Dibawah ini saya cuplik dialog rekan Islam diwakili oleh sdr Paisal dan Robet dengan rekan Kristen diwakili oleh sdri Nana
“ Topik : Soal Penciptaan manusia serta Alam semesta ditinjau dari dua kitab suci
Al Qur’an dan Bible . Dialog terjadi sekitar tgl 30 Agustus 2010

Paisal : Mengenai penciptaan manusia , memang pertama kali waktu menciptakan nabi adam dari tanah liat, dan untuk menciptakan keturunan selanjutnya tidak mungkin Allah membuat dari yg tanah liat lagi tetapi cukuplah dari badan jasmaninya saja ( gen ) atau dari air mani. Allah itu maha mengetahui segala sesuatunya , agar nabi adam dapat mempunyai keturunan di bumi maka diciptakan siti hawa
sebagai pendamping hidup.

Nana : om saya tidak akan tanya klo dalam ayat di quranmu itu cuma ada tanah liat atau debu atau tanah…klo soal manusia selanjutnya dari proses pembuahan ovum dan sperma saya juga gk akan nanya quran mu itu nulis nya begini : manusia diciptakan dari
air [21:30, 24:45, 25:54],
tanah liat yg dibakar [15:26],
debu [3:59, 30:20, 35:11],
nothing [19:67] dan lalu ini dibantah dlm 52:35,
tanah [11:61],
setetes air kental [16:4, 75:37]
memang apa bedanya siapa yg diciptakan dari debu dan siapa yg diciptakan dari tanah bakar dan siapa pula yg diciptakan dari tanah???? siapa yg diciptakan dari air dan siapa yg diciptakan dari “nothing” om banyak sekali PR mu silahkan di jawab..!!!

paisal : ayat alquran yg anda lampirkan itu tidak nyambung.mngenai penciptaan langit dan bumi , maka perlu dibaca keseluruhan surat tsb agar paham.

Nana : kamu tidak bisa baca ya??? kalu gitu tidak apa saya posting ulang
1. Berapa lama bumi diciptakan
QS 50:38 ” “Sesungguhnya telah Kami jadikan beberapa langit dan Bumi dan apa-apa yang diantara keduanya dalam enam hari dan Kami tiada merasa payah …”
QS 2:117 ” “Dia yang menciptakan langit dan BUMI; apabila Dia menghendaki mengadakan sesuatu Dia berkata: Jadilah engkau. Lalu jadilah ia.”
QS 22:47 ” “Sesungguhnya SEHARI disisi TUHAN-Mu seperti SERIBU Tahun dari apa yang kamu hitung.”
jadi 6 hari x 1000 tahun = 6000 Tahun”
QS 70:4 ” QS 70:4 “Malaikat-malaikat dan roh naik kepadaNya dalam SEHARI yang lamanya LIMA PULUH RIBU Tahun.”
jadi 6 hari x 50.000 tahun = 300.000 tahun

paisal : Khusus untuk penciptaan bumi beserta isinya terbagi dalam 2 tahap yaitu Sesuai dengan firman Allah Katakanlah: “Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi da-lam dua masa dan kamu adakan sekutu-sekutu bagi-Nya? demikian itulah Tuhan semes-ta alam”. (41 Fush Shilat:9)

Nana : lho berarti tambah aneh dong yg satu bilang 2 yang satu bilang enam masa????
paisal : 4 massa untuk menciptakan gunung – gunung, 2 massa untuk menciptakan 7 lapisan langit hal ini sesuai dengan firman Allah dst
Nana : trus gimana dgn penciptaan lainnya??? pada masa keberapa manusia di ciptakan?????
klo dalam ke enam masa itu si awloh cuma menciptakan Gunung2 alias kerak bumi tujuh lapis langit, dan bintang-bintang yg cemerlang ?????
hayooooo ngarang kan quran mu..
knp cuma bintang mana terang yg sesungguhnya dia ciptakan bukankan bintang cuma ada malem hari doang trus siang harinya gimana tuh om????
belum lagi apa kamu gk ngerasa ganjil kpn si awloh cuma ciptain gunung kpn dia ciptain lautan dan daratan???
Kpn dia ciptain tumbuh2an dan Hewan lainnya????
Hayo ngarang sendiri musti tanggung jawab kan?????
Gbu : )

Nana : hai jumpa lagi

robet : Ha ha ha kenak deh lu

Nana : kenak apa ??? hahahah suka lebai dech om ganteng..!!!
air zam-zam itu ternyata berasal dari PDAM orang arab to? Atau Mamat sebenarnya pernah makan babi tapi sembunyi-sembunyi to?

Robet : wah jgn muter2 dong kok malah ke air zam-zam knp sudah mulai ragu yach… heheheh tenang sabar aja kita belajar sama-sama..
Kamu tahu gak cara memilah mana hadits palsu dan mana hadits yang asli? Kalau belum bisa memilah ya jangan fitnah donk …!!

Nana : tau dong om ??? klo yg enak didenger kuping berarti shohih tp klo gk enak didenger kuping gk shohih… bener gk????

Robet : Lagian semua pertanyaan dan pernyataanmu itu sudah di jawab oleh sdr. Hins dan sdr. Paisal Ngepot.

Nana : om hins jawab dan saya suka cara dia jawab meskipun salah dan jawabnya juga sudah saya sanggah lg om..
klo paisal ngepot lebih parah lg silahkan di baca dari atas.. hehhehehe

Robet : Tercipta dari Shal-shal / tanah setengah kering / zat pembakar / oksigen (Q.S. Ar-Rahman :14)
-Tercipta dari Fakhkhar / Zat arang / Karbonium (Q.S. Ar-Rahman :14)
-Tercipta dari Hamaa-in / Zat lemas / Nitrogenium (Q.S. Al-Hijr : 28)
-Tercipta dari Thin / atom zat cair / Hidrogenium (Q.S. As-Sajdah : 7)
-Tercipta dari Lazib / tanah liat / zat besi ferum (Q.S. Ash-Shaffaat : 11)
-Tercipta dari Turab / zat-zat anorganis / sari pati dari tanah (Q.S. Ali-Imran : 59) (QS. 23 AL-MU’MINUN : 12).
-Tercipta dengan tiupan Ruh (Q.S. Al-Hijr : 29)

Nanaa : wah hebat berarti mas robet sendiri yg menambahkan kesimpang siuran penciptaan manusia yg ada di alquran
nih saya simpulkan jadi manusia tercipta dari :
– Tercipta dari Fakhkhar / Zat arang / Karbonium (Q.S. Ar-Rahman :14)
-Tercipta dari Hamaa-in / Zat lemas / Nitrogenium (Q.S. Al-Hijr : 28)
-Tercipta dari Thin / atom zat cair / Hidrogenium (Q.S. As-Sajdah : 7)
-Tercipta dari Lazib / tanah liat / zat besi ferum (Q.S. Ash-Shaffaat : 11)
-Tercipta dari Turab / zat-zat anorganis / sari pati dari tanah (Q.S. Ali-Imran : 59) (QS. 23 AL-MU’MINUN : 12).
-Tercipta dengan tiupan Ruh (Q.S. Al-Hijr : 29)
– Tercipta dari Gumpalan darah [96:1-2],
– tercipta dari air [21:30, 24:45, 25:54],
– tercipta dari tanah liat yg dibakar [15:26],
– tercipta dari debu [3:59, 30:20, 35:11],
– tercipta dari nothing [19:67] dan lalu ini dibantah dlm 52:35,
– tercipta dari tanah [11:61], dan
– tercipta dari setetes air kental [16:4, 75:37]
wah terima kasih om robet sudah memberikan bukti lain dari kesimpang siuran alquran …. wakakakakak

Robet : Dengan berlangsungnya proses proteinisasi, kemudian mengalami proses substitusi lalu menggempurlah electron2 sinar cosmis yang mewujudkan sebab wujud (causa formatis). Dimana sinar cosmis ini suatu sinar yang mempunyai kemampuan untuk merubah sifat-sifat zat yang berasal dari tanah..
saya : wah-wah kalah nih si awloh hahahahha coba di kasih ayat nya yg ada proses proteinisasi….hahhahahah
robet : Kemudian, air mani itu Kami jadikan ‘ALAQ (sesuatu yang melekat), lalu ‘ALAQ itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian, Kami menjadikannya makhluk yang (berbentuk) lain. Maha Suci Allah, Pencipta yang paling baik ” (QS. 23 AL MU’MINUN : 14).

Nana :
– segumpal daging ???? (mengutip istilahnya M. Firman) Itu sih Tumor om..!!! hahahah
– segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang,
lha daging ya daging tulang ya tulang om
– lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging
Lho kok bisa kan katanya Dagingnya sudah dijadikan tulang..!!! hahahha
– Kami menjadikannya makhluk yang (berbentuk) lain –>> mahluk apa om makhluk halus, atau mahluk jadi-jadian???

Robet : Dibawah ini ayat tentang adanya makluk melata / Alien (sebagai gambaran, pohon bukanlah makluk melata, manusia termasuk diantara makluk melata / makluk mobilisasi)

Nana : hah manusia mahluk melata sampeyan saja yg mahluk melata jgn bawa2 manusia lain
Kej 1 : 24 “Berfirmanlah Allah: “Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar.” Dan jadilah demikian.”
Kej 1 : 26 ” Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”
enak aja manusia disamain ma mahluk melata lo kali yg melata..!!! hahahahaha aduh si awloh tambah ngelantur aja cin..!!!
mas ganteng mahluk melata itu tuh ya contoh nya ular masa sampeyan mau disamai sama ular

Robet : Dibawah ini ayat tentang adanya makluk melata / Alien dst…
Dan di antara ayat-ayat (tanda-tanda kekuasaan)-Nya ialah menciptakan langit dan bumi
dan makhluk-makhluk yang melata yang Dia sebarkan pada keduanya.
Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya”. (QS. 42 ASY SYUURA : 29).

Nana : mas ganteng saya ulas ya ayatnya saya udah baca tapi gk ada kata2 aliennya mas???? gimana dong???
aduh plis dech jgn taqiya disini dosa apalgi lg bulan puasa!!! dosa besar lho..!!!

Robet : itulah Muhammad S.A.W yang mengajarkan semuanya dalam Quran dari ilmu masalah Atom sampai antariksa.

Nana : apaan penciptaan manusia yg simpang siur, atau yg manusia dibilang mahluk melata,atau proses penciptaan yg 6 masa dimana si awloh lupa ciptain manusia, hewan dan tumbuhan, matahari, lautan dsb karena sibuk ciptain kerak bumi dan 7 lapis langit????
mas-mas sampeyan nih plin plan percis bgt sama si awloh…!!!!
Gbu

Paisal
ternyata anda masih kelihatan ……. ya,
komen anda :
klo dalam ke enam masa itu si awloh cuma menciptakan Gunung2 alias kerak bumi tujuh lapis langit, dan bintang-bintang yg cemerlang ?????
hayooooo ngarang kan quran mu..
knp cuma bintang mana terang yg sesungguhnya dia ciptakan bukankan bintang cuma ada malem hari doang trus siang harinya gimana tuh om????
bukannya matahari itu termasuk jajaran bintang nana ? anda pikir bintang itu hanya ada malam hari. ingat ya nana bila dilihat dari bumi bintang akan kelihatan terang di malam hari , lalu bagaimana bila dilihat dari luar angkasa ? ternyata diluar angkasa tidak ada yg namanya malam hari , selalu siang hari.

Nana :
belum lagi apa kamu gk ngerasa ganjil kpn si awloh cuma ciptain gunung kpn dia ciptain lautan dan daratan???
Kpn dia ciptain tumbuh2an dan Hewan lainnya????
Hayo ngarang sendiri musti tanggung jawab kan?????

Paisal :
ternyata anda tidak bisa menyimpulkan arti dari ayat ini :
Dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberka-hinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanannya dalam empat masa. Bagi orang-orang yang bertanya. (41 Fush Shilat:10). Jadi nana, dalam empat masa itu sudah termasuk penciptaan lautan dan daratan, tumbuh – tumbuhan dan hewan ,hal ini Allah menentuukan kadar makanan – makanannya dalam 4 masa itu. Maksud dari kadar makanan tersebut adalah proses jenjang rantai makanan, anda tahu proses jenjang rantai makanan ? kalau tidak tahu berarti anda org yg bodoh. Sya jelaskan secara gampang saja ya : puncak tertinggi dari rantai makanan adalah manusia, manusia memakan hewan maupun tumbuhan. Kalau dilaut rantai makanan tertinggi adalah hiu, hiu memakan ikan kecil , ikan kecil memakan plankton. Kalau di udara rantai makanan tertinggi adalah elang. Elang memakan kelinci, kelinci memakan wortel.

Nana: kamu tidak bisa baca ya??? kalu gitu tidak apa saya posting ulang
1. Berapa lama bumi diciptakan
QS 50:38 ” “Sesungguhnya telah Kami jadikan beberapa langit dan Bumi dan apa-apa yang diantara keduanya dalam enam hari dan Kami tiada merasa payah …”
QS 2:117 ” “Dia yang menciptakan langit dan BUMI; apabila Dia menghendaki mengadakan sesuatu Dia berkata: Jadilah engkau. Lalu jadilah ia.”

Paisal :
Memang benar bahwa bumi dan langit dicpitakan dalam 6 masa, hal ini sangat mudah bagi Allah untuk menciptakannya.
terus anda komen berdasarkan quran :
QS 22:47 ” “Sesungguhnya SEHARI disisi TUHAN-Mu seperti SERIBU Tahun dari apa yang kamu hitung.”
jadi 6 hari x 1000 tahun = 6000 Tahun”
QS 70:4 ” QS 70:4 “Malaikat-malaikat dan roh naik kepadaNya dalam SEHARI yang lamanya LIMA PULUH RIBU Tahun.”
jadi 6 hari x 50.000 tahun = 300.000 tahun
Nana, ayat itu tdk ada hubungannya dengan berapa lama bumi diciptakan. Bila anda menghubungkannnya yaa silahkan. Ayat diatas diartikan bahwa perbandingan waktu antara Allah dengan waktu manusia sangat berbeda sekali. Jadi, bila anda menghitung semua 6 masa itu = 300 ribu tahun, lalu anda bandingkan dengan sehari = 1000 tahun di kalikan 6 = 6000 tahun, maka adanya perbedaaan. Kita menyerahkan semua urusan waktu itu semua kpd Allah. Anda mengambil hanya sepotong ayat itu saja, coba anda baca ayat sebelumnya maupun sesudahnya pasti ujung ujung ayat itu mengatakan urusan waktu hanya Allah yg tahu.
OOhh iya nana bagaima tanggapan anda mengenai kesamaan konsep trinitas dengan trimurti hindu ?

Nana : om paisal yg pinter..
bukannya matahari itu termasuk jajaran bintang nana ? anda pikir bintang itu hanya ada malam hari. ingat ya nana bila dilihat dari bumi bintang akan kelihatan terang di malam hari , lalu bagaimana bila dilihat dari luar angkasa ? ternyata diluar angkasa tidak ada yg namanya malam hari , selalu siang hari.
om paisal yg pinter terbukti kan alqoran tidak cukup reliabel u/ menjadi acuan…
bandingkan dgn apa yg tertulis pada kitab sebelumnya atau jgn2 si awloh lupa bahwa pada dasarnya Tuhan sudah memisahkan antara Terang dan Gelap… Matahari memang bintang tp dalam FirmanNya Tuhan Jelas sudah membuat pemisahan antara Terang dan Gelap antara siang dan malam…..
Kej 1 : 14 “Berfirmanlah Allah: “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,”
Kej 1 : 15 “dan sebagai penerang pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi.” Dan jadilah demikian.”
Kej 1 : 16 “Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang.”
Kej 1 : 17 “Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi,”
Kej 1 : 18 “dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.”
Kej 1 : 19 “Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.”
———->>> masalah cuma satu ketika mencotek mamat yg pada dasarnya tidak mengerti hanya melihat angka terakhir yg mungkin didengarnya y/ empat sehingga ia menyimpulkan bahwa cakrawala di ciptakan selama empat masa padahal bukan 4 masa tp masa yg ke empat…. Tuhan tidak pernah bermaksud u/ menjadikan selalu terang karena dari awalnya Ia sudah memisahkan antara Terang dan gelap juga siang dan malam…..
paisal : Dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberka-hinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanannya dalam empat masa
lagi2 itu cuma terjemahan bebas anda yg menafsirkan sesuka hati….rupanya anda lebih pintar dari si awloh.. lagi2 itu cuma dari asumsi seorang yg tidak punya dalil….kita bukti kan bersama…
” Dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberka-hinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanannya dalam empat masa. Bagi orang-orang yang bertanya. (41 Fush Shilat:10)”
udah baca kan bahkan klo yg saya gunakan adalah pikiran/ asumsi spt yg anda gunakan sendiri.. tetep saja tidak bisa di sanbungkan antara gunung2 yg kokoh yg anda sebut sebagai kerak bumi dan makanannya pun rasanya terlihat bahwa firman ini terasa terlalu Aneh jika Tuhan semesta alam yg mengeluarkan..jelas ini bukan Firman Tuhan..
mari kita bandingkan dgn ayat penciptaan yg benar berikut ini pencptaan Tumbuhan :
Kej 1 : 11 “Berfirmanlah Allah: “Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi.” Dan jadilah demikian.”
Kej 1 : 12 “Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.”
Kej 1 : 13 “Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.”
atau yg ini penciptaan hewan yg berkeriapan dalam air dan burung2 :
Kej 1 : 20 “Berfirmanlah Allah: “Hendaklah dalam air berkeriapan makhluk yang hidup, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala.”
Kej 1 : 21 “Maka Allah menciptakan binatang-binatang laut yang besar dan segala jenis makhluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan dalam air, dan segala jenis burung yang bersayap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.”
Kej 1 : 22 “Lalu Allah memberkati semuanya itu, firman-Nya: “Berkembangbiaklah dan bertambah banyaklah serta penuhilah air dalam laut, dan hendaklah burung-burung di bumi bertambah banyak.”
Kej 1 : 23 “Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kelima.”
atau yg ini penciptaan hewan ternak, melata dan binatang liar hingga yg terakhir dan paling mulia Manusia:
Kej 1 : 24 “Berfirmanlah Allah: “Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar.” Dan jadilah demikian.”
Kej 1 : 25 “Allah menjadikan segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis binatang melata di muka bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.”
Kej 1 : 26 “Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”
Kej 1 : 27 “Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam”
atau yg ini penciptaan laut dan daratan yg tidak pernah tertulis dalam qoran mu :
Kej 1 : 9 “Berfirmanlah Allah: “Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering.” Dan jadilah demikian.”
Kej 1 : 10 “Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.”
bagaimana mas paisal???

Nana : soal penciptaan manusia saja yg beraneka ragam belom tuntas kau jawab itu mas ganteng…. knp buru2 sekali…. hahahhahahah. amksud anda ayat ini : manusia diciptakan dari
air [21:30, 24:45, 25:54],
tanah liat yg dibakar [15:26],
debu [3:59, 30:20, 35:11],
nothing [19:67] dan lalu ini dibantah dlm 52:35,
tanah [11:61],
setetes air kental [16:4, 75:37]

paisal :
1. air [21:30, 24:45, 25:54],
surat al anbiya ( 21:30 ) terjemahannya sbg berikut :
dan apakah org2 kafir tdk mngetahui bahwasanya
langit dan bumi itu keduanya dhulu adlah suatu yg padu,
kemudian kami pisahkan antara keduanya. dan dari air
kami jadikan segala ssuatu yg hidup. maka
mengapakah mereka tiada juga beriman.
surat annur ( 24 :45 ) : allah tlh menciptakan semua
jenis hewan di air, maka sbagian dari hewan itu ada yg
brjalan di atas prutnya dan sbagian berjalan gn dua kaki
sedang sbagian berjalan dgn empat kaki. Allah
menciptakan apa yg dikehendakinya, sesungguhnya
Allah maha kuasa atas sgala ssuatu.
surat alfurqan ( 25 : 54 ) : dan dia yg menciptakan
manusia dari air, lalau dia jadikan manusia itu punya
keturunan dan musaharah dan adalah tuhanmu yg
maha kuasa.
Jadi, di dalam surat al anbiya diceritakan bahwa permulaan penciptaan bumi dlunya padu artinya, belum ada batas pemisah . Makanya ayat ini nyambung dengan ayat 2 massa untuk menciptakan 7 lapisan langit hal ini sesuai dengan firman Allah :
Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah keten-tuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (41 Fush Shilat:12). Alquran telah menceritakan 7 lapisan langit ini 1400 tahun yg lalu dan sekarang telah dibuktikan dngan dgn ilmu pengetahuan bahwa 7 lapisan langit itu adlah berupaTroposfer,Stratosfer,Ozonosfer,Mesosfer,Termosfer,Ionosfer,Eksosfer. Setelah penciptaan 7 lapisan langit itu maka bumi dan langit itu tidak satu padu lg karena telah dipisahkan olh 7 lapisan tsb. lalu , untuk khidupan di bumi in Allah mnyediakan air. Sedangkan dlm surat annur mencritakan tentang hewan air.
Lalu bgmn dgn surat alfurqon ayat 54 yg mengatakan manusia diciptakan dari air ? ayatnya sgt mudah di pahami. ayat ini tdk bertentangan tentang penciptaan manusia. Komposisi tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. darah manusia sebagian mengandung air. termasuk sperma, sperma jg komposisinya air
2. tanah liat yg dibakar [15:26],
surat al hijr ayat 26 : dan sesungguhnya kami telah
mnciptakan manusia dari tanah liat kering dari lumpur
hitam yg di beri bentuk.
jadi, dalam surat al hijr ayat 26 ini tidak ada manusia itu diciptkan dari tanah liat yg dibakar, itu karangan si nana, yg benar adalah tanah liat kering
3. debu [3:59, 30:20, 35:11],
surat ali imran ayat 59 : menceritakan tentang
penciptaan isa di sisi Allah sama dengan penciptaan
adam dari tanah.
surat ar rum ayat 30 : an diantara tanda2 kekuasan
Nya ialah Dia menciptkan kamu dari tanah dst…
surat fatir ayat 11 : dan Allah menciptkan kamu dari
tanah kemudian dari air mani, kemudian menjadikan
kamu berpasang pasangan dst ….
Jadi, di dlm k tiga surat ini tdak ada yg mengatakan manusia diciptakan dari debu, itu karangan si nana ,tetapi dari tanah. Lalu bagaimana dgn surat fatir ayat 11 yg mnceritakan dari tanah kemudian dari air mani ? ayat ini sgtlah mudah dipahami. Awal penciptaan manusia prtama kali yaitu nabi adam memang diciptakan dari tanah, selanjutnya memang pertama kali waktu menciptakan nabi adam dari tanah liat, dan untuk menciptakan keturunan selanjutnya tidak mungkin Allah membuat dari yg tanah liat lagi tetapi cukuplah dari badan jasmaninya saja ( gen ) atau dari air mani. Allah itu maha mengetahui segala sesuatunya , agar nabi adam dapat mempunyai keturunan di bumi maka diciptakan siti hawa sebagai pendamping hidup.
4. nothing [19:67] dan lalu ini dibantah dlm 52:35,
surat Maryam ayat 67 : dan tidakkah manusia itu
memikirkan bahwa sesungguhnya kami telah
mnciptakannya dahulu, sedang ia tidak ada sama
sekali.
surat At tur ayat 35 : apakah mreka tidak di ciptakan
tanpa sesuatu pun ataukah mereka yg menciptakan ?
Jadi, dalam surat maryam ayat 67 dapat ditafsirkan bahwa manusia itu tidak memikirkan proses penciptaan manusia pertama kali, sedangkan kita yg hidup jaman skarang tidak ada yg menyaksikan proses penciptaan adam karena kita belum ada sama sekali.
Mengenai surat At tur ayat 35 kita tidak bisa mentafsirkan ayat ini sepotong saja tetapi harus dibaca dahulu semua ayat dalam surat At tur tsb. Surat At tur ada 49 ayat : : : –
Dari ayat 1 sampai 28 mengenai azab pasti datang kpd orang – orang yg mendustakan dan karuniaNya pasti akan dilimpahkan kpd org2 yg taqwa.
Dari ayat 29 sampai 47 mengenai bantahan Allah terhadap ocehan ocehan kaum musyrikin seperti nana.
Dari ayat 48 sampai 49 mengenai keharusan bersabar, bertasbih dan sholat malam.
5. tanah [11:61],
surat Hud ayat 61 sampai 68 menceritakan tentang
kisah nabi Saleh A.S.
6. setetes air kental [16:4, 75:37]
surat An nahl ayat 4 : dia tlh menciptkan manusia dari
mani, tiba tiba ia menajdi pembantah yg nyata.
surat Al qiyamah ayat 37 : bukankah dia dahulu setetes
mani yg ditumpahkan.
Jadi, semua ayat itu tidak ada prtentangan, dahulu manusia pertama kali diciptakan dari tanah ( adam ) kemudian diciptakan siti hawa untuk menemani nabi adam di muka bumi. Untuk proses keturunan nabi adam
selanjutnya tidak mungkin Allah menciptakan dari tanah lagi, melainkan melalui proses gen ( air mani ) manusia berkembang biak. Coba dari sini kita sebagai manusia berpikir alangkah hebatnya Allah dari yg menciptakan manusia dari tanah bisa berkembang biak. Tetapi dari sekian banyak nya manusia ternyata masih ada yg mengingkari ayat – ayatnya, namun Allah masih juga mengampuni dosa manusia dengan tobat nasuha. Allah maha pengasih lagi maha penyayang.