VCD Debat Islam – Kristen
#1 : Ahmeed Deedat vs DR. Anish Shoroosh
Tema : Is Jesus God?
Di : Royal Albert Hall, London
Tgl : 15 Desember 1985

Awal Mula Pertemuan :

DR Anis Sorosh menghadiri debat antara Ahmeed Deedat dengan Prof. Floyd Clark dari AS, di Robert Hall, London, 7 Juli 1984. waktu itu memperdebatkan topik : Was Christ Crucified? Pada akhir sesi debat itu yakni sesi tanya jawab, tampillah DR Anis Sorosh, bertanya jawab dgn Ahmeed Deedat. Pertanyaannya adalah “jika Al Qur’an memang dari Allah kenapa ada pertentangan? Karena di dalam Al Qur’an jelas betul Yesus disebutkan ‘telah’ mati. ‘Kesejahteraan atas dirinya pada hari ia dilahirkan dan pada hari ia (telah) meninggal dan pada hari ia dibangkitkan hidup kembali. (QS 19:15).”

Dijawab oleh Ahmeed Deedat : “ayat itu tidaklah seperti yg saudara Anis Sorosh sebutkan. Yg benarnya adalah ‘Kesejahteraan atas dirinya pada hari ia dilahirkan dan pada hari ia meninggal dan pada hari ia dibangkitkan hidup kembali. (QS 19:15). Bhs inggrisnya saudara Anis Sorosh adalah ‘the day that he died’, bukan……yg bener itu adalah ‘the day that he die’. Bukan past tense melainkan future tense”

Awal Mula Tantangan Debat :

Pada sesion tanya jawab perkuliahan, Anis Sorosh menantang Ahmeed Deedat untuk debat terbuka. Anis Soros maju ke depan dan berkata : “Pertanyaanku adalah Maukah anda menerima tantanganku untuk berdebat?” Dijawab oleh moderator acara “Itu bukan pertanyaan”. Dan dijawab oleh Ahmeed Deedat “Biarkan saja dia, teruskan saudara”.

Deedat yg duduk dipodium berdiri mendekati ujung podium agak dekat kepada Sorosh.

“Brother, boleh kah saya tahu identitas anda?” kata Deedat.
“Anis Soros, orang Arab Palestina Kristen, yang menganggap Islam hanyalah sebagai sekte Kristen, bukan agama tersendiri”, kata Soros.
“Thank you very much. Saya terima tantangan anda, saya beri anda cek kosong tinggal diisi untuk menyewa Robert Hall, Birmingham. Temanya silahkan anda pilih yaitu apakah Yesus Tuhan?, kebenaran Trinitas, apakah Bible Firman Tuhan?, atau Yesus Tuhan atau manusia?”, kata Deedat.
“Semuanya”, sahut Sorosh.
“kalau gitu kita bisa bertemu 4 sampai 5 kali untuk itu”, kata Deedat.
(sepertinya Sorosh kepingin membahas semuanya sekaligus).
“tidak, tidak. Brother sorosh, anda menantang saya. Anda cukup jantan untuk itu. Saya yang sewa gedung dan juga mengurus publikasinya”, kata Deedat.

Jalannya Perdebatan

Saya tidak menjelaskan detil perdebatan. Akan sangat bagus temen-temen kristen mempunyai vcd ini sendiri. Mungkin terdapat kesalahan penerjemahan oleh pihak Muslim, tapi bhs Inggrisnya masih jelas terdengar. Berikut ini akan saya tampilkan moment-moment penting yg terjadi.

Tampilan DR Anis Shoros :

Saya tanya kepada kalian : Apakah Yesus itu Pendusta, orang gila ataukah Tuhan?

Agama adalah usaha manusia mencari Tuhan. Saya mau tanya pada kalian : Apakah tuhan telah ilang makanya dicari? Tidakkah kita yang ilang dan Dia datang untuk mencari kita? Itulah sebabnya Yesus datang untuk mencari anda dan saya.

Injil adalah buku paling luar biasa di dunia. Terdiri dari 66 kitab, diturunkan selama 1500 tahun. oleh lebih dari 40 penulis; ada yang raja, ada yang miskin, ada yg tua, muda, ada yang penggembala dan ada yang penangkap ikan. Karena pengarangnya cuma satu yaitu roh kudus, roh tuhan yg hidup.

Injil telah berpengaruh dalam peradaban manusia, saat dia diimani dan diamalkan. Keakuratan bible telah diuji tapi tidak terbukti. Keakuratannya dibuktikan oleh dokumen sejarah.

Lihat di alam bukti kebenaran Ketuhanan Trinitas:

1. Tiga elemen dasar : padat, cair, gas.
2. Udara punya 3 atom : oksigen, nitrogen, hidrogen
3. Air dipanaskan menguap, didinginkan jadi es, dan normalnya cair
4. matahari : cahaya, hangat dan panasnya. Tiga hal dari satu matahari.
5. waktu : past tense, present, future
6. Manusia : badan, jiwa, dan pikiran
7. keluarga : ayah, ibu, anak

Trinitas muncul pertama kali dalam Biblos Perjanjian Lama yaitu :

1. Tuhan Bapa : (Kej. 1:1) Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
2. Anak : (Kej. 1:3) Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi.
3. Roh Kudus (Kej.1:2) Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Rupanya hal ini pun digenapi lagi oleh ucapan Yohanes setelah ribuan tahun sejak Kitab Kejadian : (Yoh 1:1) Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Tuhan pastilah bisa menjadi manusia. Sebelum menjadi seorang bayi, 1500 tahun yang lalu Tuhan telah muncul ke hadapan Abraham. Perhatikan :

Kejadian 18:1-3

Kemudian TUHAN menampakkan diri kepada Abraham dekat pohon tarbantin di Mamre, sedang ia duduk di pintu kemahnya waktu hari panas terik. Ketika ia mengangkat mukanya, ia melihat tiga orang berdiri di depannya. Sesudah dilihatnya mereka, ia berlari dari pintu kemahnya menyongsong mereka, lalu sujudlah ia sampai ke tanah, serta berkata: “Tuanku, jika aku telah mendapat kasih tuanku, janganlah kiranya lampaui hambamu ini.

Kemudian, ketika Abraham memohon ampun untuk Sodom dan Gomorah, kita tahu bahwa Tuhan berbicara pada Abraham dalam bentuk manusia. perhatikan :

Kejadian 18:22-25

Lalu berpalinglah orang-orang itu dari situ dan berjalan ke Sodom, tetapi Abraham masih tetap berdiri di hadapan TUHAN. Abraham datang mendekat dan berkata: “Apakah Engkau akan melenyapkan orang benar bersama-sama dengan orang fasik? Bagaimana sekiranya ada lima puluh orang benar dalam kota itu? Apakah Engkau akan melenyapkan tempat itu dan tidakkah Engkau mengampuninya karena kelima puluh orang benar yang ada di dalamnya itu?
Jauhlah kiranya dari pada-Mu untuk berbuat demikian, membunuh orang benar bersama-sama dengan orang fasik, sehingga orang benar itu seolah-olah sama dengan orang fasik! Jauhlah kiranya yang demikian dari pada-Mu! Masakan Hakim segenap bumi tidak menghukum dengan adil?”

Kejadian 18:33
Lalu pergilah TUHAN, setelah Ia selesai berfirman kepada Abraham; dan kembalilah Abraham ke tempat tinggalnya.

Lalu, bagaimana bisa Tuhan pergi (walk away) dari Abraham ??? ini berarti Tuhan berjalan di jalan.

Bahkan gambaran Melkisedek pun adalah juga gambaran Yesus :

Ibrani 7:3
Melkisedek (Imam Allah) tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah, ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya.

Tuan Deedat menulis dalam bukunya ‘Kok Tuhan makan?”. Pak Deedat, anda siapa sampai anda bisa mengatur apa yang bisa dan yg tidak bisa Tuhan lakukan? Bukankah dalam Kejadian 18 diatas ada 3 orang dari sorga, memberikan pimpinan pada Abraham dan mereka makan? Yesus ribuan tahun kemudian juga lahir dan juga makan, karena dia berkehendak karena dia Tuhan.

Mungkin masalah anda, tuan Deedat, menyatakan 40 kali sehari : Allahu Akbar, tapi tidak terlalu besar untuk menampilkan mukjizat luar biasa. Sampai kapan anda akan membuat jarak antara kami dengan Tuhan, menindas kami, diktator terhadap kami. kita dibuat dalam image Nya. mereka yang datang kepada Abraham 3 orang.

Yesus juga pernah hadir di masa lalu:

Yoh. 8:56 – 58
Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita.” Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: “Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?” Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.”

Kenapa Yesus berkata ‘Aku’ telah ada? Ingat lah Keluaran 3:13 :

Lalu Musa berkata kepada Allah, “Tetapi apabila aku mendapatkan orang Israel dan berkata kepada mereka: Allah nenek moyangmu telah mengutus aku kepadamu, dan mereka bertanya kepadaku: bagaimana tentang nama-Nya? –apakah yang harus kujawab kepada mereka?” Firman Allah kepada Musa, “AKU ADALAH AKU.” Firman-Nya lagi, “Beginilah kau (Musa) katakan kepada orang Israel (umatmu) itu: “AKULAH AKU” (yang) telah mengutus aku kepadamu.”

*AKULAH AKU = ALLAH.

Dapatkah semua orang secara jujur setelah semua bukti yg jelas ini mengakui bahwa yesus adalah Tuhan dalam bentuk daging????

Bahkan Al Qur’an mengakui bahwa Yesus mengetahui kapan hari kiamat.

Tiga Anugerah telah diberikan kepada Yesus : menjadikannya raja, sebagai Tuhan, dan mati untuk menebus dosa kita.

(Anis Soros kemudian banyak mengutip ayat-ayat tentang mujizat Yesus sebagai bukti Yesus adalah Tuhan).

Yesus juga punya Power untuk MELENYAPKAN, perhatikan :

Matius 21:18. Pada pagi-pagi hari dalam perjalanan-Nya kembali ke kota, Yesus merasa lapar.
21:19 Dekat jalan Ia melihat pohon ara lalu pergi ke situ, tetapi Ia tidak mendapat apa-apa pada pohon itu selain daun-daun saja. Kata-Nya kepada pohon itu: “Engkau tidak akan berbuah lagi selama-lamanya!” Dan seketika itu juga keringlah pohon ara itu.

Yesus lapar, ingat! Yesus adalah Tuhan yang menjadi manusia. ia adalah 100% manusia dan juga 100% Tuhan.

(Anis Soros lalu menceritakan berbagai kemampuan Yesus seperti bisa menghidupkan orang mati, dll).

Manusia Tuhan sudah dilemparkan dari sejarah (maksudnya dewa pagan Yunani dan lainnya). TAPI INI SATU-SATUNYA, MANUSIA TUHAN SEJATI YAKNI YESUS Kristus. Bla……bla…..bla………. sampai selesai.

Tampilan Ahmeed Deedat

Allah bersabda dalam Al Qur’an :

Sebenarnya Kami melontarkan yang hak kepada yang bathil lalu yang hak itu menghancurkannya, maka dengan serta merta yang bathil itu lenyap. Dan kecelakaanlah bagimu disebabkan kamu mensipati (Allah dengan sifat-sifat yang tak layak bagi-Nya). (QS. 21:18)

Subjek debat kita : Apakah Yesus itu Tuhan? Sangat digampang dijawab kalau kita bertanya balik : Apakah Yesus mengklaim dirinya sebagai Tuhan? Apakah dia berkata ‘Saya Tuhan’ dan ‘sembahlah saya’? And believe ladies and gentleman, there is not a single verse and vocal statement in any of the 66 books of the Bible or 73 books of Roman Catholic, where Jesus said ‘I am God’ or ‘worship me’. Tidak ada. Bahkan saya sangat gembira mendengar sebuah pernyataan yg tegas dan gamblang dari mulut Yesus sendiri. Karena saya dan muslim seluruhnya percaya bahwa Yesus adalah utusan Allah (John 17:3). Kami percaya bahwa dia bisa menghidupkan orang mati dan menyembuhkan lepra atas izin Allah. Inilah perbedaan yang hakiki antara muslim dan Kristen. Dan saya lihat saudara Soros tidak menyatakan satu pun pernyataan bahwa Yesus itu mengaku dirinya Tuhan, dan sembahlah saya. Tapi Soros tentu masih ada waktu pada tanggapannya kedua nanti setelah saya ini.

Pernyataan yang paling mendekati adalah kutipan kitab Wahyu yang berbunyi : Aku alpha dan omega. Tapi, ayat itu bukanlah ucapan Yesus sejati, melainkan mimpi nya si Johanes, karena di kitab itu banyak terdapat ayat-ayat aneh seperti binatang dengan tanduk, saya pikir ini adalah pengalaman orang yang apabila makan terlalu banyak.

Jika anda mengimani Trinitas : dengan nama Bapa, anak dan roh kudus, maka akan muncul 3 gambaran berbeda terlintas di pikiran anda. Bagaimana pendapat anda-anda: dimana ada Bapa kalian pikirkan Anak, dimana ada Anak kau pikirkan Roh kudus, bukan? Tiga gambaran pikiran ini tidak akan pernah bisa bersatu. Tiga akan tetap tiga.

Bicara tentang manusia menjadi Tuhan dan Tuhan menjadi manusia. Seperti ajaran Hindu yakni reinkarnasi. Atau Kristen dengan ‘Tuhan menjadi manusia’ nya. Konsep Islam menyatakan : Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata:”Sesungguhnya Allah ialah Al-Masih putera Maryam”, padahal Al-Masih (sendiri) berkata:”Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu”. Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun. (QS. 5:72)

Matius 27
27:46 Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

Yohanes 20
20:17 Kata Yesus kepadanya: “Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu.”

Ketika yesus menceritakan tentang Tuhan, dia sering berkata ‘Bapa-ku dan Bapa-mu’ berulang-ulang. Lebih banyak Yesus menyebut ‘Bapa-mu’ ketimbang ‘Bapa-ku’. Ini artinya Bapa adalah Tuhan pencipta alam dll sebagainya. Tetapi Tuhan tidak ‘melahirkan’. Karena istilah ‘melahirkan’ itu adalah ciri makhluk yg punya fungsi seks. Dan kita tidak bisa memasukkan itu sebagai kualitas ‘Tuhan’ jika ‘Tuhan melahirkan ‘Anak Tuhan’. Orang Kristen sering berkata ‘Anak Tuhan’ berulang-ulang. Lalu bagaimana dengan Adam? Jadi, berapa banyaknya ‘Anak Tuhan’? orang kristen menjawab : Satu (Yesus). Saya katakan, anda tidak membaca biblos dengan baik dan seksama. Menurut biblos, Tuhan mempunyai anak yg beragam. Perhatikan :

Kej. 6:2 maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka.

Keluaran 4:22 Maka engkau harus berkata kepada Firaun: Beginilah firman TUHAN: Israel ialah anak-Ku, anak-Ku yang sulung.

Yeremiah 31:9 Efraim adalah anak sulung-Ku.

Roma 8:14 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

Singkatnya : jika anda patuh pada rencana Tuhan, maka anda orang yg saleh, dan dalam idiom bahasa Yahudi itu bernama ‘Anak Tuhan’. Orang Kristen bilang : tidak, tidak. Yesus tidak seperti itu. Yesus dilahirkan tapi tidak diciptakan. Saya bertanya pada anda yg berbahasa Inggris, apa artinya ‘begotten but not made?’ dan percayalah pada saya yang sudah 40 tahun berdebat dengan orang kristen, bahwa tidak ada satu orang Kristen yang bisa buka mulut tentang apa maksud dari ‘dilahirkan tapi tidak diciptakan’. Saudara Soros adalah orang Amerika tentu dia akan paham apa maksudnya itu. Betul saudara soros? (Soros pura-pura tidak mendengarkan. Dia asyik aja ngobrol dengan pembantunya).

Muslim berkeyakinan bahwa kafirlah orang yang bilang Yesus itu Tuhan yg menjelma. Tapi, ternyata ada juga pihak kristen sendiri yang menghakimi kafir bagi yang menganggap yesus itu adalah tuhan. Perhatikan, Kristen ortodok, Anglikan dan Katolik Roma selalu menempatkan Yesus sebagai kedua dalam trinitas. Tidak pernah Yesus menempati posisi pertama sebelum Bapa. nah, jika ada orang Kristen yg bilang bahwa Yesus itu adalah Bapa, maka ini adalah heresy (penyimpangan, bidat).

Dan saya heran dengan Soros yang menyembunyikan fakta bahwa dia sebenarnya menganggap yesus adalah Bapa. saya baca di buku karangannya sendiri, The Liberated Palestinian, mungkin dia sudah lama tidak baca karena bukunya sudah lama ada pada saya. Saya tidak tahu, palestina terbebaskan dari apa, apakah dari Yahudi atau Kristen. Ia menuliskan di halaman 80, “Bapa disorga yang penuh kasih sayang. Saya bersyukur atas mujizat dalam hidupku. Mujizat terbesar bagiku adalah cukuplah Engkau mati bagiku”. Nah, Bapa mana yg dimaksud Soros mati demi dia? Jadi, menurut Soros Yesus adalah Bapa. sedangkan menurut Biblos lain lagi, kontradiksi dengan soros :

Matius 23:9 Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga.

Kis. 2:22 Hai orang-orang Israel, dengarlah perkataan ini: Yang aku maksudkan, ialah Yesus dari Nazaret, seorang yang telah ditentukan Allah dan yang dinyatakan kepadamu dengan kekuatan-kekuatan dan mujizat-mujizat dan tanda-tanda yang dilakukan oleh Allah dengan perantaraan Dia di tengah-tengah kamu, seperti yang kamu tahu.

Bukankah sering Biblos menyebutkan bahwa Yesus berkata kepada Bapa, berdoa. Dan umat Yahudi seringmereka mendengarkan ajaran Yesus (meskipun tidak mengakui kenabiannya), lalu mereka marah hendak menangkap Yesus, tapi Yesus melarikan diri atau menghilang (sembunyi) dari mereka. Berarti jelas disana bahwa Yesus itu bukanlah Bapa, dan berarti tidak bisa menjadi Tuhan (God).

Apapun yng bisa kau bayangkan bukanlah Tuhan. Muslim mengenal 99 sifat Allah, tapi kami tidak membayangkan Allah itu seperti apa. Biblos juga mengatakan bahwa Tuhan tidak ada bandingannya.

Ayub 25:4-6

Bagaimana manusia benar di hadapan Allah, dan bagaimana orang yang dilahirkan perempuan itu bersih? Sesungguhnya, bahkan bulanpun tidak terang dan bintang-bintangpun tidak cerah di mata-Nya. Lebih-lebih lagi manusia, yang adalah berenga, anak manusia, yang adalah ulat! (worm)”.

Siapapun yg keluar dari perempuan bukanlah Tuhan. Siapapun! Yg keluar dari perempuan tidak pantas diperbandingkan dengan Tuhan. Apakah itu Yesus, Muhammad, Musa, Krisna, Rama, Buddha.

Pernyataan yang jelas sekali dalam biblos anda, kecuali sesuatu terjadi pada kepala anda sehingga anda berkata bahwa Tuhan menjadi Yesus. 83 kali Yesus ditulis dan 13 disebut bahwa yesus itu anak Tuhan. Sisanya menyebutkan bahwa Yesus itu anak manusia. Dan pada hari kedelapan kelahirannya, diapun di sunat. Tuhan disunat? (Luk. 2:21. Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya).

Saya bayangkan jika anda adalah perawat 2000 tahun lalu. Membantu Maria melahirkan Yesus. Bisakah anda bayangkan makhluk kecil tak berdaya tanpa buah-buahan dan tikar itu adalah Tuhan anda, Yehowah anda, Allah anda ???????? Tidak bisa. Pikiran manusia menolak hal seperti ini. Yesus yang membuat ibunya tidak suci selama 40 hari, seperti bible bilang, adalah Tuhan anda? Kok bisa ibunya tidak suci, bukankah dia itu Tuhan? Tidak, karena yesus itu manusialah ibunya menjadi tidak suci selama 40 hari.

Saudara soros berkata bahwa Bapa mati demi dia. Apakah anda bisa bayangkan, apa yang akan terjadi pada ciptaanNya? Tidak. Yesus tidak pernah berkata bahwa dia adalah Bapa. sebaliknya dia berkata (Yoh. 14:28) “Bapa lebih besar dari pada Aku”. (Yoh. 5:30) Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri;

Saya tantang siapa saja yg bisa buktikan bahwa Tuhan bisa menciptakan Tuhan yang lain. Dia tidak tercipta, betul, tapi apakah Dia bisa menciptakan makhluk lain yang juga TIDAK TERCIPTA sama seperti Dia???? Ini pendapat yg logik bahwa sekali Tuhan menciptakan suatu makhluk, maka si makhluk adalah ciptaan. Berarti Tuhan tidak bisa menciptakan makhluk ‘yg tak tercipta’ sama seperti diriNya. Dapatkah Dia menciptakan Bapa lain sehingga terdapat dua Bapa??? Saudara soros bilang bahwa Tuhan Maha Kuasa, maka tentu bisa menjadi manusia. Aneh, umat Hindu lebih konsisten karena bagi mereka Tuhan bisa menjadi apa saja. Makanya bagi mereka semuanya adalah Tuhan. Mengapa kristen tidak lebih rasional dengan menjadikan banyak Tuhan anak secara fisik ???

Tahukah saudara, bahwa Tuhan tidak bisa melemparkan saya (Deedat) keluar dari kerajaanNya, suatu tempat yang bukan kerajaanNya. Apakah menurut anda saya lagi-lagi menganggap Tuhan itu tidak Maha Kuasa??? Tidak! Coba jawab, kemana saya akan dilemparkan / dibuang ??? dimanapun bayangan anda, itu masih lah daerah ciptaan Tuhan. Paham ?!

Lukas 11:20 Aku mengusir setan dengan kuasa Allah

Matius 12:28 Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah (Bapa).

The power, kita bicara soal kekuatan, yesus bisa ini dan bisa itu. Apakah Yesus memiliki sendiri kekuatan itu??? Dari mana dia dapatkan itu??? Tanyalah Yesus, kata Yesus, “(Mat. 28:18) Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi”, siapa yang memberi, ya Bapa dong. Itu power bukan milik Yesus, tapi pemberian dari sesuatu yaitu Bapa. dan bukankah dituliskan dalam biblos bahwa ‘terpujilah Tuhan yang telah memberikan kuasa seperti itu kepada manusia (Yesus)’.

Tuan Soros bilang bahwa dalam Al Qur’an, Yesus mengetahui kapan hari kiamat terjadi. Ini ada Al Qur’an tolong carikan ayatnya pada saya. Sedangkan biblos sendiri berkata bahwa Yesus tidak tahu kapan kiamat terjadi :

Markus 13:32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja.”

Berarti Yesus berkata bahwa soal pengetahuan akan datang, saya tidaklah tahu seperti Tuhan Bapa. berarti saya bukanlah Bapa. tapi, kalau soal mujizat saya bisa lakukan, tapi ingat… itu power bukan milik saya tapi pemberian dari Bapa.

Pertanyaan besar yg masih tersisa, dimanakah Yesus pernah berkata ‘I am God’, atau ‘ Worship me’, atau ‘Yesus dan Bapa adalah satu kesatuan penuh’? ada yg bisa menjawab??? (kelihatan sekali wajah Anis Soros cerah bagaikan diisi batery nya sebesar 1000 volt).

(Lalu ada umat kristen dari audience yg menjawab). “that’s in John 14:6 : I and My Father are one”.

(Deedat) Thank You, tapi sumbernya salah. Kutipannya benar. Sebenarnya adalah John 10:30. (hadirin tepuk tangan. Ada yg teriak ‘Allahu Akbar’).

(Sepertinya ada keributan dikit. Dan moderator meminta si biang ribut untuk tenang).

Saudara-saudara, saya hanya membaca dari otak saya. Silahkan si Tuan Soros untuk mengecek jika saya salah. (Soros membenarkan Ahmeed deedat dengan angguk-angguk bebeknya).

Sekarang lihat, ketika umat Kristen berbicara ayat itu, mereka tidak tahu apa konteknya. Selama 40 tahun saya berdebat dengan orang Kristen, tidak pernah satu orangpun yg paham konteks ayat itu tanpa membuka bukunya sendiri. (Anis soros dan pembantunya memang harus membuka biblos untuk membaca konteksnya).

Saya akan berikan konteknya pada kalian semua. Ayat ini dimulai pada ayat Yoh 10:23, dimana ketika itu Yesus sedang jalan-jalan santai. Datanglah umat yg berkata dengan lantangnya (ayat 24) “Jika kamu memang MESIAS, katakanlah kepada kami dengan SEJELAS-JELASNYA”.

Apa kata Yesus? Kata Yesus, “saya bilang kepada kalian, tapi kalian tidak PERCAYA. Semua pekerjaan yang KULAKUKAN dalam nama Bapa-Ku, Dia lah yang memberikan kesaksian padaku”.

(Sorry…….rupanya vcd nya terpotong entah kenapa. sehingga penjelasan Ahmeed deedat terpotong. Tapi saya coba versi saya, Kristolog. :

Yoh. 10:27-29
Domba-domba-Ku mendengarkan suara-ku dan aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan aku memberikan hidup yang kekal (yoh 17:3) kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-ku. Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.

Jadi, jika orang mengikut Yesus dan menerima ajaran kekal / Yoh 17:3, maka tidak ada yang bisa menyesatkan/merebut mereka dari Yesus, sebagaimana manusia tidak bisa menyesatkan/merebut sesuatu yang sudah milik Allah. dalam hal inilah Yesus berkata bahwa Yesus dan Bapa adalah satu.

Ini persis dengan ajaran Al Qur’an :

Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat,maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak ada seorangpun yang sanggup untuk melepaskannya sesudah itu.Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. 35:2)).

Jadi, kenapa Yesus disebut Tuhan? Apa lantara dia bisa menghidupkan orang mati???? Oke, coba lihat kasus Yesus menghidupkan lazarus.

Yoh. 11:41-43

Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata:
“Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan (doa) aku. Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan (pinta, doa) aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi aku, aku mengatakannya (menyatakannya), supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.”

Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: “Lazarus, marilah ke luar!”

Artinya, Yesus menyatakan bahwa semua pekerjaannya yang penuh mujizat itu adalah pengabulan doa/pinta Yesus kepada Bapa (Allah). bukanlah Yesus yang melakukan semua itu dengan kekuatannya sendiri sebagai manusia. Dan sebagai Allah yang Maha Mendengar tentulah akan mengabulkan pinta utusanNya sendiri.

Saya heran dengan pernyataan kebanyakan para misionaris “Apakah Yesus pendusta, orang gila atau Tuhan?” mengapa kalian selalu membuat kalimat seperti itu? Mengapa tidak ada manusia hebat yang menjadi utusan Tuhan? Mengapa dia harus menjadi pendusta atau orang gila? Berulang-ulang dalam pengajaran evangelis bahwa yesus bukan penipu dan bukan pendusta. Apakah jika orang bukan pendusta dan bukan penipu, maka dia itu adalah Tuhan? Dan apakah jika dia bukan Tuhan maka dia pendusta atau penipu? Mengapa jika tidak ini maka pasti itu? Heran saya dengan cara-cara kalian.

Yesus berkata bahwa pikullah salib mu dan ikuti aku, maka aku akan berikan hidup yg kekal (yoh 17:3), ikuti ajaran Yesus. Jika tidak, sungguh Yesus telah bersabda : (Mat 5:20 ) ‘Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga”. Jadi, kalian harus lebih baik dari Yahudi. Dan kalian tidak bisa jadi lebih baik dari Yahudi kecuali kalian melaksanakan hukum Taurat dan kitab Para Nabi.

Jika kalian telah mengikuti Yesus dan laksanakan ajaran Taurat dan kitab Para Nabi, maka kalian tidak perlu dibantu untuk menjadi Muslim.

Wassalamualaikum.

Tampilan Anis Soros yg ke DUA

(Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa pendeta berkotbah dengan semangat berapi-api sebagai kamuflase bahwa seolah-olah yg diajarkannya itu sudah benar).

Permintaan bahwa dimana Yesus itu Tuhan? Coba perhatikan Yohanes 13:13 “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. (terjemahan bhs Inggrisnya adalah dari kata ‘Lord’ bukan dari kata ‘God’).

Tolong diingat, jika ratu Inggris datang ke sini, tentu dia tidak akan selalu berkata ‘Saya ratu’.

Mengenai Trinitas, Yesus ada bukanlah dari pengalaman seksual. Yesus anak Allah artinya adalah sebagai gelar spiritual dan Dia datang karena Dia mencintai kalian (hadirin bertepuk tangan riuh, biasa lah.).

Let me challenge you, 75% of wonderful Qur’an in my wonderful language of Arabic, is from the Bible (TANTANGAN ANIS SOROS YG KELAK AKAN BERLANJUT DI PERTEMUAN DEBAT SELANJUTNYA).

Jika kita lihat dari Bible, bahwa Tuhan menunjuki manusia kepada jalanNya, tapi manusia mengikuti jalan lain. Terus begitu melulu. Maka, tidak akan pernah manusia terselamatkan. Seperti semut yang akan masuk ke jurang, maka akankah saya harus menjadi semut untuk menyelamatkan semut atau tetap menjadi manusia dan tereak-tereak? Nah jika anda mempunyai kekuatan untuk menjadi semut, apakah anda tidak akan menjadi semut menyelemakatkan semut yang akan masuk ke jurang? Karena sekali kamu menjadi semut, maka kamu akan sebagai semut selamanya. Untuk itulah Yesus datang sebagai manusia jelmaan dari Tuhan, maka dia hidup sebagai manusia seluruhnya. Yesus datang menjelaskan bagaimana menebus dosa manusia. Dan tak seorang pun bisa jadi anak Tuhan yang saleh tanpa pengorbanan darah dari Yesus anak Tuhan. (INGAT! PIDATO SOROS SANGAT BERAPI-API, YAG JIKA DIA MENGIDAP PENYAKIT JANTUNG, PASTILAH DIA MATI KETIKA PIDATO TSB).

Meskipun Bishop dari gereja Anglikan setuju atau tidak, maka Yesus sebagai Tuhan adalah benar, meskipun semua manusia telah berdusta. (SEPERTINYA ANIS SOROS TIDAK BERDEBAT TAPI MELAKUKAN DEBAT MONOLOG, KARENA TIDAK BANYAK PERMASALAHAN DARI DEEDAT YG BISA DIA JAWAB).

Saya undang semuanya untuk mencari kebenaran, yaitu Tuhan dalam Yesus, yang menyatukan dunia pada dirinya. Saat muslim menjadi menjadi muslim sejati, dan kristen menjadi kristen sejati, ketika mereka semua menerima pemberian Tuhan yaitu Yesus anak Tuhan.

Tampilan Ahmeed Deedat ke DUA

Ketika Yesus menjawab pertanyaan Filipus, yang meminta untuk diperlihatkan Bapa/ Allah, Yesus berkata : (Yoh 14:9) “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa.
Jika ayat itu diartikan harfiah, tentulah berarti ‘Yesus adalah Bapa’. tapi jika kita lihat lagi konteksnya lagi, maka akan terlihata salah pemahaman yang sangat serius. Lagi dan lagi salah pemahaman.

Sebelumnya, Yesus berkata tentang ‘dia akan pergi’, (Yoh 14:4-5) “Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ. Kata Tomas kepada-Nya: “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?”

Rupanya para murid yesus salah mengira lagi. Mereka mengira bahwa itu lokasi geografis, padahal Yesus sedang berbicara tentang ‘spiritual journey’. Karena itu lah Yesus memberikan keterangan lanjutan :

Yoh 14:6-7
“Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Kalau kamu mengenal Dia maka kamu telah melihat Dia.”

(mungkin bak kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta. Juga bandingkan dengan sistem bhs di barat, ketika kita mengerti maksud seseorang, maka kita berkata ‘o, I see’. Apakah diartikan ‘o, saya melihat’ ? )

masih juga murid Yesus tidak puas. Maka mereka meminta untuk diperlihatkan Bapa di mata bulat mereka : (Yoh 14:8) Kata Filipus kepada Yesus: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.”

Maka muncullah ucapan yesus diatas (Yoh 14:9) “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa.”

Artinya “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal (MEMAHAMI ucapan) Aku? Barangsiapa telah melihat (MEMAHAMI ucapan) Aku, ia telah melihat (MEMAHAMI Kehendak) Bapa”.

Dengan kata lain Yesus berkata kepada Filip, “Filip kamu ini gimana sih? Bukankah kamu itu Yahudi bahwa kamu tahu Tuhan tidak bisa dilihat dengan mata kamu sendiri. Sedangkan kamu sudah bersama aku selama 3 tahun? If you have seen me you have seen the father, meaning ‘if you understood me you understood what God is’.

Dan ini adalah bahasa kita. Itulah maksud biblos bahwa kita disebutkan “mereka melihat tapi tak melihat, mereka mendengar tapi tak mendengar. Mereka tetap tak mengerti.” Artinya, melihat itu bukanlah dengan melihat secara fisik tapi secara spiritually. Jadi Yesus tidak sedang mengklaim sebagai Bapa.

Sesi Tanya Jawab

Question to Ahmeed Deedat :
Mengapa Thomas memanggil Yesus dengan ‘Ya tuanku, ya Tuhanku!”

Yohanes 20:27-28
Kemudian Yesus berkata kepada Tomas, “Lihatlah tangan-Ku, dan taruhlah jarimu di sini. Ulurkan tanganmu dan taruhlah di lambung-Ku. Jangan ragu-ragu lagi, tetapi percayalah!”
“Tuhanku dan Allahku!”, berkata Tomas kepada Yesus.

Jawab :
Karena ketika Yesus pertama kali datang, Tomas sedang tidak ada. Yesus makan dan tidur disitu, lalu kemudia Tomas datang dan para murid lain memberi tahu ‘Look, our master is here”. Dalam pikiran Tomas adalah kecuali jika aku pegang badannya, baru aku percaya. Karena dia tidak percaya bahwa Yesus secara fisik ada bersama mereka. Karena dalam pikiran Tomas Yesus sudah mampus dan tidak mungkin ada secara fisik bersama mereka.

Ternyata yesus muncul di hadapan Tomas dan berkata seperti diatas. Sesuai dengan keinginan Tomas. Tentu saja Tomas kaget bukan alang kepalang. Makanya dia mengucapkan kekagetan, “Tuhanku dan Allahku”.

Ini sama saja saya berkata pada saudara Anis, “saudara Anis, o, Tuhanku, kenapa kamu bilang bahwa Yesus itu mengetahui hari kiamat di dalam Al Qur’an, sedangkan di dalam biblos sendiri tidak ada?” apakah saya menganggap saudara Anis ini Tuhan???????????????????????????????????

Question to Anis Soros

Apakah Yesus berdoa? Jika betul berdoa, kepada siapa Yesus berdoa? Mengapa Tuhan yang sempurna perlu berdoa? Would you please answer this?

Jawaban:
Kawan-kawan tercinta, alangkah indahnya, dan kepada saudaraku (Deedat), saya yakin kita akan mempunyai kesempatan lain untuk berbagi kesamaan pandangan. Saya berharap bisa mengusulkan tema lain, seperti yang ia lakukan. (hadirin riuh ribut karena Anis Soros suka mengalihkan pembicaraan).

Jawaban atas pertanyaan tadi, salah satu kesulitan anda adalah kelihatannya tuhan anda begitu kecil. Tuhan Maha Besar, hingga ia datang kepada mu dan mencintaimu. Bisakah anda memahami itu? Tuhan adalah cinta. Dan dalam bentuk manusia, membebaskan setiap dosa, ia menghadirkan doa kepada Bapa, ingat ketika Yesus disalib dia berseru : Eli Eli, yang berarti Tuhan ku Tuhanku? Ketika Yesus mati, Tuhan tidak mati, tapi tubuh Yesus yang mati. Jiwanya tetap hidup. Jadi, jawabannya adalah Yesus berdoa kepada Bapa yang disorga.

(padahal kalau kristolog mati, jiwa kristolog juga tidak mati, tapi masih hidup dan ditempatkan di dalam alam roh menunggu dibangkitkan di hari kiamat).

Question to Ahmed Deedat.

Ketika Yesus berkata ‘Aku dan Bapa adalah Satu’, Satu dalam bahasa Yunani adalah berarti satu yg netral. Bagaimana tanggapan bapak?

Jawaban :
Satu dalam bhs Yunani adalah ‘Hen’. Istilah ‘Hen’ ini juga dipakai pada ayat berikut :

Yoh 17:11. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku (untuk menyampaikannya), supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.

Jika arti Hen ini adalah satu seperti sosis, dimana sosis adalah dading dihancurkan menjadi satu daging yang halus, maka timbul pertanyaan : apakah para murid bersatu satu sama lain secara fisik juga??????????

(berhubung cdrom saya agak ngadat dikit, mungkin karena kepanasan, maka filmnya agak ngadat. Tapi sesi tanya jawab ini tidak berlangsung lama. Tidak banyak pertanyaan yang dijawab oleh masing-masing peserta. Hanya tinggal 2 pertanyaan lagi sebelum diakhiri ‘paksa’ oleh moderator’)

Question to Anis soros:

(Saya lupa pertanyaannya, tapi ada statement disela-sela jawabannya yang menuduh bahwa umat Islam juga mengakui trinitas dalam ucapan bismillah mereka).

Question to Ahmed deedat:

(saya juga lupa, tapi ada ralat atas pernyataan Soros bahwa Bismillah mengandugn trinitas. Padahal artinya adalah Dengan menyebut nama Allah yang (bersifat) Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Sebaliknya trinitas adalah Dalam nama Bapa, dan nama Anak dan nama Roh Kudus).

Akhir perdebatan

Moderator memberikan kesempatan terakhir ‘dengan curangnya’ kepada Anis Soros untuk memberikan pernyataan positif. Lalu Anis Soros lagi-lagi dengan gaya tidak tahu malunya memprovokasi audience untuk mencari kebenaran dalam nama Yesus.

Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu…………….. kata hadirin.