal dalam ALKITAB TIDAK PERNAH ADA KETURUNAN ISMAEL DIWAJIBKAN BERSUNAT YE?JADI DISURUH MENGIKUTI AGAMA IBRAHIM…..BERARTI HARUS MENGAKUI JUGA TAURAT DAN KITAB PARA NABI YE?

Edyprayitno
pak TI perjanjian ALLAh dg Ibrahim tdk menyebut anak satu persatu …tetapi disebut semua keturunan
coba anda lihat alkitab anda

Transformasi Indonesia
MAAF BOS TANDA PERJANJIAN SUNAT ITU HANYA UNTUK ISHAK….LANDASAN SBB :

17:9 Lagi firman Allah kepada Abraham: “Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.
17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;

KEJ 17:19 Tetapi Allah berfirman: “Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.

KEJ 17:21 Tetapi perjanjian-Ku akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga.” =>PERJANJIAN SUNAT BERLAKU PADA GARIS KETURUNAN ISHAK

Edyprayitno

Lalu sujudlah Abram, dan Allah berfirman kepadanya: “Dari pihak-Ku, inilah perjanjian-Ku dengan engkau: Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa. Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa. Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak; engkau akan Kubuat menjadi bangsa-bangsa, dan dari padamu akan berasal raja-raja. Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu. Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah mereka.”
Lagi firman Allah kepada Abraham: “Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.” (Kej 17:3-9)
coba anda baca itu
Lagi firman Allah kepada Abraham: “Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.” (Kej 17:3-9)
coba anda baca auyat itu
keturunan semua
turun temurun
tdk disebut satu dua anak

Transformasi Indonesia
KEJ 17:19 Tetapi Allah berfirman: “Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.

KEJ 17:21 Tetapi perjanjian-Ku akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga.” =>PERJANJIAN SUNAT BERLAKU PADA GARIS KETURUNAN ISHAK

MANA AYATNYA ISMAEL BOLEH HIDUP DALAM PERJANJIANNYA?
BACA YANG LENGKAP …
17:18 Dan Abraham berkata kepada Allah: “Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu!”
17:19 Tetapi Allah berfirman: “TIDAK, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.
17:20 Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.
17:21 Tetapi perjanjian-Ku akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga.”

GA ADA AYATNYA PERJANJIAN-NYA ITU BERLAKU PADA KETURUNAN ISMAEL…OK?

Edyprayitno
saya tanya pak …apakah Ismail bukan anak Ibrahim ?
anda terlalu mengagung2kan ishak
padahal kaum yahudi sampai saat ini juga bersunat

Transformasi Indonesia

YES…ANAK IBRAHIM….
TETAPI APAKAH PERJANJIAN-NYA BERLAKU BAGI ISMAEL?BUKANKAH ISMAEL TIDAK BOLEH HIDUP DIHADAPAN TUHAN?
ITU PERJANJIAN KEKAL BOS…dari ISHAK…bukan ISMAEL…

Edyprayitno
perjanjian berlaku buat SEMUA KETURUNAN IBRAHIM
Lagi firman Allah kepada Abraham: “Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.” (Kej 17:3-9)
Anda sudah mengakui …jika itu perjanjian kekal ….bagus …

Transformasi Indonesia
Apakah ayat tersebut berhenti sampai disitu?GARIS KETURUNAN SIAPAKAH YANG DIPILIH OLEH ALLAH mewarisi perjanjian tersebut?BACA KEJADIAN 17:18-21

17:18 Dan Abraham berkata kepada Allah: “Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu!”
17:19 Tetapi Allah berfirman: “TIDAK, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.
17:20 Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.
17:21 Tetapi perjanjian-Ku akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga.”

GA ADA AYATNYA PERJANJIAN-NYA ITU BERLAKU PADA KETURUNAN ISMAEL…OK?
YES BAGI KETURUNAN ISHAK….apakah bangsa INDONESIA keturunan ISHAK?APAKAH ISMAEL KETURUNAN ISHAK?

Edyprayitno
saya bertanya ..emang kalau anda pegang atau mengaku bahwa kristen masih ikut trah Ishak ? apakah kaum kristen ikut sunat ?
biar tidak muter2 …apakah kaum kristen ikut trah Ishak ?

Transformasi Indonesia
MANA AYATNYA YANG MEWAJIBKAN SUNAT BAGI KETURUNAN BANGSA INDONESIA?ORANG KRISTEN ADALAH ISRAEL ROHANI….BUKAN FISIK…SECARA FISIK KITA INDONESIA BOS….TETAPI SECARA ROHANI ….KITA SEOLAH BERADA PADA GARIS KETURUNAN ABRAHAM…..TETAPI SECARA ROHANI…

Edyprayitno
soalnya anda bersemangat sekali mengakui Ishak ..dan mengesampingkan Ismail .
ha ha ha anda muter2 aja pak
jawab pertanyaan saya
apakah kristen ikut trah ajaran Ishak ?
Yahudi ?
yahudi …sunat lo ..sampai sekarang

Transformasi Indonesia
MANA AYATNYA YANG MEWAJIBKAN SUNAT BAGI KETURUNAN BANGSA INDONESIA?ORANG KRISTEN ADALAH ISRAEL ROHANI….BUKAN FISIK…SECARA FISIK KITA INDONESIA BOS….TETAPI SECARA ROHANI ….KITA SEOLAH BERADA PADA GARIS KETURUNAN ABRAHAM…..TETAPI SECARA ROHANI…

MAKA DARI ITU SUNAT YANG DIBERLAKUKAN ADALAH SUNAT ROHANI….SUNAT HATI…BANYAK AYATNYA…

Edyprayitno
apa ada sunat rohani ?
jika anda berkata kristen adalah Isrel rohani ?
bukan fisik ?>
coba anda jawab ?

Transformasi Indonesia
Hukum Sunat….

Kita harus membuka wawasan kita dan mencoba memiliki pola pikir Tuhan…jangan terpancing kepada sesuatu yang hurufiah…tapi carilah
makna rohani yang terdapat didalam hukum tersebut…apa maksud Tuhan terhadap hukum tersebut…kaji secara mendalam maksud-maksud Tuhan
terhadap hukum tersebut…

Paulus juga menilai hukum sunat itu dari sisi rohani…

Rm 2:25 Sunat memang ada gunanya, jika engkau mentaati hukum Taurat; tetapi jika engkau melanggar hukum Taurat,
maka sunatmu tidak ada lagi gunanya.

Rm 2:27 Jika demikian, maka orang yang tak bersunat, tetapi yang melakukan hukum Taurat, akan menghakimi kamu yang
mempunyai hukum tertulis dan sunat, tetapi yang melanggar hukum Taurat.

Rm 2:28 Sebab yang disebut Yahudi bukanlah orang yang lahiriah Yahudi, dan yang disebut sunat, bukanlah sunat
yang dilangsungkan secara lahiriah.

Rm 2:29 Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati,
secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah.

Kesimpulan dari ajaran paulus jelas terangkum dalam Rm 2:29 Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati,
secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah.

Apa itu Yahudi sejati…dia yang tidak tampak keyahudiannya..dan sunat ialah sunat di dalam hati,secara rohani….(aspek rohani ditonjolkan oleh Rasul Paulus)

Apakah aspek yang Rasul Paulus tekankan pada jaman itu bertentangan dengan pola pikir Theos??

Benarkah esensi sunat yang demikian yang dikehendaki Theos itu pada awal mulanya sebelum hukum sunat itu menjadi hukum wajib secara lahiriah?

Musa berkata….

Ul 10:15 tetapi hanya oleh nenek moyangmulah hati TUHAN terpikat sehingga Ia mengasihi mereka,
dan keturunan merekalah, yakni kamu, yang dipilih-Nya dari segala bangsa, seperti sekarang ini.

Ul 10:16 Sebab itu sunatlah hatimu dan janganlah lagi kamu tegar tengkuk.

(Jika kita menyunat hati kita…maka kita akan menjadi manusia yang tidak tegar tengkuk..artinya memiliki hati yang
tunduk secara penuh kepada Theos itu sendiri…dan hati yang seperti itulah yang memikat hati Tuhan…)

(Jika kita tidak pernah menyunatkan hati kita…maka kita akan disebutkan sebagai manusia yang tegar tengkuk…dan manusia yang tegar tengkuk
pasti akan dibinasakan oleh Tuhan…baca Kel 33:3 & 5 …bahwa Tuhan takut berjalan bersama bangsa Israel…suatu bangsa yang tegar tengkuk…
Tuhan takut akan membinasakan bangsa tersebut jika Ia berjalan bersama bangsa yang tegar tengkuk…itulah makna sebenarnya dari sunat)

Ul 30:6 Dan TUHAN, Allahmu, akan menyunat hatimu dan hati keturunanmu, sehingga engkau mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, supaya engkau hidup.
(Sunat Hati yang membawa manusia kepada kehidupan….bukan sunat fisik…ok2…coba dipahami ayat diatas…)

Yeremia berkata…

Yer 9:25 “Lihat, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku menghukum orang-orang yang telah bersunat
kulit khatannya:

Bahkan hukuman itu ditentukan juga bagi kaum Israel yang tidak bersunat hatinya sekalipun telah bersunat secara fisik…

Yer 9:26 … segenap kaum Israel tidak bersunat hatinya.”

Apakah hukum yang paulus ajarkan bertentangan dengan Hukum Taurat??

Tentu tidak…coba anda bandingkan…Nabi Yeremia berkata…Lihat, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku menghukum orang-orang yang telah bersunat
kulit khatannya.Dengan jelas disini Nabi Yeremia berkata…Tuhan akan menghukum orang yang bersunat kulit khatannya…krn org yg bersunat kulit khatan itu tidak bersunat hatinya…

Jadi jika Hukum Taurat dicermati secara rohani…seperti yang Rasul Paulus ajarkan.Maka kita mendapat nilai yang mendalam dari ajaran tersebut..bukan hanya dari aspek fisik saja…
Krn aspek fisik itu sebenarnya adalah gambaran dari aspek rohani yang sedang dikandung oleh fisik manusia itu…gambaran sementara menjelang yang rohani itu menjadi sempurna dalam diri manusia tersebut…

Setelah saya jelaskan panjang lebar semoga anda semua menjadi paham akan penjelasan saya…bahwa orang Yahudi sejati bukanlah yang secara lahiriah itu Yahudi…tapi yang bersunat hati secara rohani….
Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah…..Seorang yang bersunat hati jika kita resapi maknanya dari beberapa ayat diatas…maka akan mengakibatkan dipuji Tuhan…
dan membuat hati Tuhan terpikat kepada manusia…seperti hati Tuhan terpikat kepada nenek moyang bangsa Israel…

Transformasi Indonesia
PANJANG NOH

Edyprayitno
Pak TI jangan copy paste
kepanjangan bacanya
mana ada perintah ” SUNAT ITU ROHANI ” dari ajaran Yesus atau kaum nya Ibrahim ( bukan dari Paulus ya )

Transformasi Indonesia
TAPI INTINYA SUNAT ROHANI ITU ADA DALAM KRISTEN….KALO MAU JELAS BACA SENDIRI…SUDAH PERNAH KITA BAHAS BUKAN….JANGAN DIHAPUS YA….BIAR KITA BELAJAR BERSAMA….

Musa berkata….
Ul 10:15 tetapi hanya oleh nenek moyangmulah hati TUHAN terpikat sehingga Ia mengasihi mereka,
dan keturunan merekalah, yakni kamu, yang dipilih-Nya dari segala bangsa, seperti sekarang ini.
Ul 10:16 Sebab itu sunatlah hatimu dan janganlah lagi kamu tegar tengkuk.
Ul 30:6 Dan TUHAN, Allahmu, akan menyunat hatimu dan hati keturunanmu, sehingga engkau mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, supaya engkau hidup.
(Sunat Hati yang membawa manusia kepada kehidupan….bukan sunat fisik…ok2…coba dipahami ayat diatas…)
Yeremia berkata…
Yer 9:25 “Lihat, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku menghukum orang-orang yang telah bersunat
kulit khatannya:
Bahkan hukuman itu ditentukan juga bagi kaum Israel yang tidak bersunat hatinya sekalipun telah bersunat secara fisik…
Yer 9:26 … segenap kaum Israel tidak bersunat hatinya.”

Edyprayitno
iya saya minta munculkan bukti …jika dulu perintytah sunat ini dilakukan secara rohani ? Yesus saja disunat fisiknya
juga kaum keturunan Ibrahim dan yahudi ..juga sunat fisik
dasar sunat rohani baru muncul …dalam ajaran Rasul Paulus .

Transformasi Indonesia
Yes tetapi apakah TUHAN YESUS berkata BERSUNATLAH ENGKAU ORANG INDONESIA?

MANA PERKATAAN TUHAN YESUS YANG MENYATAKAN…..WAHAI UMATKU BERSUNATLAH….?

Edyprayitno
ha ha ha …anda mulai ngelantur pak TI
ya mana ada ayat seperti itu ?

Transformasi Indonesia
BACK….APAKAH PERJANJIAN KEKAL BERLAKU PADA ISMAEL?SO DARI MANA PERINTAH BERSUNAT DALAM ISLAM?MILAH IBRAHIM AJARKAN SUNAT HANYA BERLAKU BAGI KETURUNAN ISHAK…karena HANYA ISHAK SAJA YANG BOLEH HIDUP DIHADAPAN-NYA MEWARISI PERJANJIAN KEKAL ITU…GMN BOS?

Edyprayitno
sudah berkali2 saya jawab pak TI …Islam sebagai milah keturunan nabi Ibrahim juga mengikuti tradisi yg sdh diwariskan turun temurun .
karena perjanjian sunat itu berlaku buat semua keturunan nabi Ibrahim .
coba anda buka alkitab soal perintah sunat ini .

Transformasi Indonesia
JADI BERDASAR TRADISI SAJA…IKUT-IKUTAN….TANPA ADA PRINTAH DARI SONO?

Edyprayitno
perintah ini juga diikuti oleh Yesus ..lo

Transformasi Indonesia
SUNAT ADALAH METERAI FISIK PERJANJIAN KEKAL ABRAHAM DALAM KETURUNAN ISHAK SECARA FISIK…PERJANJIAN ITU DIBERIKAN KEPADA GARIS KETURUNAN ISRAEL SAJA….OK..?

Edyprayitno
kenapa sekarang muncul ” sunat rohani ?”
tdk disebut nama …dalam perintah sunat ..anda jangan ngarang pak

Transformasi Indonesia

Karena ALLAH sendiri berpesan lewat MUSA bahwa manusia HARUS BERSUNAT HATI…
Musa berkata….
Ul 10:15 tetapi hanya oleh nenek moyangmulah hati TUHAN terpikat sehingga Ia mengasihi mereka,
dan keturunan merekalah, yakni kamu, yang dipilih-Nya dari segala bangsa, seperti sekarang ini.
Ul 10:16 Sebab itu sunatlah hatimu dan janganlah lagi kamu tegar tengkuk.
(Jika kita menyunat hati kita…maka kita akan menjadi manusia yang tidak tegar tengkuk..artinya memiliki hati yang
tunduk secara penuh kepada Theos itu sendiri…dan hati yang seperti itulah yang memikat hati Tuhan…)
(Jika kita tidak pernah menyunatkan hati kita…maka kita akan disebutkan sebagai manusia yang tegar tengkuk…dan manusia yang tegar tengkuk
pasti akan dibinasakan oleh Tuhan…baca Kel 33:3 & 5 …bahwa Tuhan takut berjalan bersama bangsa Israel…suatu bangsa yang tegar tengkuk…
Tuhan takut akan membinasakan bangsa tersebut jika Ia berjalan bersama bangsa yang tegar tengkuk…itulah makna sebenarnya dari sunat)
Ul 30:6 Dan TUHAN, Allahmu, akan menyunat hatimu dan hati keturunanmu, sehingga engkau mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, supaya engkau hidup.
(Sunat Hati yang membawa manusia kepada kehidupan….bukan sunat fisik…ok2…coba dipahami ayat diatas…)
Yeremia berkata…
Yer 9:25 “Lihat, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku menghukum orang-orang yang telah bersunat
kulit khatannya:
Bahkan hukuman itu ditentukan juga bagi kaum Israel yang tidak bersunat hatinya sekalipun telah bersunat secara fisik…
Yer 9:26 … segenap kaum Israel tidak bersunat hatinya.”
Apakah hukum yang paulus ajarkan bertentangan dengan Hukum Taurat??
Tentu tidak…coba anda bandingkan…Nabi Yeremia berkata…Lihat, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku menghukum orang-orang yang telah bersunat
kulit khatannya.Dengan jelas disini Nabi Yeremia berkata…Tuhan akan menghukum orang yang bersunat kulit khatannya…krn org yg bersunat kulit khatan itu tidak bersunat hatinya…
Jadi jika Hukum Taurat dicermati secara rohani…seperti yang Rasul Paulus ajarkan.Maka kita mendapat nilai yang mendalam dari ajaran tersebut..bukan hanya dari aspek fisik saja…
Krn aspek fisik itu sebenarnya adalah gambaran dari aspek rohani yang sedang dikandung oleh fisik manusia itu…gambaran sementara menjelang yang rohani itu menjadi sempurna dalam diri manusia tersebut…
Setelah saya jelaskan panjang lebar semoga anda semua menjadi paham akan penjelasan saya…bahwa orang Yahudi sejati bukanlah yang secara lahiriah itu Yahudi…tapi yang bersunat hati secara rohani….
Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah…..Seorang yang bersunat hati jika kita resapi maknanya dari beberapa ayat diatas…maka akan mengakibatkan dipuji Tuhan…
dan membuat hati Tuhan terpikat kepada manusia…seperti hati Tuhan terpikat kepada nenek moyang bangsa Israel…

Edyprayitno
coba munculkan ayatnya perintah sunat hanya buat Ishak saja ?
bisa tidak ?
mana ayatnya ….hanya Ishak saja yg dapat perintah sunat ?

Transformasi Indonesia

Baca KEJADIAN 17:1-21 biar jelas…
PERJANJIAN ITU HANYA DIIKATKAN PADA ISHAK…sedang ISMAEL JELAS ditolak(KEJADIAN 17:18-21)

Edyprayitno
ha ha ha anda sebut MUSA ? ….hidupnya lama mana dg Yesus ? Yesus sunat tuh ..

Transformasi Indonesia
Sejak kapan YESUS bukan keturunan ISRAEL?

Edyprayitno

17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
17:11 haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.
17:12 Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu.
17:13 Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal.

17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
17:11 haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.
17:12 Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu.
17:13 Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal.

17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
17:11 haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.
17:12 Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu.
17:13 Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal.

coba anda baca perintah sunat itu apa hanya buat ISHAK saja ??????

Transformasi Indonesia
MENGAPA TIDAK ANDA KUTIP KEJADIAN 17:18-21?

Edyprayitno
ini khusus perintah sunat

Transformasi Indonesia
BACA tuh yang lengkap bos…

Edyprayitno
karena anda tadi bilang perintah sunat hanya buat ISHAK saja
coba anda baca
ternyata perintah itu kekal …BUAT SELURUH KETURUNAN DIA

Transformasi Indonesia
SUNAT ITU UNTUK APA?BUKANKAH JELAS SEBAGAI MATERAI PERJANJIAN KEKAL?

Edyprayitno
BETUL …..perjanjian kekal
tetapi sdh anda pelesetkan menjadi SUNAT ROHANI ?????

Transformasi Indonesia
PAHAMI DULU…..SUNAT ITU UNTUK APA?

Edyprayitno
anda gak perlu lari dulu …pahami dulu bahwa perintah itu buat seluruh keturunan Ibrahim …soal sunat itu untuk apa ? bisa anda baca sendiri untuk apa nya

Transformasi Indonesia

SUNAT ADALAH SUATU TANDA MATERAI PERJANJIAN
17:11 haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi TANDA PERJANJIAN antara Aku dan kamu.
DAN YANG BERHAK MEWARISI PERJANJIAN TERSEBUT ADALAH ISHAK….BUKAN ISMAEL…
17:18 Dan Abraham berkata kepada Allah: “Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu!”
17:19 Tetapi Allah berfirman: “TIDAK, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.
17:20 Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.
17:21 Tetapi perjanjian-Ku akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga.”

Edyprayitno

perintah sunat ini ….bahkan diterima oleh nabi Ismail ..ter;lebih dulu …nabi Ismail lah yg pertama kali disunat setelah ALLAH memerintahkan perintah sunat ini …coba anda baca ayat ini :
17:23 Setelah itu Abraham memanggil Ismael, anaknya, dan semua orang yang lahir di rumahnya, juga semua orang yang dibelinya dengan uang, yakni setiap laki-laki dari isi rumahnya, lalu ia mengerat kulit khatan mereka pada hari itu juga, seperti yang telah difirmankan Allah kepadanya.
SIAPA YG SUNAT DULUAN ….ISMAIL APA ISHAK ?

Transformasi Indonesia

YES ISMAEL WAJIB DISUNAT….
TETAPI APAKAH SETELAH ISMAEL JUGA WAJIB DISUNAT SEBAGAI TANDA MATERAI PERJANJIAN?PERJANJIAN YANG MANA LAGI?

Edyprayitno
Ishak bahkan belum lahir ..saat perjanjian ini ada .
kuat mana perjanjian itu antara Ismail yg menerima perintah ini dulu ? bahkan saat itu Ishak belum lahir saat perintah sunat ini datang .

Transformasi Indonesia
SEKALIPUN BELUM LAHIR BOS….TETAPI BUKANKAH SUATU KETETAPAN BAHWA KETURUNAN ISHAK SAJALAH YANG HARUS MENYEMATKAN TANDA PERJANJIAN KEKAL?

Transformasi Indonesia
APAKAH ADA PERINTAHNYA BAHWA WAHAI KETURUNAN ISMAEL WAJIBLAH ENGKAU BERSUNAT?

Edyprayitno
OK kan terjawab sudah ,,….Ismail lah yg pertama kali menerima perjanjian ini….ini menggugurkan tuduhan anda di awal bahwa perintah sunat tdk pada keturunan Ismail .
ha ha ha ….anda jgn muter2
itu sdh terjawab

Transformasi Indonesia
ISMAEL DISUNAT KARENA IA TERMASUK ORANG LAKI-LAKI PADA MASA ITU ADA DI RUMAH ABRAHAM….TETAPI ISMAEL TIDAK BERHAK MENERIMA PERJANJIAN KEKAL ITU SENDIRI…

Edyprayitno
Pak TI ….pernjajian sunat ini berlaku buat semua keturunan Ibrahim ….
itu sdh ada ayatnya diatas
jadi tidak perlu muter ke sana lagi

Transformasi Indonesia
APA BENER BERLAKU JUGA BAGI ISMAEL?MANA AYATNYA(BACA KEJADIAN 17:18-21)

Edyprayitno
ini bahas masalah sunat pak TI
yg disunat pertama kalai adalah Ismail ….
terus mau berkelit kemana lagi ?

Transformasi Indonesia
SUNAT ITU APA BOS DALAM PANDANGAN ISRAEL?
Edyprayitno
itu sdh ada dalam alkitab
bisa di baca sendiri

Transformasi Indonesia
SAYA TIDAK BERKELIT TETAPI MEMANG ANDA SUDAH TERPOJOK….SUDAH SAYA JELASKAN BAHWA ISMAEL ITU DISUNAT KARENA TERMASUK LAKI-LAKI YANG ADA DI RUMAH ABRAHAM WAKTU ITU….TETAPI TANDA MATERAI PERJANJIAN ITU TIDAK BOLEH DITERUSKAN PADA KETURUNAN ISMAEL….KARENA KETURUNAN ISMAEL TIDAK BERHAK MEWARISI PERJANJIAN ABRAHAM(KEJADIAN 17:18-21 CUKUP JELAS…)

Edyprayitno

17:20 Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.
17:21 Tetapi perjanjian-Ku akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga.”

dua duanya diberkati ALLAH

kenapa anda sirik sekali dengan Ismail …he he he

Ismail akan menjadi bangsa yg besar ……………APA INI BUKAN PERJANJIAN ALLAH ?

bahkan Ishak belum lahir ? saya curiga ini ada tambahan2 tangan ajaib ? bagaimana mungkin namanya sdh tahu lha wong hamil aja belum saat perjanjian itu turun ?

Transformasi Indonesia
APAKAH HANYA ISMAEL YANG DIBERKATI?
BUKANKAH SUDAH SAYA BILANG BAHWA OLEH KETURUNAN-MU ABRAHAM BANGSA-BANGSA BEROLEH BERKAT….
Kej. 26:4…dan oleh keturunanmu semua bangsa di bumi akan mendapat berkat,
Kis. 3:25 …Oleh keturunanmu semua bangsa di muka bumi akan diberkati.

Edyprayitno
saya tanya ….apakah Ishak sdh lahir saat perjaanjian ini turun pak TI ?
coba jawab …apakah Ishak sdh lahir ?
kok tahu namanya Ishak > ? hamil aja belum ?
ini pasti ada tambahan2 tangan2 ajaib

Transformasi Indonesia
JAWAB : MANA AYATNYA BAHWA ISHAK TIDAK BERHAK MENYEMATKAN “TANDA” PERJANJIAN TERSEBUT =>SUNAT?

Edyprayitno
jawab dulu pak ? apakah Ishak sdh lahir ? waktu perjanjian ini turun ?

Transformasi Indonesia
WADUH ANDA GA BISA JAWAB MAU MAEN FITNAH NIH YE…

Edyprayitno
jawab saja pak ?
apakah sdh lahir ?
apa belum ?

Transformasi Indonesia
SEKALIPUN BLM LAHIR BOS….APAKAH ADA AYATNYA BAHWA PERJANJIAN KEKAL ITU BUKAN UNTUK ISHAK?

Edyprayitno
jawab yg tegas pak
LAHIR APA BELUM ?

Transformasi Indonesia
SEKALIPUN BLM LAHIR BOS….APAKAH ADA AYATNYA BAHWA PERJANJIAN KEKAL ITU BUKAN UNTUK ISHAK?

Edyprayitno
jawab yg tegas pak
sdh apa blm ?

Transformasi Indonesia
OK UDAH DULU YE…MAU OFF…

Edyprayitno
ha ha ha
OK lah pak
kalau mau OF

Transformasi Indonesia
TERIMA KASIH BOS EDY….APAPUN HASIL DIALOG KITA….SAYA SUDAH DAPAT SIMPULKAN DALAM HATI SAYA….
kesimpulan :
BAHWA MEMANG ISLAM TIDAK PERNAH MEWAJIBKAN “BERSUNATLAH” DALAM HADISPUN TAK ADA….dalam milah IBRAHIMPUN “KETURUNAN ISMAEL” tidak boleh MEWARISI TANDA MATERAI PERJANJIAN KEKAL…..INI MENURUT KESIMPULAN SAYA….TERSERAH YANG LAIN MAU BICARA APA….THX ALL….JADI JANGAN KOAR-KOAR YE BAHWA ISLAM MEWAJIBKAN SUNAT….KARENA TIDAK ADA 1 HUKUMPUN DI QURAN DAN HADIS YANG MEWAJIBKAN ITU…..SADARLAH!!!!

KESIMPULAN INI AKAN SAYA REKAM DALAM HATI SAYA…..TERSERAH BOS EDY MAU EDIT PERKATAAAN SAYA TERSERAH…..HINALAH SAYA SEHINA-HINANYA….GPP BOS….GUE RELA…..TETAPI KESIMPULAN DIALOG INI SUDAH SAYA REKAM DALAM HATI SAYA…..THX ALL…

Edyprayitno
terima kasih pak
senang bisa dialog dg bapak malam ini
Maafkan bila ada kalimat saya yg menyinggung perasaan bapak
CLOSED ……