DIALOG EDY PRAYITNO & ABDOLAH

Edy Prayitno :
Salam kenal buat sdr Abdolah , sekilas saya baca anda berlatar belakang Muslim . Terima kasih atas kunjungannya . Sekilas saya baca tulisan2 anda yg terus menyerang islam , tetapi topik2 nya yah itu2 saja ,bisa kita dapatkan diforum2 Murtadin ,Fei – fei , Duladi …dan konco2nya …dengan seabrek nama baik di forum Face book maupun di Blog2. yg diserang topiknya juga sama . perlu anda ketahui bahwa blog saya ini saya khususkan membahas soal ilmu kristologi . bukan islamologi . kita kupas dan kita kritisi ajaran Kristen disini bersama dengan rekan2 Kristen .
jadi kalau anda seorang ” murtadin ” belum punya agama terus mempermasalahkan agama anda ? ini kurang tepat . anda bisa masuk di forum2 muslim yg khusus bahas soal ini .
tetapi kalau anda saat ini sdh pindah menjadi Kristen , maka silahkan masuk dan kita kritisi Kristen juga bersama dengan anda , supaya tidak sepihak saja yg dibahas .
Bagaimana ?

ABDOLAH
hehehe… akhirnya anda muncul juga sdr. edi, terimakasih juga anda mau mengamati sekaligus berkomentar atas kiprah saya, salam kenal.
Ed, apa anda tidak menyadari topik2 yang anda tuangkan dalam blog ini, walaupun dengan judul berbeda, isinya ya itu-itu saja dari tahun ke tahun? topik2 begini sudah ramai dari tahun 1970-an yang cuma korespondensi surat menyurat, sampai era media email dan website!
copot dulu kacamata kuda-mu Ed, supaya wawasanmu lebih luas.
========================

aku yo suroboyo cok, kalimas baru-prapat kurung omahku, masjid mujahidin gonanku solat disek!
===============================

Edy Prayitno :
Saya sudah mengenal anda lama , dulu anda pakai name ID ” Duladi ” kita ketemu di millis “religionspi rituality” pasti sampeyan ingat saya sering panggil anda ” DUL KEMPUT ” .,saat itu kita cari posisi anda lewat pencarian IP . dan posisi anda berada di sekitar Perak , jadi sekarang anda muncul lagi menggunakan nama ABDOLAH . Senang bertemu anda kembali . tetap dengan gaya lama , yg anda masalahkan juga tetap sama dari dulu sampai sekarang . sayang saya tidak simpan dilaog2 saya dengan anda ID : DULADI , karena saya anggap gak jelas apa yg di bahas , kecuali anda bangga dengan menjadi Murtadin . tidak lebih baik .

DOLADI :
hehehe ED…!
anda mempermasalahkan status saya? saya sudah keliling banyak forum debat dalam banyak bidang, mungkin sebelum anda mengenal internet.
jika anda tidak membatasi status keagamaan seseorang selama ini, mengapa muncul pernyataan anda diatas?? sudah hilang status quo nya ya?
==================================

Edy Prayitno :
saya membutuhkan ketegasan sekarang ini apa kenyakinan anda setelah meninggalkan Islam ?

ABDOLAH
EDy, saya belum masuk kristen, mungkin baru ‘mau-akan’ beranjak kesana.
tapi saya masih enjoy dulu, biar saja ktp saya masih islam, karena saya malas berhubungan dengan birokrasi muslim, apalagi masalah perpindahan agama, islam itu berkata Lakum Dinukum Waliyadin yang merupakan ayat ke-6 dari surat Al Kafiiruun : “Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku” ternyata realita umum membuktikan ajaran itu tidak sepenuhnya bisa di jalankan, termasuk anda Ed, juga teman2 muslim-mu, ber-lomba2 dakwah walau satu ayat, tidak lagi kepada oRang yang belum beragama tetapi sudah merambah ke komunitas2 beragama non muslim lain. pokoknya dakwah, diterima sukur, tidak juga tidak mengapa…!
==================================

Edy Prayitno :

cocoknya saat ini saya manggil anda ” Mbah Dul ” entah itu DULADI atau ABDOLAH
Dari semua keterangan anda diatas saya tertarik dengan niat anda , yaitu ingin Menjadi Kristen . ayo kita bahas …kenapa sampeyan setelah sekian puluh tahun berkelanan menghujat Islam dan memproklamirkan diri seorang ” Murtadin ” tiba2 tergerak ingin menjadi ” Kristen ” ..coba anda terangkan apa yg membuat anda sekarang di saat usia sudah tua pengin menjadi orang Kristen ?

Selanjutnya saya undang mbah Dul masuk kesini , kita lanjutkan dialog kita .

ABDOLAH :
pertama:
saya bukan duladi
saya abdolah
kemiripan nama dan tempat
hanyalah kebetulan
anda terlau percaya diri diatas kekeliruan!

kedua:
lihat topik baru yang anda angkat
anda menjilat ludahmu sendiri
dalam kajian kristologi
tidak ada ilmu yang mempelajari
cara menghujat islam atau agama lain
lebih baik anda edit atau anda ralat
bisa jadi blog anda akan disorot
atau bahkan diblokir karena
menyediakan akses dialog
penghujatan terhadap islam,
sayang kan!?

ketiga:
kalau anda tujukan dialog baru
untuk duladi, silakan cari dan hubungi duladi
kalau untuk abdolah, saran saya
contoh:
abdolah, mengapa anda memilih kristen?
lebih elegan!

ke-empat:
belum juga saya menyetujui
anda sudah copy paste dialog saya dan anda
di topik apakah yesus=yhwh?
ke dalam topik baru anda!

siasat licik anda terlihat disini
saya tidak suka di dikte!

jadilah blogger yang gentle !

salam dari abdolah
saya bukan duladi!

Silakan pakai ilmu terbaik anda untuk melacak IP saya!
buktikan disini!

EDY PRAYITNO :
Ok terima kAsih ,akan saya ganti judulnya jika anda terganggu dengan sebutan ” tukang hujat ” dan semoga anda bisa berubah lebih sopan dalam mengkritisi bekas agama anda .

dan juga ternyata ANDA JUGA TUKANG BOHONG :
1. anda bilang rumah anda di surabaya adalah di Kalimas Baru – Prapat Kurung ? mana yang benar ? Kalimas Baru , atau Prapat Kurung ? karena itu dua tempat berbeda dan jaraknya juga berjauhan ? emang punya rumah 2 ?

2. IP anda sudah saya lacak …DAN ANDA PEMBOHONG BESAR . JIKA MASIH BERKATA SAAT INI ANDA BERTADA DI SURABAYA

SEBENTAR LAGI AKAN SAYA MUNCULKAN IP ASLI ANDA DAN LOKASI ANDA SAAT INI ( Apa anda tidak keberatan ? SAYA MINTA IJIN SOAL INI KEPADA ANDA , BAGAIMANAPUN RAHASIA IP PENGUNJUNG BLOG SAYA TETAP SAYA LINDUNGI TIDAK SAYA BOCORKAN UNTUK UMUM , TETAPI JIKA ANDA MENGIJINKAN IP ANDA SAYA MUNCULKAN ,SAYA AKAN MUNCULKAN .BAGAIMANA ?

jika anda berkata anda bukan DULADI memang benar ,karena IP Duladi ada disekitar perak ,sedang IP ABDOLAH POSISINYA berada di Jakarta .

OK kembali ke topik , apa yg membuat anda merasa bahwa Kristen ajaran yg benar ? hingga anda berniat mau kesana ?

ABDOLAH :

Hai ED.. sorry saya baru lihat topik ini sudah anda edit..
tadi saya sudah sanggah komentar anda di topik sebelah
terpaksa saya paste-kan saja disini…

Untukmu : P. EDy. P

apa hukum dalam islam, apabila karena KESALAHANnya sendiri
lantas men-judge orang lain sebagai PEMBOHONG KELAS WAHID??

Islam memperingatkan dengan sekeras-kerasnya tentang buruk-sangka, baik kepada Allah maupun kepada sesama manusia. Dia berfirman, “Wahai orang-orang beriman! Hindarkanlah dirimu dari kebanyakan prasangka. Sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa.” (QS 49: 12)

Rasululah saw. pun bersabda, “Apabila kamu mendengar seseorang mengatakan ‘manusia telah rusak’, maka orang itulah yang paling rusak di antara mereka.” (HR Muslim)
===>> ini untuk kamu camkan Ed, karena kamu muslim (bukan untukku!)

mari saya beri anda pencerahan: PERTAMA :
jika anda dari arah jln.jakarta/barunawati mengarah ke tg.perak,
anda akan mendapati masjid mujahidin disebelah kiri jalan,
(tg.perak barat) 200-300 meter kedepan anda belok kanan
(masuk ke jl.tg.perak timur) didepan gedung (PMK),
maka disebelah kiri, anda akan lewati lapangan sepak bola,
Ini termasuk daerah PRAPAT KURUNG, setelah lapangan, ada belokan
kekiri, anda masuk, jadi posisi anda tetap menyisir lapangan,
saat itu anda sudah berada di area KALIMAS BARU, maju saja
terus anda akan dapatkan gang pertama, jl.kalimas baru II gang 1,
inilah POSISI saya=>kalimas baru II, prapat kurung, tg.perak-surabaya.
kalau dari rumah, saya melangkah 10 meter ke lapangan bola, maka
saya sudah masuk wilayah prapat kurung, BUKAN jalan prapat kurung!

thn65-70an daerah ini terkenal dengan banyaknya genk, dua diantaranya
yang sempat nyohor : BAYAMA dan ALAMO, mungkin anda blm lahir!
jangan2 anda sendiri bukan arek suroboyo Ed, ngaku2 thok palingo!

sebagai info tambahan, saya habiskan sd di sdn deli I tg. sadari, smp saya
hijrah ke maluku, sma saya balik lagi ke sby (sma-5), menyelesaikan study
saya di ITS keputih sukolilo, lepas itu saya menempati rumdis tni-al di semolowaru,
lalu penempatan di pt.PAL(zaman habibie), (semuanya di surabaya, kecuali
smp) tugas kadang di laut kadang di darat, tapi lebih banyak dilaut, karena
dilaut kita jaya (jalesveva jayamahe), kapan2 saya akan ceritakan pengalaman
manis saya hampir karam dengan KRI.DEWARUCI di Honolulu.
dan kalaupun saya masih bisa hidup sehat sampai sekarang itu semua
karena Rahmat Tuhan Yang Kuasa! terakhir berita kapal ini tiba di Saudi Arabia, (28/8/2012) merapat di dermaga pelabuhan Jeddah untuk perjalanan umroh
bagi kadet2 muslim. eh saya ngelantur ni, sampai dimana ED??

pencerahan KEDUA:
anda muslim, jangan menebar informasi sesat.
coba letakkan bukti disini, saat mana saya katakan saya MASIH berada
di surabaya!? jangan permalukan dirimu sendiri Ed!!
saya juga dari surabaya, lihat penjelasan diatas!

pencerahan KETIGA:
saya ijinkan kamu paparkan ip saya disini,
masalah kode etik, bukan urusan saya!!
(hati-hati terjebak pancing nelayan Ed!)
tebakan awal kamu, saya di jakarta adalah SALAH!
coba lacak lagi, mungkin anda dapatkan lokasi saya
bisa di mesir atau di israel, atau bisa jadi di dekat anda!

adios amigos sampe baku dapa laai nyong!

Edy Prayitno

Ok terima kasih atas keterangannya , soal IP saya sudahi saja, toh anda sudah mengaku kalau memang berasal dari sby tetapi saat ini anda berada jauh dari surabaya ,yah ok .

ABDOLAH :

ok-lah, walaupun nampaknya anda tidak satria mengakui kekeliruan anda,
just fine, saya sepakat untuk disudahi.

dalam hal saya melunak
adalah tunjuk hormat saya padamu
sebagai pengelola blog ini
demikian pula harapku
kau lakukan untuk tamu undanganmu ini
“perlakukan orang lain sebagaimana
engkau ingin orang lain berlakukan padamu”

Edy Prayitno :

lanjut pertanyaan saya , karena untuk perkenalan saya anggap cukup>
langsung ke topik , silahkan anda jawab ” Apa yg membuat anda yakin Kristen pilihan terakhir anda ?

ABDOLAH :

Ed, kalau anda teliti teks saya yang anda lampirkan diatas, saya mengatakan “mungkin-baru mau akan” beranjak kesana” jadi belum 100 prosen, hanya saja sudah di-niatkan. saya sedang berpikir, apakah akan saya jabarkan terperinci,
yang bakal menyita ruang, atau hanya saya garis bawahi saja intisarinya.

EDY PRAYITNO :

Sdr Abdolah , kenapa tiba2 jadi ragu gitu , anda bukan anak kecil lagi , pengalaman dan wawasan anda sudah sangat tinggi , apalagi menyangkut pilihan mau pindah agama , harus sdh ada persiapan , minimal sudah mengetahui apa itu Kristen , siapa itu Yesus dst . ini yang saya tanyakan sejauh mana anda sudah mengenal calon agama baru anda ? silahkan

ABDOLAH :

haI Ed, saya siapkan waktu untuk kita ber-argumen
sekarang di tempat saya, pukul 10;25PM

saya ikuti kemauanmu untuk tidak menghujat
maka saya harap anda juga gentle tidak menghujat
jangan coba mengolok dan memaki
karena di otak saya ribuan kata makian tersimpan,

saya mampu untuk berdiskusi dialog sampai debat
dengan tata cara yang dibenarkan,
saya harap anda juga bisa berdiskusi dengan baik!

saya ingin konsen meladeni anda,
sebagai pemilik blog walau tanpa moderasi
bisakah anda menyingkirkan komentar2
yang tidak layak berkenaan dengan topik kita ini??

EDY PRAYITNO :

Jangan kawatir mbah , anda sudah melihat blog saya , apakah ada saya menghujat atau berkata kasar pada rekan dialog saya . Rekan rekan yg sopan kita biarkan sebagai penggembira , sedang kiriman yg kurang sopan akan saya hapus .

ABDOLAH :

baik, saya lanjutkan:

pertama
dalam hal beragama atau berkeyakinan saya tidak mau di-dikte
dengan kata lain bukan kerena ikut2an atau karena jumlah umat.
ataupun hanya karena kata2 orang, jadi saya harus mempelajari
dan merenungkan untuk apa saya beragama.

kedua
saya menilai sebuah agama bukan karena melihat sikap dan tingkah penganutnya semata, karena akan mengakibatkan penilaian saya menjadi subyektif dan tidak fair. Namun saya juga tidak menutup mata atas perlakuan penganut agama yang fanatis, walau tidak mutlak tetapi tetap menjadi analisis saya dalam mengambil point.

ketiga
bagi saya tidak ada batasan umur dalam mengambil pilihan terutama dalam menentukan agama/keyakinan. contoh nabi ibrahim yang baru mendapatkan perintah khitan saat berusia 99 tahun, atau nabi muhammad yang baru mendapat wahyu setelah berusia 40 tahun.

keempat
dalam pengertian saya, manusia beragama atau berkeyakinan, yang paling utama adalah bagaimana manusia itu berinteraksi dalam kehidupan jasmani didunia, kehidupan sosial bermasyarakat, antara orangtua dengan anak, antara tetangga dan umat manusia lainnya tanpa memandang perbedaan jenis kelamin, usia, warna kulit, ras/keturunan. agama dll.

saya tunggu tanggapan anda, EDY

EDY PRAYITNO :

Maaf semalam saya sdh tidur saat anda muncul
ok/….jangan kawatir ,anda sudah baca dialog2 saya ,tidak pernah saya menghujat atau mengolok-olok rekan dialog saya ( saya pakai istilah dialog saja )

jawaban anda nanti akan saya pindah ke atas .anda tetap konsen dengan saya saja.

dari keempat jawaban anda diatas ,saya anggap pembukaan .belum masukmenjawab pertanyaan saya ” kenapa anda yakin jika Kristen adalah pilihan terakhir anda , Kenapa ? apa yg membuat anda yakin . ? silahkan

ABDOLAH :

Ok tidak masalah. Saya akan lanjut lagi.
Anda bertanya, kenapa saya yakin jika Kristen adalah pilihan terakhir saya.
Sebenarnya terlalu kompleks jika dijabarkan satu persatu,
mengingat banyaknya perjalanan dan pengalaman dalam hidup saya.
Tapi saya akan coba memberikan garis besar sederhana, begini:
Saya ingin kehidupan rohani saya tidak terlalu dibatasi oleh kaidah agama.

EDY PRAYITNO :

Saya jadi ragu apakah saat anda masih Muslim sudah menjalankan Agama ini dengan baik dan benar , mengingat orang2 yg saya temui semakin tinggi ilmu agama dan pengalaman terutama soal ajaran Islam , mereka semakin alim dan semakin dekat dengan ALLAH , kenapa anda tidak menemukan hal ini ?

Anda berkata tidak ingin kehidupan rohani anda terlalu dibatasi oleh kaidah agama ? wah terus mau mencari ajaran yang bagaimana ? Hindu , Budha , Kristen ..semua ada aturan dan batasan2nya . Apa ada agama yg membebaskan umatnya semaunya dalam menjalankan syariat agamanya ? saya bertambah heran dengan pendapat anda yg kedua ini ? Batasan dan kaidah apa dalam ajaran Islam ini hingga anda ingin keluar dari agama ini ? apa ada yang membuat anda kurang bebas menjalankan hidup ini jika anda tetap memegang tali ajaran agama Islam ?

ABDOLAH :

Pembatasan perlu, namun tidak perlu detil, karena manusia sudah
dikaruniai akal dan pikiran serta otak yang mutakhir, untuk hidup
lebih manusiawi dan beretika.
Saya bisa memahami kalau jaman dulu, dalam sejarah2 purbakala,
saat manusia belum mengenal tuntunan agama, ternyata mereka
mampu menciptakan budaya dan etika hidup yang setiap masa
semakin meningkat lebih baik dan bernilai positif.

EDY PRAYITNO :

HE HE Batasan kalau gak detail kan malah gak karu – karuan to Mbah , coba lihat tak kasih contoh dalam ajaran Kristen soal “Ibadah Puasa ” mereka mengenal ada Puasa yg di contohkan oleh para nabi dalam Perjanjian Lama dan juga di contohkan Oleh Yesus , tetapi karena tidak ada keterangan detail bagaimana cara ” berpuasa ” maka akan anda temukan berbagai macam cara puasa yg dilakukan oleh masing2 gereja . di protestan akan gak sama dengan di katolik , di aliran2 protestan akan banyak lagi gak sama dalam bagaimana cara berpuasa itu . Maka bermunculanlah berpuasa menurut versi masing2 , ada puasa pantang kesukaan , ada puasa kalau pagi gpp minum asal sedikit ,ada puasa jumat agung , ada rabuabu , 40 hari sebelum puasa , tetapi ada yg melakuakan tetapi ada yg berpendapat umat kristen gpp tidak wajib puasa , terus kapan berbukanya ? apakah ikut islam tunggu bedug magrib atau bagaimana ? gak jelas , dst ..dst /.

anda berkata Manusia sebelum mengenal agama , mereka mampu mengenal budaya ? budaya yang bagaimana ? budaya kalau bunuh orang gpp saat rebutan makanan di hutan ? budaya memakan manusia saat kelaparan ? budaya memperlakukan wanita seperti barang binatang ? itukah budaya menurut anda ? budaya mengubur bayi perempuan , karena dinilai hanya membebani saja , tidak bisa berburu dan bercocok tanam ? saya tambah aneh membaca tulisan anda soal ini , apakah mbah ingin menjadi manusia primitif lagi ?

ABDOLAH :

Lalu untuk apa ber-agama, itu pernah jadi pilihan, setelah saya lepas
status ke-islaman saya secara pribadi. Toh saya tetap percaya adanya
Tuhan, dan tetap eksis berbuat kebaikan terhadap sesama.

EDY PRAYITNO :

Syukurlah sampeyan masih percaya adanya Tuhan , Tuhan yang mana yg anda yakini ? Tuhan YHWH ? Apa Tuhan Bapa ? Apa Tuhan Yesus ? atau Tuhan Roh Kudus , yg mana ?

ABDOLAH :

Waktu berselang, saya merasakan ada yang kurang, saya harus
memiliki agama, maka saya kembali merenung apakah agama yang
terbaik untuk saya. Tentu saya mengecualikan Islam, karena agama ini
serasa tidak cocok dengan prinsip hidup saya.

EDY PRAYITNO :

APa ajaran Agama HARUS Sesuai dengan keinginan kita ? aneh kan .MAnusia lah yg ikut aturan Agama , bukan sebaliknya. Coba anda cari agama di dunia ini yg mau mengikuti karepe manusia dewe-dewe ?

ABDOLAH :

Dalam pandangan saya, ajaran kristen memberi essensi kedamaian.
Kristen memberikan ruang kebebasan berpikir dan berkreasi.
Kristen tidak mengkotak-kotakan manusia karena perbedaan agama.
Dalam Kristen ada janji keselamatan sorgawi yang pasti.

EDY PRAYITNO :

Nah ini yang pengin saya tahu , menurut anda Kristen memberi esensi kedamaian ? hindu dan budha juga sama , kalau hanya ingin esensi ” kedamaian ” saja . kedamaian yg bagaimana menurut anda dalam Kristen yg membuat anda terpesona ?

Dan ada janji keselamatan ? keselamatan yang bagaimana ?
coba jawab dulu : keselamatan itu dari mana ? Apa Islam tidak bisa membuat anda selamat ? atau janji mana yang anda anggap bisa membuat anda yakin akan keselamatan ini dalam ajaran Kristen ? monggo mbah ?

ABDOLAH :

Ayo kita lanjut ED, kepalang tanggung!
kenapa Yesus tidak pernah dipanggil ” ALLAH YESUS ?” .
==>> karena tidak ada istilah TUHAN SWT.
hahahah..emang enak??
ayo ED, tanya lagi pakai akal bulusmu!
tadinya saya sudah berharap dialog ini bisa baik,
ternyata anda sebagai pemilik blog tidak FAIR!

bagi sy, apalah gunanya berdioalog soal istilah sebutan Tuhan? pertanyaan anda soal kenapa Yesus tidak pernah dipanggil ” ALLAH YESUS ?” .
==>>sy jawab : karena tidak ada istilah TUHAN SWT.
mengapa begitu, karena pertanyaan itu tidak penting, dan silakan sanggah, bisakah istilah Tuhan SWt anda pakai dalam keislaman anda?

Edy Prayitno :

kenapa tidak ? menyebut ALLah SWT maupun Tuhan SWT tidak akan menjadi persoalan , katanya anda pernah muslim ttp arti SWT aja gak tahu ! aneh
ini beda jika anda menyebut Tuhan Yesus dg Allah Yesus gak bisa . krn memang ada 2 pribadi disni !
skr jawab dan cari dalilnya jika Tuhan Yesus sama dengan Allah Yesus , monggo mbah

Abdolah BinJaffar :

hehe..anda hanya bermain kata Ed, supaya seolah sy tak mampu jawab soal anda, chek-lah blog anda itu, jawabannya sudah tertera tengah malam tadi jauh sebelum post anda ini.. yang aneh anda sendiri bukan, ko cara dialogmu seperti ini?
bagi sayaEd, istilah2 yang merujuk kepada tuhan bukan masalah penting,apapun sebutan kepada Nya, sy paham Tuhanlah yang dimaksud.. jadi apa gunanya membahas masalah nama Tuhan..

Edy Prayitno :

pertanyaan ini jangan anda anggap gak penting , justru sebaliknya , sangat penting krn ini dasar iman sampeyan mengenal siapa Tuhan anda selepas meninggalkan islam .

Abdolah BinJaffar :

Lebih baik anda langsung ke point persoalan, apa yang mau anda bahas dan kita dialogkan, kalau tetap ngotot soal, tuhan, allah, yhwh, lord, god, sang hyang, 99 asma dlsbnya, buat saya tidak penting, beragama untuk mendapat kedamaian hidup, tidak putar2 masalah nama / istilah tuhan!

Edy Prayitno :

ini beda jika anda menyebut Tuhan Yesus dg Allah Yesus gak bisa . krn memang ada 2 pribadi disni !
skr jawab dan cari dalilnya jika Tuhan Yesus sama dengan Allah Yesus , monggo mbah
pertanyaan ini jangan anda anggap gak penting , justru sebaliknya , sangat penting krn ini dasar iman sampeyan mengenal siapa Tuhan anda selepas meninggalkan islam .

itu karena anda tidak paham jika di kristen ada Tuhan Yesus dan ada Allah Bapa . coba berani nggak umat nasrani bilang Allah Yesus ? gak berani kan . krn Allah Bapa beda dg Tuhan Yesus coba cari dalilnya jika Yesus itu Allah . tak tunggu kalau sampeyan bisa

Abdolah BinJaffar :

dua pribadi piye to mas.. sorry ni, sy tidak suka disuruh2, biasanya sy yg memberi perintah, jadi pointnya saja.
anda tdk usah mutar muter, kebiasaan anda ni membuat dialog jadi kusut..

kalau sy sebut allah yesus, atau gusti yesus, atau tuhan yesus, apa ada umat nasrani yg protes?
Kemarin jam 10:22 · Suka

Edy Prayitno :

nah karena sampeyan gak paham di kristen ada Allah bapa yg mestinya harus lebih tinggi dari posisi Yesus , saya gak menyuruh cuman anda gak bisa tunjukan bukti jika yesus sama dengan Allah itu pointnya

Abdolah BinJaffar :

saya paham cara pandang anda karena berdasar keimanan islam, bagi kristen, Allah Bapa = Yesus, itu mutlak, dan tidak bisa diganggu gugat.. maka kalau Allah Bapa anda anggap lebih tinggi drpd Yesus, itulah opini anda, so apa masalahnya?

Edy Prayitno :

ok lah anggap opini saya tetapi tolong kuatkan alasan sampeyan berdasar ayat di alkitab . monggo mbah kalau ada ayatnya saya akan menyerah dan bilang anda sangat benar , ayo mbah cari dasarnya
mbah , Yesus itu merasa lebih rendah lo dari Allah , itu beliau sendiri lo yg bilang dalam Injil ! kok sampeyan berani beda dg ucapan Yesus ?

Abdolah BinJaffar :

Alkitab mana yg harus sy buka Ed, paham tidak bahasa saya ni.. sy rasa setelah sy kutip ayat maka setelah itu anda permasalahkan terjemahannya, atau editornya atau lainnya, beri sy referensi Alkitab yg anda percayai sebagai bahan referensi dialog..

Edy Prayitno :

alkitab yg anda pegang aja mbah dari LAI silahkan saya tdk protes kok

Abdolah :

sudah sy katakan, anda baca ayat Alkitab berdasar kacamat islam, opini sudah terbentuk di otak anda, anda bukan cari kebenaran dalam Alkitab melainkan mencari kesalahan, ok.. itu juga dulu sy pakai untuk menyerang keimanan kristen, coba pakai trik lain Ed, basi trik2 begitu…

Edy Prayitno :

ini bukan sulap bukan trik mbah Abdolah , kok kaget hanya dg satu pertanyaan mudah gini ? katanya sdh menjelajah dunia debat puluhan tahun

Abdolah BinJaffar :

AW..AW sy terkaget kaget ni ED..hehe

Edy Prayitno :

kayaknya anda perlu belajar sama mas Transformasi Indonesia , beliau lebih cepat dan menguasai ayat2 alkitab

Abdolah BinJaffar :

it’s ok Ed, anda pahamlah, iman asal sy islam, jadi sangat wajar, sy tidak sebanding dengan bro TI di pendalaman alkitab..
Yoh 10:30 “Aku dan Bapa adalah satu”
Yohanes 14:9 “Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa”

Edy Prayitno :

hanya itu mbah ? aku dan Allah adalah satu , disisi lain Yesus juga menyebut murid2 dan beliau juga satu , apakah otomatis Yesus sama dengan murid ?
Kemarin jam 11:15 melalui seluler · Suka · 1

Abdolah BinJaffar :

oya Ed, biar fair tolong anda kasih ayatnya..
eh yg bener Ed, maksud anda sy harus salin semua hal tentang Allah Bapa=Yesus dar alkitab gitu? weleh weleh..

Abdolah BinJaffar :
sy sdh beri 2 ayat Ed, giliran anda beri ayat yg sy pinta..

Edy Prayitno : saya masih di jalan mbah ini pakai hp , nanti sore di rumah akan saya beri ayat lengkapnya . mungkin sampeyan gak percaya yg saya ucapkan ada ayatnya nggak .
tetapi dua ayat sampeyan itu justru bisa gugur , jika kita baca ayat2 lainnya . nah ini yg aneh yah . dalam satu kitab akhirnya malah ada pertentangan di dalamnya .

Abdolah BinJaffar :
hehe..sy percaya ko Ed, krn ayat2 yg diperdebatkan selama ini ada dalam journal sy, hanya saja sy mau anda fair bisa meminta bisa juga dipinta..

Abdolah BinJaffar :
tolong tunjukkan bukti pertentangan ayat2 itu Ed.. kalau tidak siap sekarang, sy tunggu nanti sore, gimana?

Edy Prayitno :

diayat kedua bilang ” barangsiapa melihat Aku dia melihat Bapa ? tetapi ada ayat lain juga mengatakan bahwa Yesus hanya duduk disebelah kanan Bapa ? nah jadi apakah Yesus menyatu dengan Bapa ? atau ada Bapa dan sebelahnya ada Yesus ? jelas kan ternyata Yesus dan Bapa ada 2 pribadi !

Edy Prayitno :
ok kita lanjut nanti sore . krn skr mau jalan lagi . senang bisa bincang2 dg anda , selamat siang

Abdolah BinJaffar :
ok kawan..semoga sore nanti tidak ada halangan, karena rekanan2 sering datang berkunjung kalau sy sedang off