JUmat 24 Nop 2012

Johanes Stepen
salam semuanya sudah lama tidak masuk grup ini, apakah ada yang ingin berdebat dengan saya?

Edyprayitno
malam pak
emang kemana saja

Johanes Stepen
biasalah pakai libur ndak apa toh, mas mau diskusi dengan saya? silahkan bapak yang bertanya atau saya yang bertanya

Edyprayitno
saya tidak punya topik
silahkan bapak saja
santai saja
jgn terlalu serius

Johanes Stepen
baik saya bertanya sederhana saja, kita lanjutkan yang kemarin boleh ya, boleh bapak gambarkan siapa anak perjanjian ketika malaiakt JIBRIL bertemu dengan Ibrahim?

Edyprayitno
ya silahkan

Johanes Stepen
sudah pak, bantu di jawab ya, mohon gunakan ayat dari kitab suci bapak deh

Edyprayitno
persoalan nya bukan pada siapa anak perjanjian itu pak , tetapi perjanjian ini terjadi sejak dengan nabi Ibrahim sendiri .

Johanes Stepen
betul pak, perjanjian itu di mulai ketika nabi ibrahim masih beristri satu, menurut kitab suci bapak, apakah boleh janjiitu berasal dari wanita lain?

Edyprayitno
coba bapak perhatikan ayat ini yah ….
“Lalu sujudlah Abram, dan Allah berfirman kepadanya: “Dari pihak-Ku, inilah perjanjian-Ku dengan engkau: Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa. Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa. Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak; engkau akan Kubuat menjadi bangsa-bangsa, dan dari padamu akan berasal raja-raja. Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu. Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah mereka.”
Lagi firman Allah kepada Abraham: “Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.” (Kej 17:3-9)
Mazmur Tanggapan: Mzm 105:4-9; Bacaan Injil: Yoh 8:51-59
“Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu” (Kej 17:7)
coba bapak baca ayat tersebut

Johanes Stepen
apakah itu di amini oleh ALLAH SWT? jika ya apa buktinya ? kitab tersebut DI AMINI DAN DISAHKAN OLEH ALLAH SWT?

Edyprayitno
itu ALLAH yg berbicara langsung kepada nabi Ibrahim pak ….disana tdk ada disebut buat istri A atau istri B
buat anak A atau anak B
tetapi berlaku buat seluruh keturunan nabi Ibrahim .

Johanes Stepen
boleh buktikan itu ALLAH SWT yang disembah umat muslim dalam AL QURAN atau TUHAN ORANG ISRAEL yang ada dalam BIBLE?

Edyprayitno
ALLAH ADAM hingga sampai dunia tutup tetap ALLAH yg MAHA ESA
yang oleh orang yahudi di sebut YHWH

Johanes Stepen
jadi sama ya pak dengan ALLAH DALAM AL QURAN?

Edyprayitno
sama

Johanes Stepen
oh sama ya, baiklah semoga bapak bisa pengang kata-kata bapak, jadi apakah sama BIBLE dengan ALQURAN

Edyprayitno
semua kitab2 yg diturunkan ALLAH kepada para nabi membawa risalah yg sama ..yaitu tauhid . jadi selama kitab2 tersebut masih memberitakan ALLAH yg ESa ..maka kitab kitab itu memang dari ALLAH buat umat manusia

Johanes Stepen
apakah BIBLE sama dengan AL QURAN, berasal dari TUHAN YANG SAMA? terlepas dari TAUHID

Edyprayitno
saya tidak bisa menjamin jika Bible berasal dari ALLAH ,karena Bible anda sdh tercampur dengan tulisan manusia , mana yg asli firman , mana yg hanya kitab sejarah , mana yg hanya khotbah , mana yg hanya kidung dan puisi cinta ..mana yg hanya surat2 pribadi sdh tercampur pak.

Johanes Stepen
nah anda mulai ragukan bahwa TUHAN yang didalam BIBLE sama dengan TUHAN yang didalam AL QURAN, jika bapak ragu mengapa bapak mengambil ayat dari BIBLE untu dasar iman bapak?

Edyprayitno
kita tidak bahas ” Tuhan ” karena tadi bapak hanya berkata apakah bible berasal dari ALLAH seperti Alquran .

Johanes Stepen
masih ada tulisan kita diatas, bapak sudah mengakui BIBLE dan AL QURAN dari ALLAH yang sama, kemudian bapak ragu, jadi dengan apa lagi bapak mau membuktikan siapa anak pernjanjian itu?

Edyprayitno
saya tidak meragukan ” ALLAH ” yg saya ragukan itu adalah kitab Bible tdk semua berasal dari ALLAH

Johanes Stepen
jika anda ragu mengapa anda mengambil JAWABAN DARI BIBLE, dimana kitab itu anda ragukan?

Edyprayitno
saya katakan diatas ..semua kitab yg masih berbicara soal ALLAH dan Tauhid ..itu memang ajaran dari ALLAH yg di bawa oleh para nabi .

Johanes Stepen
jadi kejadian 17 itu juga bapak ragukan kah? karena tidak bicara TAUHID? lantas mengapa ayat tersebut bapak ambil untuk membuktikan siapa anak perjanjian?

Edyprayitno
saya ragukan Bibel …karena dari kitab Kejadian hingga kitab Wahyu …tdk semua berisi Firman dari ALLAH

Johanes Stepen
lantas mengapa anda mengambil jawaban dari kitab yang anda ragukan? beri saya jawaban dari kitab yang tidak anda ragukan

Edyprayitno
soal perjanjian ALLAH dengan Ibrahim …itu tidak ada masalah , kalau itu memang dari ALLAH .

Johanes Stepen
jadi tidak ada masalah ya, jika dikatakan anak perjanjian itu adalah ISHAK bukan ISMAIL?

Edyprayitno
Bible ada banyak kitab pak ….mulai kitab kejadian hingga wahyu
ada beberapa hanya berisi , sejarah , khotbah , puisi cinta , kidung nyanyian , juga tulisan tangan rasul Paulus ..yg hanya tulisan pribadi /.
anak perjanjian tidak disebut hanya Ishak atau ISmail pak

Johanes Stepen
baik lantas mengapa anda mengambil jawaban dari BIBLE?

Edyprayitno
tetapi seluruh keturuan Ibrahim

Johanes Stepen
boleh bapak berikan argumen bapak itu dari KITAB YANG BAPAK IMANI DARI TUHAN, bahwa anak perjanjian itu seluruh keturunan ibrahim

Edyprayitno
ok pak Ann Feeder
bapak bisa baca ayat yg sudah saya munculkan diatas …
Lagi firman Allah kepada Abraham: “Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.” (Kej 17:3-9)
Mazmur Tanggapan: Mzm 105:4-9; Bacaan Injil: Yoh 8:51-59
“Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu” (Kej 17:7)

Johanes Stepen
saya sudah baca pak, tapi bapak katakan kitab itu palsu tidak dari TUHAN, mengapa bapak ambil dari kitab yang tidak dari TUHAN, nanti TUHAN bapak marah loh

Edyprayitno
saya tidak berkata palsu pak
anda tadi bertanya ..apakah Bible dan ALquran berasal dari ALLAH ?
sdh saya katakan …jika mengacu pada ajaran Tauhid dan menyembah ALLAH saja itu memang berasal dari ALLAH yg sama
tetapi di saat ada campur tangan manusia …ini yg saya sangsikan apakah itu berisi firman dari ALLAH

Johanes Stepen
silahkan baca dari atas pak, bahkan banyak di edit bapak bilang
APAKAH KITAB YANG BAPAK KUTIP DARI TUHAN?> itu saja biar gampang

Edyprayitno
iya ..karena itu ajakan menyembah pada ALLAH
semua ketrunan Ibrahim harus menyembah ALLAH

Johanes Stepen
baik jadi bapak berpengan pada kitab kejadian itu ya, sampai mana pak, boleh sebutkan ayatnya agar kita uji, saya ikut kemauan bapak
apakah bapak percaya ayat ini
Kejadian 17
(21) Tetapi perjanjian-Ku akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga.”

Edyprayitno
ayat tersebut juga biasa ….soal pemberitahuan kelahiran Ishak …emang kenapa pak

Johanes Stepen
Nah jelas toh itu perjanjian ALLAH dengan ISHAK bukan yang lain.
Dan bapak harus kutipkan ayat itu ke AL QURAN BAPAK, sebab tidak mungkin ayat A di kitab KRISTEN ayat selanjutnya di AL QURAN, tidak mungkin pak

Edyprayitno
Kej 17:20 Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.
coba bapak perhatikan ayat diatas .
Ismael juga di berkati
anda tidak bisa tutup mata dg ini

Johanes Stepen
betul hanya jadi bangsa yang besar, tapi bukan jadi bangsa pilihan

Johanes Stepen
Kejadian 17
Allah berfirman: “Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.
Mohon di baca ya pak BUKAN ISMAIL tapi ISHAK

Edyprayitno
ha ha ha ..apa bedanya pak . bangsa yg besar dengan bangsa pilihan
perjanjian ALLAH kekal adanya
dan ALLAH sdh berjanji pada semua keturunan nabi Ibrahim seperti ayat diatas

Johanes Stepen
Kejadian 17
(19) Tetapi Allah berfirman: “Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.
Mohon di baca ya pak BUKAN ISMAIL tapi ISHAK

Edyprayitno
saya tahu tujuan anda ngotot mau membelokan ke ishak karena anda akan berkata orang kristen lah bangsa pilihan ? apa seperti itu pak ?

Johanes Stepen
tidak…. bangsa ISRAEL bukan KRISTEN ITU BEDA

Edyprayitno
bener pak
memang Israel sampai sekarang gak mengakui Yesus
jangankan sebagai Tuhan , sebagai nabi saja ogah
terus kenapa bapak tidak mau mengakui jika Ismail juga bangsa yg diberkahi ALLAH
bangkan nubuatan ALLAH keturunan Ismael akan menjadi bangs yang BESAR .

Johanes Stepen
saya tidak tanya mengenai YESUS, tapi tanyakan Mengenai ANAK PERJANJIAN
Kejadian 17 : 19 jelas mengatakan tidak pak
Abraham berusaha menawar sama TUHAN tapi TUHAN TETAP TIDAK MAU’

Edyprayitno
ha ha ha ..pakai tawar menawar ya pak

Johanes Stepen
kejadian 17 : 18
Dan Abraham berkata kepada Allah: “Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu!”
Abraham tidak diterima TUHAN

Edyprayitno
bagaimana firman ALLAH yg akan memberkati semua keturunannya ?
tetapi ayat selanjutnya ALLAH tetap memberkati Ismael sebagai bangsa yg besar ? benar tidak pak

Johanes Stepen
memberkati bukan menjadikan pilihan, contoh ayah anda mengurus semua anaknya, tapi dia pasti memilih 1 anak kesayangan
dan untuk lebih jelas bantulah saya pak carikan saya ayat dari kitab suci yang bapak imani berasal dari TUHAN saja, sebab bible bapak katakan banyak ini dan itu

Edyprayitno
tidak disebut ada anak kesayangan pak
di awal perjanjian ALLAH berkata semua keturunan

Johanes Stepen
itukan contoh dalam keluarga, tapi dalam kitab suci dikatakan ANAK PERJANJIAN, anak yang kepadanya sudah ditarus semua janji seperti yang tertulis di KEJADIAN 15

Edyprayitno
haha anda masih terkungkung dalam satu opini sempit ” anak perjanjian ” emang apa sih pak anak perjanjian itu ? mengacu pada siapa ? Ishak atau nanti anda seret ke Yesus sebagai anak ” perjanjian ” ?
dalam contoh satu keluarga …bapak mana pak yg akan beda2kan anaknya
di dunia saat ini saja nggak ada …contoh anda terkesan mengada ada

Johanes Stepen kejadian 17
(19) Tetapi Allah berfirman: “Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.
perjanjian itu hanya di berikan kepada ishak pak bukan yang lain
didalam semua keluarga pasti ada anak kesayangan, meskipun pengurusan hidup mereka sama, pasti ada perbedaan

Edyprayitno
17:20 Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.
bagaimana dg ayat itu
ALLAH anda jadikan plin plan gitu he he
ada anak kesayangan segala
” Lalu sujudlah Abram, dan Allah berfirman kepadanya: “Dari pihak-Ku, inilah perjanjian-Ku dengan engkau: Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa. Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa. Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak; engkau akan Kubuat menjadi bangsa-bangsa, dan dari padamu akan berasal raja-raja. Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu. Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah mereka.”
coba baca perjanjian ALLAH ini
tidak menyebut satu keturunan saja
tetapi seluruh keturunan

Johanes Stepen
yup 12 raja jangan lupa hanya itu dan lihat lah janji untuk ismae
Kejadian 16
(12) Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya.”
yup 12 raja jangan lupa hanya itu dan lihat lah janji untuk ismae
Kejadian 16
(12) Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya.”

Edyprayitno
tetapi anda jangan lupa …ada ayat juga bahwa perjanjian itu akan di beriakan pada bansa liar itu …saya lupa ayatnya.

Johanes Stepen
kejadian 17 ” 15
(15) Selanjutnya Allah berfirman kepada Abraham: “Tentang isterimu Sarai, janganlah engkau menyebut dia lagi Sarai, tetapi Sara, itulah namanya.
(16) Aku akan memberkatinya, dan dari padanya juga Aku akan memberikan kepadamu seorang anak laki-laki, bahkan Aku akan memberkatinya, sehingga ia menjadi ibu bangsa-bangsa; raja-raja bangsa-bangsa akan lahir dari padanya.”
Anak yang di janjikan TUhan kepada Abraham tidak akan datang dari seorang budak

kejadian 15
(3) Lagi kata Abram: “Engkau tidak memberikan kepadaku keturunan, sehingga seorang hambaku nanti menjadi ahli warisku.”
(4) Tetapi datanglah firman TUHAN kepad…Lihat Selengkapnya

jadi pak Edi carikan lah saya apakah betul anak perjanjian itu ISHAK atau Ismail, alkitab tidak pernah mengingkari anak pertama abraham adalah ISMAIL, tapi anak perjanjian BUKAN ISMAIL tetap ISHAK

Edyprayitno
anda masih berkutat berputar2 di soal ” anak perjanjian saja pak ” padahal ini sdh saya mentahkan bahwa Ismail juga mendapat berkat juga dari ALLAH . jadi sdh tidak ada masalah
kecuali kalau bapak membawa ” anak pilihan ” ini ada maksud mau menjadikan Yesus adalah bagian dari keturunan Ishak sehingga Yesus lah yg berhak menjadi anak ” pilihan ” ini mungkin lagi

Edyprayitno
ok pak saya cukupkan sekian dulu
bapak bisa kembangkan lagi
besok kalau ada waktu kita dialog lagi
bagaimana pak ?

Johanes Stepen
OK… besok kita sambung ya pak