Salam …
Saya coba membuka topik dialog terbuka antara saya dengan teman2 kristen , dan saudara-saudara muslim juga bisa membantu saya dalam membuka dialog terbuka dibawah ini :
Topik : Yesus itu Anak Allah ,Anak manusia ,atau ALlah yang menjelma menjadi Yesus ?
topik ini sering dkemukakan oleh teman2 kristen dalam berbagai dialog ..dan saya coba angkat topik ini di blg saya secara terbuka

Saya awali topik ini dengan Sony dan mas Ginting di sebuah milis pada tgl : 7 January 2010 .
dan silahkan teman2 yg lain ikut memberi masukan
Selanjutnya ,saya mengundang semua pembaca saya ( terutama yg kristen ) mungkin punya jawaban dari pertanyaan saya ,silahkan beri masukan .

Terima kasih .
salam
edy prayitno.

YESUS ITU ANAK ALLAH , ANAK MANUSIA , ATAU ALLAH YG MENJELMA MENJADI MANUSIA ?

SONY : [..@yahoo.com]
Loh..kata siapa Tuhan menghancurkan ke ilahiannya, hanya karena Tuhan menjadi manusia ? itu kan prediksi ente sendiri.
Sungguh kontroversial sekali pemikiran kaum muslim, disatu sisi mereka mengakui kalau Allah itu Maha Segala-gala nya, tetapi disisi lain mereka menolak kalau Allah itu menjelma menjadi manusia, dengan alasan tidak mungkin Allah mau menjadi ciptaannya……kok enak banget yaa…..Allah nya di atur-atur begitu, how come ?
Skg begini saja sdr ……posisi kita memang berbeda…..kalian muslim menyembah allah yang tidak mungkin menjadi manusia, yg berarti kekuasaan allah ente terbatas, karena ada istilah “tidak mungkin” didalam kekuasaan allah swt.
sementara kami, kami menyembah Allah yang maha segala-galanya, Dia dapat menjadi apa saja sesuai dengan apa yang Dia kehendaki, dan dalam hal ini Dia menjadi manusia, karena Dia ingin menolong manusia.
Setuju ?

EDY . P
Son ……yang jelas .!
Yesus itu anak Allah .
atau
Yesus itu Tuhan yg menjadi manusia .
tolong anda perjelas soal ini

SONY :
Disebut Anak Allah, karena Dia datang melalui rahim seorang wanita
Disebut Anak Manusia, karena Dia datang sebagai manusia.
Disebut Allah yang menjadi manusia, karena Dia adalah Allah yg datang sebagai manusia.
paham ?

EDY P :
son…
sebutan Anak Allah ………..ini ada ayatnya ..
sebutan anak manusia ………ini ada ayatnya .
sebutan …Allah yg datang sebagai manusia ……….ini karangan sampeyan ( krn tidak ada ayatnya )..? coba sebutkan dasar pendapat ini .

USMAN GINTING : [usman_ginting2000@yahoo.com.sg]
numpang liwat doong… Maaf ya klo ngeganggu. Yesus anak Manusia n Yesus anak Allah, kan ada ayatnya, nah kalau Yesus adlh Tuhan yg datang kdunia sbg manusia, ayat yg persis mngatakan dmikian mmg tdk ada. Tp kalau kita simpulkan dr bbrp ayat yg ada, mk hal itu akn kta temukan. Lihat, salah satu ayat, yaitu dlm Yoh 10:30, mengatakan Yesus adlh Bapa/Allah. Dan Dia sendiri ada/datang kedunia adlh sbg anak manusia. Dgn kata lain, Yesus adlh anak manusia, berarti Yesus datang sbg manusia. Sedang Yesus adlh Allah, brarti Yesus adlh Tuhan yg datang sbg manusia. Thq

EDY PRAYITNO :
Sdr ginting ..
Yoh 10:29 Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.
10:30 Aku dan Bapa adalah satu.”

Coba baca ayat diatas .
Ada pemisahan yg sangat jelas dari ayat ini.
Yesus disebut anak …… ( ini berarti Allah Bapa masih ada )
Yesus disebut anak manusia ( Bapa masih ada )
Allah menjadi Yesus …? ( ini yg tanda tanya )

Sedangkan Ayat yg anda cuplik diatas justru memperkuat pendapat 1. dan 2.
Coba baca yoh 10.29 …..disana jelas pemisahannya . Ada Bapa dan ada Yesus .
Jika Allah sudah menjadi Yesus ..Maka Yesus tidak perlu mengatakan :
Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku,
bagaimana mas ginting ?

SONY :
Silahkan baca Why 1:17-18

EDY PRAYITNO :
HA HA HA ……SON…SON
kenapa gak sekalian saja : silahkan baca Alkitab semua ….!
kenapa …..?
sampeyan gak mampu jawab…?
hanya seginikah kemampuan Sony …?
yg selama ini getol mengatakan …Jika Allah sudah menjelma menjadi Yesus ?

SONY :
Silahkan baca Why 1:17-18
EDY PRAYITNO :
HA HA HA ……SON…SON
kenapa gak sekalian saja : silahkan baca Alkitab semua ….!
kenapa …..?
sampeyan gak mampu jawab…?
hanya seginikah kemampuan Sony …?
yg selama ini getol mengatakan …Jika Allah sudah menjelma menjadi Yesus ?
SONY
Loh…apa salah ane ? ente minta ayatnya….dan ane tunjukkan…terus masalahnya kenapa ?
ane sudah tunjukkan ayatnya, kok malah dibilang tidak mampu menjawab….bagaimana ini ???
debat macam apa ini ???
silahkan baca dan simak ayat yang ane tunjuk….itulah jawabannya.
kalau ente tidak bisa membantah…..yaa…bilang aja terus terang.
ane maklumin kok.

EDY PRAYITNO .
kok malah remosi …
ha ha ha …..
jawab dulu ..emosi belakangan :
ok silahkan dijawab :::
saya tunggu ….?
kalau gak mampu bilang ……….nyerah ….
sambil mengibarkan bendera putih ?

bagaimana ?

SONY :

emosi ??? sapa yang emosi ???
he..he..he…
mo jawban apa lagi ???
udah dijawb tuh….
ente aja yang tidak bisa kasih argumentasi lagi…
he..he..he…
sudah lempar handuk putih nih yee

EDY PRAYITNO .
jawab hanya lempar satu ayat tanpa mau dikupas apa maksudnya ?
anak TK juga bisa …
siapa yg lempar handuk ?
mending seperti mas ginting …bersikap gentlemen ..
mas ginting berani bilang :
Jika ayat …yg anda koar2 kan bahwa ALlah berubah wujud menjadi Yesus itu ..AYATNYA MEMANG TIDAK ADA !
jawan kayak mas ginting itu lebih saya apresiasi daripada si Sony yg sok umbar statement tetapi Nol …dasarnya .

SONY .
Ah….lagu lama….tipikal islam utk lari dari debat….
awalnya bertanya…
dikasih jawaban…eeh…malah plintat-plintut….ujung-ujung berkoar-koar bilang kabur dari debat
he..he..he…
Berdebat lah dengan elegan……itu sih kalau bisa…..kalau gak….ane maklumin.
sudah lahh edy…kualitas ente sudah terukur.

SIMON KEFAS .
salam,
> edi, kebiasaan hanya bisa bertanya tanpa pernah memahami jawaban adalah
> tanda tanda orang terbelakang akal.
>> untuk mengetes akal saudara, saya harus mengajukan pertanyaan ini, maka
> dengan mudah saya akan masuk kepada pertanyaanmu berdasarkan kualitas
> akalmu.
> 1. Apakah Allah itu adalah Khalik?
> 2. Apakah Kalimat (Logos,Intelektuali tas)Allah, Roh Allah adalah sesuatu
> yang berada di luar Allah?
> 3. Kalimat Allah, Roh Allah, adalah Khalik ataukah Mahluk?
> 4. Apakah perbedaan Allah dan Tuhan yang ada dalam benakmu?
> 5. apakah yang anda maksud dengan istilah anak allah?
> saya tunggu jawabanmu saudara. mohon sedikit lampirkan referensi samampun
> dalam menjawab.
>> setelah saya mengetahui isi kepala saudara tas kelima pertanyaan di atas,
> maka insya allah saya akan menjawab pertanyaan saudara, apakah Yesus itu
> adalah Allah atau bukan. apakah yesus itu adalah anak allah atau tuhan yang
> menjadi manusia.

EDY PRAYITNO .
son ….son..!
wah tambah ruyam…

mon…simon..!
tanya belum jawab sudah kasih soal lain.
bilang dulu ….gak ada ayatnya .titik
baru kita buka topik baru…
jawab dulu sesuai topik …
soal pertanyaan sampeyan nanti kita buka sesi baru ….

walah sory …tak pikir sony ? tibane si simon to !
gini mon ….sampeyan bantu saja cari jawaban pertanyaan saya untuk teman anda si sony .
soal tes – tes an …kayak anak sekolah saja pakai tes segala ! ha ha ha

pertanyaan saya :
teman anda dan anda sering berkata jika :
Allah sudah berubah menjadi Yesus ?
bahkan sampeyan sering mengatakan reinkarnasi segala .
coba di jawab dasarnya mana ?
kalau Yesus anak Allah …….ada dasarnya ( ayatnya )
kalau Yesus anak Manusia …..ada dasarnya ( ayatnya )
kalau Allah berubah menjadi Yesus ……….ini yg gak ada dasarnya . alias karangan sampeyan2 saja .
Bagaimana mon ?
mon sama son …….hampir mirip jadi terkadang bingung …bedakan kalian he he he
silahkan ……

SIMON KEFAS :
Allah berubah menjadi manusia?? ngaco kamu. ayolah jawab dulu pertanyaanku biar ngak makin kacau.
lagi lagi, kamu tidak pernah lulus memahami konsep Firman Allah menjadi “berinkarnasi” manusia.
Allah (sang Ilahi tidak pernah berubah menjadi manusia)
berubah artinya dari satu ujud menjadi ujud lain, dengan kehilangan ujud asalnya.
berinkarnasi menjadi manusia, artinya hadir dalam ujud baru (manusia) tanpa kehilangan ujud asalNya.
Yesus adalah Firman Allah yang menjadi manusia. bukan Firman Allah yang berubah menjadi manusia.

EDY PRAYITNO :
anggapan sampeyan ini beda ama pendapat Sony
krn sony bilang ALlah berubah menjadi Yesus ?
tunjukkan ayatnya ?
soal “ inkarnasi ..dan bla- bla – bla .
Ada juga muter2 gak ada dasar .

GREAT PRETENDER :
Edy P dulu sudah gw kalahkan debat, sekarang dia mau bangkit setelah belajar…

WISNU WARDANA ;
Wkwkwk GP … dasar krsiten satu ini .. dah keliatan begoknya dari awal…

SONY :
Kembali ke topik:
Yesus itu anak Allah atau Tuhan menjadi manusia ?
silakan juga baca wahyu 1:6, wahyu 2:7, wahyu 3:5 dan wahyu 3:12

EDY PRAYITNO :
Yesus itu anak Allah atau Tuhan menjadi manusia ?
coba anda terangkan makna ayat yg menebut Allah berubah menjadi Yesus ….
coba uraikan.
soal baca kitab wahyu …gampang .
coba sampeyan uraikan dulu ..

SONY :
Ingat, dalil ayat yang ane bawa menunjukkan kalau Yesus itu Alfa dan Omega, dan hanya Allah saja yang dapt mengaku sebagai Alfa dan Omega, bahkan alquran pun mengaku kalau hanya Allah sebagai Yang Awal dan Yang Akhir.
Makanya bung…baca ayat jgn sepotong2.
Dan sebagai penutup dari Kitab Wahyu, silahkan baca Wahyu 21:3, 6 dan 7
Renungkan… siapa itu Alfa dan Omega…..

EDY PRAYITNO :
Siapa bilang Yesus itu Alfa dan Omega ?
kenapa kamu pakai dasar wahyu …kitab samar2 gak jelas ..ini dari mana ?
betulkah itu Yesus , atau hanya hayalan penulis ?
atau justru dari mimpi..
kitab wahyu gak jelas…? karena Yesus nampak seperti apa ?
datang atau hanya lewat mimpi.
kenapa tidak pakai ayat saat Yesus masih hidup saja ?

SONY :
Siapa bilang Yesus itu Alfa dan Omega ?
Yesus sendiri
Loh emangnya kenapa ? itu hak ane dong…
yang bilang samar2 kan ente….
nanti juga kalo udh kefefet pasti akan bilang…alkitab palsu…iya gak ?
silahkan direnungkan
hahaha…sudah ane tebak….tidak jelas katanya….karena memang kemampuan ente tidak
sampe kesitu.
makanya ketika ane tunjukkan kitab wahyu, ente pun kelimpungan…..
dan hanya bisa mengatakan “tidak jelas”.
kalo pake ayat2 Yesus masih didunia…ente pasti kagak bakalan bisa
terima….karena ente tidak ngerti.

EDY PRAYITNO :
ha ha ha …son ..son.
belajar lagi sana.
saya nanya sekarang ….
kitab wahyu itu kitab karangan siapa ?
latar belakang kitab wahyu itu apa ?
betulkah Yohanes murid yesus yg menulis kitab ini ?

asal anda tahu saja .
kitab wahyu memang kitab samar-samar.
kalau tidak mau dikatakan kitab kayalan tingkat tinggi .
kitab wahyu memang ditulis dikhususkan kepada jemaat di Asia kecil yg mengalami tekanan dan penderitaan.
tujuan ditulisnya surat2 kepada mereka adalah memompa semangat jemaat agar tidak putus asa.
walaupun akirnya kitab ini terkadang terlalu bombamtis ….terlalu berkhayal menciptakan penampakan2 yg tanda tanya ?
bahkan seorang pakar kristen mengatakan :
Kitab Wahyu hanyalah buku fiksi hasil imaginasi seseorang yang bertutur tentang perang antara unsur baik dan jahat.

dan AGNOSTIK mengatakan :
Penginjil Agnostic Robert G. Ingersoll mengatakan Kitab Wahyu adalah buku “paling sinting” dari semua Kitab yang ada. Buku itu ditulis oleh orang gila, yang berkhayal terlampau tinggi dan tidak mampu menjelaskan arti khayalannya.
coba dicek ,
pengarang kitab Wahyu ternyata ditulis bukan oleh Yohanes murid yesus. tetapi oleh yohanes2 yg lain . saat menulis surat2 ini dia berada di pengasingan pulau Patmos ..dan org banyak mengatakan jika dia Yohanes bukan murid Yesus tetapi menyebut dia Yohanes dari Patmos,. ( wahyu 1:9 ).
gaya bahasa yg digunakan beda sekali dengan gaya bahasa pada kitab yohanes 1 & 2 yg ditulis dalam bahasa Yunani yg halus dan terlihat sangat bagus tata bahasanya . sedangkan pada penulisan kitab wahyu terlihat kacau dan tata bahasanya lain dengan gaya penulisan yohanes di kitab yohanes1&2 .
dia menulis mengaku mendapat penampakan-penampakan …walaupun sulit ditemukan penampakan seperti apa tidak dijelaskan . betulkah penampakan atau hanya imaginasi penulis saja …( ini yg masih dijadikan perdebatan tokoh2 hingga saat ini ) karena dia ditekan oleh penderitaan oleh pemerintah Roma ..yg digambarkan bersimbol 666 itu ?
dan sejak abad ketiga para teolog ( mulai Martin Luther , John Calvin , Bishop Dionysius dari Alexandria , hingga John AT Robinson dari Oxford tahun 1957 ….tidak ada yg mampu memberikan suara bulat dan menyatakan jati diri si penulis kitab Wahyu .

Paham son..!
jadi…kalau dalam kitab wahyu itu ditulis : Yesus berfirman …bla ..bla ..bla…
ini penampakan siapa ..? betulkah Yesus ? Malaikat ? atau malah Setan ?

bagaimana son ?

SONY :
Begini lah tipikal muslim dalam berdebat, nantangin agar ditunjukkan ayat, jika Yesus itu Tuhan, setelah ditunjukkan lantas mempermasalahkan kitab nya….he..he..he…
Konteks disini bukan apakah Kitab Wahyu itu sahih atau tidak, tetapi ADA TIDAK NYA AYAT DALAM ALKITAB YANG MENYATAKAN YESUS ADALAH TUHAN.
Itu pointnya bung.
Itukan pendapat ente….kok dipaksakan….hehehe…
Yang pasti pertanyaan ente sudah terjawab

Lucu sekali cara berdebat ente ini, sudah ane katakan bahwa faham gnostik itu sesat dimata kaum kristiani, alasannya ? sudah ane jelaska dibawah.

Lantas sekarang demi mencari pembenaran, ente malah menggunakan pendapat dari kaum gnostik….dimana jelas2 kaum ngostik bermusuhan dengan kaum kristiani….bagaimana ini ????

Nanti besok2 kalau ane tunjukkan ayat nya dari Injil….paling ente hanya bisa bilang…..injil itu palsu…..hehehehe

EDY PRAYITNO :
itu masih pembukaan …
saat saya nanya pada sampeyan ada nggak ayat yg mengatakan jika Allah sudah berubah Yesus
kemudian anda jawab singkat di kitab wahyu : 1 : 17 ~ 18 .
Ok
sebelum saya uraikan ayat diatas , karena sampeyan juga kayaknya malas mau membuka lengkap apa arti ayat ini ? apakah ayat ini sudah cukup menjelaskan jika ALlah sudah berubah menjadi Yesus

maka saya juga sebagai pengingat saya utarakan juga bahwa , kitab wahyu yg anda jadikan pegangan itu juga masih bermasalah. terlepas apakah anda kaum pro atau kontra dengan kitab ini …tetapi saya munculkan juga dg harapan yg lain juga bisa mengkritisi bahwa kitab wahyu , adalah kitab kontroversi hingga kini . mulai dari siapa penulisnya ? wahyu2 siapa itu didalamnya ? kapan Yesus menampakkan diri dan berfirman ? kok malah murid2 Yesus gak pernah mendapat firman dari Yesus setelah Yesus naik ke sorga ? kok malah yohanes dari Patmos yg mengaku-ngaku mendapat penglihatan ? ..ini semua masih tanda tanya ,

dengan berbekal kitab yg masih samar2 ini anda berani mengambil kesimpulan jika Yesus itu jelmaan Tuhan dengan satu ayat Wahyu 1 : 17 ~ 18 yg berbunyi :
1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: “Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
sebelumnya coba dibaca ayat petama dari kitab ini :
1:1 Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi. Dan oleh malaikat-Nya yang diutus-Nya, Ia telah menyatakannya kepada hamba-Nya Yohanes.
1:2 Yohanes telah bersaksi tentang firman Allah dan tentang kesaksian yang diberikan oleh Yesus Kristus, yaitu segala sesuatu yang telah dilihatnya.

jadi lihat …siapa yg mmenyusun kitab ini ; ……PASTI BUKAN YOHANES ….Karena penulis menceritakan kisah dari Yohanes . dan lihat awal ayat diatas : Inilah wahyu Yesus Kristus …….apakah betul Yesus bisa langsung memberi perintah ? karena disitu juga dikatakan jika ALLAH BAPA mengaruniakan wahyunya kepada Yesus .
soo….siapa yg mebuat wahyu ? Yesus atau ALLAH BAPA ? apakah ayat 17 dan 18 sudah cukup mengatakan jika :
Allah sudah berwujud Yesus ? sedangkan diayat pertama masih ada : Yesus yg mengharap karunia dari ALLAH BAPA ?
berarti masih ada Yesus dan Bapa ( 2 sosok pribadi yg berlainan ) yang satu masih butuh karunia , dan satunya ( ALlah ) sang pemberi karunia .

Ksimpulan awal : ayat yg anda berikan belum menceritakan secara utuh jika Allah sdh berubah menjadi Yesus.
~.Banyak kalimat tanda tanya dalam kitab wahyu : siapa penulis , siapa yg mendapat wahyu dan penampakan ?
~ dan apakah betul surat – surat pribadi dari sang penulis yg ditujuan kepada jemaat2 di Asia itu semua wahyu ?
~ Apakah tidak ada karangan penulis sendiri bercampur seolah-olah yg dituisnya itu wahyu Yesus ?
~ Kalau Yesus mampu mempunyai kuasa ” Ber Wahyu , kenapa tidak ada satupun murid2 Yesus yg mendapat wahyu dari Yesus ?

bagaimana mon ?
atau coba cari ayat …Injil saja saat Yesus masih hidup , ada tidak ?
jangan cari ayat dari penampakan dan wahyu gak jelas siapa penulisnya .

SONY :
apa jawaban ente kemudian ? ente hanya bisa menuding ane kabur….iya gak ?
Loh…ente bisa membuka nya di sabda org….gampang kok….gitu aja repot…
Dalam ayat yang ane tunjukkan, Yesus mengaku sebagai Yang Awal dan Yang Akhir, dan itu sudah menunjukkan kalau Yesus itu adalah Allah.
Dan apa jawaban ente kemudian ?
ente malah mempermasalahkan Kitab Wahyu….yang ente katakan kitab kontroversial….darimana ente tau kalau itu kontroversial ? ternyata ente ambil dari opini kaum gnostik…..hehehe….
Konteks disini adalah Yesus adalah Allah, bukan pro dan kontra akan Kitab Wahyu….kebiasaan muslim utk selalu melebar kan konteks debat, hingga akhirnya jauh dari konteks awal nya.

Kalau ente mau berdebat dengan dalil Alkitab, terimalah Alkitab secara keseluruhan sebagai kitab yang sahih, sebab kalau ente sudah mulai lari dari debat dengan dalih alkitab palsu…. percuma saja kita berdebat.

Dalam konteks ini ane tidak mau membahas mengenai Kitab Wahyu, point debat kita disini adalah Apakah ada ayat yang menyatakan Yesus itu Tuhan atau bukan…..itu pointnya.

Jangan lari-lari mas.
He..he..he….mau membahas sesuai konteks awal, atau ente mau lari ke masalah kitab wahyu ? kalau ente mau membahas mengenai kitab wahyu, silahkan buka thread baru.
tetapi….kalau ente mau tetap dalam koridor debat yang ente bangun sendiri…..silahkan ente jawab pertanyaan ane :
siapakah yang bisa mengaku sebagai Yang Awal dan Yang Akhir ? siapa ? tolong ente jawab…kalau perlu ente juga boleh mengambil dalil alquran.
setelah ente menjawab pertanyaan ane, baru kita bahas sesuai konteks yang ente bangun, berani ?
i dont think so…
EDY PRAYITNO :
nah…ini yang saya tunggu …
memang dari awal saya tidak mengarahkan sampeyan membahas kitab wahyu .’
dari awal saya berulang kali mengatakan ..sebatas reverensi dan pengingat .
bahwa….dasar yg sampeyan bangun itu ( berdasar kitab wahyu ) itu dasarnya lemah.
kenapa lemah ….point2nya sudah saya uraikan .
seperti kita menkaji sebuah hadist …..( sama samakan kitab wahyu ini hanya hadist ,…)
maka sebelum hadist ini dipercaya kebenarannya maka , perlu dilihat sanad , parawi , shohih nggak , penulisnya dapat dipercaya nggak …dst . Kitab wahyu yg sampeyan jadikan dasar ini seperti kitab2 hadist ( hanya tulisan dari seseorang ) dan diturunkan ke orang lain …bukan wahyu ALlah kepada para nabinya .
kalau Yesus memang jelas ….karena dia nabi beliau yg sering mendapat firman dari ALlah ….maka sering Yesus mengatakan :inilah firman dari ALlah …bla..bla..bla…dst.
seperti para nabi lainnya , Musa , Daud , Abraham , Muhammad dll …mereka semua mendapat firman ( wahyu ) langsung dari Allah . sedangkan pada kitab wahyu …ditemukan banyak sekali kesangsian apakah ini wahyu ALlah , yesus atau siapa gak jelas. dan diturunkan kepada nabi siapa ? Yohanes ? bahkan penulisnya diperkirakan juga bukan murid Yesus.

nah…kalau kitabnya saja sudah disangsikan , bagaimana hasil didalamnya ? ……apakah kita harus tunduk ..dan imani saja tanpa mau berfikir sedikitpun apakah ayat itu benar atau salah ?

sekarang kembali ke topik :
Jika ayat itu benar ( bahwa Yesus adalah Alfa dan Omega ) …apakah ayat ini sudah bisa membuktikan jika ALlah sudah berganti wujud menjadi Yesus ? ( walaupun sampeyan pakai istilah muter2 soal ini ) tetapi ayat2 ini dijaman Yesus mash hidup ( Injil ) kalimat ini tidak ada. Yesus tidak pernah sama sekali menyamakan dirinya adalah sama dengan ALLAH .
justru kemana2 Yesus dakwah selalu yg ditekankan adalah ALlah BAPA lebih tinggi dari Yesus. Jika Yesus adalah ALlah harusnya ALlah BApa sama dengan Yesus . ini yg tdk ditemukan ucapan Yesus soal ini.

Ok…jika sampeyan tetap memakai ayat itu sebagai pembenar ,
saya tanya …kemana Yesus sebelum lahir ? ..kalau benar bahwa Yesus adalah Alfa …..?

bagaimana son ?

======= bersambung ========

About these ads