ALLAH , YAHSHUA , YAHWEH , IMANUEL ATAU YESHUA ?

DIALOG SAYA DENGAN ALDO TULUNG ALLO .
Topik : SIAPA YG MAHA PENGAMPUN , ALLAH BAPA ATAU YESUS ?

Awal April 2011

Edy Prayitno
Salam ……lama gak berkunjung di Forum milik anda .
Yang jadi pertanyaan saya , Siapakah yg maha pengampun ,
AllaH BAPA , atau YESUS
Siapakah yg berhak punya wewenang mengampuni ?
dan tak tambah satu :
Siapakah yg mengabulkan doa ?
ALLAH BAPA atau YESUS ?

Sem Aldo Tulung Allo
@edy…
1. kagak ada yg namanya ‘Allah Bapa’ yg ada SEBENERNYA ‘Bapa YAHWEH’.
kesalahan ini dikarenakan ADANYA SALAH TERJEMAHAN dan YG MENTERJEMAHKAN KURANG BERTANGGUNG JAWAB untuk memperbaikinya sampai sekarang.
2. Bapa SEBENARNYA adalah YAHWEH yg adalah ROH,
3. ROH itu GAK BISA DILIHAT, makanya SPY BISA DILIHAT MANUSIA DIA menjadi manusia,
4. saat ROH menjadi manusia DIA bernama YAHshua [artinya:YAHWEH menyelamatkan] dan punya nama laen ImanuEL [artinya: Tuhan beserta kita],
5. jd yg BERHAK MENGAMPUNI DOSA adalah BAPA dan ANAK,
6. PROSESNYA aja yg beda….kami BERDOA kpd BAPA di dalam nama ANAK [atau melalui ANAK]
7. dalam HAL PENGAMPUNAN DOSA, YAHshua sekarang MASIH bertindak sbg IMAM BESAR…
8 kalo lu mau tau lbh dalem SILAHKAN TANYA LAGI..


Edy Prayitno
salam mas aldo . Allah bapa itu sering disebut oleh Yesus sbg gambaran dekatnya hub Allah dan Yesus . siapa yg di maksud Allah bapa ini oleh Yesus ? tak lain adalah ALLAHnya Ibrahim ,nuh ,musa dan semua para nabi yg semuanya keturunan bani israel . dan ini oleh org israel disebut YHWH .jadi atas dasar apa mas aldo membedakan jika allah bapa dan YHWH itu berbeda ? yang kedua mas aldo bilang jika Alllah itu roh dan supya bisa dilihat Allah menjadi manusia ?apakah ucapan anda ini ada dasarnya ?

Sem Aldo Tulung Allo

@edy…
ini pertanyaan dan jawabannya:
1. siapa yg di maksud Allah bapa ini oleh Yesus ? tak lain adalah ALLAHnya Ibrahim ,nuh ,musa dan semua para nabi yg semuanya keturunan bani israel . dan ini oleh org israel disebut YHWH .jadi atas dasar apa mas aldo membedakan jika allah bapa dan YHWH itu berbeda ?
jawab:
a. dalam bible bhs ibrani GAK ADA kata ‘allah’ yg ada kata ELOHIM yg artinya ‘Tuhan’.
b. gw membedakan ‘allah bapa’ dan YHWH dari KAIDAH BHS INDONESIA.
(1) silahkan cek dan sekalian beli buku EYD kebahasa-indonesiaan,
apakah nama pribadi itu BISA DITERJEMAHKAN?
adakah artikel RESMI yg menterjemahkan nama pribadi?
[ok, YG SALAH JGN DITIRU...LAI salah dalam menterjemahkan nama pribadi]

(2) kata ‘allah’ adalah NAMA SESEMBAHAN umat muslim, ini FAKTA.
dan umat yahudi dan kristen GAK MENGENAL NAMA PRIBADI ini buat disembah.
jd GAK BENER istilah: ‘ALLAH BAPA’.
yg bener adalah: Elohim Yahweh atau Bapa Yahweh.

—-
2. yang kedua mas aldo bilang jika Alllah itu roh dan supya bisa dilihat Allah menjadi manusia ?apakah ucapan anda ini ada dasarnya ?
jawab:
acuannya TENTU SAJA AYAT BIBLE sendiri, antara lain:
a. matius 1:23 “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” –yang berarti: Elohim menyertai kita.
penjelasan: Imanuel adalah nama lain YAHshua yg artinya TUHAN/Elohim ada di tengah manusia.

b. yoh 1:1-3 dan 14
YAHshua adalah FIRMAN YAHWEH dan FIRMAN itu menjadi SEORANG MANUSIA.
GITU lah…

Edy Prayitno

salam sdr Aldo ,
Sdr Aldo , Umat Kristen memang terkadang bingung soal nama Tuhan mereka apakah Yahweh atau Allah dan salah satunya adalah anda he he he he
Ada segolongan umat Kristen yang anti dengan nama Allah dan menggantinya menjadi Tuhan dan Yahweh dalam kitab injil versi mereka, namanya KITAB SUCI UMAT PERJANJIAN TUHAN (KSUPT).
Disamping itu saudara mengatakan seakan akan YHWH yg berasal dari bahasa Ibrani itu sebagai bahasa asli dari terjemahan kitab perjanjian baru ? betulkah ……bahasa Ibrani seperti yg anda katakan itu adalah bahasa Asli yg juga dipakai oleh murid murid Yesus ? Perjanjian Baru aslinya ditulis dalam bahasa Yunani Koine dan para rasul Yesus tidak mempertahankan nama diri Yahwe
anda terpaku pada anggapan seolah olah Ha B’rit ha-Hadasah (Perjanjian Baru bahasa Ibrani) dan memperlakukannya seolah-olah itulah teks bahasa aslinya. Dalam Perjanjian Baru berbahasa Ibrani ini tentu saja kita akan menjumpai nama Yahwe. Tetapi Perjanjian Baru berbahasa Ibrani itu adalah hasil terjemahan dari bahasa Yunani. Penerjemahan dilakukan oleh United Bible Society in Israel, baru pada tahun 1970-an.

Nama Tuhan dalam perjanjian lama yaitu YHWH, dimana dari situ agak mengalami kesulitan dalam membacanya. Dari YHWH itulah akhirnya dibaca Yahweh. Yahweh sebenarnya bukan asli nama Tuhan Yahudi. Nama ini diperkenalkan oleh Benedictine Gilbertus Genebrardus tahun 1550-1567. Dia mengutip nama Tuhan Pagan pada Alkitab orang Samaria bernama “Yabe”, kemudian mengubah kata “b” menjadi “v” sehingga katanya berubah dari “Yabe” ke “Yave”. Dia kemudian menambah kata “h” sehingga dari “Yave” menjadi “Yahveh” dan akhirnya “Yahweh”.
Kembali lagi apakah Yahweh Allah nama Tuhan orang Kristen. Untuk mengetahuinya silahkan simak ayat Matius 27 : 46 berikut :
Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli-Eli, lama sabakhtani?” yang artinya : “Allah-ku Allah-ku mengapa Engkau meninggalkan aku?”.
And at the ninth hour Jesus cried out with a loud voice, saying : “Eloi-Eloi lama sabachtani?” which is translated : my God-my God why have you forsaken me?”
Coba perhatikan, apakah Yesus mengatakan “YHWH/YAHWEH-YHWH/YAHWEH mengapa engkau meninggalkan aku?. Jelas disini Yesus memanggil Tuhan-nya yang bernama Eli/Eloi/Elloh/Allah.
Kenapa Eli . Eloi ……dan bukan YAHUWE , atau YHWH /
Salah satu bukti bahwa Yesus membaca Targum berbahasa Arami, di mana kata Alaha (yang cognate dengan bentuk Ibrani: Eloah, dan Arab: Allah) adalah ungkapan Yesus dalam Markus 15:33, Elohi, Elohi, l’mah sh’vaktani
Jadi saudara Aldo anda saya harap tidak bingung lagi , apalagi dengan menyalahkan penterjemah LAI segala ? mereka para penterjemah adalah orang2 hebat , orang2 pinter bahasa , dan mereka menterjemahkan kata “ ALLAH “ sebagai ganti dari ALLAH BAPA , YHWH , YAHUWE dst ………..pasti sudah punya dasar yg kuat . dan tiba tiba anda yg masih setengah2 ini berani mengatakan jika terjemahan LAI adalah salah ? he he he !
Yang Kedua : anda mengatakan , saat ROH menjadi manusia DIA bernama YAHshua [artinya:YAHWEH menyelamatkan] dan punya nama laen ImanuEL [artinya: Tuhan beserta kita],
Saudara Aldo anda pakai ilmu kalimat apa ? mencocok cocokan ? dan ditafsir ngawur seperti itu ? coba anda tahu tidak bedanya kata : YAHSHUA , YAHWEH , IMANUEL …….juga bedanya dengan YESHUA ?
Ini dulu ditanggapi ……( nanti kebanyakan he he he )

• Sem Aldo Tulung Allo

@edy…
1. tentang nama YAHWEH,
a. jadikan BHS IBRANI sbh PATOKAN bukan BHS INDONESIA.
b. walau PB tidak menggunakan YHWH namun banyak ayat PB yg MENGUTIP ayat PL dan otomatis disana SEHARUSNYA ADA NAMA YHWH mis: mar 12:29 yg mengutip ulangan 6:4.

2. tentang nama ALLAH,
a. ini adalah NAMA TUHAN MUSLIM,
b. ini adalah NAMA DEWA BANGSA ARAB KUNO juga,
c. nama ini TIDAK DIKENAL oleh umat kristen SELAIN ARAB, MALAYSIA, dan INDONESIA..sedangkan US, eropa, australia, dll GAK KENAL NAMA ALLAH INI jd INI BUKANLAH NAMA TUHAN melainkan KESALAHAN DALAM MENTERJEMAHKAN.

3. tentang LAI,
a. LAI kagak menterjemahkan ini LANGSUNG dari BHS YUNANI atau IBRANI nya melainkan mengacu ke inggris shg banyak terjadi kesalahan dalam terjemahan,
b. LAI juga TIDAK MENGINDAHKAN penggunaan bahasa indonesia EYD dan gw sendiri BISA MEMPERTANGGUNGJAWABKAN ini kalau gw diminta presentasi sewaktu-waktu.
c. KESALAHAN TERJEMAHAN ini DISALAHGUNAKAN oleh banyak rekan muslim YG MEYAKINI BAHWA YAHshua CUMAN NABI dan BERTUHANKAN ALLAH atau ALLAH swt.

4. tentang kata ELI/ELOI silahkan buat NOTE sendiri INI SUDAH TERLALU BIAS…

5. tentang kata YAHshua/YEshua/YAHWEH SILAHKAN buat NOTE sendiri ini juga OOT…

Edy Prayitno
Salam sdr Aldo .

Soal sebutan ALLAH ini bukan hanya milik orang muslim saja . jauh sebelum muslim ada sebutan ini sudah ada bahkan kaum Kristen mula-mula juga pakai sebutan ini .
dari inskripsi Kuntilet Ajrud dan Khirbet el-Qom, istilah Allah juga digunakan di sekitar Mekkah sebelum zaman Islam. Tetapi istilah Allah dipakai sebagai sebutan bagi Khaliq langit dan bumi oleh orang-orang Kristen Arab di wilayah Syria. Hal ini dibuktikan dari sejumlah inskripsi Arab pra-Islam yang semuanya ternyata berasal dari lingkungan Kristen.

Salah satu inskripsi kuno yang ditemukan pada tahun 1881 di kota Zabad, sebelah tenggara kota Allepo (Arab: Halab), sebuah kota di Syria sekarang, meneguhkan dalil tersebut. Inskripsi Zabad ini telah dibuktikan tanggalnya berasal dari azman sebelum Islam, tepatnya tahun 512. Menariknya, inskripsi ini diawali dengan perkataan Bism-al-lah, “Dengan Nama al-lah” (bentuk singkatnya: Bismillah, “Dengan Nama Allah”), dan kemudian diusul dengan nama-nama orang Kristen Syria. Bunyi lengkap inskripsi Arab Kristen ini dapat direkonstruksi sebagai berikut:

“Bism’ al-lah: Serjius bar ‘Amad, Manaf wa Hani bar Mar al-Qais, Serjius bar Sa’d wa Sitr wa Sahuraih”

terjemahannya :

- Dengan Nama Allah: Sergius putra Amad, Manaf dan Hani putra Mat al-Qais, Sergius putra Sa’ad, Sitr dan Shauraih.

Menurut Yasin Hamid al-Safadi, dalam The Islamic Calligraphy, inskripsi pra-Islam lainya yang ditemukan di Ummul Jimal dari pertengahan abad ke-6 Masehi, membuktikan bahwa berbeda dengan yang terjadi di Arab selatan, di sekitar Syria nama ‘Allah’ disembah secara benar. Inskripsi Ummul Jimmal diawali dengan kata-kata Allah ghafran (Allah mengampuni).

Bahkan menurut Spencer Trimingham, dalam bukunya Christianity among the Arabs in the pre-Islamic Times, membuktikan bahwa pada tahun yang sama dengan diadakannya Majma’ (Konsili) Efesus (431), di wilayah suku Arab Hartis (Yunani: Aretas ) dipimpin seorang uskup yang bernama ‘Abd Allah (Hamba Allah).

Dari bukti-bukti arkeologis ini, jelas bahwa sebutan Allah sudah dipakai di lingkungan Kristen sebelum zaman Islam yang dimaknai sebagai sebutan bagi Tuhan Yang Mahaesa, Pencipta langit dan bumi.

KeDua , saudara mengatakan jika Nama ALLAH hanya lah nama Dewa bangsa Arab Kuno ? betulkah ? agaknya anda juga terpengaruh dengan pendapat dari : Robert Morey bahwa nama Allah diadopsi Islam dari nama Dewa Bulan bangsa Arab, adalah konklusi ahistoris dan serampangan. Dalam paparannya, Morey mengetengahkan sejumlah ‘fakta arkeologis’ tentang Dewa Bulan bernama Allah.. Anehnya kesimpulan Robert Morey tersebut hanya didasarkan fakta bahwa sebelum Nabi Muhammad lahir, bangsa Arab telah mengenal nama Allah.

Kemudian secara kebetulan ditemukan sejumlah patung yang diduga sebagai patung Allah dengan lambang bulan sabit di atasnya. Sedangkan bulan sabit adalah lambang yang secara umum terdapat di menara atau kubah masjid tempat ibadah umat Islam. Lantas Robert Morey mengambil kesimpulan bahwa Allah adalah nama Dewa Bulan bangsa Arab. Sungguh analisa Morey tersebut tidak lebih merupakan sebuah peragaan intelektualitas yang terbelakang.

Kenapa begitu karena nama nama dewa bangsa Arab dijaman itu bukan bernama “ Allah “ dewa dewa yg mereka sembah karena menurut mereka adalah “ Sebagai Perantara “ kepada ALLAH .

Bangsa Arab jahiliyah dahulu kalau ditanya : “Siapa pencipta langit dan bumi ?” Jawabnya , “Allah”. Jika ditanya :” Apakah Laata dan Uzza bisa menciptakan sesuatu ? Jawabnya : “Tidak”.

Jadi anggapan jika nama “Allah “ adalah nama salah satu dewa-dewa di negeri ARAB adalah salah . dan anda hanya terpengaruh dengan tulisan si Robert Morey .

Terakhir …….anda hanya menjawab pertanyaan saya soal siapa itu tentang kata YAHSHUA , YAHWEH , IMANUEL …….juga bedanya dengan YESHUA ?
Anda hanya menjawab terlalu bias dan saya disuruh buat topik baru …..dst ?
Kenapa sdr Aldo ? gak bisa jawab ya…..

Disini kita diskusi bebas saja , gak perlu terlalu banyak pakai aturan macam2 , pertanyaan bisa kemana mana bebas saja , pertanyaan saya ini karena anda lebih suka panggilan itu dan alergi menggunakan kata “ Allah “ yg anda anggap hanya milik muslim saja .

Bagaimana Aldo ?

Sem Aldo Tulung Allo :

tolong diperhatikan bahwa diskusi kita ini GAK BAKAL KELUAR JALUR yg udah gw tentukan, ini juga udah luas banget sih.
ini tentang YHWH,YAHshua,dan ALLAH diluar itu OOT.
dan…gw BAKAL TANGGAPIN gak semua langsung, melainkan MEMILIH 1 dari antara 3 di atas, lalu beranjak ke yg laennya.
gw menetapkan membahas lbh dahulu YHWH.
lu tulis di atas ini:
yahweh sebenarnya bukan asli nama Tuhan Yahudi. Nama ini diperkenalkan oleh Benedictine Gilbertus Genebrardus tahun 1550-1567. Dia mengutip nama Tuhan Pagan pada Alkitab orang Samaria bernama “Yabe”, kemudian mengubah k…ata “b” menjadi “v” sehingga katanya berubah dari “Yabe” ke “Yave”. Dia kemudian menambah kata “h” sehingga dari “Yave” menjadi “Yahveh” dan akhirnya “Yahweh”.
—-
permintaan gw: TOLONG KASIH gw link/sumber pendapat lu ini buat gw pelajari lbh jauh.

Edy Prayitno :

OK …….saya refresh lagi : dari awal sdr keberatan jika ALLAH muslim =( sama ) dengan ” ALLAH ” nya kaum kristen , dan anda mengatakan bahwa ” ALLAH ” nya kaum kristen adalah YAHWEH . nah saya awali pernyataan anda ini , mengapa ? apany…a yg gak sama ? ……….” Karena menurut saya , ALLAH nya ISrael , ALLAHnya kaum Ibrahim , Nuh , Lut , Musa ……..Hiingga Isa dan Muhammad adalah sama . yaitu ALLAH . Yang juga disebut2 YEsus saat berdoa , yg sama di saat kalian membaca ” Doa BAPA KAMI ” . yang sama yg disebut2 orang Yahweh , yg sama kalau orang bilang Tuhan , Sang Khalik , Sang Pengeran ( kata org jawa ) dst . Jadi apanya yg beda menurut anda ? coba terangkan ?

Sem Aldo Tulung Allo :

silahkan berikan saya LINK/SUMBER tulisanmu tentang YHWH itu adalah dewa pagan.
semua pertanyaan lu bakal gw jawab tp 1 per 1, silahkan LINK nya dulu kasih ke gw kawan.
dy…dimana2 ada ATURAN MAEN, di group gw JUGA GAK BOLEH OOT, apalagi disini. ini menunjukkan bahwa diskusi kita SERIUS bukan asal2 tulis TANPA BUKTI
gw udah tetepin kalo kita bahas YHWH dulu, dan silahkan tunjukin bukti s…umber tulisanlu dulu.
ok…gw tunggu

Edy Prayitno :

Sebelum saya lanjutkan ,maka saya minta anda jadikan satu topik saja link yg kedua . soal perbedaan ALLAH YAHWE dan ALLAH islam .biar saya tidak melomat lompat ke beberapa link , toh topik bahasannya sama yaitu sekitar soal “ YAHWE “

So…al YHWH dari agama agan , nih link nya :

http://vilaputih.wordpress.com/2009/09/14/yahweh-atau-allah-tuhan-kristen/

antara YHWH dan Yahshua mana yg bisa mengampuni dosa ? anda katakan dua duanya ? apa dasar anda mengatakan demikian ?
Jesus (Inggris) dalam bentuk Ibraninya adalah Yeshua bukan Jehoshua dan dalam Kitab Bilangan 13: 16 itu bukan Yeshua Sang Penyelamat yang dilahirkan dari Perawan Miryam melainkan Hambanya Moshe, mages.yakubsulistyo.multiply.multiplycontent.com/…/Sanggahan%20Nafiri%20Yahshua.pdf?..sanggahan nafiri yahsua

Sem Aldo Tulung Allo :

emmm lu bayangin kalo kita maen ping pong:
1. lu serve dulu DENGAN 3 bola sekaligus,
2. gw mesti balikin tuh 3 bola dalam waktu bersamaa…kan sulit buat gw….

1 per 1 kawan….kita bahas dulu YHWH ini DEWA PAHAN apa bukan? baru bahas yg l…aen. jd tolong tunggu

Edy Prayitno :

terserah lu deh …………emang lu yg punya aturan !

Sem Aldo Tulung Allo :

Good! jgn loncat2, fokus kawan.
ini BANTAHAN gw atas pendapatlu yg meyakini bahwa YHWH adalah nama dewa bangsa samarian.

dari LINK yg lu kasih sbg sandaran bukti, tertulis ini:
Nama ini diperkenalkan oleh Benedictine Gilbertus Genebrardus tahun 1550-1567. Dia mengutip nama Tuhan Pagan pada Alkitab orang Samaria bernama “Yabe”

http://vilaputih.wordpress.com/2009…/09/14/yahweh-atau-allah-tuhan-kristen/

BANTAHAN gw:
1. nama ‘YABE’ BUKANLAH nama dewa samarian, sb bangsa samarian PUNYA BANYAK TUHAN dan GAK ADA YG NAMANYA ‘YABE’
silahkan lu baca semua dewa di sana di link inihttp://www.crystalinks.com/sumergods.html

2. bahkan ‘YABE’ kagak ada dalam nama2 dewa jaman dulu, silahkan baca2 dilink ini http://ancienthistory.about.com/library/bl/bl_myth_gods_index.htm#y

3. nama ‘YABE’ adalah nama YHWH sendiri dalam NASKAH BIBLE SAMARIAN…silahkan baca disini:

http://www.yhwhhisgreatname.org/html/yahweh__.html

tertulis di sana:
Many scholars claim that the pronunciation of the Divine Name as “Yahweh” is accurate due to Samaritan inscriptions written in Greek which write the Divine Name as “Yabe.”

ok, jd YG LU PERCAYA bhw YHWH itu NAMA DEWA SAMARIA adalah KELIRU, ya salah kawan.
YHWH adalah nama Tuhan musa, daud, salomo, dan TUHAN GW.

ok mau lanjut ke topik yg laen atau masih di YHWH?

Edy Prayitno :

YHWH atau apa sebutan yg lain , ALLAH Musa ALLAH DAud ALLAH Ibrahim , NUH , Isa hingga Muhammad = adalah sama . anda setuju tidak dg pendapat ini

Sem Aldo Tulung Allo :

tentu tidak. Allah dan YHWH kami BERBEDA.
menurut EYD kebahasa indonesiaan, penulisan yg benar adalah:
1. Tuhan Musa BUKAN Allah Musa,
2. Tuhan Daud BUKAN Allah Daud,
dst.
…kata ‘Tuhan’ adalah kata yg menjelaskan suatu JABATAN
sedangkan ‘Allah’ adalah NAMA PRIBADI Tuhan muslim.
jd, Tuhan dan Allah ITU BERBEDA demikian juga Allah dan YHWH adalah PRIBADI YG BERBEDA.
sekarang gw tanya balik:
nama Tuhanlu Allah atau YHWH?

Edy Prayitno :

he he he Sam ALdo masih suka terjebak dg muter muter ke istilah kata – kata . coba apa bedanya ALLAH , TUHAN , PENGERAN , YHWH ?

Sem Aldo Tulung Allo :

silahkan jawab dulu pertanyaan gw, ini diskusi BUKAN lu aja yg tanya disini.

Edy Prayitno :

he he he ,sory ….jawaban saya ,lu pasti sdh tahu . ALLAH muslim juga ALLAH MUsa , DAUD , Ibrahim , Isa …..yang disembah oleh semua para nabi , termasuk Isa .
sudah . ….skr jawab pertanyaan saya ……..Apa yg membuat lu beda bedain ALLAH dengan jabatan segala ? yg ini termasuk menjawab kebingungan lu soal sebutan2 ALLAH , TUHAN , YHWH , ?

Sem Aldo Tulung Allo :

ini jawaban lu:
ALLAH muslim juga ALLAH MUsa
ini tanggapan gw dulu:
kalo berdasarkan quran memang bener, NAMUN
berdasarkan bible dan FAKTA ARKEOLOGIS SALAH.
…Tuhan musa =YHWH.

Edy Prayitno :

sekali lagi saya katakan . anda hanya terjebak dengan istilah kata kata .

Sem Aldo Tulung Allo :

ini pertanyaan lu:
Apa yg membuat lu beda bedain ALLAH dengan jabatan segala ?
ini jawaban gw:
Allah adalah NAMA PRIBADI Tuhan lu.
TUHAN itu adalah JABATAN spt Jederal, Kapten, Direktur itu JABATAN bukan NAMA.
ok, sekarang gw tanya lg:
ada gak [1 ajaaaa] BUKTI ARKEOLOGIS bahwa nama Tuhan salomo itu adalah Allah? [1 aja gak usah banyak2].

Edy Prayitno :

he he he …..sem , saya jawab singkat , ada nggak sebutan ” Pengeran ( jawa , dalam menyebut nama ALLAH ” dalam bahasa Inggris , Spayol , India , dll ?
sekitar sejam yang lalu •

Edy Prayitno :

esensinya sama hanya merujuk pada sebuah kekuatan maha ….segala galanya . seperti orang Yahudi menganggap sesuatu itu tana nama , hanya konsonan mati YHWH .

Sem Aldo Tulung Allo :

ingat yah, ini diskusi, ada tanya jawab dari ke2 belah pihak.
silahkan JAWAB dengan singkat: ada apa KAGAK ADA, dan kalo ada silahkan lu kasih BUKTI LINK nya, 1 aja gak usah banyak2.
sekitar sejam yang lalu

Edy Prayitno :
etragrammaton adalah nama Tuhan yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, dan tidak boleh disebut atau diucapkan pada pembacaan tulisan suci dan doa, sehingga di ganti dengan Adonai (“Tuanku”). Bentuk tertulis lain seperti ד׳ atau ה׳ dibaca Hashem (Sang Nama), …..ini seperti tertulis di wikipedia

Sem Aldo Tulung Allo :

ok PATOKAN LU adalah WIKI ini http://en.wikipedia.org/wiki/Yahweh
disana tertulis ini [PERHATIKAN BAEK2]:
Banyaknya penulisan Tetragramaton di dalam tulisan tulisan tersebut mengindikasikan rujukan yang lebih pribadi terhadap jatidiri Sang P…enguasa. (Berlawanan dengan gelar yang tidak pribadi seperti “Tuhan” atau “Bapa”).
—-
jd, YHWH adalah NAMA bukan JABATAN/GELAR.
dan YHWH BUKAN ALLAH, ini BERBEDA.Lihat Selengkapnya
sekitar sejam yang lalu •
sekali lg tolong DG JELAS dan SINGKAT jawab yah:
siapa Tuhan lu? Allah atau YHWH?
sekitar sejam yang lalu •

Edy Prayitno :

kan sudah saya jawab , pertanyaan anda itu hanya permainan kata kata , dan saya tdk mau terjebak dalam sirkus kata kata buatan lu . sdh saya jawab walau berbagai sebutan , tdk menghilangkan esensi nama Tuhan yg maha Agung sang pencita langit dan bumi beserta isinya . ALLAh terlalu kecil kalau hanya di kotak kotak sebutan nama buatan lu .
karena sebetulnya sampeyan , yg bingung dengan sebutan siapa Tuhan anda ?

Sem Aldo Tulung Allo :

ok pertanyaannya saya ubah, APAKAH SAMA antara Allah dan YHWH?
sekitar sejam yang lalu •

Edy Prayitno :

ha ha ha , kamu tambah terjerat dg mainanmu sendiri aldo . saya ulangi , ALLAH muslim sama dengan ALLAHnya MUSA , NUH , IBRAHIM dan semua sembahan para nabi . ALLAH Israel tidak bernama , hanya manusia yg membuat sebutan sebutan . YHWH hanya konsonan mati , dan itu esensinya merujuk pada sesembahan sang NABI yg membawa risalah .
sekitar sejam yang lalu •

Edy Prayitno :

Kenapa Aldo ? bingung …? hingga menyalahkan LAI yg menterjemahkan YHWH menjadi ALLAH ? ….

Sem Aldo Tulung Allo :

lu tulis ini sebelumnya:
ini seerti tertulis di wikiedia
—-
LALU LU TULIS INI LG:
ALLAH Israel tidak bernama
…—-
TANGGAPAN GW:
perhatikan baek2 sumber wiki lu sendiri http://id.wikipedia.org/wiki/Tetragrammaton
disana TERTULIS:
(YHWH), tetragramaton adalah nama pribadi dari Tuhan orang Israel.

OK, GW GAK bingung…

Edy Prayitno :

he he he sdh gak bingung to…bagus ..terus ? apalagi

Sem Aldo Tulung Allo :

tentang LAI…silahkan lihat KAMUS dibelakang bible LAI, disana lu bakal baca bahwa: YHWH adalah nama Tuhan bangsa israel.

ok, lu belum jawab pertanyaan2 gw:
1. siapa nama Tuhanlu? YHWH atau Allah?
2. mana BUKTI ARKEOLOGI bahwa nama Tuhan salomo adalah Allah?
—-
buat yg #2 PER BUKTI gw bakal kasih 1 juta deh….hayo kawan cari dg bantuan google buatan yahudi ini.

Edy Prayitno :

nih saya cuplik dari wikii ……” Tetragrammaton adalah nama Tuhan yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, ………..lihat ALdo , ALLAH tdk bisa cukup disebut dg kata kata ??? krn semua sebutan , semua nama yg PALING MAHA ……hanya milik ALLAH semata

Sem Aldo Tulung Allo :

mana LINK nya? tolong posting kesini deh…

Edy Prayitno :

ALdo …ALdo kalau lu mau main posting link , akan penuh sepenuh link di Google. …..pertanyaan lu diulang ulang terus , apa masih bingung ? 1. Siapa nama TUHANKU …….kan sdh saya jawab , ALLAH NYA MUSA , ALLAHNYA nenek monyang manusia mulai ADAM , itulah ALLAH kami . sedangkan nama ……sdh saya jelaskan lewat wikipedia contohnya bersumber dari kepercayaan kaum YAHUDI yg mengucakan nama ALLAH hanya konsonan mati YHWH ( karena ALLAH terlalu kecil kalau dibatasi oleh sebuah nama , . ……apa masih belum mudeng juga sam…..?

Sem Aldo Tulung Allo :

dari awal lu gak ngeri CARA DISKUSI makanya gw ajarin disni.
semua orang bisa nulis, tp kalo ngasal TANPA LINK/BUKTI itu ngecap.
silahkan BERIKAN LINK yg menjadi DASAR KEYAKINANlu tentang wiki-YHWH…..silahkan.

Edy Prayitno :

ALdo aldo…..kalau hanya bahas secara umum , dan dasar semacam ini , gak perlu repot – repot cari link , apa sedikit saja gak ada dalam ” pikir ” anda pengetahuan ? atau justru kamu kebanyakan sumber link malah kebingungan sendiri , dalam menyebut siapa Tuhan kamu , Allah , ALLAH BAPA , TUHAN , YESUS …..? atau YHWH ?

Sem Aldo Tulung Allo :

tolong perbaiki CARA DISKUSI lu, kalo copas dari SUATU LINK jgn ya JANGAN LU AMBIL SEBAGIAN dan BUANG YG LAEN.
semua sumber wiki MENJELASKAN bahwa YHWH adlah NAMA TUHAN ISRAEL bukan TUHAN ARAB////nama Tuhan gw: YAHWEH yg menjadi manusia bern…ama YESHUA. ok…jd ADA GAK BUKTI ARKEOLOGI yg gw minta? ada gak BUKTI TUHAM SALOMO itu Allah?

Edy Prayitno :

Sam sam kamu itu kok susah memahami hal dasar sebutan YHWH ini . YHWH memang sebutan Tuhan kaum YAHUDI . ini memang benar . terus kenapa ? ohhh skr kamu intinya ALergi kan menyebut nama ALLAH , karena menurut sampeyan kata ” ALLAH ” ini han…ya milik muslim ? gitu kan …….itulah saya katakan tadi , sampeyan terlalu sempit memahami arti kata siapa nama ALLAH itu ? dan sekarang sampeyan mau pakai nama YHWH krn itulah ug disebut kaum YAHUDI begitu …….? ayo coba bagaimana kalau sameyan berdoa ? yah…..coba dipakai kalau anda mau berdoa ” DOA BAPA KAMI ” seperti yg diajarkan oleh Yesus ? dan doa doa sehari hari ……apa YHWH ini bisa diucapkan sbg pengganti nama ALLAH ? Sam YHWH adalah konsonan tak bisa diucapkan . YHWH / Tetragrammaton yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata,

Sem Aldo Tulung Allo :

hemmm…tipikal muslim yg kehabisan argumen.
1. lu GAK BISA KASIH LINK yg jd dasar pikiran lu…ok,
2. lu GAK NEMUIN 1 pun bukti arkeologi Tuhan salomo=Allah…ok,
3. lu juga KAGAK TEGAS menjelaskan nama Tuhanlu sendiri…ok
4. lu GAK TERBIASA… tanya-jawab, mana kalo tanya BORONGAN lg….Lihat
biar ini LU POSTING deh di BLOG lu kawan…biar banyak yg belajar dan tahu siapa YHWH itu, tugas gw adalah MEMASYURKAN NAMA-NYA kpd bangsa2.

Edy Prayitno :

ha ha ha …….1..mau link …sepasar ada .! 2, karena kamu juga bingung mana ALLAH para nabi ? 3. gak kebalik tuh…..4. yg mana borongan , kayaknya diskusi ini baru bahas dasarnya aja ….kamu dah belepotan kayak gitu .

Edy Prayitno :

nama yang mana ? YHWH atau YESUS /…..ALLAH , atau ALLAH BAPA ? tuh kan bingung ….
tetapi kalau anda anggap dialog ini selesai , yah saya ucapkan terima kasih , maaf kalau ada kata yg salah , dan kapan kapan saya mau diskusi lagi dg topik topik yg lain ….bagaimana ?

Sem Aldo Tulung Allo :

ok gw anggap ini KELAR kawan, gw kagak maksa siapa2 apalagi sama lu. kita tetep bertemen…gw sama sekali gak ada rasa benci.
silahkan maen2 ke rumah gw kalo ada wkt.

Edy Prayitno :

siip ….sama kawan , terima kasih .

About these ads