heart11-300x295

Topik dialog : Mempertanyakan Hukum Kasih berikan Pipi Kirimu jika Ditampar Pipi Kananmu .
Dialog antara saya , Edy Prayitno dengan rekan kristen ( Usman Ginting )
tempat : debat_islam- kristen@yahoogro ups.com
tanggal dialog : 19-20 Agustus 2009

USMAN GINTING :
mas Edy, mt kenal,
mas dah prnah baca blm ayat ttg tampar pipi kiri kasih pipi kanan?
Itu ada di Matius 5:38-48. Baca dulu, barangkali anda salah mengartikan kalimat itu. Ok, krn itu tdk diartikan secara hurufiah, Mas.

EDY PRAYITNO :
salam mas ginting.
soal kiri dan kanan itu memang saya ambil bebas.
tetapi maknanya sama saja.
atau anda bisa kasih alasan ?
atau ada tafsir khusus untuk ini ….?
mohon pencerahan.. .

USMAN GINTING :
shallom,
mas Edy, anda dah baca kan Mat 5:38-48 ? Jika blm, baca dulu. Bias gampang mengartikannya. Ok.
Saya beri satu ayat saja, yg lainnya tlng mas baca ya.
Matius 5:39
tetapi Aku brkata kepadamu: JANGANLAH kamu melawan orang yg berbuat jahat kpdmu, melainkan siapapun yg menampar pipi kananmu, berilah juga kpdnya pipi kirimu.
Artinya apa?
Jangan membalas kejahatan dgn kejahatan. Bkn berarti jk org tampar pipi kiri, berikan pula pipi kanan.
Ingat,apa yg Yesus katakan, Mat 5:44:….kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yg menganiaya kamu.
Itu sedikit penjelasan. Apakah ini sudah dilakukan? Jawabnya YA dan TIDAK. Artinya ada yg melakukan ada yg tidak. Tapi yg pasti, jika memang dia mengaku sbg kristen yg benar benar, maka dia pasti lakukan. Bkn hal langka kita temui, bnyak org berkata aku beragama A atau B, tp tindakannya tdk mencerminkan ajaran agama yg di anutnya.

EDY PRAYITNO :
Salam mas ginting.
Ok…saya kasih ilustrasi sedikit.
Ingat dalam ayat tersebut dikatakan ” JANGANLAH kamu melawan orang yg berbuat jahat kpdmu, melainkan siapapun yg menampar pipi kananmu, berilah juga kpdnya pipi kirimu.
Katakan ..malam2 ada orang nyatroni rumah sampeyan ( merampok ) dia berbuat jahat kan… Apa iya sampeyan kasih kunci mobil dan perhiasan setelah dia mengambil TV sampeyan ?
Gimana mas ?

USMAN GINTING :

thaks mas Edy,
tanggapan anda sedikit membuatku trsenyum, sdikit menghilangkan stress.

Kayaknya mas Edy ga mengartikan tulisan saya dgn baik2. Jgn terlalu bernafsu dong mas. Santai aja.
Ilustrasi yg anda kasihkan kurang tepat dgn arti yg aku berikan.

Kalau datang org ngerampok, trus dikasi konci mobil n perhiasan, itu namanya OOn alias bodoh.
Aku dah tulis intinya, JANGAN MELAWAN….. Artinya JGN MEMBALAS. Bahkan saya sisipkan ayat selanjutnya Mat 5:44, kasihilah musuhmu. Makanya aku bilang, ilustrasi mas kurang tepat.
Jadi maksudnya klo org lain buat jahat sama kita jangan balas.
Ayat itu brkata, SIAPAPUN menampar pipi kananmu, KASIHLAH pipi kananmu,
kalimat itu tdk brkata,
SIAPAPUN menampar pipi kananmu, TAMPAR LAGI pipi kanannya.

Jadi kalau ada yg nyatroni rumah kita, jgn langsung kita tangkap UNTUK menghajar bahkan bunuh dia, tapi kalau dah tertangkap, proseslah dgn hukum yg ada dinegara kita.

Apakah kita tdk blh melawan? Boleh, dlm arti mempertahankan dan atau melindungi diri. Bukan melawan dg niatan ut menghancurkan/ membinasakan nyawa sipencuri.

Mudah2an mas edy memahaminya

EDY PRAYITNO :
Mas ginting…
saya belum menemukan jawaban yg pas dari uraian sampeyan …
tidak perlu coment kemana-mana
arti orang jahat itu apa mas ?
kalau anda belum tahu macam mana orang2 jahat itu …
nih tak kasih contoh lagi….
” Pemerkosa ….pembunuh. …pencuri ….perampok. ….pengutil. ..pencopet. ..apa lagi yah….pokoknya banyak deh…..
terus sekarang masukkan kriteria para penjahat itu dalam ayat sampeyan.
maka akan anda dapatkan ……:
> Matius 5:39
> tetapi Aku brkata kepadamu: JANGANLAH kamu melawan orang yg berbuat jahat kpdmu, melainkan siapapun yg menampar pipi kananmu, berilah juga kpdnya pipi kirimu.
JIKA DIMASUKKAN ….CONTOH ” PEMERKOSA “
tetapi Aku berkata kepadamu : Janganlah kamu melawan pemerkosa kepadamu ….dst …..kalau diperkosa maka berikan semuanya …?
apa seperti itu mas…
ini contoh ..
coba anda jelaskan maksud ayat ini menurut sampeyan ?

USMAN GINTING :
mas, menanggapi ilustrasi mas kemarin, saya bilang, kalo perampok masuk rumah kita, bukan dikasih lagi kunci mobil dan perhiasan dll, kemaren saya bilang tindakan itu adalah oon alias bodoh, sekarang kok kalimat yg mirip masih mas ungkapkan. Kalau begitu saya ulangi lagi. Kalau kita diperkosa, bkn dikasih semua. Kalau dikasih semuanya, itu namanya OON alias BODOH.

Mas, yg ditekankan dlm ayat itu ialah: JANGANLAH KAMU MELAWAN. Kalau mas blajar bhs indonesia, maka kata MELAWAN mengandung arti MELAKUKAN TINDAKAN PEMBALASAN. Maka diayat itu diberikan cth DITAMPAR. Dan kita dituntut memberi pipi yg lain, bukan menampar org yg menampar. Artinya jangan melawan atau jgn melakukan tindakan pembalasan.

Jd jika diperkosa, jgn dikasi yg lain, dan memang kjadian ini akn meninggalkan dampak negatif pd si korban. Tp jangan menginginkan pembalasan atau perlawanan utk menyakiti atau membinasakan dia, dan maafkanlah dia [5:44]. Dan serahkanlah ke tindakan hukum yg ada dan yg berlaku utk menindak lanjuti.

Ok mas. Baca pelan2 artikan, baru tanggapi biar tdk terjadi pengulangan penjelasan yg sama.

EDY PRAYITNO :
Salam mas ginting .
Ada perbedaan kaimat antara ” jangan melawan ” dengan “tindakan pembalasan”. ini beda arti .
Arti kata ” jangan melawan ….jika diaplikasikan kedalam kalimat :

1. ” he para wanita ….jika kalian diperkosa …jangan melawan yah…!
2. ” terus kalau sudah terjadi kalian para wanita jangan menuntut balas yah…!

Ada dua arti kalimat , yg berbeda.
Yg satu terjadi pas saat kejadian .
Yg dua terjadi pasca kejadian.

Yg saya tanyakan …bagaimana sikap kasih anda terhadap penjahat pas ..saat kejadian. Jika mengacu pada ayat matius 5:39 …bukan dengan tafsir anda pribadi. Coba anda baca pelan2 ayat tersebut :
Aku berkata kepadamu: JANGANLAH kamu melawan orang yg berbuat jahat kpdmu,

Berbuat jahat …..saat kejadian , dan pasca kejadian .dan ayat selanjutnya …anda disuruh menyerahkan pipi ke dua setelah pipi sebelah ditampar ?

Soal pasca kejadian ..kalian mau memaafkan atau tidak itu urusan lain…atau jangan2 keburu mati…? Dibunuh penjahat …?
Bagaimana ?
USMAN GINTING :
mas edi, kallau dibuat cth tentang perampokan, saat kejadian, sikorban tdk perlu melakukan perlawanan [bukan berarti pasrah, tapi melakukan tindakan, yg tujuannya bkn utk mencelakai, apalagi membinasakan/ mnghilangkan nyawa org] itulah maksud yg saya katakan tdk melakukan pembalasan. Jgn melawan dpt diartikan tdk melakukan pembalasan. Kata JGNlah MELAWAN diperjelas dgn kalimat selanjutnya, "MELAINKAN siapapun …… , BERILAH….& quot;. Ada kata 'berilah& #39; yg memperjelas kata 'Janganlah& #39;.
Jika anda pernah bljr matapelajaran bhs indonesia d skolah, anda akn mengerti maksud kalimat itu.

EDY PRAYITNO :

Sdr ginting…
Arti kata ” jangan melawan ” saat terjadi kejadian ….
Anda mengatakan : si korban tdk perlu melakukan perlawanan ?
Atau melakukan tindakan yg dg tujuan tdk mencelakai ? Dll
Sdr ginting …..anda masih berputar2 dg jawaban ngambang .
Ucapan Yesus itu jelas. JANGAN MELAWAN . Titik.
Bahkan sampeyan disuruh menyerahkan yg lain .
Yesus memberi contoh soal ini.
Lihat Yesus diam saat dipukul.
Yesus diam saat dicambuk
Yesus diam saat disalib
Tetapi sampeyan membuat tafsir ucapan JANGAN MELAWAN ,….
Dengan tambahan fersi sampeyan sendiri.
Boleh melawan dengan catatan….. ..dst.
Sudahlah ginting…
Hukum kasih itu gak ngaruh buat umat…
Hanya Yesus yg mampu…
Manusia biasa gak ada yg mampu.
Termasuk anda,
Jadi anda gak perlu memberi tafsiran sendiri ,
Boleh melawan dengan beragam catatan….. tadi
Kesimpulannya
Hukum kasih seperti contoh diatas .
” MUSTAHIL DILAKUKAN MANUSIA BIASA “
Bahkan oleh umat kristen yg mengagung agungkan hukum kasih ini
Ini hanya retorika awang2 …
Dan susah ngelakoni …
Karena begitu anda saya sodori beberapa contoh saja …
Anda Sudah kalang kabut berkelit membela diri.

USMAN GINTING :
Jd dgn kata lain, dari kata2 anda, ada kesimpulan bhw anda sendiri mengakui kebenaran hkm kasih itu bukan?

Kalau anda bilang mustahil ut dilakukan, anda salah. Tapi kalau anda bilang sulit ut dilakukan, ya, itu benar. Ada atau ga ada org kristen yg dpt melakukannya, itu tdk mempengaruhi kebenaran hukum atau ajaran Yesus tsb. Itu urusan pribadi masing2.

EDY PRAYITNO :
Itulah mas ginting…
Tuhan memberi hukum2 pada manusia itu sdh disesuaikan dengan keadaan.
Jika Tuhan membuat aturan dan hukum tetapi mustahil dilakukan …itu sama saja dengan omong kosong. Dan patut dipertanyakan ?
Hukum itu diciptakan untuk keseimbangan ….terjaganya ketentraman dan ada pembelajaran antara mana yg benar dan mana yang salah. Mana yg soleh mana yg jahat.
Penjahat tetap penjahat ….dia harus dihukum
Penjahat bukan pendeta atau rahib suci yang harus dihormati.
Jika ada penjahat yg sampai membunuh anak atau istri anda ….anda gak mungkin menyerahkan anak yg lain supaya ikut terbunuh.
Anda gak mungkin akan merelakan begitu saja nyawa org tersayang anda direnggut paksa.
Anda pasti ada rasa dendam …( krn ini sifat manusiawi )
Hukum islam tegas…
Mencuri potong tangan….membunuh ..dia harus dihukum mati. ( terkecuali keluarganya memaafkan …ini ada ayatnya di Alquran ).
Bahkan hukuman ini sudah lama juga diterapkan sebelum islam lahir.
Yaitu dijaman nabi Musa ..dengan hukum2 yg tertulis di kitab Tourat.
Supaya ada rasa jera …dan memberi contoh pada yg lain supaya tidak ikut meniru
Coba sekarang jika hukum kasih dikitab matius itu diterapkan diseluruh dunia ….saya tidak bisa membayangkan betapa merdekanya para pembunuh , para penjahat , para pencuri , para pemerkosa ?
Karena hukum itu mustahil diaplikasikan didunia nyata.

USMAN GINTING :
mas, hkm kasih itu tdk Mustahil utk dilakukan. Hanya org yg melakukannxa aja yg ga ada. Tp bkn berarti mustahil. Kalau anda bilang jk hkm ini diterapkan d dunia para penjahat akn merdeka? Ga juga. Krn anda blm mengerti hkm kasih itu semuanya. Kalau anda cuma terfokus pd ayat 5:39 ini aja, ya memang, tdk akn bisa jd pencipta ketentraman dunia. Makanya dari awal saya suruh mas edy pelajari keseluruhan.

Sebaliknya, jika memang anda berpendapat bhw hkm islam itu yg plng benar, tertulis dlm alquran dan itu ajaran TUHAN. Kenapa anda2 org islam tdk melakukannya. Berarti siapa yg salah? Bukankah jk memang itu aturan yg dibuat Tuhan dan tdk dilakukan adlh dosa?

EDY PRAYITNO :
Mas ginting..
Hukum kasih dalam matius itu …baru kita bahas.
Dan anda sudah tidak mampu menerapkannya ..bahkan umat kristenpun tidak.
Kalau anda sudah mengatakan gak ada yg mampu melakukan …yah..berarti hukum itu sia-sia .
Sebagian ( karena indo bukan negara muslim ) sudah dilakukan.
Yaitu jika ada kasus2 pembunuhan …….maka si pelaku harusnya dihukum mati. Sedangkan hukum2 potong tangan tidak. Tetapi ada hukum lain yg menindak para pencuri. Tetapi jika potong tangan ini betul2 diterapkan di indonesia …saya senang dan para koruptor akan berpikir ulang jika mau mencuri uang rakyat.

USMAN GINTING :
Sekali lagi saya ulangi, hukum kasih tdk dilakukan [beberapa] bkn krn tdk bisa alias mustahil. Itu cma masalah dlm pribadi2 yg menjalankannya.

EDY PRAYITNO :
Ok coba anda terangkan hukum kasih yg lain…
Soal hukum vertikal dan horisontal.. ..?

USMAN GINTING :
mas Edy, kalau mau ttg hk kasih [vert. Hor], anda dpt baca di Mark 12:28-34, yg intinya, 30. Kasihilah Tuhan Allahmu dgn sgenap hatimu dan dgn sgenap jiwamu dan dgn sgenap akal budimu dan dgn sgenap kekuatanmu [Vertikal] 31…. Kasihilah sesamamu manusia sprti dirimu sendiri [Horizontal]
ok mas?
Bagaimana dgn ajaran islam berkaitan dgn hk vert. dan horizontal tsb? Biar kita perbandingkan.

EDY PRAYITNO :
Di Islam ada juga mas….jangan kuatir.
Hablumminannas dan hablumminallah
Sebetulnya hukum ini hukum tua.
Sudah ada sejak jaman nabi Musa ….dengan the ten comandement nya .
Jadi Allah sudah buat aturan dasar soal ini jauh2 hari sebelum Yesus lahir.
Coba sampeyan pisah 10 hukum Allah dalam kitab Tourat Musa.
Sebagian mengacu pada Allah….dan sebagiannya mengacu kepada manusia .
Justru Hukum tertua ini ….ada yg sampeyan selewengkan.
Yaitu hukum paling utama …dalam urutan hukum 10 itu’
Yaitu hukum no-1 .
Bagaimana menurut sampeyan ?

USMAN GINTING :
O…ya.!,
yg mana/ apa bukti bhw kami/ kristen tlah selewengkan hukum.
O…ya, di surah/surat brapa ayat brapa kedua hkm itu tertulis? Apa katanya dlm ayat tsb?

EDY PRAYITNO:
Saudara ginting….. .
Saudara pasti hafal dengan 10 hukum tourat . Jika tidak hafal atau lupa ini saya ingatkan lagi :
Keluaran 20:1-17 (10 hukum taurat )
2) Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
(3) Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
(4) Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
(5) Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
(6) tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah- Ku.
(7) Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.
(8) Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
(9) enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
(10) tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
(11) Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.
(12) Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.
(13) Jangan membunuh.
(14) Jangan berzinah.
(15) Jangan mencuri.
(16) Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu. (
(17) Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu.”

Bisa saya singkat :
1.Aku lah Tuhan Allah mu tiada tuhan selain Aku
2.jangan menyembah berhala
3.jangan menyebut nama Tuhan dengan sembarangan
4.kuduskan hari sabat
5.hormati orang tua mu
6.jangan membunuh
7.jangan berjinah
8.jangan mencuri
9.jangan bersaksi dusta
10.jangan menginginkan yang bukan milik atau hak kita.

Hukum no 1 yang saudara langgar :
(3) Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
(4) Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

Pada ayat no;1 ini ada dua pelanggaran buat sampeyan :
1. Menyembah selain Allah dan menjadikan Yesus Ila yang lain .
2. Anda melanggar perintah dilarang buat patung yg menyerupai apapun . Apalagi patung Yesus . !!!

Yesus menyimpulkan bahwa wujud dari 10 hukum itu adalah “KASIH” – Kasih kepada Allah dan Kasih kepada sesama Manusia” . Baca Matius 22: 37 – 40: “Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?” Jawab Yesus kepadanya: /”Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Ucapan Yesus diatas sejalan dengan hukum 10 Hukum Tourat ( coba anda perhatikan 4 hukum pertama dikhususkan pada Allah. Dan 6 hukum diperuntukkan buat hubungan dengan manusia. )

Dan ini juga sejalan dengan Alqur’an dalam : Al Imran 112
112. Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia[218] , dan mereka kembali mendapat kemurkaan dari Allah dan mereka diliputi kerendahan. Yang demikian itu[219] karena mereka kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa alasan yang benar. Yang demikian itu[220] disebabkan mereka durhaka dan melampaui batas.

Berpegang pada tali Allah = adalah hubungan manusia dengan Allah plus mentaati semua aturan dan hukum2 Allah.
Tali perjanjian dengan manusia = adalah hubungan yg baik berlandaskan tata aturan yg berlaku di masyarakat.

Bagaimana ………sdr ginting.

USMAN GINTING :
trimakasih penjelasannya.
Penjelasan saya:
Mas menyatakan ada 2 kesalahan,
1. Menyembah ALLAH lain, dan menjadikan Yesus sbg Tuhan.

Ut mnjawab ini biar jelas Mas plajari Kitab Yohanes seluruhnya, disitu jelas dijelaskan [topik ttg ketuhanan Yesus, sudah pernah di singgung]. Tp intinya pd Yoh 1:1-18 dan Yoh 10:30.

2. Membuat patung, yg dilarang adlh jika patung itu disembah [Kel 20:5]. Dan saya [kristen protestan dan aliran pantekosta] tdk mnyembah patung, bahkan menentang tindakan itu. Jd walaupun ada yg menyembah, utk lbih jelas, Mas tanya mereka aja lah.

Oya mas,
anda kan mengatakan ajaran islam tdk bertentangan dg hk taurat, bahkan anda melampirkan 10 hkm [yg merupakan bagian dr hk taurat] lengkap dgn ayat2nya. Sejauh mana anda mempercayai dan menjalankannya?

EDY PRAYITNO :
Saudara ginting…
Wah …kok malah saya yg disuruh baca Yoh1…dst.
Kan saya pengin tahu juga pendapat anda tentang pelanggaran hukum utama no-1 ini. ( soal membaca kitab Yohanes ….nanti bisa kita bahas kapan2)

Ok saya kasih sedikit gambaran . Jika sampeyan ingin belok ke Kitab Yohanes 1…dst.
Saya tanya satu ayat saja , yaitu yoh1:1 . Pasti saudara sdh siap2 mengatakan jika Yesus adalah Firman bla..bla…bla.
Jika iya ….emang di ayat berapa ada dikatakan jika ayat1 itu mengacu pada diri Yesus ? Disamping itu ayat itu bukan ucapan Yesus dan murid2 Yesus …tetapi kata pembukaan yg ditulis oleh penulisnya ….dan ini harusnya tdk boleh disejajarkan dengan firman Allah. Karena Firman Allah harusnya ucapan atau firman Allah secara langsung . Bukan ide dan inisiatif penulisnya . Apalagi penulis kitab Yohanes ini bukan murid asli Yesus.

Pertanyaan saya …Bagaimana jawaban anda tentang …Illah lain ? Dan mengatakan jika Yesus ini adalah Tuhan …? Bukankah ini pelanggaran utama dalam hukum Tourat Musa ? …

Soal umat muslim mengakui Tourat sebagai kitab Allah…memang iya .
Muslim salah satunya beriman kepada kitab2 yg sdh diturunkan oleh Allah.
Baik Zabur Daud , Tourat Musa , atau Injil Isa ( Yesus )….Muslim tidak 100% percaya dan juga tidak 100% menolak.

Jika ayat2 kitab2 Allah yg tetap mengagungkan tauhid Allah…Islam patut menyakininya. Tetapi jika ada ayat2 yg membengkokkan akidah tauhid ke Esaan Allah….Muslim tidak mengakui…. dan dipertanyakan keasliannya.

Bagaimana ….sdr Ginting ?

USMAN GINTING :
ok.
Kalo anda tdk mengakui penjelasan Yoh 1:1-18, krn itu hanya tulisan yg dibuat sipenulis dan bukan Firman atau kata langsung dr Yesus, bg mana dgn Yoh 10:30, itu ucapan Yesus kan?

Jgn2 anda akan mengatakan, itu kan tdk asli dan sudah dirobah si penul4s.

Ttg hk taurat, anda mengatakan tdk menerima 100%, tdk menolak 100%. Jadi diantara 10 hkm, mana yg d tolak, mana yg di terima.

Sedikit intermezo mas,
kayanya firman ini kaya kentang lagi baru dipanen. Harus dipilih yg mana bisa dijual mana tdk. :-D sory, hanya guyon mas.

EDY PRAYITNO :
Gini …mas ginting.
Dalam firman itu harus memenuhi satu syarat mutlak.
Yaitu isinya tidak ada yg bertentangan.
Jika ada satu ayat saja yg bertentangan ….maka
Gugurlah kitab itu dikatakan sebagai kitab sucinya dari Allah. Karena sampeyan saya dan umat lainnya mengakui kehebatan dan kekuasaan Allah yg tak terbatas. Apalagi hanya menyusun ayat2 suci yg notabene berasal dari sang pembuat firman sendiri.

Satu ayat lain Yesus mengaku Tuhan ( ada nggak …? ) jika ada dan menurut sampeyan ada di kitab yoh10:30 bagaimana dengan puluhan ayat lain yang Yesus sendiri mengatakan akan Ke Esaan dan Yesus mengaku hanya sebagai utusan.sehingga satu ayat yg dipertanyakan keasliannya ( karena penulisnya bukan asli murid Yesus ) dan ayat2 tersebut ditulis puluhan tahun setelah Yesus diangkat.

Soal 10 hukum Tourat semua isinya tidak ada yg bertentangan dengan Tauhid muslim. Tetapi ingat kitab taourat itu tdk hanya menulis soal 10 hal ini saja . Tetapi banyak hal ….hukum2 yg lain. 10 hukum ini hanya UUD saja.

Muslim tdk harus menuruti 100% semua bunyi kitab tourat Musa…karena Muslim sdh diberi kitab penutup yg sdh diwahyukan kepada nabi Muhammad , yaitu Alqur’an.

————— // —————

From: sabar_yangsehat_ sabar
Sent: 20 Agustus 2009 15:11
To. Edy Prayitno .

Salam kenal mas Edy.

Kalau mas Edy tidak keberatan, apa si pengertian dari KASIH versi Alquran?. Saya setuju hukum pancung dll, mungkin membuat orang jerah dan takut, tapi disitu tidak ada makna KASIH,karena kasih tidak identik dengan kekerasan dan hukuman, teteapi kasih selalu identik dengan memaafkan, memberi, bersabar, lemah lembut tidak sombong dll. Ajaran tentan KASIH dlm kristen memang SUSAH diterapkan mas dalam kehidupan ini, Tp Kristen tidak hanya mengajarkan KASIH, KRISTEN jg mengajarkan KEcerdikan dan berhikmat. Ajaran KASIH tidak akan bisa di jalanin jika kita tidak mengandeng TUHAN, oleh karen itulah, kita selalu merasa perlu TUHAN setiap waktu untuk melakukan yang terbaik buat sesama.

Salam hormat saya

EDY PRAYITNO :
kenal balik.. pak sabar
muslim saat ini , dimata non muslim yg kelihatan hanya …dari sisi kekejamannya saja.
penggal leher , pancung , potong tangan , perang dsb.
padahal kalau anda ( sbg umat krinten ) pasti ngerti jika hukuman2 semacam itu sebetulnya sdh ada sejak jaman nabi2 terdahulu.
soal hukum kasih ” Jangan melawan pada orang yg jahat ” …..dan berikan yg lain…..” ini saya katakan hukum yg tdk membumi. terbukti hingga saat ini tdk ada satu orangpun sanggup melakukan hukum ini.

sebetulnya banyak ayat2 di Alqur’an yg mengajarkan ..soal kasih , memaafkan dsb .
bahkan seorang pembunuh pun bisa diampuni dan tdk dihukum mati , jika keluarganya mau memaafkan. dan itu dikatakan ” lebih baik bagimu jika kamu mau memaafkan “.

Nabi Muhammad tdk pernah memerangi kafir yg hidup damai dengan umat nya.
bahkan sorang kafir harus dilindungi keselamatannya saat tinggal diwilayah rosul.

Islam hanya keras kepada yg terang2an memusuhi …dan bahkan menyatakan perang dengan kaum muslim dengan dalih mau menghentikan dan meleyabkan islam. karena meleyapkan islam berarti melenyapkan nur ilahi ALlah.

begitu pak sabar….

Selesai …………………

About these ads