Club Poligami Batasi Istri hingga Empat

http://news.okezone.com/read/2009/10/22/340/268182/340/club-poligami-batasi-istri-hingga-empat

Kamis, 22 Oktober 2009 – 11:13 wib
BANDUNG – Ketua Club Poligami Indonesia (CPI) Mochamad Umar menegaskan, pihaknya hanya menerima keanggotaan penganut poligami. Bagi yang sudah poligami tapi memiliki lebih dari empat isteri, CPI menolak karena tidak sesuai dengan syariat agama.

“Yang lebih dari empat tidak kami terima,” tegasnya, Kamis
Malaysia Promoting Polygamy

(22/10/2009). Sejauh ini, ada orang sudah beristeri empat lalu menceraikan isteri tua agar bisa menambah isteri baru.

Menanggapi hal ini, Umar berpendapat ada sebagian wanita yang ingin dipoligami demi mendapatkan berkah dari seseorang yang dianggap dekat dengan Tuhan. Sehingga, jika ada lelaki menceraikan isteri tua demi mendapatkan isteri baru, menurut Umar, itu bukan sepenuhnya salah sang lelaki. Sebab dia melakukan dengan terpaksa demi memenuhi keinginan wanita pencari berkah.

“Masih ada wanita yang mencari zuriah (berkah) dari seseroang dengan jalan dipoligami meskipun sang lelaki harus menceraikan isteri tua demi mempertahankan batas empat isteri. Sahabat nabi pernah mempraktikan itu,” jelas Umar.

CPI kini memiliki 36 keluarga tersebar di Bandung, Jakarta, Tasikmalaya, Wonosobo, Medan, dan Aceh. Pada saat launching beberapa hari lalu, tercatat 170 tamu yang datang termasuk 36 yang sudah jadi anggota. Sebagaimana organisasi pada umumnya, CPI memiliki anggota termuda dan tertua. Anggota termuda laki-laki berumur 34 tahun yang beristerikan wanita 22 tahun. Wanita itu berstatus sebagai isteri kedua.

Sementara anggota tertua siapa lagi kalau bukan Abuya Asaari Muhammad At-Tamimi, Ketua Kelab Poligami Ikhwan Malaysia. Umurnya kini 72 tahun dan memiliki 3 isteri setelah isteri keempatnya meninggal dunia.

Abuya memiliki 38 anak, 120 cucu dan jika digabungkan dengan cicit jumlah keluargha besarnya mencapai 200 orang. Jumlah itu cukup untuk tinggal di satu kampung atau dusun. (Yugi Prasetyo/Koran SI/teb)

———————————-

DEBAT DENGAN REKAN2 KRISTEN , SOAL POLIGAMI DALAM ISLAM …..DAN AYAT YANG MENGATAKAN JIKA POLIGAMI ITU BERDOSA ?
Tgl : 24 ~ 27 Okt 2009 .
DI milis : Debat_islam-kristen@yahoogroups.com

Soal Poligami ini salah satu yang menjadi senjata para non muslim menyudutkan
Nabi Muhammad yang beristri hingga 11 orang . dibawah ini beberapa dialog antara saya ( Edy Prayitno ) dengan rekan – rekan Kristen dalam sebuah milis.

[dean_teguh@yahoo.com] ( Sabar )
Salam mas Edy.

Mohon maaf ikutan nimbrung.
dengan segalah kerendahan hati mohon dijawab dengan jujur, saya
mau
tanya.
1. Apakah normal seseorang menikah 11 kali?
2. Apakah Pastur dan Muhamad sebanding, kok mas Edy memasalahkan
Pastur yang tidak menikah atau mungkin mbalelo.
Terimakasih dan Mohon maaf jika pertanyaannya terlalu menyinggung.
Hormat saya selalu buat mas Edy

Edy Prayitno :
begini mas sabar….
pada debat sebelumnya dengan rekan2 kristen di sini ..saya juga
pengin tahu. kenapa mereka kaum non muslim melhat kawin banyak itu kayak
melihat suatu aib dan patut dipermasalahkan.
apakah jika nabi kawin lebih satu itu bisa meruntuhkan kesucian
seorang nabi ?
karena ….kalau kita umat muslim memberi contoh..nabi2 yg dahulu juga
punya istri lebih dari satu…yah gak masalah.
jika kawin lebih dari satu itu berdosa, dan membuat kesucian seorang
nabi terus berkurang ? pasti Allah sudah dulu2 melarang
seorang nabi kawin lebih dari satu. ..Kenyataannya kan tidak
Allah tetap berkenan..meskipun Daud , Sulaiman istrinya banyak.
Itulah sebabnya saya membalik tuduhan non muslim disini mau
secara jantan menunjukkan …
Mana ada satu ayat suci saja …..baik Tourat , Zabur , Amsal ,
Injil dan Alqur’an ….
Yang mengatakan jika kawin lebih dari satu itu berdosa ( Haram )dan
gak patut dilakukan . Ini juga berlaku umum , baik seorang nabi atau manusia biasa .
kalau bicara soal moral …kepatutan ….hukum manusia
..Ham…adat
..sosial masyarakat …hingga hak -2 istri dal lain-lain
ini bicara soal norma sosial ( Hukum yg dibuat manusia )…..
dan ingat norma sosial hari ini beda dengan norma sosial ratusan
tahun yag lalu.
norma sosial di Indonesia beda dengan norma sosial di eropa ,mesir arab , atau Israel.
tetapi jika merunut soal boleh tidak nabi melakukan ….
maka yg berhak menjawab bukan manusia ….karena nabi adalah
pilihan Allah…maka Allahlah yg menentukan .
Jika Allah memperbolehkan …? kenapa manusia mempermasalahkan

Jika mereka membabi buta …
kenapa kaum muslim gak niru nabinya kawin banyak…?
pertanyaan ini juga yg menyebabkan saya juga bertanya balik…
kenapa kalian kaum kristen gak niru Yesus ….gak kawin…?
juga saya bertanya ……jika dlam satu ayat di Injil yg lebih baik kawin…
Mengapa Pastur gak kawin…..bukankah ini juga gak baik.. kenapa dilakukan.
Begitu mas Sabar .
salam

[dean_teguh@yahoo.com] ( Sabar )
Salam mas Edy.
Thank tanggapannya mas. Jadi menikah sampai 11 orang itu Normal ya mas?
Tidak kah Mas Edy Tahu dari nasip para Nabi/raja yang menikah lebih dari satu?
1. Abraham/Ibrahim menikahi Sarah Hagar akibatnya perpecahan di rumah
tangga hingga sekarang turunan Isak dan Ismail bermusuhan
2. Salomo /Sulaiman hancur
3. Daud.. Bayi yang lahir dari Bersybah meninggal dll
Jadi menikah lebih dari satu akan berakibat kurang baik, menikah lebih
dari satu adalah menikah karena manusia tidak mampu menahan nafsunya,
lalu kenapa harus ada poligami yang mengijinkan/selah jembatani
yang bertujuan untuk melampiaskan nafsu yang tak tertahan.
Apakah Poligami satu2nya jalan?. Jika tidak bisa menahan nafsu, kenapa tidak lebih
mendekatkan diri kepada TUHAN?
Salam hormat saya
Mohon maaf jika tidak berkenan

Edy Prayitno :
Salam mas sabar.
kawin banyak..itu tidak semua orang mampu melakukan.
kawin satu saja sdh banyak masalah apalagi 2 dst…..ini bagi org kebanyakan.
tetapi tidak buat org yg berduit ,..yg mampu membiayai semua kebutuhan
istri2 dan anak2 nya meskipun kawin lebih dari 1 , tetapi tetap saja malah menambah masalah.
Soal ini tidak berlaku umum…hanya orang2 tertentu yg mampu melakukan
seperti surat dalam Al qur’an sbb :

33.50. Hai Nabi, sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu isteri-
isterimu yang telah kamu berikan mas kawinnya dan hamba sahaya yang
kamu miliki yang termasuk apa yang kamu peroleh dalam peperangan yang
dikaruniakan Allah untukmu, dan (demikian pula) anak-anak perempuan
dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan
bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu dan anak-anak
perempuan dari saudara perempuan ibumu yang turut hijrah bersama kamu
dan perempuan mukmin yang menyerahkan dirinya kepada Nabi kalau Nabi mau
mengawininya, sebagai pengkhususan bagimu, bukan untuk semua orang mukmin. Sesungguhnya Kami telah mengetahui apa yang Kami wajibkan kepada
mereka tentang isteri-isteri mereka dan hamba sahaya yang mereka
miliki supaya tidak menjadi kesempitan bagimu. Dan adalah Allah Maha Pengampun
lagi Maha Penyayang.

Pada ayat ini Allah memperbolehkan nabi kawin lebih dari satu
tetapi diayat selanjutnya ..dikatakan jika ini pengkhususan saja
dan bukan untuk semua muslim . Soal nabi Muhammad ….pun tidak luput dari masalah ini ( karena nabi dan istri2nya adalah manusia ..secara manusiawi gak beda perasaan
istri2 nabi dengan wanita pada umumnya ). soal nabi kawin banyak inipun tidak
terlalu lepas kontrol ..karena Allah akhirnya juga menurunkan ayat supaya Nabi Muhammad berhenti kawin lagi ….
ini dapat dibaca
pada surat dalam Al’Quran..:
33.52. Tidak halal bagimu mengawini perempuan-perempuan sesudah itu
dan tidak boleh (pula) mengganti mereka dengan isteri-isteri (yang lain), meskipun kecantikannya menarik hatimu kecuali perempuan- > perempuan (hamba sahaya) yang kamu miliki. Dan adalah Allah Maha > Mengawasi segala sesuatu[1227].

Memang secara moral dan sosial kawin lebih satu ini tidak
diutamakan…dalam surat Alqur’an juga ada ( maaf ayatnya lupa ) yg
berbunyi kurang lebih sbb

Kawinilah satu, dua , tiga ..istri …tetapi lebih baik kawin satu saja …dst
jadi Islam tidak membabi buta meniru Nabi kawin banyak..karena itu
pengkhususan bagi Nabi saja.
sekarang muslim ….mayoritas kawin hanya satu …kan.

[dean_teguh@yahoo.com] ( Sabar )
Salam mas Edy.
Sekali lagi terimakasih uraianya.
Berdasarkan uraian mas Edy, bisakah kita sepakat bahwa menikah lebih
dari satu cenderung berakibat kurang baik?
Salam hormat saya.

Edy Prayitno :
OK….sepakat.
saya juga setuju ……satu istri cukup…
belum kepikir melirik yg lain…
he he he he ,…….

[dean_teguh@yahoo.com] ( Sabar )
Salam mas Edy.
Akhirnya kita bisa sepakat juga ya mas.hehehe.
Tapi ada satu pertanyaan lagi mas, Mengapa poligami yang tidak membawa
kebaikan pada manusia, diajarkan oleh quran?
Salam hormat saya.

Edy Prayitno :
Poligami dimungkinkan tetapi dengan berbagai persyaratan.
Tidak semua poligami bersifat buruk .
Soal kenapa Allah memperbolehkan poligami .
Itu Rahasia Allah….
………Selesai ……..

Dari: ronald.hutauruk
nabi tetangga seberang yang dijadikan panutan memiliki 11 istri..pantaskah? ???

Diva Ardie
ISLAM ITUKAN AGAMA YG MEGUTAMAKAN SEX ,SEHINGGA LAKI2 BOLEH SEMAUNYA HUBUNGAN DGN PEREMPUAN ATAUPUN ANAK DI BAWAH UMUR
MAKANYA BANYAK ORG LAKI2 INGIN JADI ISLAM KRN MASALAH BEBAS KAWIN CERAI BAHKAN TANPA SURAT NIKAPUN BOLEH .(KUMPUL KEBO) CERAI BOLEH KAPAN SAJA .DAN YG MENETKAN ADALAH LAKI2

Dari: ronald.hutauruk
Itukan zaman sebelum Jesus datang alias BC (before Christ).jaman dahulu kala..tetapi setelah Jesus (After Christ) datang (dimuali tahun 0 sampai sekarang…Haram hukumnya memiliki banyak istri.. Sedangkan nabi seberang sudah hidup setelah jesus christ…alias 600 tahun setelah Hukum itu dibuat.

BC (kel 22 Hukum Taurat/tidak boleh berzinah, mengingini istri sesamamu)AC (Matius 5) mengingin perempuan lain–> zinah

Kalo begitu” mengapa anda tidak memiliki istri banyak?”
nabi aja banyak istrinya…

Edy Prayitno…
menclek kabeh sampeyan iku ….
kapan yesus datang membawa perintah …kawin hanya 1…
justru yesus datang …dan memberi contoh ….harusnya sampeyan gak kawin….kayak yesus ?

dalam islam semua sudah ada ketentuan dan syarat untuk melakukan itu (pernikahan dan perceraian), bukan seperti pemikiran kotor otak anda itu….
kawin boleh satu tapi kumpul kebo dipelihara, mungkin ini prinsip ajaran anda….
mana yang lebih pantas kawin hanya boleh sekali tp ngumbar sex di mana2 atau beristeri banyak namun diikat oleh pernikahan/perkawinan yang syah ?

Diva Ardie :
MATIUS 5 : 27 – 28 . KAMU TELAH MENDENGAR FIRMAN : JANGAN BERZINAH TETAPI AKU BERKATA KPDMU ; SETIAP ORG YG MEMANDANG PEREMPUAN DAN MENGINGINKANNYA ,SDH BERZINAH DGN DIA DI DLM HATINYA
RENUNGKAN BAIK2 AYAT ITU , SEHINGGA KAMU TAHU BETAPA HINANYA AJARAN ISLAM ITU

Edy Prayitno:
diva2….
ayat itu menerangkan tentang tidak boleh berzina bukan tentang kawin lebih dari satu….
yang namanya zinah secara umum berarti bahwa melakukan hubungan intim dengan orang yang bukan hak kita (tanpa ikatan pernikahan). sedangkan zina secara khusus itu sangat luas misalnya zina mata, zina hati, dsb.
jadi bukan ayat itu yang dimaksud/diminta…..

apa anda gak pernah baca …kitab anda perjanjian lama…?
Berapa istri Nabi Ibrahim ..?
nabi Daud…?
nabi Sulaiman ?
dll …?
semuanya nabi panutan ..
kenapa emangnya …kawin syah..?
daripada kaum yg suka kumpul kebo dan kumpul kambing..?
meskipun istrinya cuman satu ?

Simon Kefas
makanya hidup saja kamu di zaman nabi ibrahim. hehehehah kok ngak mau berkembang dan bertumbuh ya?? seandainya Ibrahim dan Daud bisa hidup kembali, niscaya dia akan malu tetap hidup ke abad jadul. kok mental dan budayamu ngak berkembang dan maju ya?

Edy Prayitno :
Saya jadi Heran ..kenapa kawin syah begitu anda masalahkan ? padahal kawin lebih dari satu itu tidak berdosa.
coba cari satu ayat saja ……
baik PL / PB yg menyatakan jika kawin lebih satu itu HARAM
biar kalian gak koar2 tanpa bukti ?
biasakan menulis berdasarkan bukti dan dasar.
bukan khotbah ..mingguan ….yg hanya imani dan nyakini …saja

Simon Kefas :
kalau saya tujukkan ayat dari pl dan pb baru tentang perkawinan monogami dan tak terceraikan oleh manusia, itu, apakah kamu bisa berbesar hati menelan kembali muntahanmu di milis ini??
bagaimana edy???
saya tunggu dulu pernyataan sikapmu, biar kita berdebate secara bermartabat. tidak hanya lempar batu dan sembunyi tangan yang menjadi ciri khasmu??

Edy Prayitno :
anda gak perlu berbengkok ke percerian dulu..
pertanyaan saya jelas…
mana …..ada ayat yg kawin lebih dua ” HARAM ‘
tapi ingat….saya gak ngakui ayat2 paulus….karena dia bukan nabi
surat2 dia gak pantas dijadikan acuan kitab suci.

ronald.hutauruk :
Saya ga bawa alkitab sehingga pertanyaan ini kita pending dulu. Yesus dalam Matius 5 mengatakan barang siapa yang memandang perempuan serta menginginkannya ia sudah melakukan jinah. Yesus juga mengatakan.. apa yang dipersatukan oleh Allah tidak boleh dipisahkan manusia. Keluaran 22 tentang perintah Allah dituliskan Jangan berzinah. selain itu dalam perintah yang ke sepuluh jangan mengingin harta sesamamu, anak nya laki-laki, anaknya perempuan, istrinya dll…jelas menunjukkan bahwa Tuhan ALlah sangat melarang perzinahan. Tuhan juga mengatakan karena itu Laki2 itu harus meninggalkan ayah dan ibunya serta bersatu dengan istrinya..bukan dnegan istri-istrinya.
Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan besok ya??

Trus…mengapa anda ga melakukan poligami seperti nabi anda? Mengapa istri anda hanya 1????????Padahal dianjurkan 4

taufik sutami
salam kenal …..
saya ingin ikut menjawab tentang pertanyaan anda itu…
kami tidak melakukan poligami seperti nabi kami karena untuk melakukan poligami itu harus memenuhi syarat yang berat bukan seperti kumpul kebo atau free sex lainnya. di antara syarat yang dipenuhi adalah memiliki izin dari isteri sebelumnya dan harus mampu berlaku adil kepada semua isterinya dala semua sisi. jadi nabi kami yang terkenal sangat jujur adil memang mampu untuk melakukan hal itu dan mendapatkan restu dari isteri2 sebelumnya dan isteri yang dinikahi tersebut bukan semata-mata karena nafsu namun banyak sebabnya. agar lebih jelas dan jangan menimbulkan pemikiran negatif, baca kisah nabi kami secara utuh serta alasannya melakukan poligami….
wassalam.

Diva Ardie
SYARAT APA ? WONG KITA LIHAT SENDIRI BAGAMANA UMAT ISLAM DGN BEBAS KUMPUL SAMA PEREMPUAN BAIK DGN RESMI MENIKAH ATAU SEKEDAR KUMPUL KEBO ITU BOLEH DLM ISLAM,MAU CEARAI JUGA KAPAN AJA NANTI KUMPUL LAGI YAH BOLEH2 SAJA . ISLAM ITU AGAMA YG PALING GILA DLM MASALAH KAWIN MAWIN
Edy Prayitno :
pertanyaan saya jelas…tidak perlu bertele-tele
mana …..ada ayat dalam semua kitab suci yg kawin lebih dua ” HARAM ‘

Simon Kefas :
perkawinan kristen itu monogami dan tak terceraikan. beristri 11 bukan monogami. maka beristri 11 haram. tadi bilang PL dan PB. lalu kau batasi bukan tulisan paulus. baik baik, tidak tulisan atau surat surat paulus. tapi maukah kau menjilat semua kembali muntahanmu di milis ini??

Edy Prayitno
moon simon….le..tole….
tetap saja mulut besar …..
mau nunjukkan satu ayat saja yg mengatakan jika kawin lebih dari 1 atau 2 …itu HARAM saja…
muter-muter….
gak usah muter2 kalau ada …mana ayatnya …tampilkan…
saya juga pengin tahu …kalau kamu bersikeras ..ada di dalam surat PAULUS ..
ok …tunjukkan saja yg mana ??? soal kawin ini …Paulus juga gak jelas….? apa dia pernah kawin atau tidak..?

mon….kawin syah itu halal…

kalau kumpul kebo….kumpul kambing ( zinah ) itu yg ada ayatnya …
mulai jaman PL hingga PB ….itu hukumnya HARAM….

AYO ..SANA CARI LAGI….

Simon Kefas
berani terima tantangan gue ngak??/ tinggal kamu jawab ajakok. dan segera kuladeni. gimana??
forum dialog Islam – Kristen

http://dialog-iman.blogspot.com/

Dan alquran juga menulis….
qs.4.129
Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Kalau sudah divonis tidak akan dapat berlaku adil…..kenapa harus dipaksakan ?

Edy Prayitno:
sekarang pilih mana….
pilih kawin lebih satu…..dengan cara syah
atau pilih kumpul kebo….dan free sex…?
kira2 dosa mana …?

oh iya ..ngomong2 sudah ketemu belum satu ayat saja…yg mengatakan
kawin lebih dari satu itu dosa …?

coba cari lagi…?

Sony :
Lah….knp harus kawin lebih dari satu ? kenapa harus kumpul kebo ? kenapa harus free sex ? kenapa ?
kawin cukup dengan satu istri aja……kok harus lebih dari satu….itu sih mau nya ente….iya gak ?

Edy Prayitno :
itu karena kaum sampeyan yg sok suci…
menganggap kawin lebih dari satu itu berdosa,……
sedangkan disuruh cari dasarnya dalam kitab suci manapun gak ada. ( karena sampai 3 hari menunggu mereka belum mendapatkan satu ayatpun dalam kitab suci yg menyatakan jika kawin lebih dari satu itu haram ( berdosa )
bertahan satu istri …..tetapi jika pengin yg lain …santap aja..
atau jika pengin yg lain kawin dua aja ….
itu maksud saya…

Diva Ardie :
MATIUS 5 : 27 – 28 . KAMU TELAH MENDENGAR FIRMAN : JANGAN BERZINAH TETAPI AKU BERKATA KPDMU ; SETIAP ORG YG MEMANDANG PEREMPUAN DAN MENGINGINKANNYA ,SDH BERZINAH DGN DIA DI DLM HATINYA
RENUNGKAN BAIK2 AYAT ITU , SEHINGGA KAMU TAHU BETAPA HINANYA AJARAN ISLAM ITU

Edy Prayitno :
ayat dipaksakan dimunculkan.
ayat jangan berzinah ….itu lain le….sama kawin syah…
tahu zinah nggak…?

Diva Ardie :
l KORINTUS 7 : 2 . TETAPI MENGINGAT BAHAYA PERCABULAN ,BAIKLAH SETIAP LAKII2 MEMPUNYAI ISTRINYA SENDIRI DAN SETIAP PEREMUAN MEMPUNYAI SUAMINYA SENDIRI
DLM BIBLE ITU JELAS SEMUANYA .; MASALAH PERNIKAHAN ITU SESUATU YG SANGAT SAKRAL, NGGAK SEMBARANGAN . KALAU UMAT ISLAM SELALU BIKIN RAMAI DI KUA SOAL KAWIN CERAI SETIAP HARI KRN SETIAP ORG BEBAS UTK MENENTUKAN KEINGINANNYA SENDIRI

Edy Prayitno :
ho….kenapa pastur …melanggar aturan ini ?
bukankah dikatan..harus kawin

BAHAYA LO GAK KAWIN
TERMASUK PASTUR – PASTUR KALIAN.

Simon Kefas
salam,
saudara edy, membaca kitab suci, tidak cukup hanya membaca dan lewat saja. bila quran anda mengatakan bahwa … lebih baik mengambil seorang saja. lalu mengapa nabi junjungan anda melakukan contoh yang tidak lebih baik dengan kawin mawin dimana mana, dan dengan wanita mana saja??

logika sehatnya adalah lebih baik mengambil seorang wanita saja untuk jadi wanita. artinya mengambil lebih dari satu itu tidak baik, apalagi lebih baik. bukankah begitu saudara???

salam, mohom maaf bila kata yang salah!

Edy Prayitno :
mon..
sampeyan masih punya hutang satu sama saya.
anda dulu berjanji akan memberi ayat yg saya minta ..
mana …sudah dapat belum..
atau nyerah saja..
dan bilang di forum ini …
katakan …Jika menikah lebih dari satu itu …gak dosa,,,
alias ( HALAL )

BAGAIMANA ?

Simon Kefas :
lho lho… anda ini benar benar muka tembok ya. bukannya berani menerima tantangna saya mah berkoar koar. berani ngak loe jilat kembali semua muntahan loe??

belum apa apa sudah merasa punya piutang.
aneh!! loe bisa baca bukan?? kalau bisa baca, pakai nalar mas edy. saya tunggu sikap tegas anda.
salam

Edy Prayitno :
yak….kyak anak kecil saja …
Ok saya terima.
jika anda menemukan satu ayat saja
yg mengatakan jika kawin lebih dari satu itu berdosa ( Haram )
SAYA AKAN MINTA MAAF PADA KALIAN SEMUA
Gimana ?
mau jawab aja kok susah banget,….kamu mon….?

TETAPI SETELAH BEBERAPA HARI SAYA TUNGGU ….AYAT TERSEBUT BELUM DITEMUKAN OLEH REKAN-REKAN KRISTEN ….!!!!!

About these ads