Salam dari mualaf…

Nih Daftar makanan dalam Torat yang boleh dan tidak boleh dimakan : Imamat 11 : 1 ~ 47

11:1 Lalu TUHAN berfirman kepada Musa dan Harun, kata-Nya kepada mereka:
11:2 “Katakanlah kepada orang Israel, begini: Inilah binatang-binatang yang boleh kamu makan dari segala binatang berkaki empat yang ada di atas bumi:
11:3 setiap binatang yang berkuku belah, yaitu yang kukunya bersela panjang, dan yang memamah biak boleh kamu makan.
11:4 Tetapi inilah yang tidak boleh kamu makan dari yang memamah biak atau dari yang berkuku belah: unta, karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah; haram itu bagimu.
11:5 Juga pelanduk, karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah; haram itu bagimu.
11:6 Juga kelinci, karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah, haram itu bagimu.
11:7 Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu.
11:8 Daging binatang-binatang itu janganlah kamu makan dan bangkainya janganlah kamu sentuh; haram semuanya itu bagimu.
11:9 Inilah yang boleh kamu makan dari segala yang hidup di dalam air: segala yang bersirip dan bersisik di dalam air, di dalam lautan, dan di dalam sungai, itulah semuanya yang boleh kamu makan.
11:10 Tetapi segala yang tidak bersirip atau bersisik di dalam lautan dan di dalam sungai, dari segala yang berkeriapan di dalam air dan dari segala makhluk hidup yang ada di dalam air, semuanya itu kejijikan bagimu.
11:11 Sesungguhnya haruslah semuanya itu kejijikan bagimu; dagingnya janganlah kamu makan, dan bangkainya haruslah kamu jijikkan.
11:12 Segala yang tidak bersirip dan tidak bersisik di dalam air, adalah kejijikan bagimu.
11:13 Inilah yang harus kamu jijikkan dari burung-burung, janganlah dimakan, karena semuanya itu adalah kejijikan: burung rajawali, ering janggut dan elang laut;
11:14 elang merah dan elang hitam menurut jenisnya;
11:15 setiap burung gagak menurut jenisnya;
11:16 burung unta, burung hantu, camar dan elang sikap menurut jenisnya;
11:17 burung pungguk, burung dendang air dan burung hantu besar;
11:18 burung hantu putih, burung undan, burung ering;
11:19 burung ranggung, bangau menurut jenisnya, meragai dan kelelawar.
11:20 Segala binatang yang merayap dan bersayap dan berjalan dengan keempat kakinya adalah kejijikan bagimu.
11:21 Tetapi inilah yang boleh kamu makan dari segala binatang yang merayap dan bersayap dan yang berjalan dengan keempat kakinya, yaitu yang mempunyai paha di sebelah atas kakinya untuk melompat di atas tanah.
11:22 Inilah yang boleh kamu makan dari antaranya: belalang-belalang menurut jenisnya, yaitu belalang-belalang gambar menurut jenisnya, belalang-belalang kunyit menurut jenisnya, dan belalang-belalang padi menurut jenisnya.
11:23 Selainnya segala binatang yang merayap dan bersayap dan yang berkaki empat adalah kejijikan bagimu.
11:24 Semua yang berikut akan menajiskan kamu — setiap orang yang kena kepada bangkainya, menjadi najis sampai matahari terbenam,
11:25 dan setiap orang yang ada membawa dari bangkainya haruslah mencuci pakaiannya, dan ia menjadi najis sampai matahari terbenam –,
11:26 yakni segala binatang yang berkuku belah, tetapi tidak bersela panjang, dan yang tidak memamah biak; haram semuanya itu bagimu dan setiap orang yang kena kepadanya, menjadi najis.
11:27 Demikian juga segala yang berjalan dengan telapak kakinya di antara segala binatang yang berjalan dengan keempat kakinya, semuanya itu haram bagimu; setiap orang yang kena kepada bangkainya, menjadi najis sampai matahari terbenam.
11:28 Dan siapa yang membawa bangkainya, haruslah mencuci pakaiannya dan ia menjadi najis sampai matahari terbenam. Haram semuanya itu bagimu.
11:29 Inilah yang haram bagimu di antara segala binatang yang merayap dan berkeriapan di atas bumi: tikus buta, tikus, dan katak menurut jenisnya
11:30 dan landak, biawak, dan bengkarung, siput dan bunglon.
11:31 Itulah semuanya yang haram bagimu di antara segala binatang yang mengeriap. Setiap orang yang kena kepada binatang-binatang itu sesudah binatang-binatang itu mati, menjadi najis sampai matahari terbenam.
11:32 Dan segala sesuatu menjadi najis, kalau seekor yang mati dari binatang-binatang itu jatuh ke atasnya: perkakas kayu apa saja atau pakaian atau kulit atau karung, setiap barang yang dipergunakan untuk sesuatu apa pun, haruslah dimasukkan ke dalam air dan menjadi najis sampai matahari terbenam, kemudian menjadi tahir pula.
11:33 Kalau seekor dari binatang-binatang itu jatuh ke dalam sesuatu belanga tanah, maka segala yang ada di dalamnya menjadi najis dan belanga itu harus kamu pecahkan.
11:34 Dalam hal itu segala makanan yang boleh dimakan, kalau kena air dari belanga itu, menjadi najis, dan segala minuman yang boleh diminum dalam belanga seperti itu, menjadi najis.
11:35 Kalau bangkai seekor dari binatang-binatang itu jatuh ke atas sesuatu benda, itu menjadi najis; pembakaran roti dan anglo haruslah diremukkan, karena semuanya itu najis dan haruslah najis juga bagimu;
11:36 tetapi mata air atau sumur yang memuat air, tetap tahir, sedangkan siapa yang kena kepada bangkai binatang-binatang itu menjadi najis.
11:37 Apabila bangkai seekor dari binatang-binatang itu jatuh ke atas benih apa pun yang akan ditaburkan, maka benih itu tetap tahir.
11:38 Tetapi apabila benih itu telah dibubuhi air, lalu ke atasnya jatuh bangkai seekor dari binatang-binatang itu, maka najislah benih itu bagimu.
11:39 Apabila mati salah seekor binatang yang menjadi makanan bagimu, maka siapa yang kena kepada bangkainya menjadi najis sampai matahari terbenam.
11:40 Dan siapa yang makan dari bangkainya itu, haruslah mencuci pakaiannya, dan ia menjadi najis sampai matahari terbenam; demikian juga siapa yang membawa bangkainya haruslah mencuci pakaiannya, dan ia menjadi najis sampai matahari terbenam.
11:41 Segala binatang yang merayap dan berkeriapan di atas bumi, adalah kejijikan, janganlah dimakan.
11:42 Segala yang merayap dengan perutnya dan segala yang berjalan dengan keempat kakinya, atau segala yang berkaki banyak, semua yang termasuk binatang yang merayap dan berkeriapan di atas bumi, janganlah kamu makan, karena semuanya itu adalah kejijikan.
11:43 Janganlah kamu membuat dirimu jijik oleh setiap binatang yang merayap dan berkeriapan dan janganlah kamu menajiskan dirimu dengan semuanya itu, sehingga kamu menjadi najis karenanya.
11:44 Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, maka haruslah kamu menguduskan dirimu dan haruslah kamu kudus, sebab Aku ini kudus, dan janganlah kamu menajiskan dirimu dengan setiap binatang yang mengeriap dan merayap di atas bumi.
11:45 Sebab Akulah TUHAN yang telah menuntun kamu keluar dari tanah Mesir, supaya menjadi Allahmu; jadilah kudus, sebab Aku ini kudus.
11:46 Itulah hukum tentang binatang berkaki empat, burung-burung dan segala makhluk hidup yang bergerak di dalam air dan segala makhluk yang mengeriap di atas bumi,
11:47 yakni untuk membedakan antara yang najis dengan yang tahir, antara binatang yang boleh dimakan dengan binatang yang tidak boleh dimakan.”

—–Original Message—–
From: religionspiritualit y@yahoogroups. com [mailto:religionspi rituality@ yahoogroups. com] On Behalf Of Kasih Deh
Sent: Thursday, June 26, 2008 11:01 AM
To: religionspiritualit y@yahoogroups. com
Subject: Re: Bls: [religion&spirituality] masih tentang babi…

Bang mualaf yg pernah sekolah Alkitab tolong sebutkan 10 perintah Allah dong , perintah pertama sampai ke 10 , sy mau bukti bahwa anda pernah sekolah Alkitab !!!!!
jadi akan ketahuan masuk dlm daftar nggak babi itu ……..

—– Original Message —-
From: edy prayitno
To: religionspiritualit y@yahoogroups. com
Sent: Thursday, June 26, 2008 11:20:47 AM
Subject: RE: Bls: [religion&spirituality] masih tentang babi…

Salam dari mualaf..

Anda itu …bego atau gimana ?
Torat itu kitab setebal itu ..tidak hanya memuat 10 hukum itu tok….

10 hukum itu ringkasan dari hukum2 yang lain …( isinya gak perlu nanya kayak anak kecil gitu )…
intinya sebagian hukum untuk manusia …sebagian lagi untuk Allah.

Yesus juga meringkas hukum ini menjadi :

Kasihi sesamamu seperti mengasihi Allahmu.

dalam islam hukum itu juga ada ….
10 hukum Allah itu diringkas lagi dalam Islam menjadi 2 ,,…
yaitu :

Hablul minannas ….hablum minnallah ( maaf kalau salah ucap )
yg intinya adalah ….

Baik2 sama manusia ( horisontal ) .
Baik2 juga sama Allah ( Vertikal )…

sedangkan soal makanan coba anda baca di Imamat pasal 11…

paham belum ?

—–Original Message—–
From: religionspiritualit y@yahoogroups. com [mailto:religionspi rituality@ yahoogroups. com] On Behalf Of Kasih Deh
Sent: Thursday, June 26, 2008 11:34 AM
To: religionspiritualit y@yahoogroups. com
Subject: Re: Bls: [religion&spirituality] masih tentang babi…

bang mualaf , dari kecil sampai setua ini yg sy tahu yg Yesus ajarkan itu 10 perintah Allah , yg inti dari keseluruhannya adalah : KASIH , buka2 lagi deh Alkitabnya kalo sdh lupa.
kan dari awal sudah sy katakan ajaran Kristen itu sebenarnya sangat simple , Alkitab yg demikian tebalnya dan aturan2 / perintah2 yg diajarkan Yesus itu semuanya ujung2nya bermuara pada 10 perintah Allah , itu yg WAJIB dilakukan oleh umat Kristen .
jadi anda tdk mau menyebutkan 10 perintah Allah kenapa ??? gak usah pake alasan !!!! gak tau kan ????ketahuan bohongnya kan ??? kalo anda ini dulu tdk pernah sekolah Alkitab n mungkin juga gak pernah jadi umat Kristen …..

—– Original Message —-
From: edy prayitno
To: religionspiritualit y@yahoogroups. com
Sent: Thursday, June 26, 2008 11:56:15 AM
Subject: RE: Bls: [religion&spirituality] masih tentang babi…

Salam dari mualaf..
Wah…anda perlu belajar lagi kayaknya ….atau dulu gak sempat sekolah minggu yah..
10 hukum itu ….

4 — untuk Allah
~1. Akulah Tuhan Allahmu.
~2. jangan ada padamu ILLah lain dihadapanku ( termasuk Yesus jangan anda Tuhankan )
~3. Jangan membuat patung yang menyerupai apapun baik dilangit atau dibumi atau di dalam air ( makanya jgn buat patung bunda Maria , apalagi Yesus itu dilarang dipatungkan )
~4. Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN Allahmu ( Tuh lihat jangan menyembah patung Yesus atau Bunda Maria ) karena yang patut disembah hanya Tuhan Allah.

6 — untuk manusia
~ 5. Hormatilah ayahmu dan ibumu
~ 6. Jangan membunuh
~ 7.Jangan berzinah
~ 8.Jangan mencuri
~ 9.Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu
~10.Jangan mengingini isteri sesamamu, dan jangan menghasratkan rumahnya, atau ladangnya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya, atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu.

DARI SINI YESUS MERINGKAS …..
KASIHI TUHAN ALLAHMU SEPENUH HATI
KASIHI SESAMAMU MANUSIA SEPERTI MENGASIHI DIRIMU SENDIRI…

Jadi Yesus tidak merrobah Torat sama sekali
bahkan Islampun juga menetapkan 2 hukum ini ..menjadi
Hablul minannas .,,…..dan Habul Minallah…

Paham /.
kalau belum baca lagi kitab sampeyan.

—–Original Message—–
From: religionspiritualit y@yahoogroups. com [mailto:religionspi rituality@ yahoogroups. com] On Behalf Of Kasih Deh
Sent: Thursday, June 26, 2008 12:00 PM
To: religionspiritualit y@yahoogroups. com
Subject: Re: Bls: [religion&spirituality] masih tentang babi…

Mas edy , ada nggak larangan makan babinya ????
menurut anda hukum taurat mana yg digenapi oleh Yesus ???? coba baca Matius 5:17 !!!
sy selalu tekankan ajaran Yesus itu selalu bermuara ke 10 perintah Allah !!!! apapun itu , dan inti dari 10 perintah Allah itu KASIH …,
cuaaaappppeeeekkkk deh ngulang2.

—– Original Message —-
From: edy prayitno
To: religionspirituality@yahoogroups.com
Sent: Thursday, June 26, 2008 12:26:01 PM
Subject: RE: Bls: [religion&spirituality] masih tentang babi…

Salam dari muallaf.

gini lo mas….mas gondrong mengangkat masalah babi itu sebetulnya contoh kecil saja .. Hukum2 torat itu isinya banyak sekali anda bisa baca dikitab ulangan disitu banyak disebut hukum2 dalam torat musa .Hukum masalah makanan ini juga ada di kitab Imamat pasal 11.

sedangkan 10 hukum dari Allah itu adalah intisari dari semua hukum …gini lo…kalau belum nyambung ….
10 hukum itu ibaratnya UUD nya torat dan kitab suci .

10 hukum ini tetap berlaku meskipun sudah ada Injil dan Alqur’an
dalam Injil …coba cari sendiri dan baca ….

ini ucapan Yesus …yang intisarinya sbb :
dari semua hukum itu ( hukum torat termasuk UUD nya 10 hukum itu )
” Inilah hukum yang utama itu yaitu :
Kasihi Tuhan Allahmu dengan sepenuh hatimu ( 4 dari hukum torat / 10 hk )
Kasihi manusia seperti engkau mengasihi dirimu sendiri ( 6 dari hukum torat / 10 hk )
Jadi ucapan Yesus ini sesuai dengan ucapan Yesus selanjutnya yang mengatakan Dia tidak merubah hukum torat sedikitpun dikatakan titik dan koma tidak akan berubah )

JADI KALAU ANDA MENGATAKAN HUKUM KASIH ….ITU UNTUK – 2 ….YAITU UNTUK ALLAH DAN UNTUK MANUSIA.

Sedang dalam Islam 10 hukum ALlah itu berupa :
Hablum minannas…. .Hablum minallah

Sedangkan kasus Babi ini seperti anda mematuhi peraturan2 daerah atau peraturan pemerintah ….tetapi tetap bersumber pada UUD ( yaitu 10 hukum dari Allah ) …peraturan2 gak boleh makan babi dan lain2 itu tertulis di kitab Imamat pasal 11

Semoga anda paham.
kalau belum paham juga…
nyerah deh…..soalnya itu pelajaran anak2 sekolah minggu.

—–Original Message—–
From: religionspirituality@yahoogroups.com [mailto:religionspirituality@yahoogroups.com] On Behalf Of Kasih Deh
Sent: Thursday, June 26, 2008 2:33 PM
To: religionspirituality@yahoogroups.com
Subject: [religion&spirituality] To : Mas Edy prayitno

Mas, anda seharusnya bisa jadi penengah , krn katanya pernah sekolah Alkitab jadi bisa dipastikan anda sudah benar2 mengenal ajaran2 Kristen , bukannya malah memperkeruh suasana pura2 gak tau , nanya inilah nanya itulah , yg keseringan pertanyaan2 anda itu seperti anak kecil yg baru belajar sekolah minggu , mungkin anda bermaksud utk menjelek-jelekkan ajaran Kristen dgn pertanyaan2 yg bodoh itu ,tp itu semua malah menunjukan pribadi anda yg culun . Gak perlu pake ngajarin orang Kristen utk belajar Alkitab segala , kalo sampai org Kristen mau gabung dan jawab pertanyaan2 non muslim di milis ini berarti mereka itu sudah tahu / paling nggak pernah belajar Alkitab (walaupun nggak sampai sekolah theologia).
Sy ingin tahu pendapat mas edy selama mempelajari Alkitab , adakah ajaran2 Yesus yg bercacat cela di mata mas edy ? adakah Yesus memerintahkan untuk memerangi / menghabisi org2 yg tidak percaya pada Yesus ? kalo sampai ada org Kristen yg berbuat nista / tercela / jahat itu karena manusianya sendiri / oknumnya sendiri bukan ajaran Yesus , anda sependapat tidak kalo sy mengatakan bahwa Yesus itu lemah lembut dan penuh kasih ? tidak ada yang salah kan dgn Yesus dan ajaran2Nya ?
Yesus juga tidak memaksa org utk mengikut Dia , seperti anda yg berpaling dari Yesus , kami (umat Kristen) pun tidak akan menghujat anda ataupun menghabisi anda , karena itu adalah hak anda , pilihan hidup anda sendiri , kami (Kristen) tetap menghormati setiap keputusan/ pilihan jalan hidup anda .
Mungkin anda akan bertanya mengapa kami (non muslim) tidak suka dgn ajaran islam ?
Apakah anda tidak bisa melihat betapa ajaran2 islam penuh dgn kebencian dan kemarahan , contohnya , org2 yg tdk percaya pada islam (kafir) harus diperangi , dan darah mereka halal , menurut anda adakah Yesus memerintahkan hal seperti ini ? apa bukan sebaliknya Yesus memerintahkan kami pengikutnya utk mengasihi musuh kami ? walaupun pada prakteknya memang banyak dari umat kami itu sulit utk melakukannya karena kami kan manusia yg selalu dipenuhi oleh ego , tp paling tdk ajaran Yesus itu mulia.

Penutup
Salam dari Mualaf.

Yesus dimata saya ..tetap seorang nabi yang sangat mulia. Dengan masuknya saya menjadi muslim , Saya tidak pernah menganggap Yesus itu hina justru sebaliknya . saya berusaha mengembalikan Kodrat Yesus yang sesungguhnya , Dia adalah Nabi pilihan Allah , Dia adalah nabi yang rendah hati dan lemah lembut , Dia adalah nabi yang Sufi yang tidak mengenal enaknya hidup , Dia adalah nabi yang paling miskin dan kaya akan hikmat dan akal budi.

Didalam Islam Yesus tetap menempati posisi terhormat sebagai Rosul Allah, maka bagi kami haram hukumnya mengata ngatai kotor untuk junjungan Yesus yang mulia ini .

Dia hanya sebatas rosul , jangan jadikan pilihan sulit bagi Yesus menjadikan dirinya menjadi Tuhan , cukuplah hak YEsus sebagai utusan jangan ditambahi dengan gelar yang bukan hakNya.

Allah sang penguasa alam semesta sejak bumi belum tercipta ..hanya kepadaNya lah kita rukuk sujud menyembahnya.

Kalau saat ini muslim sering dicap sebagai biang teror dan perang itu ada penyebabnya …dan penyebab ini jarang dimunculkan , sehingga menempatkan muslim sebagai golongan yang dipojokkan.

dalam dialog ini , tidak ada kalah menang , benar dan salah ..karena kebenaran sejati hanya milik Allah semata,

salam*

About these ads