Dialog antara saya ( Edy Prayitno dengan Octavianus dan Leonardo Dapot )
SOAL KUASA TRINITAS

Sumber : FORUM KRISTEN TERBUKTI BENAR .

http://www.facebook.com/topic.php?uid=154211914603043&topic=284
Di bulan Sept 2010

Edy Prayitno
Syalom….salam sejatera …buat kawan2 kisten di forum ini .
salam kenal ….baru gabung nih…

Saya suka bahas TriTunggal ini …
menyambung beberapa pertanyaan saya di beberapa tempat , saya juga mau lempar pertanyaan tersebut disini …semoga para neter kristen bisa menjawab dengan benar berdasar reverensi Alkitab .

TriTunggal …di sebut satu kesatuan yg tdk terpisah …betul…?
jika betul…maka ketiganya juga harus punya sifat yg sama ( kan aneh kalau satu tetapi sifatnya berbeda2 ? )
Nah pertanyaan saya ….
Apakah ketiganya punya Kuasa yg sama .
Kuasa Yesus = Kuasa Allah Bapa .
Kuasa Roh Kudus = Kuasa Yesus
Kuasa Allah Bapa = Kuasa Roh Kudus …
dibolak balik terserah …

Satu pertanyaan saja : Apakah ada ayat yg menguatkan jika Yesus juga punya kuasa sama seperti Allah yaitu Maha Pencipta . Coba tunjukkan satu ayat saja yg memperkuat pendapat ini , Yesus juga mencipta langit , bumi , beserta isinya ….termasuk manusia dan para nabi .

Silahkan

wasalam

Octavianus

saya sangat senang anda berada di forum ini, terima kasih udah memenuhi undangan saya…!!! saya berikan ayat untuk menjadi pengantar topik ini :

Filipi 2:5-6
2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,
2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,

silahkan ditanggapi…….

Edy Prayitno :

Salam Mas Octavianus …
kok jawabnya kurang nyambung yah mas …..he he he
ayat surat Paulus kepada jemaat di pilipi juga gak nyebut secara jelas apakaah Yesus punya Kuasa = dengan Kuasa ALlah Bapa ….terutama soal maha pencipta .
langit , bumi , dan isinya .

dan lagi mas …surat2 paulus itu apakah saat menulis dia berdasar Wahyu ….atau karangan pribadi ?

he he he tolong diperbaiki lagi yah mas …jawabannya ..
kalau bisa ambil ayat dari kitab2 para nabi2 dan Injil tetapi yg jelas dari wahyu Allah ….
Octavianus :

ok! saya jawab pertanyaan anda… kalau anda ngga percaya surat2 paulus, mari kita lihat Nubuat nabi2 dan Injil, nubuatan tentang Yesus diluar kesaksian paulus :

Yesaya 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.

Yesaya 45:21 Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu, ya, biarlah mereka berunding bersama-sama: Siapakah yang mengabarkan hal ini dari zaman purbakala, dan memberitahukannya dari sejak dahulu? Bukankah Aku, TUHAN? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku!

Hosea 13:4 Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan tidak ada juruselamat selain dari Aku.
==============================================
Tidak ada Juruselamat lain selain Allah, jadi apakah Yesus Juruselamat? Ini adalah nubuatan tentang Yesus oleh para nabi, mari kita lihat penggenapannya didalam injil “

Lukas 2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Yohanes 4-40-42
4:40 Ketika orang-orang Samaria itu sampai kepada Yesus, mereka meminta kepada-Nya, supaya Ia tinggal pada mereka; dan Ia pun tinggal di situ dua hari lamanya.
4:41 Dan lebih banyak lagi orang yang menjadi percaya karena perkataan-Nya
4:42 dan mereka berkata kepada perempuan itu: “Kami percaya, tetapi bukan lagi karena apa yang kaukatakan, sebab kami sendiri telah mendengar Dia dan kami tahu, bahwa Dialah benar-benar Juruselamat dunia.”

I Yohanes 4:14 Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia.

Sangat jelas diatas bahwa Yesus adalah Juruselamat dan Yesus adalah jelmaan Allah dalam wujud manusia, kalau nda menanyakan kesamaan Kuasa! Sangat jelas Allah didalam wujud manusia berbeda dengan Allah dalam wujud Roh, sehingga kita bisa lihat bahwa Yesus menangis, lapar , haus dan mengenai hari kiamat Ia sendiri tidak tahu… saya harap anda boleh mengerti sampai disini!!!! Gbu… wasalam!!!

Edy Prayitno :

nubuatan nabi Yesaya memang betul adanya ….menceritakan Ketuhanan ALlah Israel ……hem….menurut anda ALlah Israel yg disebut2 oleh Nabi Yesaya ini sama dengan yg mana diantara Tritunggal yg anda yakini :
apakah Allah Bapa ?
Allah putra ,….atau Allah Roh Kudus ?

Selanjutnya anda menampilkan ayat2 dikitab Injil ..bukankah semua yg anda tampilkan hanya menyebut Yesus itu diutus / diturunkan / BAPA mengutus anaknya …dst , ini hanya bercerita soal Yesus sebagai Utusan . belum banyak menjawab soal Kekuasaan Yesus .

Dan Terakhir sdr Octavianus ……menyerah dengan membagi jika Ada Allah Manusia 100% ( bisa nangis , lapar , haus , kantuk …dst seperti manusia biasa ) .

Jadi kesimpulannya …:
Ayat Yesus bisa mencipta = kuasa Allah Bapa tdk ada …betul mas ?
atau anda mentok dg kesimpulan akhir …Yesus 100% manusia …jadi gak bisa berkuasa seperti Allah Bapa ?

bagaimana mas Octavianus…?

Octavianus :

@ Edy Prayitno Mas Octavianus ….nubuatan nabi Yesaya memang betul adanya ….menceritakan Ketuhanan ALlah Israel ……hem….menurut anda ALlah Israel yg disebut2 oleh Nabi Yesaya ini sama dengan yg mana diantara Tritunggal yg anda yakini :
apakah Allah Bapa ?
Allah putra ,….atau Allah Roh Kudus ?
—————————————————————-
mas edy yang baik…!!!
sebenarnya kalau mau jujur saya tidak setuju dengan konsep Tritunggal karena konsep ini banyak pertentangannya, saya hanya setuju dengan apa yang dikatakan Yesus…!! jadi Allah Israel dengan Yesus hubungannya seperti yang saya jelaskan di atas..!

Mas edy said : Selanjutnya anda menampilkan ayat2 dikitab Injil ..bukankah semua yg anda tampilkan hanya menyebut Yesus itu diutus / diturunkan / BAPA mengutus anaknya …dst , ini hanya bercerita soal Yesus sebagai Utusan . belum banyak menjawab soal Kekuasaan Yesus
———————————————————————————–
Kekuasaan Yesus sama seperti Bapa dalam hal pengampunan dosa, Yesus dapat mengampuni dosa :

Lukas 5:24 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa” — berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu –: “Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!”

mas edy said :Dan Terakhir sdr Octavianus ……menyerah dengan membagi jika Ada Allah Manusia 100% ( bisa nangis , lapar , haus , kantuk …dst seperti manusia biasa ) .
—————————————————
Khan sudah saya katakan Allah menjelma menjadi manusia….!!

mas Edy said : Jadi kesimpulannya …:
Ayat Yesus bisa mencipta = kuasa Allah Bapa tdk ada …betul mas ?
atau anda mentok dg kesimpulan akhir …Yesus 100% manusia …jadi gak bisa berkuasa seperti Allah Bapa ?

bagaimana mas Octavianus…?
————————————————————————–
Kalau Allah mencipta itu sama seperti Yesus mencipta, kenapa bisa begitu??? karena sebelum Firman menjadi manusia yaitu dalam wujud Yesus, Firman ada didalam diri Allah.. kalau mau bukti banyak ayatnya!!!!

Edy Prayitno :

he he he ….kenapa mas , gak yakin Tri Tunggal ….memang sejak di rapatkan dalam konsili Nicea antara Allah , Putra dan Roh sdh ada perdebatan2 …bukan hanya saat ini saja , bahkan saat itu dikalangan dewan bapa2 di Konsili Nicea , terutama saat pemasukan Roh Kudus ke dalam jajaran Tri Tunggal Allah ..ada yg menyebut Roh Kudus itu bagian dari allah , ada pendapat jika Roh Kudus berdiri sendiri dst . tetapi kesatuan ini juga sampai saat ini masih menyisakan banyak kesangsian ….terutama yg saya tanyakan . Jika satu maka Kuasa Ketiganya gak boleh beda ….jika beda bukan dianggap satu lagi , tetapi pribadi terpisah . Tetapi Okelah saya juga menghormati pendapat mas Octavianus yg juga menyangsikan Tri Tunggal dan hanya mengaku Allah saja seperti yang diajarkan oleh Yesus …Good…!

Soal pengampunan dosa ….Jika Yesus dikaruniai ini , masih belum banyak menyiratkan jika Yesus berkuasa segalanya . ayat2 lain bayak bercerita bagaimana Yesus ternyata masih membutuhkan pertolongan dan penyampaian Firman dari Allah Bapa.

Anda mengatakan ada keterbatasan kuasa karena Yesus sbg manusia …begitu mas…? jadi memang betul Yesus 100% manusia kan …dan tdk berkuasa seperti Allah Bapa .

Terakhir anda mengatakan Kalau Allah mencipta sama dengan Yesus mencipta ? nah ini yg saya butuh ayatnya mas ….?

monggo dimunculkan

Octavianus :

@ Terakhir anda mengatakan Kalau Allah mencipta sama dengan Yesus mencipta ? nah ini yg saya butuh ayatnya mas ….?

monggo dimunculkan
—————————————-
Firman dan Roh ada didalam diri Allah!! mari lihat ayatnya :

Yohanes 8
8:42 Kata Yesus kepada mereka: “Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.

Yohanes 15
15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
kayaknya saya udah banyak jelasin di blog anda, Edy Prayitno sang mualaf..!!

Edy Prayitno :
Octavianus Barauntu @ ———–
Firman dan Roh ada didalam diri Allah!! mari lihat ayatnya :
Yohanes 8
8:42 Kata Yesus kepada mereka: “Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.

_______________
edy P :
sory telat jawabnya :
Sdr Octavianus …jawaban ayat diatas masih belum menunjukkan mana Kuasa Yesus ? yg sama dengan Kuasa Allah . Justru ayat diatas menguatkan jika Yesus hanya UTUSAN

Octavianus :
Yohanes 15
15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

Edy p :
Nubuatan kitab Yoh 15 ini ……bagaimana jika dibalik . ternyata nubuatan ini sekarang sdh terpenuhi , Roh Kudus ..bisa diartikan Malaikat Jibril ( banyak ayat yg menyamakan jika Roh Kudus ini malaikat Jibril . terutama di Alqur’an )
dan skr sdh menjelaskan bersaksi jika Yesus hanyalahh tak lebih sebagai Nabi Yang Mulia….?

Lagi2 ayat ini juga belum menjawab pertanyaan saya : Mana ayat Kuasa Yesus = Kusa Allah , termasuk mana ayatnya jika Yesus juga mencipta ALam beserta isinya .

Kecuali anda sdh menyerah seperti jawaban sebelumnya jika Yesus 100% manusia
dan penuh dg kelemahan ..dan memang gak sama Kuasanya dengan ALlah …?

Bagaimana mas Octavianus ????????
Leonardo dapot :
apakah Yesus punya sifat2 tersebut?jawabnya YA.lihat:
1. Maha kudus/benar
Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
hanya Yesus yang benar.
2.Maha hadir
Matius 28:20 “Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”
3.Maha Kuasa/pencipta
Yohanes 1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
Dia pencipta bro,
belum lagi ayatnya mengenai mujizat yang dibuat buanyak bro, Yesus menyembuhkan yang sakit, yesus membangkitkan yang mati (lazarus), Yesus melipatgandakan makanan, Yesus mengampuni dosa…cek di alkitab ya
4. Kekal
Wahyu 1:8 “Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.”

sebenarnya masih buanyak ayat2 lainnya bro, tapi ini hanya sebagai awal saja, semoga dapat bermanfaat dan memberi jawaban untuk keraguan anda

Edy Prayitno :
Salam sdr Leonardo :

Leonardo Dapot Hp: Yesus mencipta lihat ayat ini:
Yohanes 1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

sebenarnya di alkitab sudah jelas dinyatakan bahwa semua sifat Tuhan ada dalam diri Yesus..tinggal masalahnya mau percaya atau tidak??

Edy P :
( Dia ) ini siapa mas …apa menceritakan jika ” DIA ” ini Yesus ?
ayat anda masih belum jelas mas.
” Dia ” menurut saya ini ALlah Bapa ……Bukan Allah putra ?

Bagaimana mas Leonardo …coba cari lagi ….?
Leonardo Dapot :
kata “Dia” disini menunjuk pada “Firman” siapakah Firman itu?
mari kita liat lagi ayat yang lain:
Yohanes 1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

dari ayat diatas kita lihat bahwa Firman itu menjadi manusia, dan Dia disebut Anak Tunggal Bapa (karena keluar dari Allah), siapakah Anak Tunggal Bapa ?itu adalah Yesus

buktinya?kita liat Yohanes Pembaptis bercerita tentang Yesus di ayat berikutnya.:

Yohanes 1:15 Yohanes memberi kesaksian tentang Dia (Yesus) dan berseru, katanya: “Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.”

Yohanes 1:16 Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia;

Yohanes 1:17 sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus. (ini yang paling jelas)

jadi Dia itu udah jelas adalah “YESUS”..

anda bisa lihat secara lengkap Yohanes 1:1-17..ayat ini sempurna menjelaskan siapa YESUS.

Yesus bukan hanya pencipta saja, tapi Dia juga penuh kasih karunia untuk menyelamatkan siapa saja yang percaya kepadaNya…termasuk anda dan saya..:)
Edy Prayitno :
Firman itu telah menjadi manusia dst…….yoh 1 : 1 .
saya tanya ..ini tulisan penulisnya ? atau berdasar Ucapan Yesus ?
atau hanya kalimat pembuka dari sang penulis kitab Yohanes ?
Leonardo Dapot :
itu adalah ucapan Yohanes, murid Tuhan Yesus yang paling dekat sama Tuhan.
berarti anda sudah setuju bahwa itu Yesus…cuma masih belum percaya, mari kita lihat ayat2 lain:
1. YESUS adalah Tuhan, karena Dia yang mengutus malaikat.
Lihat Wahyu 22:16 “Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat”

2. YESUS adalah Tuhan, karena Dia adalah yang awal dan yang akhir, dan Allah yang sejati.
Lihat Wahyu 21:6 Firman-Nya lagi kepadaku: “Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan.
dan Wahyu 21:7 Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku.

3. YESUS adalah Tuhan, karena Dia Raja segala raja dan Tuan diatas segala tuan
lihat Wahyu 19:16 Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: “Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan.”

4. YESUS adalah Tuhan, karena semua makhluk di sorga dan di bumi dan di bawah bumi dan di laut dan semua yang ada didalamnya menyembahnya.
Lihat Wahyu 5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa,
Wahyu 5:12 katanya dengan suara nyaring: “ANAK DOMBA yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!”
Wahyu 5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: “Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi ANAK DOMBA, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!”

marilah serahkan hidupmu kepada Yesus yang adalah Tuhan, Raja sorga, sebab
Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah. (Yohanes 3:18)
di alkitab ada banyak ayat yang menunjukkan Yesus itu Tuhan, seperti yang sudah saya posting sebelumnya, jadi mau pake terjemahan apa juga, sudah jelas sekali bahwa Yesus itu Tuhan, tinggal hati kita mau menerima apa ga?…
Edy Prayitno :
Kalau banyak , tentunya anda juga tidak kesulitan menampilkan bukti nya disini kan ?
termasuk ayat yg bercerita jika : Kuasa penciptaan Allah juga dipunyai Yesus , Kuasa Berfirman juga dipunyai Yesus ……mudah kan…

coba mana ?
Leonardo Dapot :
ini ayat2nya:
1. Yohanes 1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia (Yesus) dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

2. Ibrani 1:2 Oleh Dia (Yesus) Allah telah menjadikan alam semesta.

3. Kolose 1:16 karena di dalam Dia (Yesus) lah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

4. Markus 4:39 Ia (Yesus) pun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: “Diam! Tenanglah!” Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali.

5. Matius 21:19 Dekat jalan Ia (Yesus) melihat pohon ara lalu pergi ke situ, tetapi Ia tidak mendapat apa-apa pada pohon itu selain daun-daun saja. Kata-Nya kepada pohon itu: “Engkau tidak akan berbuah lagi selama-lamanya!” Dan seketika itu juga keringlah pohon ara itu.

6. Lukas 22:50-51 Dan seorang dari mereka menyerang hamba Imam Besar sehingga putus telinga kanannya. Tetapi Yesus berkata: “Sudahlah itu.” Lalu Ia menjamah telinga orang itu dan menyembuhkannya.

7. Yohanes 11:43 Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: “Lazarus (yang telah mati), marilah ke luar!”
Yohanes 11:44 Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: “Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi.”
Yohanes 11:45 Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya.

ini baru beberapa dari Kuasa Tuhan Yesus, kalau saya ceritakan semua pasti 1 facebook ini ga akan cukup untuk menampungnya..

masihkah anda ragu?
Edy Prayitno :
Sdr Leo …hanya satu menjawab semua jawaban anda , coba baca kitab anda di :
Yoh 7:16 Jawab Yesus kepada mereka: “Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku.
7:17 Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri.
7:18 Barangsiapa berkata-kata dari dirinya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusnya, ia benar dan tidak ada ketidakbenaran padanya.
Semua kemampuan / mukjizat Yesus ternyata darimana ? Apakah Yesus melakukan atas namanya sendiri ? tidak …YEsus sendiri yg berkata bukan dari Dirinya sendiri ..tetapi dari mana ? Allah Bapa .