Edi Prayitno VS Sang Debaters
Oleh Prakash Oktobil di Sang Debaters (Menyingkapkan Isi Alkitab Kepada Dunia) ·
Topik : apakah Yesus = YHWH
waktu 2 jam penuh , Hari Selasa 29 Mei 2012 , Jam 21.00 – 23.00
Moderator : Prakash Oktobil .

Edy Prayitno ,
Ok terima kasih kepada sdr moderator Prakash Oktobil

Prakash Oktobil
silahkan pak, waktu kita beri ketika bapak mulai bertanya

Edy Prayitno
Di surabaya sebentar lagi ada seminar soal ini , Insya ALAH saya akan hadir di sana , diskusi ini bisa menjadi bahan besok..saat ikut seminar bersama kawan2 kritiani , FPI , dan beberapa rekan dari pondok tebu ireng .

Edy Prayitno
ada anggapan berita tersembunyi dan ini dinyakini oleh semua umat nasrani , bahwa Yesus adalah penjelmaan YHWH . apakah hal ini bener menurut bang Rudy Yohanes ?

Stepen Coi
selamat malam pak Edy Prayitno,

sebenarnya saya mau hadir untuk acara live apa saja, hanya saja kondisi muslim belum siap menerima perbedaan itulah yang sayakhawatirkan

Stepen Coi
betul, bahwa Yesus adalah YHWH adalah betul adanya

Edy Prayitno
Selamat malam . betul pak Yo , besok di surabaya bukan debat , tetapi seminar untuk kalangan tertentu .yang membahas apakah Yesus adalah YHWH . ..nah kalau betul bapak ambil dasar dari mana ?

Stepen Coi
Yohanes 1 : 1(1) Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
Coba kita ganti bahasanya ya
Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama-sama dengan YHWH dan Firman adalah YHWH

Edy Prayitno
Dasar anda mengambil ayat yoh1:1 apa sdh tepat pak ? mengingat Yesus beberapa kali berkata bahwa beliau hanya penyampai ” firman ”

Stepen Coi
sudah tepat sekali dan sangat tepat

Edy Prayitno
bagaimana dengan ucapan Yesus berikut ini ? Yohanes 1212:50 Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh Bapa kepada-Ku.”

Stepen Coi
ini adalah betul sekali pak, sebab YESUS adalah FIRMAN ITU SENDIRI, dan FIRMAN ITU SENDIRI BERASAL DARI YHWH

Edy Prayitno
coba anda pahami ayat yg saya kasih . disana ada pemisahan yang sangat jelas antara si ” pem,beri ” dan ” penerima ” FIRMAN ?

Stepen Coi
betul sekali pak, dia akan menjadi satu jika YESUS (FIRMAN) bersama-sama dengan YHWH Yohanes 1 : 1 juga sudah jelas

Edy Prayitno
Maaf pak , apakah Yoh 1 : 1 ini ucapan Yesus ?

Stepen Coi
Yohanes sebagai pembuka jalan bagi Tuhan dan semua sudah di nubuatkan, maka saya dapat katakan YA (tetapnya YHWH)

Edy Prayitno
berarti Yoh 1 : 1 bukan ucapan Yesus ..ya pak ..betul ?

Stepen Coi
ucapan YESUS ( tepatnya FIRMAN TUHAN, dan FIRMAN ITU BERSAMA-sama dengan TUHAN maka FIRMAN ADALAH TUHAN)

Edy Prayitno
maaf pak yang jelas ..apakah Yoh 1 : 1 ucapan Yesus pak ?

Stepen Coi
Ya…. sebagai bukti kita lihat saja ayat yang ke 6
Yohanes 1 : 6(6) Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes;
yohanes 1 -5 adalah Firman Tuhan dan Yohanes 6 itu lah mulai kisah tentang yohanes pembaptis

Edy Prayitno
yoh ‎1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.1:2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.1:4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.1:5 Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.1:6 Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes;1:7 ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya.1:8 Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu.1:9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.1:10 Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.1:11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.

Edy Prayitno
coba kita periksa ..siapa yg bercerita di ayat itu ?

Stepen Coi
jelas FIRMAN TUHAN baca saya dari ayat 1-5

Edy Prayitno
he he he ..ada penelitian dari para pendeta yg meneliti mana ucapan asli Yesus dan mana yg hanya karangan penulis kitab . anda pasti pernah tahu atau baca bukunya , dan yoh 1 :1 setelah diteliti bukan ucapan Yesus.

Stepen Coi
saya tidak percaya mereka pak, saya lebih percaya pada isi alkitab, jika bapak percaya pada mereka, maka kita harus buat satu keadilan, bapak harus percaya ucapan salman rusdi dan batros?

Edy Prayitno
the five GospelsSeminar Yesus adalah sekelompok sekitar 150 sarjana kritis dan awam didirikan pada tahun 1985 oleh Robert Funk di bawah naungan Institut Westar . [1] Seminar ini menggunakan suara dengan manik-manik berwarna untuk memutuskan pandangan kolektif mereka terhadap historisitas dari perbuatan dan ucapan dari Yesus dari Nazaret . [2] Mereka menghasilkan terjemahan baru dari Perjanjian Baru dan Apokrif untuk digunakan sebagai sumber tekstual. Mereka mempublikasikan hasil mereka di tiga laporan: The Five Gospels (1993), [3] Kisah Yesus (1998), [4] . dan Injil Yesus (1999) [5] Mereka juga menjalankan serangkaian ceramah dan lokakarya di kota-kota AS yang bervariasi.

Edy Prayitno
mereka adalah pakar2 gereja , bukan non kristen ,tetapi dari kalangan kristen sendiri .mereka berkumpul dan meneliti ALkitab .

Stepen Coi
salman rusdi juga orang muslim pak, demikian juga batros pada awalnya, dan mereka pakar juga, mengerti bahasa arab,

Edy Prayitno
tetapi kalau kita yg awam ini saja pak ..begitu membaca yoh1:1 pasti bisa melihat siapa yg berkata disana . apakah Yesus atau pengarang kitab Yohanes ?

Edy Prayitno
berarti ada orang ke 3 selain Yesus dan Yohanes .yg menyusun buku kitab Injil Yohanes .

Stepen Coi
itu karena bapak memaksakan bahwa ajaran kristen itu salah, bagi saya saya dapat melihat itu adalah FIRMAN TUHAN, sebab pada ayat ke 6 muncullah kisah Yohanes pembaptis

Stepen Coi
Penulis injil banyak pak, dan itu adalah bukti bible itu sahi dan kitab TUHAN, jika penulisnya hanya satu, itu baru kita ragukan pak, dan bukan tidak mungkin terjadi PENIPUAN disana, tapi kalau lebih dari satu, BISA DIPERTANGGUNG JAWABKAN, artinya ada yang menyaksikan YESUS berFIRMAN

Edy Prayitno
itulah pak ayat ke 6 muncul malah memperkuat bahwa ada orang ke 3 selain Yesus dan Yohanes . Orang ke 3 inilah yang menyusun kitab Yohanes ini . siapakah orang ini ? ini menjadi misteri hingga saat ini siapa sebetulnya pengarang kitab Injil Yohanes ,apakah Yohanes pembaptis atau Yesus ? atau orang lain ( orang ke3 )

Stepen Coi
jika saya baca hanya ada FIRMAN TUHAN pak, dan penyaksi atau penulis, YESUS TIDAK MENULIS KITAB PAK

SEBAB JIKA PELAKU ADALAH YANG BERSAKTI, BISA JADI PALSU PAK, tapi YESUS ITU NYATA, YESUS BERFIRMAN ADA YANG MEYAKSIKAN DAN ADA YANG MENULIS

Edy Prayitno
Ok terima kasih atas jawabannya . bahwa anda menyakini bahwa Yesus tidak menulis kitab . dan kalau kita lihat cerita kitab Injil adalah ucapan Yesus akan di kutib secara langsung ,bisa anda teliti dalam kitab Injil ,semua ucapan Yesus dikisahkan secara langsung dan menggunakan kalimat ” langsung ” . tetapi Yoh1 : 1 ini ada lah ayat yang bercerita …..bukan ucapan Yesus secara langsung yg biasanya dikutib .

Edy Prayitno
kenapa saya membandingkan ini , karena ada perbedaan antara ucapan Yesus secara langsung ,lihat ayat Yohanes 1212:50 Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh Bapa kepada-Ku.”..ini ucapan Yesus yg dikutip secara langsung .

Stepen Coi
Yup betul sekali pak, BAGI KAMI ADALAH KEBODOHAN UNTUK MEMPERCAYAI 1 orang penulis Kitab suci, 1 orang yang mendengar kitab suci, 1 orang yang bertemu Tuhan, dan orang yang sama juga Yang menerima wahyu, akal sehat kekristen kami mengataan ORANG ITU ADALAH PEMBOHONG

Maka adalah betul YESUS yang berfirman dan ada yang menuliskannya, itulah sebabnya hanya 10 perintah TUhan yang ditulis oleh tangan TUHAN secara langsung

dan Yohanes 1 : 1 adalah FIRMAN TUHAN

Edy Prayitno
akan berlawanan arti dengan yoh1:1 yg bukan ucapan Yesus secara langsung .

Stepen Coi
tidak ada yang berlawanan pak, sebab YESUS ADALAH FIRMAN ITU SENDIRI, dan Yohanes 1 : 1 adalah FIRMAN TUHAN

Edy Prayitno
kalau Yesus itulah Firman ALLAH bagaimana juga dengan ayat berikut :Yohanes 1717:8 Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Stepen Coi
nah ini lagi semakin meneguhkan bahwa YESUS adalah FIRMAN itu sendiri, SEMUA PEMIKIRAN TUHAN yang diucapkan melalui FIRMAN (atau melalui YESUS) sudah disampaikan YESUS, dan ANDA MENGUTIP AYAT YANG TEPAT, bahwa YESUS datang dari YHWH dan mereka PERCAYA, terimakasih atas kutipan ayat ini pak

Edy Prayitno
coba kita perhatikan baik2 pak Yohanes , Sebab semua yg Engkau sampaikan telah ..kusampaikan ..dst dan mereka percaya bahwa Engkaulah yang MENGUTUS AKU …….Jadi siapa yg merintah siapa yg diperintah ? siapa yang mengutus dan siapa yang diutus ? coba baca lagi pelan2 pak .

Stepen Coi
bagini saja untuk meyakinkan adan CARIKAN SAYA 1 ayat saja dari BIBLE TUHAN BERFIRMAN KEPADA YESUS, terus YESUS menyampaikan kepada manusia

Edy Prayitno
he he 2 ayat tersebut sudah menjawab pertanyaan bapak.

Edy Prayitno
‎17:8 Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku …siapa yg berfirman pak ?

Stepen Coi
belum pak, saya belum lihat ada TUHAN berfirman kepada YESUS disana, sama seperti TUHAN KEPADA MUSA, jelas ada, dan MUSA MENYAMPAIKAN KEPADA MANUSIA, silahkan pak cari lah gunakan alkitab.otak.info

Edy Prayitno
Yesus atau YHWH ?

Edy Prayitno
he he he ….masa ayat sudah jelas gitu masih bingung pak ?

Stepen Coi
Yohanes 17 : 8, ITU UCAPAN YESUS YA PAK?DAN BUKAN TUHAN YANG BERFIRMAN KEPADA YESUS TERUS YESUS MENYAMPAIKAN KEPADA MANUSIA, tapi SEMUA UCAPAN YESUS ADALAH FIRMAN TUHAN
DAN kembali ke YOHANES 1 : 1 untuk melihat hubungan FIRMAN dengan YHWH

Stepen Coi
saya tidak bingung, saya lihat bapak yang bingung

Edy Prayitno
coba anda saya kasih satu ayat lagi :

Jawab Yesus kepada mereka: “Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku. Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri. Barangsiapa berkata-kata dari diri-Nya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusnya, ia benar dan tidak ada ketidakbenaran padanya. (Yohanes 7:16-18) .

Edy Prayitno
Coba baca ….Yesus sendiri ? atau ALLAH ( YHWH ) yang perlu diikuti

Stepen Coi
betul, ajaran YESUS tidak berasal dari diri sendiri, mana ada firman berasal dari firman, pasti dari yang berfirman, tidak ada yang salah
dan betul juga Tuhan mengutus FIRMAN, mana pernah Tuhan datang langsung dan berjumpa manusia, manusia akan mati pak
yang anda tulis makin MENJELASKAN YESUS ADALAH FIRMAN, dan bagai mana melihat hubungan FIRMAN DENGAN YHWH?
LIHAT LAH YOHANES 1 : 1JIKA FIRMAN BERSAMA DENGAN YHWH maka FIRMAN ADALAH YHWH

Edy Prayitno
anda masih kebingungan lagi pak memhami ayat ,gini aja deh coba anda tafsirkan Yoh 7 : 16-18 itu sebenranya seperti apa ?

Stepen Coi
baik saya akan artikan kepada anda
saya mulai dari judul lebih dahulu
Yohanes 7 :14-24 = Kesaksian Yesus tentang diri-Nya(15) Maka heranlah orang-orang Yahudi dan berkata: “Bagaimanakah orang ini mempunyai pengetahuan demikian tanpa belajar!”
perhatikan ORANG YAHUDI TERCENGANG DARI MANA YESUS PUNYA PENGETAHUAN DEMIKIAN TANPA BELAJAR, Maka YESUS MENJAWAB

(16) Jawab Yesus kepada mereka: “Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku.
BAHWA AJARAN YESUS, atau FIRMAN YANG DISAMPAIKAN YESUS bukan berasal dari YESUS sendiri tapi dari YHWH, sebab Tuhan tidak pernah berjumpa manusia langsung, tetapi selalu mengutus YESUS(firman)
(17) Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri.

Yesus mengajak orang untuk membuktikan apakah Ajaran Yesus itu betul berasal dari TUHAN

(18) Barangsiapa berkata-kata dari dirinya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusnya, ia benar dan tidak ada ketidakbenaran padanya.

Yesus mangajarkan Carilah hormat dari YHWH

jadi betul BAHWA YESUS ITU ADALAH FIRMAN TUHAN

SEBAB Orang YAHUDI tidak pernah mendengar apa yang di ucapkan Yesus, dan mereka tidak pernah tau ajaran itu dari mana, mengapa YESUS PAHAM, sebab YESUS ADALAH FIRMAN ITU SENDIRI

TIDAK MASALAH YESUS MENJELASKAN BAHWA FIRMAN ITU ADALAH UTUSAN TUHAN

Stepen Coi
bagai mana melihat FIRMAN MEJADI YHWH, lihatlah YOHANES 1 : 1 jika FIRMAN ITU BERSAMA-sama dengan YHWH

Edy Prayitno
Ini jawaban anda :BAHWA AJARAN YESUS, atau FIRMAN YANG DISAMPAIKAN YESUS bukan berasal dari YESUS sendiri tapi dari YHWH, sebab Tuhan tidak pernah berjumpa manusia langsung, tetapi selalu mengutus YESUS(firman)——————————————Anda sudah mulai paham .bahwa Yesus adalah utusan . tetapi anda masih mencampurkan antara Firman dengan Yesus .

Edy Prayitno
Apa sih ” Firman ” itu ? para nabi juga menerima Firman , Musa juga menerima Firman ,gak beda kan dengan Yesus .

Stepen Coi
wah dari dahulu juga saya paham bahwa Yesus itu utusan, bahwa Yesus adalah Firman, dan Firman selalu di utus Tuhan, dan Firman juga menjadikan segala sesuatunya, Yesus adalah FIRMAN, jadi saya bukan mencampurkan tapi memang demikian

Stepen Coi
para nabi menerima FIRMAN, artinya para nabi Mendengar YESUS, sebab Yesus pada mulanya adalah Firman, itulah hebatnya ajaran kristen, jika ada yang bertanya apakah orang sebelum Yesus datang juga diselamatkan? jawabnya ya, sebab Yesus dahulunya adalah Firman Tuhan, jadi barang siapa mendengar Yesus(firman) maka dia diselamatkan

Edy Prayitno
Ok anda sudah mengakui jika Yesus hanya utusan . ini saya terima . tetapi soal Firman yang disampaikan ke pada para nabi adalah ” Yesus ” he he he ini bagaimana ? anda masih mencampurkan Firman ” Kalimat ALLAH ” dengan Yesus sang utusan . anda masih berdasar pada hal yang sangat labil kalau hanya berdasar ayat Yoh 1:1 karena ayat tersebut hanya karangan penulis kitab bukan ucapan apalagi Firman ALLAH .
Prakash Oktobil waktu sudah habis, apakah mau di perpanjang lagi? jika ya kita kasih waktu 1 jam lagi, mohon konfirmasi, baru sang debaters menjawab, dan mohon kepada pak edy langsung saja fokus pada topik

Edy Prayitno
Apakah Yoh 1:1 adalah Firman ALLAH ? siapa yang menerima ? siapa yang menulis ?

Edy Prayitno
Ok tambah lagi ,saya sudah fokus tetapi sayangnya pak Rudy jawabnya kurang pas ( menurut saya )

Edy Prayitno
dan anda belum bisa menjelaskan secara jelas dasar anda ini .

Stepen Coi
baik saya akan jawab

anda mengakui Yesus adalah utusan, mengapa anda tidak mengakui bahwa FIRMAN itu juga utusan? dan adalah benar Yesus=Firman maka firman dan Yesus adalah utusan

Stepen Coi
saya menjawab sudah pas pak, hanya saja anda memksakan saya harus ikut pikiran anda , itu tidak mungkin pak

Stepen Coi
sudah saya jelaskan pak

Edy Prayitno
Ok saya hargai jawaban anda pak . sekarang apa anda bisa bedakan apa itu Firman dan apa itu utusan ?

Stepen Coi
sebelum saya jawab, saya maulihat pernyataan jelas andaAPAKAH FIRMAN ITU JUGA UTUSAN?

Edy Prayitno
Firman adalah ucapan ALLAH yang disampaikan kepada para nabi ( utusan ) ini seperti 3 ayat yg saya kasih di atas .dengan jelas Yesus berkata hanya menyampaikan pesan .

Edy Prayitno
Coba kita analisa jawaban anda : jika mempertahankan yoh1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.Mungkinkah “Firman itu adalah Allah” ?!…

PERHATIKAN analogi ini : Pada mulanya adalah asap; asap itu bersama-sama dengan api dan asap itu adalah api.

Naaah, mungkinkah “asap itu adalah api” ????..

Stepen Coi
ok, FIRMAN ADALAH UCAPAN ALLAH, maka TUHAN punya suara ITU BERNILAI BENAR

Maka Manusia Tunduk kepada UCAPAN TUHAN, artinya manusia menyembah ucapan TUHAN

maka selain TUHAN YANG DISEMBAH UCAPANNYA JUGA DISEMBAH, sebagai BUKTI BETAPA PATUH MANUSIA PADA SUARA TUHAN

JADI APAKAH TUHAN ADA 2? tidak

FIRMAN ADALAH UCAPAN TUHAN, jika TUHAN DATANG TIDAK DENGAN FIRMANNYA, MAKA DENGAN APA TUHAN MENCIPTAKAN SESAUATU? dengan APA TUHAN MENYAMPAIKAN PIKIRANNYA kepada MANUSIA?

MAKA ADALAH BETUL DIMANA ADA TUHAN DISITU ADA FIRMANNYA, dan FIRMAN ADALAH TUHAN

sekarang Penyampaian FIRMAN KEPADA NABI

Apakah TUHAN TIDAK MENGUTUS FIRMANNYA? jawab HARUS MENGUTUS FIRMANNYA, sebab Tuhan selalu menaruh FIRMANNYA PADA MALAIKAT, dan juga benda lain yang TUHAN inginkan, TIDAK ADA TUHAN LANGSUNG BERTEMU MANUSIA, sebab MANUSIA ITU AKAN MATI, maka SUARA TERSEBUT HARUS DISAMPAIKAN MELALUI UTUSAN, atau di UTUS

YESUS ada kerena TUHAN Ingin bertemu langsung manusia, jika Tuhan hadir dalam ujud asli, manusia akan mati, jika hadir dalam ujud roh, manusia tidak boleh melihat, jika hadir dalam ujud suara, sudah dilakukan TUHAN dari dahulu kala, maka TUhan mengambil rupa manusia dalam Ujud Yesus, dan hanya FIRMAN yang di urus Yesus dari dahulu kala, itulah sebabnya YESUS = FIRMAN

Edy Prayitno
he he keterangan anda masih sulit di pahami , apa anda pernah mendengar apa itu Logos apa itu Rhema ?

Stepen Coi
itu sudah gampang sekali di cerna bro, JIKA ANDA MAMPU MENGATKAAN FIRMAN TUHAN ADALAH SUARA TUHAN, maka anda SAYA TANYA DAN JAWAB DENGAN JUJUR, APAKAH SUARA TUHAN TIDAK BERADA DIDALAM TUHAN?

Edy Prayitno
Suara ( Firman ) adalah milik Tuhan , dan suara ini disampaikan kepada Kurir ( nabi ) untuk disampaikan . benar kata anda ALLAH memang butuh kurir yg dipakai sebagai penyampai Firman . kepada para manusia .

Stepen Coi
pertanyaan saya bukan itu pak

APAKAH SUARA TUHAN BERADA DILUAR TUHAN, atau DI DALAM TUHAN?

mengenai penyampaian FIRMAN, Tidak ada Tuhan langsung berjumpa nabi, tapi di utus FIRMAN atau suara itu kedalam dunia, sehingga didengar oleh manusia, bahkan ada yang di utus lewat mulut para malaikat

Edy Prayitno
Coba anda pahami sekali lagi ayat ini ,biar jelas .12:49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan…

Dua ayat tersebut saling menjelaskan posisi Yesus… hanya sebagi penyampai Firman Allah… sedangkan yg diucapkan Yesus secara pribadi adalah Rhema… Firman Allah yg disampaikan oleh Yesus disebut Logos… Jelas sekali bukan…??!! Keterangan yg sangat terang benderang…!!! Gak usah dibikin rumit untuk hanya sekedar memaksakan pendapat bahwa Yesus adalah Firaman .

anda bertanya mana ada ucapan ALLAH berfirman …Yesus Kristus tidak perlu berkata, “Allah berfirman kepada-Ku untuk menyampaikan firman ini… bla bla bla”. Karena Yesus cukup mengatakan “..Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan… bla bla bla”Atau cukup mengatakan Yoh 8:28 Maka kata Yesus: “…. tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.”

Edy Prayitno
Jadi ,Yesus perlu ” diajarin , perlu diperintah , dst

Stepen Coi
pak edi mohon di jawab yang saya tanyakan, agar kita bisa lebih tegas berdiskusi, yakin saya akan menjawab semua pertanyana ada, tpai saya orangnya harus tegas-tegasan dalam berargumen

Stepen Coi
ini harus anda jawab dengan tegas
APAKAH SUARA TUHAN BERADA DILUAR TUHAN, atau DI DALAM TUHAN?

Edy Prayitno
Suara yang sudah dikeluarkan adalah berupa ” mesage ” pesan dan sdh keluar dari si pemberi pesan …beralih dan diterimaoleh ” reciver ” penerima pesan

Edy Prayitno
apakah ” mesage = reciver ” ? coba anda tanya pada yg ahli ilmu komunikasi soal ini . apakah sama ?

Stepen Coi
wau………….. Saya hanya tanya apakah suara Tuhan berada di luar Tuhan? atau apakah Firman Tuhan berada di luar Tuhan, katakan lah TUhan di Yogya suaranya di bandung? mohon perjelas, jika didalam Tuhan katakan didalam Tuhan, jika di luar katakan diluar, sebab Firman itu ada yang sudah di ucapkan tapi ada yang akan diucapkan dan ada yang belum diucapkan, maka kita akan lihat dimana letak FIRMAN TUHAN

Stepen Coi
contoh Firman yang sudah di ucapkan, adalah kejadian 1 ayat 1, dan yang akan diucapkan adalah kejadian 1 : 2 dan yang belum di ucapkan adalah bilangan

Edy Prayitno
sudah saya jawab pak , mungkin anda perlu pelajaran soal ilmu komunikasi verbal . suara dalam hal ini sudah dikirim nah ini sudah berubah dalam bentuk pesan ( firman ) bisa di ucapkan , di tulis , untuk disampaikan kepada siapa ? peneriman . penerima ini di sebut Reciver dalam ilmu komunikasi . apakah ” mesage ” pesan ini masih ada dalam diri penyampai ? yah nggak …karena sudah dikeluarkan . pesan yg sdh diutarakan ini juga bisa di sebuit ” ide ”

Edy Prayitno
kalau masih di dalam ,itu masih berupa ” angan2 ”

Stepen Coi
anda belum jawab paksebab FIRMAN ITU ADA YANG SUDAH DISAMPAIKAN, ada yang akan disampaikan ada yang belum disampaikan silahkan jawab dengan tegas pak DIMANAKAH FIRMAN ITU BERADA, apakah didalam TUHAN atau di laur TUHAN

Stepen Coi
jika FIRMAN TUHAN TIDAK DALAM TUHAN LAGI, JIKA SUDAH DISAMPAIKAN, LANTAS MENGAPA MANUSIA TUNDUK PADA FIRMAN TERSEBUT, DAN MENGIKUTI FIRMAN TERSEBUT? mohon bedakan ucapan manusia yang jika diucapkan dia keluar dan hilang kemana-mana tidak berarti, dengan UCAPAN TUHAN yang tetap ada, dan disembah manusia

Edy Prayitno
Firman ( pesan ) atau mesage ….tidak pernah disembah pak ? apa anda punya dasar dengan jawaban anda ini ?

Stepen Coi
wah anda tidak turut ya sama firman tersebut, jika anda turut dan patuh itu sama dengan menyembah

Edy Prayitno
beda pak antara patuh dengan menyembah . contoh ,saat nabi Musa membawa dua loh batu berisi 10 hukum ALLAH ,apakah Musa menyembah dua batu itu ? atau menyembah tulisan itu ? karena pesan (mesage ALLAH ) sudah berubah menjadi tulisan

Edy Prayitno
ternyata Firman ALLAH ( yg tertulis dalam dua loh batu itu hingga saat ini tidak ada yang menyembahnya .

Stepen Coi
bukan 2 lotnya yang disembah pak edi, tapi isi lith itu, dan musa patuh, tunduk dan taat, bukan kah ciri menyembah adalah patuh, tunduk dan taat, bahkan di mana pun mendengar FIRMAN itu dia sujud

Stepen Coi
mengapa firman itu bisa mencipta? mengapa Firman itu bisa membuat menusia terhukum atau terbebas? mengapa Firman itu bisa menyelamatkan manusia? jawablah dengan hati nurani mu

Edy Prayitno
he he he saya belum pernah dengar ada yg sujud kepada tulisan ? atau Firman ALLAH saat disampaikan ?

Edy Prayitno
Mesage ALLAH adalah pesan ….ini yg kita patuhi , menyembah tetap kepada sang sumber pesan .
Stepen Coi baik, bakarlah FIRMAN TUHAN TERSEBUT JIKA KAMU MAMPU?

Stepen Coi
mohon dijawab yang ini pak

mengapa firman itu bisa mencipta? mengapa Firman itu bisa membuat menusia terhukum atau terbebas? mengapa Firman itu bisa menyelamatkan manusia? jawablah dengan hati nurani mu

Edy Prayitno
Bukan ” firmannya ” yang mencipta pak. tetapi ALLAH mencipta sesuatu hanya berdasar ucapan saja . Jadilah maka jadi

Edy Prayitno
Kun faya kun …jadilah maka jadi

Stepen Coi
nah itu yang anda katakan JADILAH MAKA JADILAH itu apa? FIRMAN TOH, kalau TUHAN TIDAK BERFIRMAN APA JADI? jawab dong, maka kamu akan menemukan kebenaran YOHANES 1 : 1

Stepen Coi
adakah TUHAN menciptakan dunia ini tanpa FIRMAN, tanpa UCAPAN? hanya manusia yang dibentuk Tuhan secara langsung sebab serupa dan segambar dengan TUHAN

Edy Prayitno
he he nah yang berkuasa siapa pak ? yang mengucapkan ? atau ucapan itu ( mesage ) ?

Stepen Coi
yang berkuasa adalah FIRMAN BERSAMA – SAMA DENGAN YHWH maka FIRMAN ADALAH YHWH? ITULAH YANG TERJADI, sehingga FIRMAN ITU MAMPU MENCIPTAKAN APA SAJA, MAMPU MENGHUKUM, MENYELAMATKAN SIAPA SAJA JIKA FIRMAN BUKAN ALLAH, MAKA KUASA SUARA ITU TIDAK AKAN ADA APA-APA DAN ALLAH JUGA TIDAK AKAN MENCIPTA APA-APA TANPA FIRMAN TERSEBUTBERTOBATLAH HANYA YESUS JALAN KEBENARAN DAN HIDUP

Edy Prayitno
pak apa ada Firman ? mesage / atau pesan …jika tidak ada sumbernya ?

Edy Prayitno
sumber ini disebut ” Source ” …sedangkan ucapan disebut ” mesage ” , apakah Source ini sama dengan mesage ” ? he he he

Stepen Coi
nah itu benar, dan apakah TUHAN bisa mencipta jika tidak ada FIRMAN? dan apakah FIRMAN BERKUASA JIKA TIDAK BERSAMA TUHAN? itulah sebabnya dikatakan FIRMAN BERSAMA-SAMA DENGAN YHWH maka FIRMAN ADALAH YHWH

Edy Prayitno
tetapi Yesus bukan Firman . karena Yesus hanya berfungsi sebagai perantara .

Stepen Coi
Yohanes 1 ; 14 itu sudah jelas pak

Dan tidak ada lagi TUHAN BERFIRMAN KEDALAM DUNIA, setelah YESUS datang, karena semua ucapan YESUS adalah FIRMAN TUHAN dan punya kuasa

Prakash Oktobil
waktu 2 jam sudah kita lewati, karena sudah lewat waktu maka debat SELESAIiiiiiiiiiiiiiiii,,,,,,, jika pak Edy Prayitnomasih penasarn bisa dilanjutkan besok hari

Edy Prayitno
Terima kasih sdr Prakash Oktobil . terima kasih kepada bpk Rudy Yohanes yg sudi berdialog dengan saya .

Stepen Coi
sama-sama pak, selamat malam, sampai jumpa esok hari