Salam dari mualaf.
Dibawah ini dialog saya dengan Simon di sebuah milis ” Debat_islam-kristen : pada 17 June 2008

Edy prayitno
Kitab Perjanjian lama dimasukkan pula sebagai kitab suci kaum kristen , ada beberapa ayat di PL justru malah diacuhkan oleh ajaran kitab2 Paulus . Tourat Musa yg notabene kitabnya kaum yahudi ..dimasukkan menjadi kitab orang kristen ..Kalau dikatakan kitab itu nubuatan buat PB ,…. juga gak ada hubungannya kecuali kalau dipaksa paksain dicocokkan. belum lagi kalau melihat orang kristen saat ini …yg mentah2 melawan hukum Torat sesuai ajaran si Paulus itu….tapi kalau mereka kaum nasrani ini dibilangin berkali2 tetap aja ngeyel…..bermacam 2 tuntunan torat sesuai isi kitab PL saat ini banyak yang tidak mau melaksanakan. ..Contohnya banyak….mulai kitan sampai makan babi .

mereka mengatakan semua kitab mulai PL hingga wahyu …itu kitab orang kristen sedangkan isinya antara PL dengan PB terutama ajaran suratan Paulus gak berhubung blas..bahkan berlawanan.. .
Bagaimana sdr Tiur ..

Tiur :
Sdr. edy prayitno
Sdh ulang2 saya katakan bahwa yg namanya Alkitab itu adalah Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru ,dan itu tdk bisa di pisah2kan krn . Kalo tdk ada perjanjian lama tentu tdk akan ada perjanjian baru ,Perujanjian Baru adalah Penggenapan Perjanjian Lama ,dan juga Perjanjian Lama menggambarkqan Perjanjian Baru . Kalo hanya berpegang kpd Perjanjian Baru saja nanti di katakan itu Ngarang . Jadi Alkitab itu adalah satu kitab yg sangat sempurna dari Allah . Spt Quran krn itu berdiri sendiri jadinya ngawur krn setiap org dgn penafsiranya sendiri2 .Tiap2 ustad dan para kiayi itu kan tdk bisa akur ,mrk saling berbeda . Sasaran utama utk membenarkan Quran itu dgn cara menyalah2kan Alkitab .

Alkitab itu sdh begitu sempurna mulai dari Kitab Kejadian s/d Wahyu . Sesuai dgn rencana Penyelamatan Allah sdh tdk ada lagi manusia yg di utus sbg nabi krn Tuhan (Yesus) sendiri sdh dtg dan menggenapi semuanya ,manusia tinggal menjalaninya sampai pd akhir zaman di mana yg akan menyelesaikan semuanya itu adalah Yesus sendiri .

Dari kitab2 yg ada sdh ada bukti kitab mana yg paling benar ,yaitu dari hasil ajaranya menunjukan siapa2 mrk yg telah menjadi trouble maker dlm kehidupan di dunia ini ,mrk itulah yg berpegang kpd kitab yg palsu yg bukan dari Allah .

edy prayitno :
wah itu kan pendapat umum kalian ,. ok lah sekarang anda mengatakan alitab anda PL dan PB merupakan kesatuan pertanyaan sekarang …mengapa isi kitab PL tidak semua anda jalani .contoh kecil saja ..masalah kitan dan makan babi ( itu contoh kecil saja ) …

terus kalau anda katakan kitab …anda satu mulai Kejadian sampai wahyu …..pertanyaan sekarang apakah …si Paulus punya hak juga membuat kitab sehingga tulisan dia juga anda akui sebagai kitab suci saudara ..apa hak paulus dalam hal ini ?

TIUR :
Sdh ulang2 saya ungkapkan bahwa Perjanjian Baru itu adalah Penggenapan dari Perjanjian Lama . Dlm Perjanjian Lama itu ada khitan kurban tdk makan babi dan banyak yg lain . Masalah khitan itu Yesus pun di khitan krn Dia hrs mengikuti ketentuan2 Perjanjian Lama ,bahkan pd waktu meninggalpun di kafanin ,tetapi setelah kebangkitanNya semuanya itu tdk di lakukan lagi krn semuanya itu sdh di genapi di kayu salib . Khitqan / sunat itu tdk lagi di lakukan krn sunat itu sendiri adalah gambaran drp kematian Yesus (kulit khatan yg di potong keluar darah dan di buang) ,darah adalah gambaran pengorbanan Yesus sedangkan kulit khatan yg di buang itu adalah gambaran dari dosa . Begitupun ttg kurban itu jelas gambaran kurban yesus , utk membebaskan manusia drp kematian kekal .Anda tentu ingat akan perintah Alloh kpd Ibrahim utk mengorbankan anaknya tetapi akhirnya anaknya itu bebas krn sdh di gantikan oleh domba selanjutnya anak Ibrahim itu selamat .

Mengenai babi ,kalo anda makan dagingnya setelah itu di buang di WC , no problem ,kalo krn cacing pita tentu binatang2 yg lain juga tdklah sempurna spt ayam makan tai juga .

Perjanjian Lama sering mengungkapkan sesuatu dgn kiasan / perumpamaan ,setelah di genapi oleh Yesus semuanya menjadi jelas dgn apa yg di maksud sebenarnya . Kalo di katakan babi itu haram (Perjanjian Lama) maka dlm perja ian Baru di katakan bahwa ,bukan yg masuk itu yg haram tetapi yg keluar itulah yg haram ,maksudnya ialah sikap sifat perilaku kita itulah yg menentukan apa itu yg tdk boleh. Babi adalah gambaran dr KESERAKAHAN / RAKUS ,sifat itulah yg haram yg akan merusak segala galanya dlm kkehidupan manusia .Contoh konkrit adalah kehidupan di negara tercinta kita ini ,telah di kuasai oleh manusia2 yg rakus serakah tdk menghargai hak hidup org lain yg telah membuat mala petaka ,bahkan ji\uga telah mempermalukan bgs Indonesia YG MAYORITAS ISLAM INI. Mrk tdk makan babi tapi sifat babi di warisi dari keturunan kpd keturunan selanjutnya sehingga tdk tahu sampai kapan berakhirnya sifat babi ini.

edy prayitno

anda mengatakan :
Masalah khitan itu Yesus pun di khitan krn Dia hrs mengikuti ketentuan2 Perjanjian Lama ,bahkan pd waktu meninggalpun di kafanin ,tetapi setelah kebangkitanNya semuanya itu tdk di lakukan lagi krn semuanya itu sdh di genapi di kayu salib . Khitqan / sunat itu tdk lagi …dst

Wah anda kok berani menafsir secara bebas seperti itu , tanpa ada dasar yang kuat , pendapat yg saudara sebut ini berdasar ajaran yesus atau ajaran Paulus ?

Sedangkan hal makan babi di PL disebut :
Yesaya 66
66:3 Orang menyembelih lembu jantan, namun membunuh manusia juga, orang mengorbankan domba, namun mematahkan batang leher anjing, orang mempersembahkan korban sajian, namun mempersembahkan darah babi, orang mempersembahkan kemenyan, namun memuja berhala juga. Karena itu: sama seperti mereka lebih menyukai jalan mereka sendiri, dan jiwanya menghendaki dewa kejijikan mereka,

Yesaya 66
66:17 Mereka yang menguduskan dan mentahirkan dirinya untuk taman-taman dewa, dengan mengikuti seseorang yang ada di tengah-tengahnya, yang memakan daging babi dan binatang-binatang jijik serta tikus, mereka semuanya akan lenyap sekaligus, demikianlah firman TUHAN.

Apakah larangan ini juga gak berlaku setelah Yesus disalib ? wah kasian sekali YEsus ini semua ditimpakan kepadanya termasuk dosa waris sedunia ?

TIUR :
Mengenai Paulus itu adalah Rasul Yesus Kristus ,yg sebelumnya ia adalah seorg Farisi yg sangat taat dgn berbagai sariat2 agama Yahudi (sama dgn yg di jiplak islam) tetapi setelah mendptkan pencerahan oleh Yesus maka Paulus mengerti mengenai segala sesuatu yg ia lakukan secara konsekwen tadinya itu .Utk itu Paulus banyak sekali menjelaskan ttg hal2 yg menyangkut sariat2 agama dan hukum Taurat dan selanjutnya menjelaskan ttg maksud drp sariat2 dan hukum Taurat itu . Jadi bukanya Paulus membuat kitab yg baru tetapi Paulus justru memberikan kesaksian dari sgl sesuatu yg di alami /di lakukan sebelumnya dan menjelaskan ttg pengertian2 yg di maksud oleh Tuhan sendiri ..

Memang selama ini umat islam begitu risih dgn penjelasan2 Rasul Paulus krn dialah yg menjelaskan secara mendetail mengenai sariat2 dan hukum agama itu .

edy prayitno :

paulus itu suka bohong ,…nih lihat

1. Ia adalah orang Rum, dalam keterangannya kepada orang
Rum. (Kisah rasul-rasul 16:37)

TIUR :
dia adalah orang yahudi berkewarganegaraan roma.

Edy prayitno :
2. Ia adalah orang Yahudi, dalam keterangannya kepada orang
Yahudi. (Kisah rasul-rasul 22:2)

Tiur :
benar dia adalah orang yahudi. orang yahudi walaupun sudah berkewarganegaraan roma, amerika, australia, dll, tetap tetap saja yahudi.

Edy prayitno
3. Ia adalah orang Parisi, dalam keterangannya kepada orang
Parisi. (Kisah rasul-rasul 23:6)

Tiur :
Farisi adalah sejennis ormas atau organisasi massal yang ada pada zaman yesus dan para rasul. sebelum menjadi pengikut kristus, benar dia adalah anggota dari ormas ini.

Edy prayitno
Menurut definisi ilmu jiwa, maka bila saja seseorang
memberikan dua buah keterangan, dan kedua-duanya tidak sama,
artinya manusia itu tengah berdusta.

Tiur :
menurut ilmu jiwa juga, orang yang tidak bisa membedakan keterangan yang berbeda atas fakta yang berbeda adalah orang yang kehilangan orientasi nalar yang sehat.

keterangan paulus yang berbeda tentang dirinya adalah untuk keterangan fakta yang berbeda juga. dari kewarganegaraan benarlah orang roma. dari keturunan atau hereditas, benarlah dia orang yahudi. dan dari mantas afiliasi ormas, benarlah dia adalah orang farisi.

janganlah anda menjual nama atau istilah mualaf. kalau anda punya kejujuran, mohon jawab, anda dulu penganut agama apa, agar saya dapat memahami pola pikir anda..

sampai di sini dulu, mohon maaf kalau ada kata yagnmenyakitkan. semoga anda memafkan saya.

Edy prayitno :
Paulus saya kira
menyadari dustanya ini, sebab dikemudian hari ia bahkan
menekankan kepada pengikut-pengikutny a untuk berbuat
demikian seperti katanya dalam Korintus I : 9:21: yang
bunyinya, berbuatlah seperti Yahudi dihadapan orang Yahudi,
dan berbuatlah seperti Gerika dihadapan orang-orang Gerika.
Ia kemudian dengan sombongnya mengatakan: Bila dustaku ini
melimpahkan kepada kemuliaan Allah, adakah aku ini masih
akan dihukumkan pula? (Rum 3:7)
Pribadi Paulus telah kita kenal. Ia bukan saja ahli putar
balik yang baik, tetapi iapun seorang yang keras kepala. Ia
dengan bangganya pula menulis, bahwa ia tidak mau tunduk
kepada suatu hukum apapun dan begitulah katanya, bahwa
segala sesuatu halal baginya, meskipun segala sesuatunya itu
belum tentu berfaedah. Keterangan dustanya ini
berlarut-larut terus, sehingga kita dapatkan pula nanti,
pada waktu ia menerima “panggilan Ilhami,” menurut
keterangannya yang pertama, ia tidak menampak apa-apa,
menurut keterangan kedua ia melihat cahaya. (Kisah
rasul-rasul 9:4 dan 22:9)…. Menurut keterangannya yang
pertama pula ia sendiri saja yang mendengarkan suara itu,
menurut keterangannya yang kedua, katanya kami semuanya
mendengarkan. (Kisah rasuh-rasul 9:4 dan 21:9, menurut
keterangannya yang pertama pula ia mengatakan bahwa ia
sendiri yang jatuh, menurut keterangan yang kedua ia
mengatakan “kami semuanya rebah.” Lho, dia buta, tetapi ia
dapat melihat dengan jelas kawan-kawannya pada berjatuhan,
aneh sekali bukan? (Kisah rasul-rasul 9:4 dan 26:14).

Bagaiman mungkin orang seperti ini diangkat sebagai rosul kecuali memang yg mengangkat dia sebagai rosul adalah manusia selain YEsus karena Yesus tidak penah mengangkat dia menjadi rosul ….bahkan kalau mau fair harusnya justru murid Yesuslah yg berhak menggantikan jejak Yesus karena dia selalu bersama2 Yesus. Justru diayat-ayat selanjutnya dalam surat2 Paulus , justru Paulus bersebrangan faham dengan murid2 asli Yesus.

SMON
salam saudara muallaf,

saya heran, bagaimana mungkin anda bisa dengan keji dan tanpa pemikiran yagn dalam melakukan penistaan dan fitnah kepada paulus, tokoh yang sangat dihormati di dunia kristen.

jaganlah kekurangan pengetahuan atau praduga praduga buruk anda membuat anda jadi manusia yang picik. pertanyaan saya tentang asal agama anda belum anda jawab. tapi dengan mengaku soerang mualalf, saya tahu pasti anda adlah penganut baru di agama islam. sendainya dulu anda penangut kristen, betapa miskinnya pengetahuan anda yang benar tentang paulus. tapi, itu wajar saja, maka pantaslah anda masuk islam dan jadi mualalf, usul saya, pelajarilah islam dengan benar dan baik. jangan jadi hanya pengekor saja.

saya tidak akan mengkomentari semua kutipan anda dibawah ini, karena bisa terlalu panjang nanti, saya komentari beberapa saja dan inilah komentar saya.

edy prayitno :

Ini baru nyerang paulus aja anda sudah kebakaran jenggot….sekarang bagaimana dengan kaum anda ( kristiani ) yang justru memberondong fitnah keji kepada Rosul Allah Nabi mulia Muhammad SAW ?

Sudah banyak saya katakan …
identitas saya jelas ..
gereja saya GPPS ( gereja pantekosta pusat surabaya )
email saya jelas ( bukan Yahoo ?? )

kalau untuk kebohongan buat apa ? saya sering dikatakan ” Takiyah” tapi buat saya buat apa bohong …?

kalau anda tidak percaya ..terserah anda ?

-SIMON
salam saudara maulaf,
terimakasih atas balasan email anda. dengan informasi latar belakang gereja anda, minimal saya bisa punya gambaran tentang anda.

karena milis ini kurang teratur dalam menghadirkan topik, kadang atas keterbatasan waktu agak rumit untuk meresponnya semua. dengan ini, saya mau mengajak anda untuk berdiskusi secara pribadi, namun tetap dalam milis ini…

maaf, saya tidak bermaksud mengatakan anda pembohong. apa yang anda utarakan bagi saya sah sah saja sebagai pendapat anda. karena toh itu tidak saya anggap sebagai pendapat islam. saya banyak berdiskusi dengan umat islam, yang tentu atas masalah yang sama, mereka tidak sepakat atau punya pedapat masing masing. oleh karena itu, dari kebanyakan pendapt pedapat mereka kebanyakan dari pendapat pendapat peribadi..

namun hal itu wajar, mengingatn akses sumber informasi yang mereka dapat sangat terbatas. alquran sebagai kitab suci telah terlanjur hanya dapat dipahami dengan baik bila anda menguasai bahasa arab. akibatnya ketika berdiskusi dengan umat islam, kebanyakan mereka hanya mengakomodasi fitnah fitnah atau serangan serangan yang dilontarkan oleh apologetist islam. dan sering sekali dalam mengakomodasi topik topik tsb. kelompok ini tak segan segan mengambil sumber sumber referesensi tambahan dari yang tak ada kaitannya dengan akidah islam.

sumber sumber tersebut mereka ambil dari kaum ateist eropah, kitab kitab bidat yang ada di dunia kristen, dan juga dari sumber sumber islam heretik atau bidat… semua sumber ini, bila diaplikasikan ke akidah islam, bahkan akan lebih berbahaya bagi iman islam itu sendiri.

lewat email ini, saya mengajak anda untuk berdiskusi. karena anda berlatar belarakgn pentakosta (saya tidak tahu pentakosta yang anda anut ini jenis mana lagi. karena ada banyak jenis pentaskosta juga) silahkan anda ajukan satu klaim atau topik diskusi dengan saya.

agar diskusi kita ini saling memperkaya kita, baik anda dan saya, saya usulkan kita membahas topik per topik, jangan melebar tanpa arah.

akhir kata saya ucapkan selamat kepada anda, yang telah memulai perjalanan rohani yang baru dalam semangat islam. semoga Allah membimbingmu

About these ads