Dialog edy prayitno & Mas Sony
” Benarkah NAbi Muhammad 100% buta huruf ?”

Mas Soni :
Aku mau tanya: Mengapa saat Muhammad mendapat ‘wahyu’ dan disuruh baca oleh Jibril di Gua Hira, dia tak bisa baca? Apakah Jibril tidak tahu jika Muhammad itu buta huruf? Apa yang disuruh baca, sebuah tulisan diatas buku atau apa? Siapa yang menyuruh Jibril memberi ‘wahyu’ itu?

Edy Prayitno
Allah maha tahu ,itulah sebabnya Jibril memberi mukjizat pada Muhammad agar bisa membaca dan menghafal .

Vj Juda
Kata’y muhammad buta huruf, tp kok bs baca! Berarti HOAX dong yg slama ini slalu digembor2kn kalo muhammad itu buta..

Mas Soni
Edy, anda belum jawab pertanyaan saya.

Edy Prayitno
Nabi Muhammad sebelum mendapat mukjizat memang buta huruf tetapi setelah kedatangan malaikat Jibril ,beliau bahkan bisa mengahafal surat2 panjang …..

Mas Soni
Jadi saat di paksa baca sampe 3 kali, Muhammad akhirnya bisa baca? Jibril kasih baca sebuah buku atau apa? Yang suruh Jibril siapa? Bukankah Muhammad terkenal dgn buta huruf? Jadi setelah perjumpaan dgn Jibril itu, Muhammad lalu bisa baca / tidak buta huruf lagi?

Edy Prayitno
baca ..dan hafalkan …saat turun pertama kali ayat iqro …bacalah ..Kemudian malaikat membaca : “Iqro` bismi robbikal ladzii kholaq. Kholaqol insaana min `alaq. Iqro` warobbukal akrom. Alladzii `allama bil qolam. `Allamal insaana maa lam ya`lam”.

Mas Soni
Jadi bukan Muhammad yg baca? Jadi Jibril sendiri yg baca lalu dihafal Muhammad? Anda belum jawab: Siapa yg suruh Jibril ke Muhammad?

Edy Prayitno
MAlaikat Jibril adalah malaikat yg menyampaikan wahyu pada semua para nabi …termasuk saat kehamilan ibu Maryam

Mas Soni
Ok, jadi Muhammad memang tak bisa membaca toh? Hanya hafal iqra dari Jibril toh? Berarti betul jika Muhammad buta huruf saat itu. Ya atau tidak?

Edy Prayitno
iya …
tetapi berkat mukjizat ALLAH …akhirnya nabi justru bisa menghafal banyak ayat

Mas Soni
Nah, jika Muhammad memang nabi yg buta huruf, lalu kenapa Tuhan suruh Jibril untuk menyuruh Muhammad membaca? Bahkan dipaksa sampe berkali-kali? Atau dicekik lagi? Kenapa?

Edy Prayitno
pengertian Iqro ‘ memang ada beberapa tafsir , jika anda mengambil tafsir umum ..memang hanya sekedar disuruh baca
sekitar sejam yang lalu · Suka

Mas Soni
Umumnya setahu saya tafsirnya memang seperti itu umumnya. Lalu bagaimana anda menjawab pertanyaan saya diatas?

Edy Prayitno
tetapi jika kita mengartikan secara khusus ,panggilan ini juga awal panggilan nabi untuk mulai disuruh mengabarkan wahyu2 ALLAH yg akan diturunkan sesudah pertemua pertama nabi dengan Malaikat Jibril

Mas Soni
Ok, tapi khan ada perintah dari Jibril untuk menyuruh Muhammad membaca khan?

Edy Prayitno
betul ..proses penyampaian wahyu …pertama dibaca oleh Malaikat kemudian disuruh menirukan .

Mas Soni
Jika memang ada perintah untuk membaca, lalu kenapa faktanya Muhammad tak bisa baca? Dan akhirnya hanya disuruh menirukan dan lalu dihafal Muhammad? Apa ‘Tuhan’ yang nyuruh Jibril itu tak tahu kebutahurufan Muhammad?

Edy Prayitno
sudah saya katakan tadi ..kalau melihat secara umum memang seperti pendapat anda , tetapi secara khusus pertemuan ini merupakan awal dari ALLAH supaya nabi mulai siap menyampaikan wahyu2 yang akan turun sesudahnya

Mas Soni
Ya, saya tahu. Tapi anda sendiri akui bahwa ada perintah dari Jibril yang diperintahkan Tuhan agar Muhammad membaca. Tapi kenyataannya, Muhammad tak bisa baca. Why? Tuhan yang suruh Jibril itu salah suruh? Atau Jibril salah tangkap maksud tuhan yg menyuruhnya?

Mas Soni
Lalu kenapa sampai dicekik segala? Apa Jibril tak kasihan? Atau tuhan yg suruh Jibril untuk paksa Muhammad baca?
sekitar sejam yang lalu · Suka

Edy Prayitno
dicekik …atau didekap …?

Mas Soni
Saya banyak baca, Muhammad dicekik. Terserah saja; dicekik, dipukul, ditendang pantatnya, didekap, atau apalah itu, yang jelas ada unsur ‘paksaan’ disana. Kenapa tuhan suruh Jibril agar Muhammad baca padahal dia buta huruf?

Edy Prayitno
Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dengan nama Tuhanmu yang Maha Pemurah, yang mengajar manusia dengan perantaraan (menulis, membaca). Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.(Al-Alaq 96: 1-5)…..ini proses perkenalan pertama kali nabi mendapat wahyu ,dan pertama juga harus disiapkan seorang yg pandai bukan lagi buta huruf dan tidak bisa membaca .

Bukankah saat kepenuhan roh kudus …murid2 juga bisa berbicara dalam berbagai bahasa dalam sekejap ? ,……ini sekedar contoh saja

Mas Soni
Loh, diatas anda akui bahwa Muhammad disuruh baca tapi tak bisa baca, lalu disuruh mengikuti saja dan akhirnya Muhammad menghafalnya. Jadi saat dipaksa Jibril, Muhammad memang tak bisa baca toh? Anda khan yg bilang sendiri. Tuhan salah suruh atau Jibril yg salah tangkap maksud tuhan?

Edy Prayitno
tetapi setelah proses tersebut nabi akhinya lancar menirukan dan bahkan menghafal ratusan ayat .

Mas Soni
Murid-murid yang bisa bicara dlm berbagai bahasa itu, awalnya bukan buta huruf seperti Muhammad. Itu bedanya.

Edy Prayitno
tetapi tetap tidak bisa bahasa yg baru …

Arda Chandra
‘Bacalah’ yang diucapkan Jibril bukan berarti perintah Jibril agar nabi Muhammad membaca suatu tulisan, seperti yang disangka oleh Rasulullah sehingga Jibril harus mengulang perkatraan tersebut sampai 3 kali. Maksud Jibril menyampaikan kata tersebut adalah untuk diulang oleh Rasulullah, karena begitulah caranya wahyu disampaikan.

jadi kalau saya mau anda mengulang apa yang saya ucapkan, misalnya : “Duduklah..”, maksudnya anda harus menirukan apa yang saya ucapkan tersebut, bukan artinya menyuruh anda untuk duduk.

Sama juiga dengan ayat lainnya, misalnya : qul huwa Allahu ahad – ‘Katakanlah..! Allah itu Ahad, kalau itu berupa perintah untik dilaksanakan, maka ketika Rasulullah menyampaikannya kepada para sahabatnya, kata ‘katakanlah’ tersebut otomatis menjadi hilang, karena sudah dilaksanakan. Rasulullah hanya akan menyampaikan kalimat ‘Allah itu ahad’. Faktanya ayat Al-Qur’an tetap memuat kalimat tersebut dengan lengkap ‘qul huwa Allahu ahad’ bukan ‘huwa Allahu ahad’.

Jadi Jibril menyampaikan kata ‘iqra’ – bacalah, bukan dimaksudkan menyuruh nabi Muhammad membaca tulisan karena waktu itu JIbril tidak pernah tercatat menyodorkan suatu tulisan-pun kepada Rasulullah, tapi maksudnya menyuruh Rasulullah mengulang apa yang dia ucapkan..

Itulah wahyu dalam ajaran Islam..

Edy Prayitno
kalau nabi Muhammad dianggap 100% buta huruf juga tidak …beliau sdh melakukan perjalanan dan melakukan niaga ke beberapa tempat .

Mas Soni
Terserah anda mau katakan setelah proses itu akhirnya Muhammad bisa tiru dan hafal ratusan ayat. Tapi yg pasti saat disuruh baca, dia tak bisa baca. Tuhan salah suruh atau jibril yg ngaco?

Edy Prayitno
Nabi tidak 100% buta huruf ,,bagaimana bisa berdagang jika buta huruf sama sekali

Mas Soni
Tidak 100% buta huruf, bukan alasan yg bisa membatalkan argumen anda sendiri yang mengakui ada perintah membaca dari Jibril dan Muhammad memang tak bisa baca.

Edy Prayitno
itu proses awal nabi mendapat wahyu …dan bagaimana dan apa cara ALLAH kita tidak tahu .

Edy Prayitno
anda juga pasti ingat dalam kisah PL ada nabi ….( lupa nama ) yg dipanggil tiga kali di saat tidur ..saat mendapat tugas kenabian pertama kali

Edy Prayitno
ada bermacam 2 xara yg dipakai ALLAH saat memanggil seseorang menjadi utusan NABI

Mas Soni
Jelas bisa ditahu, bagaimana dan apa cara Allah. Anda tak bisa bantah argumen anda sendiri yg mengakui adanya perintah membaca oleh tuhan kepada jibril yg disampaikan pada Muhammad tetapi sayang sekali ternyata tuhan ‘salah suruh’ atau ‘Jibrilnya yg ngelindur’. Muhammad buta huruf. Wah….

Mas Soni
Ok, aku mau off dulu. Silahkan dipikirkan baik2 ya. Supaya anda tak salah jalan. Salam sejahtera…

Edy Prayitno
terima kasih

About these ads